eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Xiaomi Mi Note 10 Pro Review: Smartphone Premium Berkamera Terbaik

Xiaomi Mi Note 10 Pro Review: Smartphone Premium Berkamera Terbaik – Xiaomi Indonesia secara resmi telah meluncurkan smartphone kelas atas andalannya melalui lini Mi Note 10 Pro dipasar tanah air melalui sebuah acara konser peluncuran yang digelar di Jakarta (04/01/2020) silam. Smartphone ini memang dirancang khusus untuk menonjolkan kemampuan kameranya dengan mengandalkan penta camera atau lima kamera belakang. Tak hanya itu, Xiaomi Mi Note 10 Pro menjadi smartphone pertama dengan kamera utama berkekuatan 108 megapiksel.

Tak hanya mengandalkan resolusi tinggi dan jumlah kamera yang banyak, Xiaomi Mi Note 10 Pro ini juga menjaminj kualitas foto yang dihasilkan. Ini terbukti dari hasil pengujian DxOMark yang mampu mencetak skor 121 poin mengalahkan Huawei P30 Pro, iPhone 11 Pro Max, Samsung Galaxy Note 10+, dan juga Samsung Galaxy S10. Soal performa, Xiaomi Mi Note 10 Pro memang bukan kelas flagship karena hanya mengandalkan SoC Qualcomm Snapdragon 730G dengan RAM sebesar 8GB. Penasaran? Simak ulasan Xiaomi Mi Note 10 Pro review oleh tim Laptophia kali ini!
Xiaomi Mi Note 10 Pro Review: Smartphone Premium Berkamera Terbaik

Paket Pembelian Xiaomi Mi Note 10 Pro

Paket Pembelian Xiaomi Mi Note 10 Pro
  • Unit Xiaomi Mi Note 10 Pro Aurora Green
  • Kepala charger
  • Kabel Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Soul Upbeat High Performance Earphone, Cocok untuk Basshead!

Desain Xiaomi Mi Note 10 Pro

Desain Xiaomi Mi Note 10 Pro

Desain Xiaomi Mi Note 10 Pro

Desain adalah salah satu daya tarik pada ulasan Xiaomi Mi Note 10 Pro review oleh tim Laptophia kali ini. Pabrikan asal Tiongkok ini tampaknya telah bekerja keras untuk menghasilkan desain cantik yang diterapkan pada Xiaomi Mi Note 10 Pro. Ponsel ini hadir dengan layar sentuh antigores Corning Gorilla Glass 5 yang melengkung pada sisi kana dan kirinya, mirip dengan Huawei P30 Pro. Hal ini membuat bezel kanan dan kiri Xiaomi Mi Note 10 Pro nyaris tidak ada, serta didukung bezel atas dan bawah yang cukup tipis.

Xiaomi Mi Note 10 Pro ini masih mengusung konspe dot drop design yang artinya dilengkapi dengan poni minimalis di atas layar guna menempatkan kamera depan. Sementara pada sisi belakang terdapat casing yang terbuat dari kaca antigores Corning Gorilla Glass 5 yang cukup tangguh dan mengkilap. Kebetulan unit Xiaomi Mi Note 10 Pro yang diulas oleh Laptophia berwarna Aurora Green yang cukup menawan. Sayangnya, penggunaan casing berbahan kaca ini membuatnya agak licin. Selain itu, housing kamera belakangnya agak menonjol.

Xiaomi Mi Note 10 Pro ini menggunakan frame berbahan metal yang sangat kokoh dan terasa tebal dengan balutan warna yang senada dengan warna casing belakang. Build quality Xiaomi Mi Note 10 Pro terbilang solid dan kuat. Hal ini terbukti dari video di channel JerryRigEverything yang mana Xiaomi Mi Note 10 Pro sanggup bertahan dari pengujian ekstrem. Sayangnya, bobot Xiaomi Mi Note 10 Pro ini memang lumayan berat dan ditambah dengan body yang licin membuatnya rawan slip dan terjatuh dari genggaman.
Desain Xiaomi Mi Note 10 Pro

Desain Xiaomi Mi Note 10 Pro
Baca juga:Review Asus Zenbook 14 UX434FLC, Ultrabook Ringkas dengan ScreenPad 2.0
Pada ulasan Xiaomi Mi Note 10 Pro review oleh tim Laptophia kali ini, bagian depan smartphone ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar full HD+ melengkung di kedua sisinya berukuran 6,47 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Mi Note 10 Pro ini sudah mengadopsi on-screen button seperti smartphone terkini lainnya.

Tak hanya itu, sensor sidik jari juga terdapat di layar ponsel ini. Layar smartphone kamera terbaik dengan desain cantik Mi Note 10 Pro ini cukup tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 5. Meski demikian, Laptophia tetap menganjurkan pengguna untuk memasang tempered glass di Mi Note 10 Pro agar tak mudah pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Mi Note 10 Pro ini. Selain itu, juga terdapat terdapat tray slot dual SIM, tanpa kehadiran slot microSD. Sedangkan sisi kiri tidak terdapat tombol atau port apapun. Sisi atas ponsel kamera terbaik Xiaomi Mi Note 10 Pro ini terdapat microphone, dan infrared port.

Sedangkan bagian belakang ponsel Mi Note 10 Pro ini terdapat lima kamera atau penta camera yang tersusun secara vertikal, LED flash di samping kanannya, dan logo Xiaomi pada bagian bawah. Merek asal Tiongkok yang baru saja memperkenalkan Mi Note 10 ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Xiaomi Mi Note 10 Pro

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Xiaomi Mi Note 10 Pro

Software & Fitur Xiaomi Mi Note 10 Pro

Sebagai sebuah smartphone premium, Laptophia sebenarnya berharap lebih pada ulasan Xiaomi Mi Note 10 Pro review kali ini. Namun, hal tersebut harus dikubur dalam-dalam karena ponsel ini tak jauh berbeda dengan ponsel Xiaomi lainnya yang masih menggunakan basis sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka MIUI 11. Hingga kini belum ada informasi mengenai kapan Xiaomi Mi Note 10 Pro kan menerima update ke Android 10. Ini agak disayangkan mengingat smartphone dengan kamera terbaik ini membidik segmen premium.

MIUI 11 yang digunakan oleh smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro ini terdiri dari Lockscreen dan Homescreen, tanpa kehadiran app drawer. MIUI 11 di Mi Note 10 Pro ini juga menyediakan opsi kostumisasi yang luas agar tak mudah bosan. Pengguna dapat mengganti theme, wallpaper, animasi, dan banyak lagi sesuai selera. Pengguna dapat mengunduh theme atau wallpaper melalui aplikasi Themes yang sudah terinstal secara default. Iklan masih menjadi isu utama MIUI 11 di ulasan Xiaomi Mi Note 10 Pro dan ini agak mengganggu menurut Laptophia.

Xiaomi Mi Note 10 Pro ini dibekali dengan fitur keamanan berupa sensor sidik jari di bawah layar atau under screen fingerprint sensor yang sangat sensitif dan nyaman digunakan. Hal yang sama juga Laptophia rasakan saat menggunakan fasilitas face unlock. Tak hanya itu, Xiaomi Mi Note 10 Pro ini juga dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat berfungsi untuk cek saldo dan mengisi e-money, bertransakasi, hingga berkirim file.

MIUI 11 pada review Xiaomi Mi Note 10 Pro ini memiliki sejumlah fitur unggulan seperti Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, NFC, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Share, Enterprise mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Quick replies, Full Screen gesture, Always-on Display, Ultra Battery Saver, App Lock, dark mode, dual apps, split screen, dual space, Facebook cleaner, Game speed booster, Blocklist, App Vault, Digital Wellbeing & parental control, dan banyak lagi.
Baca juga:Review Eseed L5 Plus, Smartwatch Murah dengan Fitur Lengkap
Aplikasi bawaan smartphone Xiaomi Note 10 Pro ini lumayan banyak dan sebagian dapat dihapus jika tidak diperlukan. Beberapa aplikasi yang sudah pre-installed si smartphone berkamera terbaik ini antara lain adalah Google Apps, aplikasi proprietary Xiaomi, Get Apps, Lazada, Facebook, WPS Office, AliExpress, Vidio, PicMix, Caping, WeSing, LinkedIn, Babe, Detik.com, dan Opera. Adapun game yang sudah terinstal antara lain adalah Pop Shooter Blast, Ludo Master, Block Puzzle Guardian, Crazy Juicer, Bubble Story, dan Dust Settle.

Secara umum, MIUI 11 yang digunakan oleh Xiaomi Mi Note 10 Pro ini menawarkan tampilan antarmuka yang minimalis, rapi, dan nyaman digunakan. Selain itu, MIUI 11 ini kayak akan fitur, kostumisasi luas, dan mendapatkan dukungan update secara reguler dari Xiaomi. Sayangnya, MIUI 11 masih menampilkan di beberapa aplikasi bawaan seperti App Vault, Music, dan sebagainya. Iklan ini bagi beberapa pengguna mungkin mengganggu. Iklan yang tampil di MIUI tersebut dapat dihilangkan melalui cara yang diulas di sini.

Benchmark Xiaomi Mi Note 10 Pro

CPU-Z Xiaomi Mi Note 10 Pro
CPU-Z Xiaomi Mi Note 10 Pro
Benchmark Geekbench 5 Xiaomi Mi Note 10 Pro
Benchmark Geekbench 5 Xiaomi Mi Note 10 Pro
Benchmark AnTuTu v8 Xiaomi Mi Note 10 Pro
Benchmark AnTuTu v8 Xiaomi Mi Note 10 Pro
Benchmark Vellamo Xiaomi Mi Note 10 Pro
Benchmark Vellamo Xiaomi Mi Note 10 Pro
Benchmark PCMark Xiaomi Mi Note 10 Pro
Benchmark PCMark Xiaomi Mi Note 10 Pro
Benchmark 3DMark Xiaomi Mi Note 10 Pro
Benchmark 3DMark Xiaomi Mi Note 10 Pro
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Mi Note 10 Pro
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Mi Note 10 Pro
Benchmark Androbench Xiaomi Mi Note 10 Pro
Benchmark Androbench Xiaomi Mi Note 10 Pro
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Mi Note 10 Pro
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Mi Note 10 Pro

Performa Xiaomi Mi Note 10 Pro

Performa Xiaomi Mi Note 10 Pro

\Performa memang bukan sektor yang diunggulkan pada Xiaomi Mi Note 10 Pro review kali ini menurut tim Laptophia kali ini. Smartphone menengah dengan kamera terbaik ini menggunakan dukungan SoC generasi baru dari Qualcomm Snapdragon 730G SDM730 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core Kryo 470 Gold berkecepatan 2,2GHz dan hexa-core Kryo 470 Silver berkecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 618 yang powerful. Jika dibandingkan dengan Snapdragon 730, SoC Snapdragon 730G menawarkan performa grafis 15% lebih kencang.

Berdasarkan informasi yang tim Laptophia himpun, Qualcomm Snapdragon 730G SDM730 bisa dikatakan sebagai generasi penerus dari SoC Snapdragon 710/712. Keunggulan utama Snapdragon 730G ini adalah diproduksi menggunakan teknologi 8nm LPP yang membuatnya dingin dan hemat konsumsi daya. Snapdragon 730G ini didukung modem Snapdragon X15 yang mendukung LTE Cat.15 (downlink) dan Cat.13 (uplink). Teknologi fabrikasi yang lebih kecil juga membuatnya lebih hemat dalam hal konsumsi daya. Snapdragon 730G juga telah mendukung versi Wi-Fi 6 dan pengisian cepat Qualcomm Quick Charge 4+.

SoC Snapdragon 730G yang digunakan pada Xiaomi Mi Note 10 Pro merupakan pesaing terdekat bagi MediaTek Helio G90T yang digunakan oleh Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang telah Laptophia ulas sebelumnya, Berdasarkan skor benchmark yang dihasilkan, Snapdragon 730G ini masih kalah kencang dari Helio G90T. Hal ini terlihat dari skor AnTuTu yang dihasilkan Xiaomi Mi Note 10 Pro mencapai angka 268.765 poin. Kemampuan grafis Xiaomi Mi Note 10 Pro ini juga cukup kompeten dengan skor 2404 poin untuk Sling Shot Extreme Open GL ES 3.1 dan 2268 poin untuk Sling Shot Extreme Vulkan.

Penggunaan real-world atau sehari Xiaomi Mi Note 10 Pro ini sangat nyaman dan tanpa lag. Perpindahan menu dan animasi transisi berjalan dengan gegas dan sangat responsif, bahkan terasa lebih kencang ketimbang Mi 9T atau Mi 9 Lite yang sudah Laptophia ulas sebelumnya. Saat sudah banyak aplikasi sosial media terinstal di smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro ini, tidak ada tanda-tanda penurunan performa yang berarti. Meski tidak dirancang khusus sebagai ponsel gaming, Xiaomi Mi Note 10 Pro ini sangat lihai memainkan game Android modern seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, Free Fire, Mobile Legends, dan game terbaru lainnya dengan lancar.
Baca juga:Review Senfer PT15: Earbud Berkualitas dengan Kabel MMCX
Harus diakui bahwa Xiaomi Mi Note 10 Pro ini memang bukan yang paling kencang di kelasnya, tetapi secara umum sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, gaming, dan multitasking masa kini. Saat digunakan untuk memainkan game atau keperluan berat lainnya, suhu Xiaomi Mi Note 10 Pro memang terasa agak panas. Ini dirasakan pada bagian frame dan sekitar kamera. Meski demikian, hal ini tergolong wajar dan tidak ada tanda-tanda penurunan performa (throttling) atau overheat.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro
Foto Siang Hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro
Foto mode portrait
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro
Foto macro





Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro
Foto malam hari
Night mode off
Night mode on



Foto malam hari denga LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi Note 10 Pro

Foto selfie
Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi Note 10 Pro


Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi Note 10 Pro



Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Mi Note 10 Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Mi Note 10 Pro
Baca juga:Review Asus Zenbook Edition 30 UX334FL, Ultrabook Termewah Berdesain Super Premium

Hasil Foto Kamera Zoom Xiaomi Mi Note 10 Pro

normal

2x Zoom

5x zoom

10x zoom

Review Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Review Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

Kamera menjadi keunggulan utama pada Xiaomi Mi Note 10 Pro review oleh tim Laptophia kali ini. Bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu smartphone dengan kamera terbaik saat ini. Xiaomi membekali Mi Note 10 Pro dengan lima buah kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 108 megapiksel yang menggunakan sensor Samsung Bright HMX 1/1.33 inci 0.8um piksel yang ditandemkan dengan lensa 8p atau 8 elemen lensa dengan aperture f1/6.9 dan didukung fitur canggih seperti phase detection autofocus (PDAF), laser autofocus, quad LED dual-tone LED flash, dan OIS (Optical Image Stabilization).

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 12 megapiksel yang berfungsi sebagai telephoto atau 2x optical zoom. Meski hanya berperan sebagai telephoto, spesifikasi kamera kedua Xiaomi Mi Note 10 Pro RAM 8GB ROM 256GB ini cukup mentereng dengan sensor berukuran 1/2.55 inci 1.4um piksel dengan lensa 50mm aperture f/2.0, serta disematkan fitur Dual Pixel PDAF, laser AF, dan OIS.

Kamera ketiga Xiaomi Mi Note 10 Pro berkekuatan 5 megapiksel yang juga berfungsi sebagai telephoto dengan kemampuan 5x optical zoom dan 10x hybrid zoom dengan lensa aperture f/2.0, serta juga disematkan fitur Dual Pixel PDAF, laser AF, dan OIS.

Kamera keempat smartphone premium Xiaomi ini berkekuatan 20 megapiksel yang menawarkan kemampuan ultra-wide angle FoV 117 derajat dengan lensa 13mmm aperture f/2.2 dengan sensor 1/2.8 inci 1um piksel dan memiliki fitur autofokus. Sedangkan kamera terakhir adalah kamera dedicated macro berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4.

Xiaomi Mi Note 10 Pro ini juga unggul buat selfie dan cocok banget buat jamaah narsisiyah dengan dukungan kamera depan resolusi 32 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5KGD1 1/2.8 inci 0.8um piksel dipadukan dengan lensa 26mm aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur AI Portrait Selfie untuk foto selfie dan video call.
Baca juga:Review Asus TUF Gaming FX505DY R5697T, Laptop Gaming AMD Ryzen Kencang dan Terjangkau
Spesifikasi kamera yang mentereng membuat Xiaomi Mi Note 10 Pro ini mampu masuk 10 besar smartphone berkamera terbaik menurut DxOMark dengan skor 121 poin. Aplikasi kamera bawaan pada review Xiaomi Mi Note 10 Pro ini menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan fitur yang terbilang lengkap. Aplikasi kamera default-nya memang sama dengan ponsel Xiaomi lainnya, yakni MIUI Camera.

Hal yang menarik adalah mode manual atau mode Pro tersedia di kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro dan memungkinkan pengguna mengatur white balance, fokus, ISO, dan shutter speed hingga maksimal 32 detik, serta mendukung mode pengambilan RAW. Mode kamera yang disediakan antara lain Slow Motion (hingga 960fps), Short Video, Video, Photo, 108M, Portrait, Night, Panorama, dan Pro. Mi Note 10 Pro ini menyediakan Vlog Mode yang mampu menghasilkan footage video yang menyenangkan dan cocok untuk vlogger.

Hasil jepretan kamera utama saat siang hari Xiaomi Mi Note 10 Pro yang berkekuatan 108 megapiksel ini cukup menakjubkan menurut Laptophia. Foto yang dihasilkan mampu menyajikan detail yang luar biasa tinggi, kontras yang moderat, dan tajam. Tak hanya itu, dynamic range secara default sudah cukup baik dan warnanya sangat natural atau mendekati aslinya. Saat memotret obyak tanaman dengan detail yang rumit, kamera Mi Note 10 Pro ini masih mampu meyajikan detail yang memuaskan.

Mode HDR mampu meningkatkan dynamic range yang cukup signifikan dengan diiringi peningkatan saturasi warna. Kamera utamanya secara default menghasilkan foto dengan resolusi 27 megapiksel dan proses penyimpanan atau post-processing setelah foto yang diambil memang agak lama. Laptophia berharap hal ini dapat diperbaiki melalui update MIUI di masa mendatang. Sedangkan kamera keduanya juga mampu menghasilkan foto yang tak kalah menakjubkan dengan karakter warna yang lebih punchy.

Mode portrait yang disediakan oleh Xiaomi Mi Note 10 Pro ini memiliki karakter yang tak jauh berbeda dengan Xiaomi Mi 9T atau Mi 9 Lite dengan kualitas detail yang jauh lebih tinggi. Hasil foto mode portrait Xiaomi Mi Note 10 Pro ini sangat memuaskan dengan separasi yang rapi dan efek bokehnya pun terlihat lebih alami. Ini salah satu yang terbaik di kelasnya menurut Laptophia. Sayangnya, ketika mode portrait diaktifkan, Mi Note 10 Pro otomatis menggunakan kamera kedua.

Bagi penggemar foto macro, kamera utama Xiaomi Mi Note 10 Pro ini menawarkan kecepatan fokus yang terbilang sangat cepat dan akurat. Selain itu, hasil foto macro Mi Note 10 Pro ini juga memuaskan dengan detail yang luar biasa tinggi, warna yang punchy, dynamic range yang luas, dan tentu saja efek bokeh yang alami. Hebatnya, kita dapat menggunakan kamera 2x zoom  atau kamera 5x zoom dengan hasil foto macro yang dramatis!

Kemampuan kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro review saat malam hari sangat bisa diandalkan. Smartphone dengan kamera terbaik ini mempumenghasilkan foto malam hari yang berkualitas, minim noise, saturasi warna yang baik, dan dynamic range yang tetap terjaga. Harus diakui bahwa foto saat malam hari memang terdapat penurunan detail, tetapi masih dapat dimaklumi. Mode Night dapat meningkatkan detail, ketajaman, dan juga saturasi foto saat kondisi minim cahaya.

Performa kamera kedua (2x Zoom) juga dapat diandalkan dalam kondisi minim cahaya. Sedangkan untuk kamera ketiga (5x zoom) memang muncul noise ketika cahaya kurang memadai. Xiaomi Mi Note 10 Pro ini dibekali dengan empat buah atau quad LED flash yang sangat membantu memotret dalam kondisi minim cahaya. Hasil foto dengan LED flash menyala pun cukup memuaskan dengan cahaya yang proporsional dan minim noise.
Baca juga:Nokia 2.2 Review: Android One Termurah Bisa Diandalkan!
Performa kamera wide-angle berkekuatan 20 megapiksel Xiaomi Mi Note 10 Pro ini juga bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Saat siang hari maupun malam hari, kamera wide angle mampu menghasilkan foto yang tajam, kaya detail dan warna yang cukup punchy. Saat malam hari memang ada penurunan detail, tetapi masih sangat bisa diandalkan.

Kamera ultra macro yang diusung oleh Xiaomi Mi Note 10 Pro ini ternyata tak jauh berbeda dengan milik Redmi Note 8 Pro yang telah diulas oleh Laptophia beberapa waktu lalu. Hasil foto ultra macro masih kurang memuaskan, terutama dalam kondisi kurang cahaya. Saat cahaya memadai sekalipun, detail yang dihasilkan terlihat masih kurang menurut Laptophia. Resolusi yang hanya 2 megapiksel tampaknya menjadi penyebab keterbatasan kemampuannya.

Kamera depan pada Xiaomi Mi Note 10 Pro review yang berkekuatan 32 megapiksel ini bisa dikatakan salah salah satu yang terbaik di kelasnya menurut tim Laptophia. Foto selfie kamera depan Xiaomi Mi Note 10 Pro mampu menghasilkan detail yang sangat tinggi, dynamic range yang luas, dan tone warna yang sangat menyenangkan untuk subyek manusia. Tak hanya itu, mode portrait kamera depan Xiaomi Mi Note 10 Pro juga mengagumkan. Jelas, smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro salah satu smartphone selfie terbaik dan sanggup bersaing depan ponsel lain yang lebih mahal.

Xiaomi Mi Note 10 Pro Review

Xiaomi Mi Note 10 Pro Review

Kehadiran smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro ini adalah salah satu upaya pabrikan asal Tiongkok ini membuktikan kesungguhannya untuk menggarap pasar tanah air. Selama ini Xiaomi dinilai tidak sungguh-suingguh karena hanya menghadirkan smartphone kelas entry-level dan menengah melalui lini Redmi saja. Sementara itu, pesaing terdekatnya, Realme, lebih agresif dengan menghadirkan smartphone flagshipnya di pasar Indonesia.

Xiaomi Mi Note 10 Pro adalah salah satu smartphone dengan kamera terbaik saat ini menurut DxOMark. Tak heran ponsel ini menggunakan tagline “Flagship Camera” dan mengklaim dirinya sebagai smartphone berkamera 108 megapiksel pertama. Ponsel ini dilengkapi dengan lima buah kamera dengan fitur dan kemampuan yang lengkap. Sayangnya, Xiaomi Mi Note 10 Pro dibekali dapur pacu kelas menengah.

Layar

Berbeda dengan kebanyakan smartphone Xiaomi lainnya, seri Mi Note 10 ini hadir dengan layar sentuh berdesain melengkung di kedua sisinya berukuran 6,47 inci. Xiaomi tampaknya tak main-main dengan kualitas layar yang dipasang di smartphone kamera terbaiknya dengan dukungan panel Super AMOLED yang telah mendukungan 100% DCI-P3 dan HDR 10. Laptophia melihat layar Xiaomi Mi Note 10 Pro mampu menghasilkan warna yang sangat punchy, vibrant, dan tajam.

Tak hanya itu, warna yang ditampilkan oleh layar ponsel kamera terbaik ini terbilang akurat di kelasnya. Berdasarkan pengujian GSM Arena, layarnya mampu menghasilka DeltaE 3.7 hingga 1.3. Tak hanya itu, respon touchscreen-nya terbilang sangat responsif dan viewing angle-nya luas. Saat digunakan di bawah sinar matahari, layar Xiaomi Mi Note 10 Pro ini masih bisa diandalkan dengan brightness yang cukup tinggi, yakni hingga 600 nits saat mode auto.
Baca juga:Xiaomi Mi A3 Review: Android One Menawan yang Nyaris Sempurna

Audio

Smartphone berkamera terbaik Xiaomi Mi Note 10 Pro ini dibekali dengan sebuah speaker yang menghadap ke bawah. Suara yang dihasilkan oleh smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro ini volumenya keras, tetapi bukan yang paling keras di kelasnya. Kualitas suara yang dihasilkan terbilang berkualitas dan cukup kaya detail saat memainkan musik. Speaker Mi Note 10 Pro ini mampu menyajikan suara bass yang cukup, treble dan mid yang cukup detail pula.

Tim Laptophia menjajal Xiaomi Mi Note 10 Pro dengan mendengarkan musik menggunakan headset Hi Res dari Philips TX2 dan Senfer DT6 untuk memainkan lagu-lagi rock dan metal. Keluaran suara yang tim Laptophia rasakan terbilang mantap di kelasnya. Volume suara yang dihasilkan kencang, detail, dan bass juga dirasa memadai. Kualitas suaranya masih dapat ditingkatkan dan disesuaikan dengan selera melalui fitur Mi Enhancer. Pengguna juga dapat mengaktifkan mode Hi-Fi Audio yang membuat kualitas outputnya kian jernih.

Memori

Smartphone penta kamera terbaik yang menggunakan tagline “Flagship Camera” Xiaomi Mi Note 10 Pro ini menyisakan memori internal sekitar 239,11GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 3,8GB – 4GB. Smartphone yang menggunakan nama Xiaomi CC9 Pro Premium Edition untuk pasar China ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta tidak dilengkapi dengan slot microSD.

Baterai

Baterai menjadi salah satu keunggulan pada Xiaomi Mi Note 10 Pro review oleh tim Laptophia kali ini. Smartphone berkamera 108 megapiksel pertama di dunia ini dibekali dengan baterai berkapasitas besar di kelasnya, yakni 5260mAh. Ponsel Mi Note 10 Pro juga mendukung fitur fast charging  dengan standar Quick Charge 4.0 dan USB Power Delivery hingga 30W. Sesuai dengan klaim Xiaomi, pengujian yang dilakukan Laptophia menunjukkan bahwa baterai Mi Note 10 Pro ini penuh dalam waktu 1 jam lebih 10 menit saja dengan charger 30W bawaannya.

Daya tahan baterai Xiaomi Mi Note 10 Pro ini cukup mengagumkan. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia yang telah menggunakannya selama hampir sebulan, baterai ponsel ini sanggup bertahan hingga dua hari dengan penggunaan sosial media intensif. Penggunaan lebih intensif dan gaming tentunya dapat mempersingkat daya tahan baterainya. Berdasarkan statistik penggunaan Laptophia, ponsel ini rata2 bertahan hingga 1 hari 13 jam dengan SoT (Screen on Time) 8 jam lebih 43 menit, ini mengesankan!

Kesimpulan

Secara umum, Xiaomi Mi Note 10 Pro merupakan salah satu smartphone kelas premium ddengan kamera terbaik di kelasnya. Kualitas penta camera yang diusungnya laik disejajarkan dengan smartphone kelas flagship saat ini. Performa Xiaomi Mi Note 10 Pro memang bukan yang paling kencang di kelasnya, tetapi sudah relatif memadai untuk menangani kebutuhan komunikasi masa kini. Selain itu, ponsel ini menawarkan daya tahan baterai yang andal dengan fitur fast charge, serta fasilitas yang terbilang lengkap.
Baca juga:Xiaomi Redmi 8A Review: Smartphone Murah Terbaik?
Sayangnya, kapasitas baterai yang besar dengan frame berbahan metal ini membuat bobot smartphone kamera terbaik Xiaomi Mi Note 10 Pro ini jadi berat dan rawan slip atau lepas dari genggaman karena bodinya yang licin. Ponsel ini juga belum mendapat upgrade ke Android 10 seperti ponsel premium lainnya. Meski demikian, Xiaomi Mi Note 10 Pro merupakan kandidat kuat bagi konsumen yang membutuhkan smartphone berkamera flagship dengan harga yang kompetitif.

Kelebihan Xiaomi Mi Note 10 Pro

  • Desain premium dengan build quality solid
  • Kamera terbaik di kelasnya
  • Fitur lengkap dengan NFC
  • Daya tahan baterai andal dengan fast charge 30W

Kekurangan Xiaomi Mi Note 10 Pro

  • Performa standar
  • Tidak dilengkapi ketahanan terhadap air/debu

Harga Xiaomi Mi Note 10 Pro

Xiaomi Mi Note 10 Pro merupakan sebuah smartphone premium yang menawarkan kemampuan kamera terbaik di kelasnya. Bahkan, kemampuan kameranya laik disejajarkan dengan smartphone flagship masa kini. Harga smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro RAM 8GB ROM 256GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 6.999.000 atau tepatnya Rp 7 juta. Berdasarkan hasil Xiaomi Mi Note 10 Pro review yang dilakukan oleh tim Laptophia, ponsel ini sangat cocok bagi konsumen yang mendambakan kemampuan kamera superior dengan harga yang kompetitif.
Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Mi Note 10 Pro di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Mi Note 10 Pro

  • Sistem Operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka MIUI 11
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 730G SDM730 dengan prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core Kryo 470 Gold 2,2GHz, dan hexa-core Kryo 470 Silver 1,8GHz
  • Grafis Adreno 618
  • Lima kamera belakang resolusi 108 megapiksel, sensor Samsung Bright HMX 1/1.33 inci 0.8um piksel, lensa 25mm aperture f/1.69, OIS, phase-detection autofokus, laser autofokus dengan dilengkapi dual LED flash + 12 megapiksel, sensor BSI 1/2.55 inci 1.4um piksel, Dual Pixel PDAF, Laser AF, lensa 50mm aperture f/2.0 telephoto + 5 megapiksel sensor BSI 1um piksel, lensa aperture f/2.0, PDAF, Laser AF, OIS telephoto 5x optical zoom + 20 megapiksel, sensor BSI 1/2,8 inci 1um piksel, autofokus, lensa 13mm aperture f/2.2 ultra-wide angle + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (macro)
  • Kamera depan 32 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL S5KGD1 1/2.8 inci 0.8um piksel, lensa 26mm aperture f/2.0, fixed focus
  • Layar sentuh 6,47 inci melengkung di sisi kanan dan kiri, aspek rasio 19.5:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2340 pixels, kerapatan 398 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel AMOLED, HDR10, DCI-P3, Corning Gorilla Glass 5
  • Memori RAM 8GB LPDDR4X, ROM 256GB, tidak dilengkapi slot micoSD
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor under display, face unlock, NFC
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 157.8 x 74.2 x 9.7 mm dengan berat 208 gram
  • Baterai 5260mAh non-removable, Fast charging 30W (USB Power Delivery)
  • Warna Aurora Green, Glacier White, dan Midnight Black
Anda mungkin suka:Review Xiaomi Mi 9 Lite: Smartphone Selfie Sentris Berdesain Cantik