IBX582004D475488 Senfer DT6 Review: Triple Driver Unik dengan Suara Detail Mantap
Asus TUF Gaming FX505

Senfer DT6 Review: Triple Driver Unik dengan Suara Detail Mantap


Senfer DT6 Review: Triple Driver Unik dengan Suara Detail Mantap – Senfer DT6 adalah salah satu headset jenis IEM (In-Ear Monitor) kelas entry-level yang unik dan menarik. Hal ini terlihat dari konfigurasi triple hybrid driver yang diusungnya berbeda dari kebanyakan headset IEM yang beredar. Biasanya, headset hybrid menggunakan dua jenis driver yakni dinamis dan balanced armature. Sedangkan Senfer DT6 ini menggunakan tiga jenis driver, yakni dinamis, balanced armature, dan ceramic piezoelectric driver yang diklaim mampu menghasilkan suara yang mantap.

Nama Senfer sendiri adalah brand audio asal Tiongkok dan namanya masih belum populer di Indonesia. Meski belum terdengar di pasar tanah air, kualitas suara yang ditawarkan oleh produk-produk Senfer ini bersaing dengan nama besar lain seperti KZ, QKZ, Xiaomi, JBL, Audio Technica, Philips dan sebagainya. Satu unit Senfer DT6 telah mendarat kurang lebih sebulan lalu di markas Laptophia untuk diulas secara mendalam, Penasaran? Simak Senfer DT6 review oleh tim Laptophia kali ini!
Senfer DT6 Review: Triple Driver Unik dengan Suara Detail Mantap

Paket Pembelian Senfer DT6

Paket Pembelian Senfer DT6
  • Unit Senfer DT6
  • Eartips silicon
  • Shirt clip
  • Kartu garansi dan User guide

Desain Senfer DT6

Desain Senfer DT6

Desain Senfer DT6

Berbeda dengan kebanyakan headset IEM entry-level yang menggunakan housing plastik atau aluminium yang tipis, Senfer DT6 ini tampil dengan material metal yang sangat tebal dan kuat. Tak hanya itu, housing Senfer DT6 ini menggunakan fuinishing warna metalik yang membuatnya terkesan mewah dan dipadukan dengan motif garis silang yang menawan. Bentuk housing Senfer DT6 secara umum memang tak jauh berbeda dari kebanyakan headset jenis IEM.

Nozzle headset Senfer DT6 ini didesain asimetris atau agak miring sekian derajat guna mendukung sisi ergonomis atau kenyamanan saat menggunakan headset ini dalam waktu lama. Build quality headset Senfer DT6 ini sangat solid. Sayangnya, penggunaan material metal yang cukup tebal membuat bobot headset Senfer DT6 ini juga agak berat. Meski demikian berdasarkan pengalaman Laptophia, bobot yang agak berat pada headset besutan Senfer ini tidak memiliki dampak negatif.

Salah satu keunggulan Senfer DT6 ini adalah mengusung konsep detachable atau kabel yang dapat dilepas dan digangi dengan menggunakan antarmuka MMCX. Pengguna dapat mengganti kabel yang rusak atau upgrade ke kabel yang lebih berkualitas yang kompatibel dengan MMCX. Kabel bawaan Senfer DT6 sendiri panjanganya 1,2 meter dengan bentuk yang unik karena terdiri dari beberapa kabel yang terusun seperti rambut yang dikepang. Senfer DT6 dilengkapi jack 3,5mm tipe straight.
Desain Senfer DT6

Desain Senfer DT6
Baca juga:Xiaomi Mi In-Ear Pro HD Triple Driver Review: Kualitas Suara Mantap!
Pada ulasan Senfer DT6 review kali ini, headset triple hybrid driver ini dilengkapi dengan microphone yang ditemani oleh tiga buah tombol. Ketiga tombol tersebut berfungsi untuk volume up, volume down, dan play/pause. Saat disambungkan ke smartphone, tombol tengah Senfer DT6 juga bisa digunakan untuk menerima atau menutup panggilan.

Tombol tengah Senfer DT6 ini juga bisa digunakan untuk next track dengan menekan tombol dua kali dan previous track dengan menekannya tiga kali. Sayangnya, fitur ini hanya berfungsi di smartphone. Sedangkan di DAP seperti Fiio M3k yang Laptophia gunakan fitur tombol ini tidak berfungsi.

Video Unboxing Senfer DT6

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Senfer DT6 Review

Senfer DT6 Review

Senfer DT6 merupakan sebuah headset IEM yang cukup menarik di kelas entry-level berkat dukungan triple hybrid driver. Seperti yang sudah Laptophia singgung di atas, konfigurasi ini berbeda dengan kebanyakan headset hybrid yang hanya terdiri dari dua jenis driver.

Tiga driver yang diusung oleh Senfer DT6 ini terdiri dari dynamic driver berukuran 12mm untuk menangani mid dan bass, balanced armature untuk menangani high, dan ceramic piezoelectric driver untuk menangani ultra high pitch. Kombinasi ketiga driver pada headset andalan Senfer ini diharapkan dapat menampilkan detail yang baik dan cakupan frekuensi yang lebih luas.

Kualitas Suara

Setelah kurang lebih sebulan menggunakan headset Senfer DT6 ini, tim Laptophia menilai headset IEM ini menawarkan karakteristik suara yang flat atau netral. Ini berbeda dengan kebanyakan headset yang beredar di pasaran dengan harga yang sama yang rata-rata mengusung karakteristik v shape. Karakter seperti ini dinilai mirip dengan IEM lain yang lebih mahal seperti Tin Audio T2.

Hal yang paling menonjol pada review Senfer DT6 kali ini adalah detail dan separasi antar instrumen yang dihasilkan sangat mengagumkan untuk sebuah headset dengan harga 300 ribu-an. Laptophia dapat mendengarkan aneka instrumen pada lagu-lagu rumit seperti The Poet And The Pendulum dari Nightwish atau The Essence of Silence dari Epica. Bahkan terkadang dapat dibedakan bunyi tiap bagian dalam drumset, seperti saat mendengarkan lagu Sever The Hands dari Trivium.
Baca juga:Review QCY T2C, Headset True Wireless Stereo (TWS) Murah Berkualitas
Treble atau high yang dihasilkan oleh headset triple driver hybrid Senfer DT6 ini sangat kaya, renyah, dan natural. Pada lagu yang berkarakter bright, kadang suara treble terdengar cukup agresif. Meski demikian, treble masih terdengar lembut dan tidak menusuk telinga.

Suara mid atau vokal yang dihasilkan Senfer DT6 mungkin salah satu yang paling baik di kelasnya menurut Laptophia. Suara vokal gterdengar begitu dekat, intim, dan kedalaman vokal dapat dirasakan. Perpaduan suara vokal pria dan wanita pada lagu Wish I Had An Angel dari Nightwish terasa begitu menyenangkan. Ketika memainkan musik metalcore degan suara vokal scream/growl juga terdengar garang dengan tekstur yang kasar seperti saat memainkan lagu Resurrection milik Chimaira.

Suara bass yang dihasilkan oleh IEM Senfer DT6 ini cukup kuat, enerjik, dan punchy. Namun bagi penggemar bass atau basshead, suara bass yang dihasilkan mungkn terdengar kurang mendalam dan tebal. Meski demikian, detail yang dihasilkan cukup laik mendapat acungan jempol. Hal ini cukup terlihat ketika dentumpan dobel pedal bass pada lagu-lagu seperti Resurrection milik Chimaira atau Kirisute Gomen milik Trivium terdengar begitu jelas.

Sundstage Senfer DT6 memang dirasa kurang luas, seperti mendengarkan  musik dalam sebuah ruangan atau hall berukuran kecil. Hal ini memang sedikit mengurangi kesan megah saat menikmati musik orkestra atau symphonic metal. Eefek stereo atau perpindahan suara musik dari channel kanan dan kiri di headset Senfer DT6 ini cukup mantap untuk harga Rp 300 ribu-an.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Laptophia menjajal headset hi res audio Senfer DT6 ini dengan beberapa perangkat, seperti DAP Fiio M3k, Xiaomi Mi 9T, Xiaomi Mi Note 10, Vivo Y19, dan laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Headset andalan Philips ini berjalan dengan baik tanpi ada masalah kompatibilitas. Tombol kontrol ini tidak berfungsi di DAP Fiio M3k.

Soal kenyamanan dan fitting, sebenarnya tim Laptophia tidak ada masalah dengan Senfer DT6 ini. Penggunaan dalam jangka waktu dua jam nonstop, headset IEM dengan triple hybrid driver ini masih relatif nyaman. Eartips bawaan yang memiliki ulir aneh tersebut ternyata kurang nyaman dan kurang mampu meredam suara dari luar. Laptophia merekomendasikan mengganti eartips bawaan dengan eartips lain yang lebih nyaman.

Kesimpulan

Secara umum, Senfer DT6 ini merupakan sebuah headset entry-level yang tampil unik dengan triple hybrid driver. Kualitas suara yang dihasilkan terbilang mantap di kelasnya, dengan karakter flat atau natural. Keunggulan utama Senfer DT6 menurut Laptophia adalah detail yang sangat mengagumkan di kelas entry-level. Sayangnya, eartips bawaan kurang nyaman dan tidak dapat meredam suara dari luar. Jelas, Senfer DT6 ini merupakan salah satu IEM paling laik beli di kelas Rp 300 ribu-an.
Baca juga:Soundmagic E10C Review: Headset IEM Terbaik di Kelasnya

Kelebihan Senfer DT6

  • Karakter suara netral dan detail
  • Kabel dapat diganti (detachable)
  • Harga kompetitif

Kekurangan Senfer DT6

  • Eartips bawaan kurang nyaman

Harga Senfer DT6

Senfer DT6 merupakan sebuah headset jenis IEM yang cukup menarik dan unik karena dilengkapi dengan tiga buah driver yang berbeda. Harga headset IEM Senfer DT6 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka adalah Rp 325.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan promo dan kebijakan masing-masing penjual. Berdasarkan hasil ulasan Senfer DT6 review oleh tim Laptophia, headset IEM ini sangat menarik dan laik untuk dibeli.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh Senfer DT6 tak bisa dipandang sebelah mata. Karakter suara yang dihasilkan oleh Senfer DT6 ini flat atau netral. Banyak yang menyebut karakter suara Senfer DT6 mirip IEM Tin Audio T2 yang harganya lebih mahal. Tim Laptophia sendiri menilai bahwa suara yang dihasilkan oleh Senfer DT6 sangat detail dan enjoyable. Secara umum, Senfer DT6 sangat laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan headset jenis IEM berkualitas dengan harga 300 ribu-an.
Anda dapat membeli atau cek promo Senfer DT6 di Sini (Klik)

Spesifikasi Senfer DT6

  • Model: DT6
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe hybrid triple driver: 1x dynamic driver, 1x balanced armature driver dan 1x ceramic piezoelectric driver
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 110±3dB
  • Output maksimal 5 mW
  • Berat: 17 gram
  • Diameter driver dinamis 12 mm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 5Hz – 40kHz
  • Dilengkapi microphone
  • Kabel detachable MMCX berkualitas baik
Anda mungkin suka:ZNT ThunderBar Review: Speaker Bluetooth Mantap Berdesain Unik

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!