IBX582004D475488 Review Asus ROG Phone 3 ZS661KS, Smartphone Gaming Terbaik Idaman Gamer Sejati
ASUS Zenbook Flip UX363

Review Asus ROG Phone 3 ZS661KS, Smartphone Gaming Terbaik Idaman Gamer Sejati



Review Asus ROG Phone 3 ZS661KS, Smartphone Gaming Terbaik Idaman Gamer Sejati – Asus Indonesia secara resmi telah meluncurkan smartphone gaming ROG Phone 3 ZS661KS pada September 2020 lalu. Kehadiran smartphone ini menjadi penerus estafet smartphone gaming terbaik ROG Phone II yang telah dirilis tahun lalu. Asus Indonesia berbaik hati meminjamkan unit smartphone Asus ROG Phone 3 ZS661KS kepada tim Laptophia untuk diulas secara mendalam.

Harus diakui bahwa performa Asus ROG Phone 3 ZS661KS memang salah satu yang terkencang dengan sokongan SoC Snapdragon 865 Plus. Namun kinerja terkencang tak cukup untuk menjadi sebuah smartphone gaming terbaik yang menjadi idaman gamer. Asus mendukung ROG Phone 3 ZS661KS dengan fitur-fitur inovatif dan ekosistem yang matang untuk menghadirkan pengalaman gaming terbaik yang tak pernah dirasakan oleh gamer mobile sebelumnya. Lalu apakah Asus ROG Phone 3 ZS661KS layak disebut smartphone gaming terbaik idaman gamer sejati? SImak review Asus ROG Phone 3 ZS661KS oleh tim Laptophia kali ini!

Review Asus ROG Phone 3 ZS661KS, Smartphone Gaming Terbaik Idaman Gamer Sejati


Paket Pembelian Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Paket Pembelian Asus ROG Phone 3 ZS661KS

  • Unit Asus ROG Phone 3 ZS661KS
  • Kepala charger (mendukung fast charge 33W)
  • Kabel Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi

Baca juga:Review Fiil T1 XS, Headset TWS Terbaik dengan Kualitas Suara Fantastis di Kelasnya

Desain Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Desain Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Desain Asus ROG Phone 3 ZS661KS


Desain merupakan salah satu keunggulan dari review Asus ROG Phone 3 ZS661KS kali ini menurut tim Laptophia. Ponsel gaming ini masih mengusung konsep desain yang sama dengan ROG Phone II yang hadir dengan layar tanpa poni dengan bezel yang agak tebal pada sisi atas dan bawahnya. Bezel yang agak tebal ini ternyata justru mendukung kenyamanan saat bermain game pada mode landscape, karena memberikan sedikit ruang untuk telapak tangan guna meminimalisir salah sentuh saat bermain.

Sementara pada sisi belakang Asus ROG Phone 3 ZS661KS tampak garis desain yang agresif dan dipadukan dengan logo ROG yang dilengkapi LED RGB yang futuristik. Ketiga kamera belakang ROG Phone 3 tersusun secara horizontal dan agak menonjol, serta ditemani dengan dua buah LED flash. Apa yang ditawarkan oleh Asus ROG Phone 3 ini memang sangat berbeda dengan kebanyakan smartphone premium karena membidik segmen gamer yang identik dengan kesan agresif dan futuristik.

Bagian layar depan maupun casing belakang Asus ROG Phone 3 ZS661KS ini cukup tangguh terhadap goresan karena sudah menggunakan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 6. Ponsel gaming andalan Asus ini menggunakan frame berbahan aluminium yang tebal dan kuat. Build quality Asus ROG Phone 3 ZS661KS secara umum sangat solid dan terasa mewah, tak jauh berbeda dengan smartphone kelas flagship. hanya saja ukurannya memang cukup besar dan agak berat.

Desain Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Desain Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Desain Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Desain Asus ROG Phone 3 ZS661KS


Baca juga:Review Poco X3 NFC: Smartphone Gaming Terbaik di Kelas Menengah

Pada ulasan Asus ROG Phone 3 ZS661KS oleh tim Laptophia kali ini, bagian depan smartphone ini terdapat LED notifikasi (RGB), proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,59 inci, dan dua buah speaker stereo yang menghadap ke depan yang mengapit bagian atas dan bawah layarnya.

Layar smartphone gaming terbaik idaman gamer berdesain futuristik ini sudah berkontur 2.5D yang tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 6. Meski demikian, Laptophia tetap menganjurkan pengguna untuk memasang tempered glass di Asus ROG Phone 3 ZS661KS agar tak mudah pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker, tombol power dengan aksen merah, microphone, dan dua buah sensor AirTrigger ditempatkan di sisi kanan ponsel Asus ROG Phone 3 ZS661KS ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM dan side port USB Type-C untuk charging, output Display Port, dan untuk pemasangan aksesoris lainnya. Sisi atas ponsel Asus ROG Phone 3 ZS661KS ini terdapat sebuah microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel gaming Asus ROG Phone 3 ZS661KS ini terdapat tiga buah kamera atau triple camera yang tersusun horizontal, dua buah LED flash, microphone, ventilasi untuk AeroActive Cooler 3, logo ROG dengan LED RGB dan dan tulisan Republic of Gamers. Merek asal Taiwan ini menempatkan port USB Type-C dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Software & Fitur Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Desain Asus ROG Phone 3 ZS661KS


Hal yang menarik dari review Asus ROG Phone 3 ZS661KS oleh tim Laptophia kali ini adalah sisi perangkat lunak. Smartphone gaming Asus ROG Phone 3 ini menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka yang disebut dengan ROG UI yang ringan dan minimalis. Sama seperti antarmuka di Zenfone 6, ROG UI ini menawarkan tampilan yang tak jauh berbeda dengan Android pure. Hanya saja, Asus menyuntikkan sejumlah fitur yang sangat berguna dan juga fitur pendukung untuk meningkatkan pengalaman gaming.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, smartphone gaming terbaik Asus ROG Phone 3 ini dipastikan akan mendapat update ke Android 11 di masa mendatang. ROG UI yang diusung oleh smartphone ini hadir dengan beberapa tema bawaan dengan tampilan yang agresif dengan ikon futuristik khas perangkat gaming. Namun bagi yang mengutamakan kesederhanaan, dapat beralih ke tema minimalis yang sangat mirip dengan Android pure.

Meski ROG UI ini tampil minimalis seperti Android Pure, pengguna masih dapat melakukan kostumisasi tampilan seperti mengganti wallpaper, mengatur widget, mengganti dan mengunduh theme atau tema, mengatur susunan ikon, layout dengan app drawer atau tidak, scroll effect, dan sebagainya. Secara default, rampilan ROG UI terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer.

Asus ROG Phone 3 yang menggunakan ROG UI ini menawarkan fitur yang cukup lengkap, antara lain adalah hadirnya utility Mobile Manager, Digital Wellbeing, parental control, Game Genie, Armoury Crate, Twin Apps, Safeguard, OptiFlex, Gestures (screen gesture, touch gesture, dan motion gesture), One Hand Mode, AirTriggers, Screen recorder, Long screenshot, Pocket mode, Glove mode, Dark theme, Splendid, Audio Wizard, Night Light, Smart screen, Always-on display, dan banyak lagi.

Baca juga:Review Haylou T19 TWS: Suara Jernih dan Detail, Fitur Lengkap

Smartphone gaming Asus ROG Phone 3 ini juga dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat berfungsi untuk cek saldo dan mengisi e-money, bertransakasi, hingga berkirim file melalui Android Beam dan sejenisnya. Performa sensor sidik jari yang terletak di bawah layar (under screen fingerprint sensor) di ROG Phone 3 terasa gegas dan akurat. Asus mengklaim kemampuannya terus meningkat karena sensor sidik jari tersebut dilengkapi fitur AI untuk mengenali kebiasaan pengguna. Begitu juga dengan fitur keamanan 2D face unlock yang berjalan cukup memuaskan.

Fitur yang paling menonjol dari smartphone gaming ini adalah AirTriggers yang merupakan dua buah titik sentuh sensitif pada sisi kanan smartphone. Kedua titik ini bisa diatur sebagai rombol virtual tambahan dengan fungsi khusus sesuai dengan game yang dimainkan. Asus juga menambahkan partisi pada AirTriggers, sehingga memungkinkan gamer memiliki empat tombol virtual. Selain sentuh, AirTriggers ini juga dapat dikonfigurasi dengan input slide maupun swipe. Sehingga total fitur ini memberikan 8 rombol virtual tambahan guna memanjakan gamer.

Desain Asus ROG Phone 3 ZS661KS


Armoury Crate dan X-Mode juga merupakan fitur unggulan pada review Asus ROG Phone 3 ZS661KS kali ini. Melalui aplikasi Armoury Crate, pengguna atau gamer dapat melakukan tuning performa, mengatur Scenario Profiles berdasarkan game tertentu, konfigurasi sistem dan aksesoris, mengaktifkan X-Mode, dan juga memantau suhu Asus ROG Phone 3.

Sedangkan X-Mode secara sederhana dapat dikatakan sebagai performance mode-nya Asus ROG Phone 3 dan memiliki fungsi yang tak jauh berbeda dengan performance mode atau gaming mode ponsel lain. Akan tetapi, X-Mode ini jauh lebih maju dan memungkinkan pengaturan atau konfigurasi CPU dan GPU yang lebih detail tanpa harus melalui ritual root yang berisiko.



Fitur canggih lain yang tak kalah menarik dari ROG Phone 3 adalah Game Genie yang memiliki fitur dan kemampuan yang jauh lebih maju guna mendukung kenyamanan bermain game. Game Genie dapat secara real-time atau on-the-fly mengatur brightness, refresh rate layar, mengaktifkan X-Mode, macro, merekam layar, Crosshair, lock touch, dan memblokir notifikasi saat bermain game.

Baca juga:Menakar Performa Prosesor Intel Core i5-1035G1 di Asus Zenbook 13 UX325JA

Sedangkan aplikasi bawaan atau bloatware di ulasan Asus ROG Phone 3 ZS661KS ini terbilang minim dan membuatnya begitu ringan karena hanya terinstal aplikasi Google Apps, Facebook, Baca, Instaram, Messenger, dan sebagainya. Sehingga gamer tak perlu repot menyisihkan waktu untuk membuang bloatware.

Secara umum, ROG UI yang digunakan oleh Asus ROG Phone 3 ZS661KS ini menawarkan tampilan yang minimalis dengan desain agresif, customizable, performa yang ringan dan responsif, minim bloatware, minim bug, dan dilengkapi dengan banyak fitur yang siap memanjakan gamer sejati.

Benchmark Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Device Info HW Asus ROG Phone 3

Benchmark Geekbench 5 Asus ROG Phone

Benchmark AnTuTu 8.4.3 Asus ROG Phone

Benchmark PCMark Asus ROG Phone

Benchmark 3DMark Asus ROG Phone

Benchmark Basemark OS II Asus ROG Phone

Benchmark Androbench Asus ROG Phone

Sensorbox for Android dan Multitouch Tester Asus ROG Phone 3

Performa Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Performa Asus ROG Phone 3 ZS661KS


Sebagai smartphone gaming, performa menjadi keunggulan utama pada review Asus ROG Phone 3 ZS661KS kali ini. Smartphone gaming besutan vendor Taiwan ini ditenagai oleh SoC terkencang saat ini yakni Qualcomm Qualcomm Snapdragon 865 Plus SM8250 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core Kryo 585 Gold 3,1GHz, triple-core Kryo 585 Gold 2,42GHz, dan quad-core Kryo 585 Silver 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB atau 12GB LPDDR5, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 650 yang powerful.

Berdasarkan informasi yang laptophia himpun, Qualcomm Snapdragon 865 Plus SM8250 yang digunakan oleh smartphone gaming Asus ROG Phone 3 merupakan SoC kelas flagship yang merupakan varian lebih kencang dari Snapdragon 865 standar. Keunggulan utama Snapdragon 865 Plus SM8250 ini adalah diproduksi menggunakan teknologi 7nm N7P DUV-based yang membuatnya dingin dan 7% lebih hemat konsumsi daya dari pendahulunya.

Snapdragon 865 Plus SM8250 ini didukung modem Snapdragon X55 5G yang mendukung teknologi 5G (Dynamic Spectrum Sharing DSS, mmWave, sub-6 GHz) dan LTE Cat.24 (downlink) dan Cat.22 (uplink). Snapdragon 865 Plus SM8250 juga telah mendukung versi Wi-Fi 6 802.11ax, Bluetooth 5.1, dan pengisian cepat Qualcomm Quick Charge 4+, serta Quick Charge AI. Tak cukup sampai di situ, Asus telah melakukan tuning dan optimasi yang mendalam dengan dukungan sistem pendinginan yang mumpuni untuk menghasilkan performa tercepat dan stabil, serta tak khawatir terjadinya throttling.

Baca juga:Review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue, Fitur Lengkap dan Powerful!

Hasil benchmark menggunakan aneka aplikasi benchmark terkemuka seperti AnTuTu, 3DMark, PCMark, Geekbench 5, dan sebagainya menunjukkan bawah Asus ROG Phone 3 ZS661KS mampu mencetak skor tertinggi. Benchmark Geekbench 5 misalnya, Asus ROG Phone 3 mampu menghasilkan skor Single-Core mencapai 982 poin dan 3203 poin untuk Multi-Core. Performa grafisnya pun juga salah satu yang tertinggi dengan skor 4125 poin untuk 3DMark Wild Life.



Skor benchmark tinggi yang dihasilkan Asus ROG Phone 3 ZS661KS ini berbanding lurus dengan performa real-world untuk gaming dan komunikasi sehari-hari. Selama lebih dari dua bulan menggunakan Asus ROG Phone 3, ponsel ini sangat responsif dan lincah saat menjalankan banyak aplikasi dan juga tanpa lag saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Tugas ringan seperti edit foto hingga berat seperti edit video dengan aplikasi seperti Inshot atau Kinemaster sangat kencang! Ini bisa dikatakan smartphone terkencang yang pernah Laptophia ulas.

Soal performa gaming, tampaknya kemampuan Asus ROG Phone 3 ini tak perlu diragukan lagi dan dipastikan mampu memainkan game terbaru Android dengan tampilan grafis yang maksimal seperti PUBG Mobile, AoV, MLBB, Free Fire, Call of Duty Mobile, hingga game rakus resource seperti Genshin Impact. Ponsel ini menyedikan fitur X-Mode yang memungkinkan gamer melakukan tuning performa agar kian kencang dan optimal menjalankan game-game favorit.

Hal yang menarik dari review Asus ROG Phone 3 ZS661KS menurut Laptophia adalah solusi pendinginan yang mumpuni. Asus memang selalu membekali solusi pendinginan yang andal sejak ROG Phone generasi pertama. Pada ROG Phone 3 ini, Asus menggunakan solusi pendinginan Gamecool 3 dengan  heatsink berkuran 6x lebih besar dari ROG Phone sebelumnya untuk menyerap panas. Selain itu, Asus mendesain ulang 3D vapor chamber agar proses pembuangan panas lebih efektif ditandemkan dengan frame aluminium.

Bermain game tak hanya membutuhkan performa puncak, tetapi kestabilan performa dan suhu perangkat dalam waktu lama. Solusi pendinginan Gamecool 3 ini dapat mempertahankan performa tinggi dalam waktu lama berkat pembuangan panas yang baik, sehingga mengurangi terjadinya throttling atau penurunan performa akibat suhu yang terlalu tinggi. Jika masih kurang puas, Asus menyediakan aksesoris pendinginan eksternal AeroActive Cooler 3 untuk penggunaan gaming dalam waktu lama.

Selama menggunakan Asus ROG Phone 3, tim Laptophia memang tak merasakan adanya performance throttling. Bahkan ketika digunakan untuk bermain game Pokemon Go dalam waktu lama saat siang hari pun tidak membuat performa ROG Phone 3 goyah. Hanya saja frame ponsel Asus ROG Phone 3 ini kadang terasa cukup panas saat penggunaan intensitas tinggi dalam waktu lama, meski tidak terjadi overheat.

Baca juga:Review Asus Zenbook 14 UX425, Ultrabook Super Ringkas dengan Desain Mewah

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Foto macro

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS
Night mode off

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS
Night mode on

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Depan Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Depan Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Depan Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Depan Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Depan Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Foto selfie mode portrait

Baca juga:Review Poco F2 Pro: Performa Flagship Snapdragon 865 Siap Sambut 5G

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Asus ROG Phone 3 ZS661KS


Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Review Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Review Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Kamera sebenarnya bukan sektor yang ditonjolkan pada review Asus ROG Phone 3 ZS661KS kali ini karena fokus utamanya adalah gaming. Namun setelah dua bulan menggunakan ROG Phone 3, Laptophia terkejut dengan kemampuan fotografi Asus ROG Phone 3 ini. Kualitas jepretannya mungkin masih belum bisa disejajarkan dengan smartphone flagship terkini, tetapi apa yang dihasilkan oleh kamera Asus ROG Phone 3 jauh di melebihi ekspektasi Laptophia tentang smartphone gaming.

Spesifikasi kamera Asus ROG Phone 3 meningkat signifikan jika dibandingkan dengan ROG Phone II dengan dukungan tiga buah kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 64 megapiksel dengan sensor Sony IMX686 berukuran 1/1.7 inci 0.9um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa 26mm aperture f/1.8 yang dilengkapi dengan fitur 2x1 OCL phase-detection autofokus dan dual LED flash.

Sedangkan kamera kedua smartphone flagship gaming Asus ROG Phone 3 ini berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel dengan lensa 11mm aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai kamera ultra wide-angle dengan field of view (FoV) 125 derajat yang didukung fitur real-time distortion correction. Sedangkan kamera ketiga 5 megapiksel berfungsi sebagai dedicated macro.

Meski didesain untuk gaming, Asus ROG Phone 3 ini juga dibekali dengan kamera depan yang mumpuni di kelasnya dengan resolusi 24 megapiksel yang ditandemkan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Hal yang menarik dari kamera Asus ROG Phone 3 ini adalah mampu merekam video dengan resolusi 8K@30fps, 4K@30/60/120fps, 1080p@30/60/240fps, dan 720p @480fps.

Review Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Baca juga:Review Realme C15: Stamina Luar Biasa, Kinerja Biasa Saja

Aplikasi kamera yang diusung oleh Asus ROG Phone 3 ZS661KS ini sama dengan lini smartphone Asus Zenfone, yakni Zen UI Camera. Antarmuka kamera ponsel ROG Phone 3 ini cukup rapi dan intuitif dengan perpundahan menu menggunakan sistem rolodex dan tersedia ikon untuk beralih dari lensa utama ke lensa ultra-wide angle.

Seperti yang sudah Laptophia singgung di atas, hasil jepretan kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS ini di luar dugaan dan melebihi ekspektasi. Hasil jepretan kamera utamanya saat siang hari mampu menghasilkan detail yang cukup tinggi, dynamic range yang cukup wide, tajam, dan warna yang cukup memuaskan. Saat Laptophia menggunakan 2x digital zoom, foto yang dihasilkan smartphone gaming terbaik ini masih menawarkan tingkat detail yang memuaskan. Pengambilan foto dengan mode HDR pun berlangsung cepat di ROG Phone 3 ini berkat performa powerful yang dimilikinya.

Review Kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS


Performa autofokus pada review Asus ROG Phone 3 ini terbilang sangat responsif dan akurat. Saat digunakan untuk memotret macro, foto yang dihasilkan sangat memuaskan Laptophia. Detail foto yang dihasilkan sangat tinggi dam fokusnya akurat. Selain itu, efek blur bokeh pada background-nya begitu natural. Saat Laptophia menjajal mode portrait, separasi antara subyek dengan background terbilang sangat rapi dan efek bokeh-nya cukup natural di berbagai kondisi cahaya.

Performa kamera Asus ROG Phone 3 ZS661KS masih cukup bersinar saat malam hari. Meski kondisi kurang cahaya, tidak terjadi penurunan performa autofokus pada kamera utama smartphone gaming ini. Foto yang dihasilkan saat malam hari relatif memuaskan Laptophia, meski masih belum berada di level yang sama dengan smartphone flagship. Hasil jepretan kamera Asus ROG Phone 3 saat malam hari masih mempu memberikan detail yang memadai, saturasi warna yang mendekati akurat, dan noise yang cukup terkendali.

Hanya saja saat banyak lampu yang terang, kamera utama Asus ROG Phone 3 ini agak keteteran dan membuat beberapa bagian mengalami blown highlight atau cahaya agak meluber dan menutupi subyek lainnya. Hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan mengaktifkan mode Night yang diusungnya. Mode ini terbukti membuat foto lebih terang, dynamic range yang lebih baik, noise yang lebih minim, dan detail yang mengalami peningkatan. LED flash bawaan ponsel gaming ini cukup terang dan sangat membantu memotret dalam kondisi sangat minim cahaya.

Meski diciptakan untuk memanjakan gamer, Asus ROG Phone 3 juga mampu memuaskan penggemar swafoto atau foto selfie. Performa kamera depannya yang berkekuatan 24 megapiksel mampu menghasilkan foto yang memuaskan dengan detail yang cukup tinggi, saturasi warna yang cenderung natural, dan cukup tajam. Kamera depan ponsel ini dapat diandalkan di segala kondisi cahaya. Adapun mode portrait di kamera depan Asus ROG Phone 3, tetapi separasi subyek dengan background-nya tak sebaik kamera belakang.

Performa kamera ultra-wide angle pada review Asus ROG Phone 3 juga sukses membuat Laptophia terkejut karena lebih baik dari perkiraan. Saat siang hari, kamera ultra wide angle besutan ROG Phone 3 ini mampu menghasilkan foto dengan karakter mirip kamera utamanya, hanya saja detail yang dihasilkan sedikit lebih rendah dan agak keteteran mengatasi detail pepohonan atau dedaunan yang rumit. Sementara saat malam hari, performa kamera ultra wide angle ROG Phone 3 ini tidak terlalu baik karena detail merosot cukup tajam dan noise yang cukup banyak.

Baca juga:Review Asus ProArt StudioBook Pro X W730, Laptop Workstation 17 Inci Paling Kencang!

kamera dedicated macro yang diusung oleh Asus ROG Phone 3 ZS661KS juga secara mengejutkan menghasilkan foto yang lebih baik dari perkiraan Laptophia. Foto yang dihasilkan kamera macro ini memang tak setajam kamera utama, tetapi detail yang dihasilkan di atas rata-rata kamera macro di ponsel lain. Tak hanya itu, warna yang dihasilkan juga cukup punchy dan tidak kusam. Sayangnya, saat malam hari kamera macro Asus ROG Phone 3 ZS661KS kurang bisa diandalkan.

Review Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Review Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Tak berlebihan jika tim Laptophia menyebut Asus ROG Phone 3 ZS661KS sebagai sebuah smartphone gaming terbaik saat ini. Performa kencang tak cukup untuk menjadi sebuah perangkat gaming terbaik dan Asus menyadari hal tersebut. Pabrikan asal Taiwan ini melengkapi Asus ROG Phone 3 dengan fitur inovatif pendukung gaming yang lengkap dan ekosistem yang matang. Kombinasi performa, fitur, dan ekosistem yang matang membuat Asus ROG Phone 3 ZS661KS mampu memberikan pengalaman gaming yang tak dimiliki oleh kompetitor.

Layar

Tak hanya performa yang kencang, smartphone gaming terbaik Asus ROG Phone 3 ZS661KS juga dibekali dengan layar yang superior. Ponsel ini dibekali dengan layar AMOLED resolusi full HD dengan refresh rate maksimal 144Hz dan touch sampling rate hingga 270Hz. Tak heran, layar ROG Phone 3 ini sangat smooth dalam menampilkan animasi dengan frame rate cepat.

Touchscreen yang sangat sensitif, responsif, dan akurat guna meningkatkan pengalaman bermain game. Dalam gaming mobile yang menggunakan layar touchscreen, semakin cepat respon layar akan menentukan kemenangan walau hanya sepersekian detik. Pengguna bisa mengatur refresh rate layar sesuai kebutuhan atau diset otomatis melalui menu settings.

Tak hanya mengandalkan performa, kualitas layar Asus ROG Phone 3 ZS661KS ini juga sangat mumpuni untuk kebutuhan multimedia karena mampu menghasilkan warna yang akurat dengan skor Delta E < 1. Tak hanya itu, warna yang dihasilkan layar dapat diatur melalui profil yang tersedia di menu Splendid, seperti Default, Natural, Cinematic, Standard, dan Customized. Saat digunakan di bawah sinar mata hari secara langsung, layar smartphone gaming ini masih terlihat jelas dan bisa diandalkan.

Baca juga:Review Asus Vivobook S14 M433, Laptop Kawula Muda Super Kencang Bertenaga AMD Ryzen Renoir

Audio

Hal yang menarik dari review Asus ROG Phone 3 ZS661KS menurut Laptophia adalah dukungan dua buah speaker stereo bertenaga cukup besar yang menghadap ke depan. Kedua speaker ponsel gaming ROG Phone 3 ini mampu memberikan efek “wow” saat Laptophia pertama kali mendengarkan musik dengan ponsel ini. Suara yang dihasilkan kaya akan detail, efek imaging atau stereo-nya yang sangat terasa, bass yang cukup bertenaga, dan volume suara yang cukup keras.

Bass yang dihasilkan memang mungkin masih kurang nendang dan masih belum bisa disandingkan speaker Bluetooth, tetapi kualitas suara speaker ROG Phone 3 ini jauh lebih baik dari sebagian smartphone flagship yang ada saat ini. Asus ROG Phone 3 ZS661KS tidak dibekali dengan port audio 3,5mm, tetapi telah dibekali dengan konverter USB Type-C to audio 3,5mm dalam paket pembeliannya.

Tim Laptophia menjajal Asus ROG Phone 3 ZS661KS dengan mendengarkan musik menggunakan headset Hi Res dari Philips TX2 dan Senfer DT6 Pro untuk memainkan lagu-lagi rock dan metal. keluaran suaranya terbilang luar biasa karena mampu menghasilkan detail yang belum pernah Laptophia rasakan sebelumnya. Treble yang dihasilkan detail dan tidak menusuk, bass yang responsif dan bertenaga, serta suara vokal yang cukup stand out. Tampaknya Asus ROG Phone 3 ZS661KS bukan hanya sebuah smartphone gaming, tetapi layak disebut sebagai smartphone multimedia.

Memori

Smartphone gaming terbaik Asus ROG Phone 3 ZS661KS ini menyisakan memori internal sekitar 93,4GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 4,3GB – 4,6GB. Smartphone Asus ROG Phone 3 ZS661KS ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, tetapi tidak dilengkapi dengan slot microSD.

Baterai

Sama seperti pendahulunya, Asus ROG Phone 3 ZS661KS ini dibekali dengan baterai berkapasitas monster 6000mAh dengan fitur fast charge 30W. Ponsel ini juga dapat melakukan reverse charging atau mengisi ponsel lain dengan daya 10W. berdasarkan pengalaman dua bulan menggunakan review Asus ROG Phone 3 ZS661KS, baterai smartphone ini mampu bertahan hingga dua hari untuk penggunaan intensif non gaming.

Laptophia juga sempat menjajal menggunakan Asus ROG Phone 3 ZS661KS untuk bermain Pokemon Go secara intensif sambil digunakan untuk multitasking, hasilnya? Baterai mampu bertahan hampir seharian penuh dengan setting refresh rate layar auto. Pengisian daya Asus ROG Phone 3 ZS661KS juga cukup cepat, yakni rata-rata memakan waktu 1 jam lebih 20an menit untuk penuh.

Kesimpulan

Secara umum, Asus ROG Phone 3 ZS661KS adalah sebuah smartphone gaming terbaik yang cocok untuk gamer sejati. Smartphone ini tak hanya menawarkan performa kencang, tetapi juga fitur inovatif pendukung gaming, ekosistem yang matang, dan layar super smooth. ROG Phone 3 juga merupakan sebuah smartphone multimedia yang andal dengan warna layar yang akurat, audio yang mumpuni, daya tahan baterai lama, dan kamera yang bisa diandalkan.

Baca juga:Review Asus VivoBook S14 S433, Laptop Pertama yang Dirancang untuk Gen-Z

Meski demikian, ROG Phone 3 juga menyimpan kekurangan yang mungkin tidak terlalu esensial untuk gamer seperti absennya port audio 3,5mm, wireless charging, kemampuan tahan air, serta ukuran yang agak besar dan berat. Terlepas dari segala kekurangannya, Asus ROG Phone 3 ZS661KS tetaplah sebuah smartphone yang nyaris sempurna untuk gaming dan multimedia.

Kelebihan Asus ROG Phone 3 ZS661KS

  • Performa gaming terkencang
  • Ekosistem pendukung gaming lengkap
  • Layar AMOLED berkualitas dan super smooth dengan refresh rate 144Hz
  • Kamera bisa diandalkan
  • Speaker stereo dengan kualitas terbaik di kelasnya
  • Baterai jumbo dengan daya tahan mumpuni

Kekurangan Asus ROG Phone 3 ZS661KS

  • Tidak dilengkapi port audio 3,5mm
  • Kadang agak panas
  • Tidak dilengkapi kemampuan tahan air/debu

Harga Asus ROG Phone 3 ZS661KS

Harga smartphone gaming Asus ROG Phone 3 ZS661KS terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah mulai Rp 9.999.000 untuk varian 8GB/128GB. Adapun varian yang lebih tinggi dari Asus ROG Phone 3 dengan RAM 12GB dan memori internal 256GB yang dijual dengan harga Rp 14.999.000. Berdasarkan hasil review Asus ROG Phone 3 ZS661KS oleh tim Laptophia, produk racikan Asus ini sukses membuktikan dirinya sebagai smartphone gaming terbaik denga ekosistem yang matang, sehingga dapat memberikan pengalaman gaming yang terbaik.

Anda dapat membeli atau cek promo Asus ROG Phone 3  ZS661KS di Sini (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Asus ROG Phone 3 ZS661KS

  • Sistem Operasi Android 10 dengan antarmuka ROG UI
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus SM8250 dengan prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari single-core Kryo 585 Gold 3,1GHz, triple-core Kryo 585 Gold 2,42GHz, dan quad-core Kryo 585 Silver 1,8GHz
  • Grafis Adreno 650
  • Tiga kamera belakang dengan kamera utama resolusi 64 megapiksel, sensor Sony IMX686 1/1.7 inci 0.8um piksel, lensa 26mm aperture f/1.8, 2x1 OCL phase-detection autofokus dengan dilengkapi dual LED flash + 13 megapiksel sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel, lensa 11mm aperture f/2.4 ultra wide-angle, Real-time distortion correction + 5 megapiksel lensa aperture f/2.0 dedicated macro
  • Kamera depan 24 megapiksel, lensa 27mm aperture f/2.0 fixed focus
  • Layar sentuh 6,59 inci 2.5D, aspek rasio 19.5:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2340 pixels, kerapatan 391 ppi (pixel per inch), 1 juta warna, panel AMOLED, 1ms response time, 10-bit HDR, 111,8% DCI-P3, Delta E < 1, 650 nits, 144hz refresh rate, 270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency, Corning Gorilla Glass 6
  • Memori RAM 8GB atau 12GB LPDDR5, ROM UFS 3.1 128GB atau 512GB, tidak dilengkapi slot micoSD
  • Wi-Fi 6 802.11a/b/g/n/ac/ax, Bluetooth 5.1, port USB Type-C, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor under display, face unlock, NFC, ultrasonic sensors for AirTrigger 3
  • Dual front-facing 7-magnet stereo speakers dengan dual NXP TFA9874 smart amplifier, DTS Headphone X™ 7.1
  • Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output), AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE / 5G
  • Dimensi 170.99 x 77.6 x 9.48 mm dengan berat 240 gram
  • Baterai 6000mAh non-removable, Qualcomm Quick Charge 4.0, HyperCharge 30W, support Reverse Charging 10W
  • Warna Black Glare

Anda mungkin suka:Review Asus Vivobook 14 A416, Laptop Semua Kalangan yang Ideal untuk Work From Home


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!