IBX582004D475488 Review Poco F2 Pro: Performa Flagship Snapdragon 865 Siap Sambut 5G
ASUS VivoBook 14 K413

Review Poco F2 Pro: Performa Flagship Snapdragon 865 Siap Sambut 5G



Review Poco F2 Pro: Performa Flagship Snapdragon 865 Siap Sambut 5G – Meneruskan jejak Pocophone F1, smartphone Poco F2 Pro hadir dengan spesifikasi tinggi dan siap menjadi flaghsip killer. Hal ini berkat dukungan SoC terkencang Qualcomm Snapdragon 865 SM8250 yang biasanya digunakan oleh smartphone flagship dan sudah mendukung teknologi 5G. Nama Poco sendiri kabarnya merupakan singkatan dari “Powerfully Cool” dan masih menjadi bagian atau subbrand dari Xiaomi.

Selain soal performa, Poco F2 Pro mengalami peningkatan signifikan di hampir semua sektor seperti layar, kamera, desain, kapasitas baterai, dan juga fitur yang diusung. Poco F2 Pro tampil dengan desain cantik dipadukan dengan material premium kaca dan stainless steel yang kokoh. Poco F2 Pro yang merupakan rebrand dari Redmi K30 Pro kini tampil tanpa poni dengan kamera motorized pop-up, penasaran? Simak review Poco F2 Pro oleh tim Laptophia kali ini!

Review Poco F2 Pro: Performa Flagship Snapdragon 865 Siap Sambut 5G

Paket Pembelian Poco F2 Pro

Paket Pembelian Poco F2 Pro
  • Unit Poco F2 Pro 6GB/128GB Phantom White
  • Kepala charger (mendukung fast charge 33W)
  • Kabel Type-C
  • SIM card ejector
  • Hardcase
  • Manual
  • Kartu garansi

Baca juga:Review Realme C15: Stamina Luar Biasa, Kinerja Biasa Saja

Desain Poco F2 Pro

Desain Poco F2 Pro

Desain Poco F2 Pro

Desain Poco F2 Pro

Desain menjadi salah satu keunggulan utama pada review Poco F2 Pro kali ini. Smartphone ini menawarkan evolusi desain yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan Pocophone F1. Ponsel Poco F2 Pro ini tampil dengan layar bezelless tanpa poni dan tanpa punch hole yang membuatnya mampu memberikan pengalaman visual dan bermain game yang lebih menyenangkan. Smartphone 5G ini sudah menggunakan kamera depan dengan mekanisme motorized pop-up yang sebekumya sudah diterapkan di Xiaomi Mi 9T.

Kesan premium sangat terasa saat menggenggam smartphone bertenaga Snapdragon 865 termurah ini dengan casing depan dan belakang berbahan kaca antigores dari Gorilla Glass 5 yang ditandemkan dengan frame metal stainless steel yang tebal dan kuat. Casing belakangnya agak melengkung dan membuatnya kian cantik dan nyaman digenggam. Hal yang cukup menarik perhatian Laptophia adalah housing quad camera belakangnya yang berupa lingkaran berwarna hitam dan susunan kamera yang membentuk huruf X yang futuristik.

Tombol power smartphone 5G Poco F2 Pro ini ditandai warna merah yang semakin meningkatkan estetika desainnya. Secara umum, build quality Poco F2 Pro ini sangat solid dan kuat, serta terkesan begitu premium dan tak jauh berbeda dengan smartphone flagship lainnya. Ini sangat kontras dengan Pocophone F1 yang mengusung desain seadanya dan dibalut material plastik. Ukuran ponsel 5G Poco F2 Pro ini agak lebar dan berat, tetapi masih cukup nyaman digenggam.

Desain Poco F2 Pro

Desain Poco F2 Pro

Desain Poco F2 Pro

Baca juga:Review Oukitel WP5, Smartphone Tangguh dengan Baterai Jumbo!

Pada ulasan Poco F2 Pro oleh tim Laptophia kali ini, bagian depan smartphone ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,67 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel 5G Poco F2 Pro ini sudah mengadopsi on-screen button, sama seperti smartphone masa kini lainnya.

Layar smartphone premium dengan desain cantik Poco F2 Pro sudah berkontur 2.5D yang tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 5 dan dilapisi screenguar yang terpasang dari pabrik. Meski demikian, Laptophia tetap menganjurkan pengguna untuk memasang tempered glass di Poco F2 Pro agar tak mudah pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Poco F2 Pro ini. Sedangkan sisi kiri tidak terdapat port atau tombol apapun. Sisi atas ponsel Poco F2 Pro ini terdapat tray pop-up kamera depan yang juga berfungsi sebagai LED notifikasi, Infrared Blaster, microphone, dan port audio 3,5mm.

Sedangkan bagian belakang ponsel Snapdragon 865 termurah Poco F2 Pro ini terdapat empat kamera atau quad camera yang tersusun membentuk huruf X, dual-tone LED flash di sisi bawahnya, dan logo Poco. Merek asal Tiongkok ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, tray SIM card, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Poco F2 Pro

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Software & Fitur Poco F2 Pro

Software & Fitur Poco F2 Pro

Sektor perangkat lunak, smartphone 5G Poco F2 Pro ini awalnya menggunakan MIUI 11 dengan basis Android 10 saat mendarat di markas Laptophia. Tak lama setelah setelah itu, Poco F2 Pro mendapat update ke MIUI 12 yang menawarkan perubahan tampilan yang signifikan, animasi, dan tentu saja membawa banyak fitur baru. Smartphone bertenaga Snapdragon 865 termurah ini dipastikan akan mendapat upgrade Android 11 di masa mendatang.

MIUI 12 yang ditandemkan dengan Poco launcher pada review Poco F2 Pro menawarkan tampilan yang kian menawan dan semakin minimalis yang terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App Drawer. Hal yang menarik perhatian Laptophia adalah fitur Super Wallpaper yang secara default aktif di Poco F2 Pro dan menawarkan animasi visual yang halus, serta nyata. MIUI 12 juga hadir dengan tampilan notifikasi baru dan Control Center yang terinspirasi Apple iOS.

Tak hanya itu, MIUI 12 juga hadir dengan perombakan masalah manajemen privasi pengguna dan sistem navigasi gesture baru berdasarkan Android 10. Fitur floating window juga tak kalah menarik di MIUI 12. Pada dasarnya fitur ini sudah dimiliki oleh ponsel kelas atas Samsung dan kini hadir di Poco F2 Pro. Cara mengaktifkannya cukup membuka recent apps dan tap pada aplikasi yang diinginkan. Tentunya fitur ini sangat berguna meningkatkan produktivitas dan multitasking.

Software & Fitur Poco F2 Pro

Baca juga:Xiaomi Redmi Note 9 Review: Performa Memuaskan, Baterai Bisa Diandalkan

Performa sensor sidik jari yang terletak di bawah layar atau under-screen fingerprint sensor di ponsel 5G Poco F2 Pro ini terasa cukup gegas dan akurat. Begitu juga dengan fitur keamanan 2D face unlock yang berjalan cukup memuaskan. Tak hanya itu, Poco F2 Pro besutan Xiaomi ini juga dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat berfungsi untuk cek saldo dan mengisi e-money, bertransakasi, hingga berkirim file melalui Android Beam dan sejenisnya.

MIUI 12 juga telah menghadirkan sejumlah peningkatan fitur dan tampilan baru di aplikasi bawaan seperti File Manager, Gallery, Music, dan banyak lagi. Sama seperti MIUI 11, hal yang paling menjengkelkan dari MIUI 12 adalah iklan yang kadang muncul tanpa permisi. Bagi sebagian orang, munculnya iklan ini cukup mengganggu saat menjalankan aplikasi proprietary Xiaomi dan perlu dilakukan beberapa langkah untuk mengurangi kemunculan iklan tersebut.

Antarmuka MIUI 12 pada review Poco F2 Pro ini memiliki sejumlah fitur unggulan seperti Focus Mode, Floating Window, Child Mode, Do Not Disturb, Security, NFC, one handed mode, torch, barcode scanner, Document scanner, Mi Share, Enterprise mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Quick replies, Android 10 screen gesture, Ultra Battery Saver, App Lock, dark mode, dual apps, split screen, dual space, Game speed booster, Blocklist, App Vault, Digital Wellbeing & parental control, dan banyak lagi.

Aplikasi bawaan smartphone 5G Poco F2 Pro ini lumayan banyak dan sebagian dapat dihapus jika tidak diperlukan. Beberapa aplikasi yang sudah pre-installed di smartphone berkamera terbaik ini antara lain adalah Google Apps, aplikasi proprietary Xiaomi, Get Apps, Lazada, BliBli, Facebook, WPS Office, Amazon Shopping, Caping, Babe, dan LinkedIn. Adapun game yang sudah terinstal antara lain adalah Bubble Shooter With Friends, Block Puzzle Guardian, Crazy Juicer, Bubble Story, dan Dust Settle.

MIUI 12 menawarkan antarmuka visual yang lebih baik dan lebih simpel dan tetap customizable dari MIUI 11, serta menampilkan efek animasi yang lebih menawan dan fitur yang lebih lengkap. Tak hanya itu, performa MIUI 12 di ulasan Poco F2 Pro terbilang gegas dan responsif. Sayangnya munculnya iklan di MIUI ini bisa menjadi deal breaker bagi beberapa orang, meski sebenarnya dapat dihapus dengan beberapa trik yang tersedia di internet.

Baca juga:Review Realme Narzo, Layar Smooth dengan Performa Yahud

Benchmark Poco F2 Pro

Device Info HW Poco F2 Pro
Device Info HW Poco F2 Pro

Benchmark Geekbench 5 Poco F2 Pro
Benchmark Geekbench 5 Poco F2 Pro

Benchmark AnTuTu v8 Poco F2 Pro
Benchmark AnTuTu v8 Poco F2 Pro

Benchmark PCMark Poco F2 Pro
Benchmark PCMark Poco F2 Pro

Benchmark 3DMark Poco F2 Pro
Benchmark 3DMark Poco F2 Pro

Benchmark Basemark OS II Poco F2 Pro
Benchmark Basemark OS II Poco F2 Pro

Benchmark Androbench Poco F2 Pro
Benchmark Androbench Poco F2 Pro

Sensorbox for Android & Multitouch Tester Poco F2 Pro
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Poco F2 Pro

Performa Poco F2 Pro

Performa Poco F2 Pro

Kinerja menjadi keunggulan utama pada review Poco F2 Pro oleh tim Laptophia kali ini. Poco F2 Pro merupakan smartphone dengan kinerja tertinggi di kelasnya dengan dukungan SoC flagship Qualcomm Snapdragon 865 SM8250 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core Kryo 585 Gold 2,84GHz, triple-core Kryo 585 Gold 2,42GHz, dan quad-core Kryo 585 Silver 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB LPDDR4X atau 8GB LPDDR5, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 650 yang powerful.

Berdasarkan informasi yang laptophia himpun, Qualcomm Snapdragon 865 SM8250 yang digunakan oleh Poco F2 Pro merupakan SoC kelas flagship terbaru yang menawarkan performa paling kencang. Keunggulan utama Snapdragon 865 SM8250 ini adalah diproduksi menggunakan teknologi 7nm N7P DUV-based yang membuatnya dingin dan 7% lebih hemat konsumsi daya dari pendahulunya.

Snapdragon 865 SM8250 ini didukung modem Snapdragon X55 5G yang mendukung teknologi 5G (Dynamic Spectrum Sharing DSS, mmWave, sub-6 GHz) dan LTE Cat.24 (downlink) dan Cat.22 (uplink). Snapdragon 865 SM8250 juga telah mendukung versi Wi-Fi 6 802.11ax, Bluetooth 5.1, dan pengisian cepat Qualcomm Quick Charge 4+, serta Quick Charge AI.

Tak dipungkiri, performa chipset Qualcomm Snapdragon 865 SM8250 yang digunakan Poco F2 Pro ini adalah yang paling kencang di kelasnya. Kinerjanya mampu mengimbangi smartphone flagship 2020 yang sama-sama menggunakan SoC Snapdragon 865 atau SoC lain seperti Samsung Exynos 990 dan Kirin 990 5G yang rata-rata dijual dengan harga di atas Rp 10 juta.

Pada rentang harga Rp 5 – 8 juta-an, Poco F2 Pro in menawarkan kinerja paling tinggi yang sulit untuk disaingi kompetitornya. Hal terbukti dari hasil benchmark yang Laptophia lakukan, Poco F2 Pro membukukan angka 573.218 poin di aplikasi AnTuTu v8.4.3. Performa grafis Poco F2 pun juga paling kencang di kelasnya dengan skor 7228 poin untuk Sling Shot Extreme Open GL ES 3.1, 6498 poin untuk Sling Shot Extreme Vulkan, dan 8822 poin untuk Sling Shot.

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 9 Pro: Smartphone Terbaik di Kelas 3 Juta-an

Tak hanya hasil benchmark-nya saja yang tinggi, performa real world Poco F2 Pro ini juga sangat mumpuni. Selama dua minggu uji pakai, Laptophia merasakan performa yang sangat gegas dan responsif untuk komunikasi sehari-hari, multitasking, dan sekadar melakukan editing video dengan aplikasi InShot atau Kinemaster. Poco F2 Pro ini cocok untuk penggunaan jangka panjang, setidaknya hingga dua tahun ke depan.

Performa gaming pada review Poco F2 Pro juga paling kencang di kelasnya dan mampu melibas semua game populer seperti PES 2020, PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Fortnite, Asphalt 9: Legends, dan Shadowgun Legends, dan banyak lagi. Game-game tersebut dapat dimainkan dengan setting grafis High atau bahkan Extreme. Sayangnya, refresh rate layar yang hanya 60Hz membuat pengalaman bermain game kurang maksimal.

Meski Poco F2 Pro ini dibekali teknologi pendinginan LiquidCool 2.0, panas yang dihasilkan ternyata cukup terasa. Panas yang dihasilkan memang masih bisa ditoleransi dan tidak menimbulkan overheat atau throttling, tetapi kadang mengurangi kenyamanan saat menggunakannya bermain game dalam waktu lama.

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro
Movie Frame

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Foto macro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro
Foto clone

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro
Night mode off

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro
Night mode on

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Poco F2 Pro

Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Poco F2 Pro

Foto selfie
Hasil Foto Kamera Depan Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Poco F2 Pro

Foto selfie mode portrait

Baca juga:Review Xiaomi Redmi 8A Pro: Upgrade yang Tidak Signifikan

Hasil Foto Kamera Super Macro Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Super Macro Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Super Macro Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Super Macro Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Super Macro Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco F2 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco F2 Pro

Review Kamera Poco F2 Pro

Review Kamera Poco F2 Pro

Meski bukan sektor yang diunggulkan, kemampuan fotografi smartphone 5G Poco F2 Pro ini tak bisa dipandang sebelah mata dengan dukungan empat buah kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 64 megapiksel dengan sensor Sony IMX686 berukuran 1/1.72 inci 0.8um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa 26mm aperture f/1.9 yang dilengkapi dengan fitur phase-detection autofokus dan dual-tone LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS ditandemkan lensa 50mm aperture f/2.4 yang berperan sebagai telephoto macro, lengkap dengan fitur phase-detection autofocus. Sedangkan kamera ketiga Poco F2 Pro ini berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel dengan lensa 12mm aperture f/2.2 yang berfungsi sebagai kamera ultra wide-angle dengan field of view (FoV) 120 derajat. kamera keempat berkekuatan 2 megapiksel lensa aperture f/2.4 sebagai depth sensor.

Poco F2 Pro dibekali dengan sebuah kamera depan dengan mekanisme motorized pop-up dengan resolusi 20 megapiksel dengan sensor BSI dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus dan diperkuat fitur AI Portrait Selfie untuk foto selfie dan video call. Xiaomi membekali Poco F2 Pro dengan perekaman video dengan resolusi hingga 8K.

Review Kamera Poco F2 Pro

Unit review Poco F2 Pro yang Laptophia gunakan sudah di-upgrade ke MIUI 12 sehingga antarmuka kameranya mengalami perubahan signifikan jika dibandingkan MIUI 11. Aplikasi kamera di ponsel 5G Poco F2 Pro ini masih menggunakan sistem menu Rolodex untuk memilih mode, bedanya kini pengguna dapat mengatur susunan mode mana saja yang tampil sesuai kebutuhan.

Baca juga:Review Shure Aonic 215: TWS Mewah dengan Suara Berkualitas

Beberapa mode yang tersedia dikamera smartphone 5G Poco F2 Pro ini antara lain Slow Motion (hingga 960fps), Short Video, Video, Photo, 64M, Portrait, Night, Panorama, Document, Vlog, Front & Back, Time-lapse, Clone, dan Pro. Mode Pro di Poco F2 Pro ini memungkinkan pengguna mengatur white balance, fokus, ISO, dan shutter speed hingga maksimal 32 detik, serta mendukung mode pengambilan RAW.

Kamera Poco F2 Pro ini menyediakan mode Movie Frame yang mengusung aspek rasio super lebar ala film bioskop dan juga ada mode Clone untuk menghasilkan foto dengan efek kembar. Uniknya, fitur slow-motion di Poco F2 Pro juga dapat digunakan di kamera depan. Sedangkan mode Front & Back memungkinkan pengguna merekam video dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Review Kamera Poco F2 Pro

Hasil jepretan kamera Xiaomi Poco F2 Pro yang berkekuatan 64 megapiksel ini cukup memuaskan. Secara default menbghasilkan foto dengan resolusi 16 megapksel dengan teknologi 4-in-1 pixel binning. Saat siang hari, kamera Poco F2 Pro mampu menghasilkan foto dengan tingkat detail yang sangat tinggi, warna yang punchy, dan dynamic range yang luas.

Meski memotret dengan kondisi cahaya yang ideal, noise masih muncul dan terlihat pada obyek seperti langit saat di-zoom. Selain itu, kadang performa dynamic range dan ketajamannya kurang konsisten sehingga menghasilkan foto yang soft dan detail yang kurang. Mode HDR pada ponsel 5G Poco F2 Pro ini mampu mendongkrak dynamic range, terutama memperbaiki bayangan yang terlalu gelap.

Sedangkan untuk mode portrait, kamera Poco F2 Pro ini mampu menghasilkan separasi atau masking yang cukup rapi di kelasnya dan kita dapat mengatur tingkat bokeh-nya. Tak hanya itu, kamera utama Poco F2 Pro ini menawarkan kecepatan fokus yang terbilang sangat cepat dan akurat. Selain itu, hasil foto macro Poco F2 Pro ini juga memuaskan dengan detail yang sangat tinggi, warna yang punchy, dynamic range yang luas, dan tentu saja efek bokeh yang alami.

Sayangnya saat malam hari, performa kamera pada review Poco F2 Pro tampaknya masih belum memenuhi ekspektasi tim Laptophia. Kecepatan fokus kameranya menurun signifikan dan bahkan tak jarang Laptophia mendapati foto yang ngeblur lantaran lensa belum mengunci fokus. Harus benar-benar steady saat malam hari agar fokusnya tetap terjaga.

Hasil foto malam hari smartphone 5G Poco F2 Pro bukanlah yang terbaik di kelasnya dengan detail yang masih lumayan dan noise masih cukup jelas terlihat. Kecepatan fokusnya juga mengalami penurunan, sehingga kita harus steady saat memotret pada malam hari menggunakan Poco F2 Pro agar menghasilkan foto yang tajam dan fokus yang sempurna. Ini bisa dimaklumi mengingat kamera Poco F2 Pro tidak dilengkapi OIS. Beruntung, Night Mode yang disediakan mampu menghasilkan lompatan kualitas dan detail yang baik saat malam hari.

Baca juga:Samsung Galaxy M31 Review: Stamina Mumpuni dengan Kamera 64MP

Foto selfie yang dihasilkan kamera 20MP milik smartphone Snapdragon 865 termurah ini cukup memuaskan dengan detail yang tinggi, saturasi dan tone warna yang mendekati natural, efek beautify yang andal, dan dynamic range yang baik. Tak hanya itu, kamera depan juga dilengkapi mode portrait yang performanya tak jauh berbeda dengan kamera belakangnya.

Kamera ultra wide-angle pada review Poco F2 Pro ini juga mampu menghasilkan foto yang memuaskan dengan detail yang lumayan saat siang hari dengan kondisi cahaya yang melimpah. Distorsi pada sudutnya dapat diatasi dengan baik, tetapi membuatnya sedikit agak soft. Saat malam hari, kamera wide angle Poco F2 Pro ini kurang bisa diandalkan karena detailnya kurang memuaskan dan agak gelap.

Hal yang cukup mengejutkan saat review kamera ponsel 5G Poco F2 Pro ini adalah kemampuan kamera super macro 5 megapiksel yang diusungnya. Biasanya, kamera dedicated macro menghasilkan foko yang kurang layak. Namun, kamera super macro milik Poco F2 Pro ini sangat berbeda karena mampu menghasilkan foto macro yang mengagumkan, detail yang cukup tinggi, dan warna yang natural.

Review Poco F2 Pro

Review Poco F2 Pro

Sama-sama mengusung konsep flagship killer, ponsel Poco F2 Pro ini merupakan sebuah evolusi signifikan jika dibandingkan dengan Pocophone F1. Smartphone ini menawarkan peningkatan di hampir semua sektor jika dibandingkan dengan pendahulunya dengan desain cantik dan dipadukan build quality sekelas flagship pula. Harga Poco F2 Pro pun terkerek naik dari harga awal Pocophone F1. Lalu masih pantaskah Poco F2 Pro menyandang gelar flagship killer?

Layar

Sama seperti Xiaomi Mi 9T yang juga mengusung kamera pop-up, Poco F2 Pro ini juga mengusung layar sentuh bezelless tanpa poni dan tanpa punch hole berukuran 6,67 inci. Xiaomi tampaknya tak main-main dengan kualitas layar yang dipasang di smartphone flagship killer andalannya dengan dukungan panel Super AMOLED yang telah mendukungan 100% DCI-P3 dan HDR 10+. Laptophia melihat layar Poco F2 Pro mampu menghasilkan warna yang sangat punchy, vibrant, dan tajam.

Desain layar bezelless tanpa poni dan punch hole ini jelas memberikan pengalaman visual yang lebih menyenangkan dan juga bermain game lebih leluasa. Respon touchscreen-nya terbilang sangat responsif untuk bermain game dan viewing angle-nya luas. Saat digunakan di bawah sinar matahari, layar Poco F2 Pro ini masih bisa diandalkan dengan brightness yang cukup tinggi, yakni hingga 600 nits saat mode auto.

Sayangnya, refresh rate layar Poco F2 Pro masih 60hz. Sementara para pesaingnya sudah mengusung refresh rate 90Hz atau bahkan lebih tinggi. Refresh rate yang terbilang standar ini tentu membuatnya kurang smooth dan mengurangi keseruan saat bermain game dengan frame rate tinggi.

Baca juga:Oppo A52 Review: Baterai Besar dengan Speaker Stereo

Audio

Sebagai smartphone premium yang digadang-gadangkan sebagai flagship killer, agak disayangkan Poco F2 Pro ini tidak dilengkapi dual stereo speaker seperti pendahulunya. Sebagai gantinya, Poco F2 Pro didukung sebuah loudspeaker dengan volume suara yang terbilang salah satu yang paling kencang. Kualitas suara speaker Poco F2 Pro cukup baik dengan treble yang jernih dan bass yang cukup terdengar. Namun, belum bisa menyaingi speaker stereo yang biasanya terdapat di ponsel flagship.

Tim Laptophia menjajal Poco F2 Pro dengan mendengarkan musik menggunakan headset Hi Res dari Philips TX2 dan Senfer DT6 Pro untuk memainkan lagu-lagi rock dan metal. Keluaran suara yang tim Laptophia rasakan terbilang mantap di kelasnya. Volume suara yang dihasilkan kencang, detail, dan bass juga dirasa memadai. Kualitas suaranya masih dapat ditingkatkan dan disesuaikan dengan selera melalui fitur Mi Enhancer. Pengguna juga dapat mengaktifkan mode Hi-Fi Audio yang membuat kualitas outputnya kian jernih.

Memori

Smartphone quad camera bertenaga Qualcomm Snapdragon 865 termurah Xiaomi Poco F2 Pro ini menyisakan memori internal sekitar 109,34GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 2,2GB – 2,6GB. Smartphone 5G penerus Pocophone F1 ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta tidak dilengkapi dengan slot microSD.

Baterai

Sektor baterai menjadi kelebihan atau daya tarik dari review Poco F2 Pro menurut Laptophia kali ini. Ponsel ini tak hanya menawarkan baterai berkapasitas 4700mAh yang terbilang besar di kelasnya, tetapi juga turut disematkan fitur fast charge dengan daya 30W. Tak hanya itu, adaptor charger dengan daya 33W juga turut disertakan dalam paket pembelian smartphone 5G flagship killer ini.

Daya tahan baterai Poco F2 Pro ini berdasarkan pengalaman tim Laptophia selama dua minggu terakhir ini mampu bertahan 1,5 – 2 hari untuk pemakaian kasual non gaming. Dukungan SoC Snapdragon 865 yang berteknologi 7nm+ memiliki andil dalam efisiensi konsumsi daya. Meski sama-sama mendukung fast charging 30W, kecepatan pengisian daya Poco F2 Pro masih kalah cepat dari Mi Note 10 Pro. Ponsel ini butuh waktu 1 jam lebih 20 menit agar baterai terisi penuh.

Baca juga:Review JBL Go 2, Speaker Stylish Tangguh Bersuara Jernih

Kesimpulan

Secara umum, Poco F2 Pro merupakan smartphone premium yang menawarkan kinerja kelas flagship dan sekaligus ponsel bertenaga Snapdragon 865 termurah yang sudah mendukung 5G. Poco F2 Pro tampil dengan kemampuan kamera yang andal, desain yang cantik, dan build quality yang amat solid, serta mewah. Daya tahan baterai Poco F2 Pro paling andal di kelasnya dan masih didukung fitur fast charge 30W.

Apakah Poco F2 Pro layak disebut sebagai flagship killer? Jika dilihat dari sudut pandang performa, Poco F2 Pro ini jelas merupakan flagship killer dan smartphone terkencang di kelasnya. Namun, sektor lain seperti kemampuan kamera, fitur, dan refresh rate layar yang ditawarkan tampaknya memang masih belum di level flagship. Selain itu, MIUI di Poco F2 Pro masih menampilkan iklan dan ini menjadi nilai minus.

Kelebihan Poco F2 Pro

  • Desain cantik dengan build quality premium
  • Performa kelas flagship dengan SoC Snapdragon 865
  • Layar AMOLED tanpa poni berkualitas tinggi
  • Mendukung 5G
  • Daya tahan baterai mantap

Kekurangan Poco F2 Pro

  • Tidak dilengkapi slot microSD
  • Refresh rate layar hanya 60Hz
  • Tidak mendukung wireless charging
  • MIUI menampilkan iklan

Harga Poco F2 Pro

Harga smartphone Poco F2 Pro terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 6.999.000 untuk varian 6GB/128GB. Sedangkan harga Poco F2 Pro varian 8GB/128GB adalah Rp 7.999.000. Berdasarkan hasil review Poco F2 Pro oleh tim Laptophia di atas, smartphone ini sangat layak dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan performa kelas flagship dengan harga yang lebih kompetitif, serta sudah 5G ready.

Anda dapat membeli atau cek promo Poco F2 Pro di Sini (Klik)

Spesifikasi Poco F2 Pro

  • Sistem Operasi Android 10 dengan antarmuka MIUI 12 For Poco
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 865 SM8250 dengan prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari single-core Kryo 585 Gold 2,84GHz, triple-core Kryo 585 Gold 2,42GHz, dan quad-core Kryo 585 Silver 1,8GHz
  • Grafis Adreno 650
  • Tiga kamera belakang resolusi 64 megapiksel, sensor Sony IMX686 1/1.72 inci 0.8um piksel, lensa 26mm aperture f/1.9, phase-detection autofokus dengan dilengkapi dual-tone LED flash + 5 megapiksel telephoto macro, autofokus, sensor BSI CMOS, lensa 50mm aperture f/2.4 telephoto + 13 megapiksel sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel, lensa 12mm aperture f/2.4 ultra wide-angle + 2 megapiksel, lensa aperture f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 20 megapiksel, sensor BSI CMOS 1/3.4 inci 0.08um piksel, lensa aperture f/2.2, fixed focus, motorized pop-up
  • Layar sentuh 6,67 inci 2.5D, aspek rasio 20:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 pixels, kerapatan 395 ppi (pixel per inch), 500 nits, 16 juta warna, panel AMOLED, HDR10+, Corning Gorilla Glass 5
  • Memori RAM 6GB LPDDR4X atau 8GB LPDDR5, ROM 128GB atau 256GB UFS 3.1, tidak dilengkapi slot micoSD
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor under display, face unlock, NFC
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE / 5G
  • Dimensi 163.3 x 75.4 x 8.9 mm dengan berat 219 gram
  • Baterai 4700mAh non-removable, Qualcomm Quick Charge 4.0+, Power Delivery 3.0 30W
  • Warna Neon Blue, Phantom White, Electric Purple, dan Cyber Gray

Anda mungkin suka:Review Umidigi A7 Pro, Smartphone Android 10 Mewah dengan Harga Murah


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!