IBX582004D475488 Review Philips TX2, Headset IEM Hi Res dengan Detail Luar Biasa
Asus Zenbook 14 UX434FLC

Review Philips TX2, Headset IEM Hi Res dengan Detail Luar Biasa



Review Philips TX2, Headset IEM Hi Res dengan Detail Luar Biasa – Philips sejauh ini memang telah memiliki nama di pasar audio dengan jajaran produk berkualitas sejak dulu, mulai dari mini compo, CD player, speaker, speaker portabel, dan juga headset. Pada kesempatan kali ini tim Laptophia telah kedatangan sebuah headset Philips TX2 yang merupakan salah satu headset IEM (In-Ear Monitor) berkualitas tinggi dari lini Fidelio yang sudah memenuhi kualifikasi audio resolusi tinggi atau hi res audio. Harga yang ditawarkan oleh headset Philips TX2 juga cukup kompetitif.

Lalu apa sebenarnya kualifikasi hi res audio atau audio resolusi tinggi yang telah didukung oleh Philips TX2? Menurut lama Wikipedia, hi res audio adalah istilah teknis dan pemasaran untuk audio dengan laju sampel lebih dari 44,1 kHz atau lebih tinggi dari kedalaman bit audio 16-bit. Biasanya mengacu pada laju sampel 96 kHz atau 192 kHz, menghasilkan frekuensi Nyquist 48 kHz atau lebih. lalu sehebat apakah kualitas suara dari headset Philips TX2? Simak ulasan atau review Philips TX2 oleh tim Laptophia kali ini!
Review Philips TX2, Headset IEM Hi Res dengan Detail Luar Biasa

Paket Pembelian Philips TX2

Paket Pembelian Philips TX2
  • Unit Philips Fidelio TX2 warna hitam
  • Eartips
Baca juga:Review QCY T2C, Headset True Wireless Stereo (TWS) Murah Berkualitas

Desain Philips TX2

Desain Philips TX2

Desain Philips TX2

Sisi desain merupakan salah satu hal yang menarik dari review Philips TX2 kali ini menurut Laptophia. Headset hi res audio andalan Philips ini tampil dengan konsep desain yang berbeda dari kebanyakan headset model IEM yang beredar di pasaran. Housing Philips Fidelio TX2 ini ukurannya lebih besar dan agak pipih. Elegan adalah kesan pertama yang Laptophia tangkap saat pertama kali melihat Philips TX2 ini. Kebetulan unit Philips TX2 yang Laptophia ulas adalah warna hitam. Selain hitam, juga tersedia varian warna putih.

Philips TX2 ini dibalut dengan housing berbahan plastik atau polikarbonat yang terasa tebal dan kuat. Sementara pada bagian belakang housing headset dengan resolusi tinggi ini terdapat cincin berwarna emas yang kian meningkatkan sisi estetika dan membuat aura mewah kian kuat. Nozzle headset Philips TX2 ini didesain asimetris atau agak miring sekian derajat guna mendukung sisi ergonomis atau kenyamanan saat menggunakan headset ini dalam waktu lama.

Salah satu kelebihan pada review Philips TX2 kali ini adalah telah dilengkapi dengan kabel model flat yang lentur dan berkualitas tinggi, serta tangle-free atau bebas ruwet. Kabel juga dilengkapi klip untuk mendukung kenyamanan. Sementara itu bagian microphone headset ini mengunakan housing plastik yang cukup kuat. Philips TX2 ini dibekali dengan jack 3,5mm berbentuk L-shape yang dilengkapi dengan aksen warna emas yang mewah.
Desain Philips TX2

Desain Philips TX2
Baca juga:Review BlitzWolf BW-ES2: Headset Dual Driver Harga Terjangkau
Headset hi res audio Philips TX2 ini dibekali dengan microphone dan sebuah tombol. Meski hanya dibekali dengan sebuah tombol saja, tetapi satu tombol ini memiliki banyak fungsi. Jika dipencet sekali, maka tombol tersebut akan berfungsi sebagai play atau pause. Sedangkan dipencet dua kali akan menjadi next track dan menjadi previous track ketika dipencet tiga kali. Tombol ini hanya berfungsi pada perangkat smartphone, sedangkan untuk DAP Fiio M3k yang Laptophia gunakan tidak berfungsi.

Review Philips TX2

Review Philips TX2

Philips TX2 atau juga dikenal sebagai Philips Fidelio TX2 adalah sebuah headset IEM yang cukup menarik karena harganya yang terbilang masuk akal dan telah mengantongi sertifikat hi res audio. Nama Philips tentu sudah tak asing lagi dan sudah memiliki pengalaman yang memadai di dunia audio. Hal inilah yang membuat Laptophia berekspektasi cukup tinggi dengan Philips TX2 dan beberapa hasil review di luar negeri menunjukkan hasil yang positif.

Pada review Philips TX2 kali ini, Laptophia menggunakan setup utama sebuah DAP Fiio M3K dengan lagu yang berformat flac. Selain itu, tim Laptophia juga menggunakan smartphone Xiaomi Mi 9T, Xiaomi Redmi Note 8, dan Infinix Hot 8 sebagai pembanding, sekaligus menguji kompatibilitasnya.

Kualitas Suara

Spesifikasi headset IEM Philips TX2 ini cukup meyakinkan dengan mengandalkan single dynamic driver yang berukuran cukup besar di kelasnya, yakni 13,5mm dengan magnet neodymium berkualitas. Selama proses review Philips TX2, Laptophia merasa headset ini lebih keluar potensinya saat menggunakan DAP seperti Fiio M3k yang Laptophia gunakan. Sedangkan ketika menggunakan smartphone seperti Redmi Note 8, keluaran suaranya terasa kurang keras. Mungkin Philips TX2 ini agak pilih-pilih karena kendala volume suara ini tidak Laptophia temui di smartphone Xiaomi Mi 9T.

Bagaimana impresi suara headset IEM hi res Philips TX2 ini? Kesan pertama saat Laptophia menjajal headset andalan Philips ini adalah sangat luar biasa! Philips TX2 mampu menampilkan suara musik yang megah, renyah, dan tetap powerful. Hal yang paling menonjol pada review Philips TX2 kali ini adalah detail dan separasi antar instrumen yang dihasilkan sangat mengagumkan. Laptophia dapat mendengarkan aneka instrumen pada lagu-lagu rumit seperti The Poet And The Pendulum dan Storytime dari Nightwish atau The Essence of Silence dari Epica.

Tingkat detail yang tinggi memungkinkan Laptophia mendengarkan perbedaan bunyi pada setiap drum set yang digunakan dalam sebuah musik, serta terdengar suara melodi gitar dan keyboard tampak beriringan tanpa menumpuk satu sama lain. Bass yang dihasilkan oleh Philips TX2 ini cukup dinamis dan penuh energi. Hal ini Laptophia rasakan saat memainkan lagu Sever The Hands dan Kirisute Gomen dari Trivium yang mana dentuman dobel kick drum terasa sangat gahar dan detail. Meski demikian, mungkin kuantitas bass terasa kurang bagi penikmat bass atau basshead.
Baca juga:Review QKZ DM7, Headset IEM Berkualitas dengan Harga di Bawah 100 Ribu
Suara mid dan vokal juga mampu dipresentasikan dengan baik pada review Philips TX2 kali ini. Suara vokal pria maupun wanita terdengar detail, intim dan powerful. Laptophia dapat merasakan betapa gaharnya suara scream Matt Heafy pada lagu In Waves atau lengkingan nada tinggi Tarja Turunen pada lagu Supremacy. Bahkan, pada puncak lengkingan Tarja Turunen di lagu Supremacy tersebut sampai membuat Laptophia merinding.

High atau treble yang dihasilkan oleh Philips TX2 ini sangat detail dengan karakter yang cukup lembut di telinga, serta tidak menusuk. Soundstage yang ditawarkan oleh Philips TX2 ini cukup luas dan mendalam, terutama saat mendengarkan lagu-lagu symphonic metal, sangat terasa kemegahannya. Sayangnya, isolasi suara dari luar masih kurang. Hal ini dapat diatasi dengan mengganti eartips bawaan dengan eartips lain.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Laptophia menjajal headset hi res audio Philips TX2 ini dengan beberapa perangkat, seperti DAP Fiio M3k, Xiaomi Mi 9T, Xiaomi Redmi Note 8, Infinix Hot 8, dan laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Headset andalan Philips ini berjalan dengan baik tanpi ada masalah kompatibilitas. Tombol kontrol ini tidak berfungsi di DAP Fiio M3k.

Menggumakan eartips default, fitting headset Philips TX2 ini sudah cukup nyaman digunakan digunakan. Namun bagi yang menyukai suara bass yang lebih bulat dan mendalam, Laptophia menyarankan untuk mengganti eartips bawaan dengan eartips lain karena isolasi suara dari luar terasa agak kurang. Penggunaan Philips TX2 dalam jangka waktu lama membuat telinga kurang nyaman karena ukuran housing yang terbilang besar di kelasnya.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil review Philips TX2 oleh tim Laptophia, headset hi res ini menunjukkan kualitas suara yang sangat memuaskan. Bahkan, mungkin salah satu yang terbaik di kelasnya. Philips TX2 mampu menghasilkan detail suara dan separasi antar instrumen yang mengagumkan, bass yang cukup dinamis, treble yang detail, dan suara vokal yang begitu intim. Sayangnya, bass mungkin dinilai kurang bagi basshead dan isolasi suaranya masih kurang. Secara umum, Philips TX2 merupakan headset hi res di bawah Rp 500 ribu dengan kualitas suara terbaik di kelasnya.
Baca juga:Review Xiaomi Mi In-Ear Headphones Basic, Headset di Bawah 100 Ribu Terbaik

Kelebihan Philips TX2

  • Kualitas suara salah satu yang terbaik di kelasnya
  • Tingkat detail dan separasi luar biasa
  • Desain elegan

Kekurangan Philips TX2

  • Ukuran housing terlalu besar, kurang nyaman
  • Kabel tidak detachable

Harga Philips TX2

Philips TX2 merupakan sebuah headset IEM dengan kualifikasi Hi Res atau high resolution yang menawarkan kualitas suara yang terbilang luar biasa di kelasnya. Harga headset Philips TX2 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka tanah air saat artikel ini dibuat (12/12/2019) adalah Rp 399.000. Berdasarkan hasil review Philips TX2 yang dilakukan oleh tim Laptophia, headset dari lini Fidelio ini menawarkan kualitas suara yang sangat memuaskan dan bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelasnya.

Bagi konsumen yang menginginkan sebuah headset IEM Hi Res dengan harga yang terjangkau dan menawarkan detail suara yang luar biasa, Philips TX2 ini adalah kandidat kuat yang dappat dipertimbangkan, Namun, ukuran housing yang cukup besar memang menjadi salah satu kelemahan headset ini, terutama bagi yang memiliki telinga kecil. Meski demikian, jelas Philips TX2 ini merupakan headset hi res di bawah Rp 500 ribu yang sangat layak beli.
Anda dapat membeli atau cek promo Philips TX2 di Sini (Klik)

Spesifikasi Philips TX2

  • Model: Fidelio TX2
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe dinamis dengan driver Neodymium
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 108±2dB
  • Input power maksimal 30 mW
  • Berat: 20 gram
  • Diameter driver 13,5 mm Neodymium
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 6Hz-40KHz
  • Dilengkapi microphone
  • Sensitivitas microphone -42dB±3dB1kHz, 3V 0dB=1V/pa
  • Kabel flat dengan kualitas baik
Anda mungkin suka:Review Asus ZenBook Pro Duo UX581, Laptop Sempurna untuk Kreator Konten Profesional

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!