IBX582004D475488 Review QKZ DM7, Headset IEM Berkualitas dengan Harga di Bawah 100 Ribu
ASUS VivoBook 14 K413

Review QKZ DM7, Headset IEM Berkualitas dengan Harga di Bawah 100 Ribu



Review QKZ DM7, Headset IEM Berkualitas dengan Harga di Bawah 100 Ribu – Quality Knowledge Zenith atau QKZ adalah salah satu brand asal Tiongkok yang terkenal dengan jajaran headset IEM (In-Ear Monitor) berkualitas dan ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Salah satu produk yang cukup menarik adalah QKZ DM7 yang dijual dengan harga di bawah Rp 100 ribu. Headset QKZ DM7 ini telah mendarat di markas Laptophia bulan lalu untuk dilakukan pengujian dan review mendalam.

QKZ DM7 ini masih mengandalkan single dynamic driver di tengah ramainya penggunaan dua driver dinamis atau bahkan hybrid driver. Ini sebenarnya dapat dimaklumi mengingat pasar yang dibidik headset IEM ini adalah segmen entry-level. Penampilan headset IEM QKZ DM7 ini sekilas tampak simpel dan bentuknya ringkas. Penasaran sehebat apakah kualitas suara headset IEM murah besutan QKZ ini? Simak review QKZ DM7 oleh tim Laptophia kali ini
Review QKZ DM7, Headset IEM Berkualitas dengan Harga di Bawah 100 Ribu

Paket Pembelian QKZ DM7

Paket Pembelian QKZ DM7
  • Unit QKZ DM7
  • Eartips silicon
  • Pouch
Baca juga:Knowledge Zenith KZ ED4 Review: Cocok untuk Basshead!

Desain QKZ DM7

Desain QKZ DM7

Desain QKZ DM7

Sisi desain bisa menjadi keunggulan pada review QKZ DM7 oleh tim Laptophia kali ini. Sekilas memang headset IEM QKZ DM7 ini tak jauh berbeda dengan IEM lainnya yang menggunakan konsep desain ringkas dan minimalis. Namun setelah dicermati lebih dekat, desain yang diusung QKZ DM7 ini lebih dari sekadar minimalis. Mungkin, QKZ DM7 adalah salah satu headset IEM di bawah 100 ribu yang menawarkan build quality paling kuat, mewah dan sangat solid.

Housing headset QKZ DM7 ini terbuat dari bahan metal yang kuat, tepatnya adalah zinc alloy dengan finishing glossy yang membuatnya tampak mewah. Ukuran housing QKZ DM7 ini kecil dan rigkas, sehingga tidak akan terasa sakit ketika digunakan pada telinga yang berukuran kecil. Sementara pada bagian belakang housing headset QKZ DM7 ini terdapat logo ‘M’. Tim Laptophia sampai saat ini belum mengetahui apa maksud huruf atau lambang M tersebut. Uniknya, tanda Left dan Right tercetak pada bagian atas housing headset QKZ DM7 ini.

Material yang digunakan pada review QKZ DM7 memang bukan kaleng-kaleng. Hal ini membuat headset QKZ DM7 terasa mewah, kuat, dan jauh dari kesan murahan. Headset QKZ DM7 ini dibekali dengan kabel berkualitas dengan lapisan transparan yang unik dnegan panjang 1,25 meter. Selama proses review QKZ DM7 oleh tim Laptophia, kabel headset ini tidak mudah ruwet. Sedangkan jack 3,5mm yang diusung oleh QKZ DM7 bentuknya unik karena tidak sepenuhnya L-Shape.
Desain QKZ DM7

Desain QKZ DM7
Baca juga:Review Realme Buds: Headset Murah Tapi Ngebass!
Headset QKZ DM7 ini dibekali dengan microphone dan sebuah tombol. Meski hanya dibekali dengan sebuah tombol saja, tetapi satu tombol ini memiliki banyak fungsi. Jika dipencet sekali, maka tombol tersebut akan berfungsi sebagai play atau pause. Sedangkan dipencet dua kali akan menjadi next track dan menjadi previous track ketika dipencet tiga kali. Tombol ini hanya berfungsi pada perangkat smartphone, sedangkan untuk DAP Fiio M3k yang Laptophia gunakan tidak berfungsi.

Review QKZ DM7

Review QKZ DM7

QKZ DM7 adalah sebuah headset IEM entry-level yang cukup menarik karena harganya yang sangat terjangkau. Nama QKZ sudah cukup dikenal di pasar Indonesia, terutama kalangan penikmat audio dengan budget terbatas atau yang sering disebut dengan Audio Kere Hore. Meski harganya di bawah Rp 100 ribu, performa dan kemampuan headset ini tak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih sepak terjang QKZ dan KZ dikenal dengan produk-produk berkualitas dengan harga yang masuk akal.

Pada review QKZ DM7 kali ini, Laptophia menggunakan setup utama sebuah DAP Fiio M3K dengan lagu yang berformat flac. Selain itu, tim Laptophia juga menggunakan smartphone Xiaomi Mi 9T, Xijaomi Redmi Note 8 Pro, dan Samsung Galaxy M30s sebagai pembanding, sekaligus menguji kompatibilitasnya.

Kualitas Suara

Spesifikasi teknis pada review QKZ DM7 sebenarnya relatif biasa saja. Headset IEM murah meriah ini mengandalkan single dynamic driver berukuran 9mm dan menggunakan material neodymium. Impresi awal tim Laptophhia menjajal QKZ DM7 ini, suara yang dihasilkan sangat kencang. Headset andalan QKZ ini tampaknya mudah di-drive oleh perangkat dengan power source yang terbatas seperti smartphone entry-level dan sebagainya.
Baca juga:Xiaomi Mi In-Ear Pro HD Triple Driver Review: Kualitas Suara Mantap!
Sebagai sebuah headset IEM dengan harga di bawah Rp 100 ribu, kualitas suara yang dihasilkan QKZ DM7 sangat mengejutkan tim Laptophia. Headset ini menawarkan karakter suara yang cukup bright dan detail. Mid tampaknya menjadi bagian yang paling menonjol dengan suara vokal yang sangat detal, emosional, dan bertekstur. Hal ini terasa saat Laptophia memutar track To the Rats – Trivium yang mana suara vokal Matt Heafy terdengar begitu garang dan kasar, begitu juga dengan distorsi gitar sepanjang lagu yang kaya detail.

Sebaliknya, tim Laptophia kurang menyukai karakter high atau treble pada review headset IEM QKZ DM7 kali ini. Suara treble yang dihasilkan memang menawarkan kuantitas yang cukup dan detail yang dihasilkan juga terbilang baik. Sayangnya pada lagu-lagu tertentu kdang treble-nya agak menusuk. Sedangkan bass yang dihasilkan oleh QKZ DM7 cukup memuaskan dengan karakter punchy dan responsif. Bahkan saat memainkan lagu Kirisute Gomen dan Sever The Hands dari Trivium, hentakan dobel pedal drum masih bisa ditangani dengan baik oleh QKZ DM7.

Separasi antar instrumen yang dihasilkan oleh headset QKZ DM7 ini terbilang sangat baik untuk harga yang ditawarkan. Imaging yang dihasilkan juga cukup menyenangkan, hal ini Laptophia rasakan saat memainkan lagu Nobody’s Listening – Linkin Park yang mana perpindahan suara dari channel kanan dan kirinya sangat menghibur. Soundstage headset IEM QKZ DM7 ini tidak terlalu luas, tetapi ini dapat dimaklumi mengingat harga yang ditawarkan sangat terjangkau.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Laptophia menjajal headset QKZ DM7 ini dengan beberapa perangkat, seperti DAP Fiio M3k, Xiaomi Mi 9T, Xiaomi Redmi Note 8 Pro, Samsung Galaxy M30s, dan laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Headset andalan Quality Knowledge Zenith ini berjalan dengan baik tanpa ada masalah kompatibilitas. Tombol kontrol ini tidak berfungsi di DAP Fiio M3k.

Menggumakan eartips default, headset QKZ DM7 ini sudah cukup nyaman digunakan digunakan. Ukuran housingnya yang kecil membuatnya cukup nyaman dan tak membuat telinga mudah lelah. Eartips bawaan QKZ DM7 sudah mumpuni untuk mengisolasi suara dari luar.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil review QKZ DM7 yang telah dilakukan oleh tim Laptophia, headset ini menawarkan kualitas suara yang sangat baik untuk harga di bawah Rp 100 ribu. Bahkan, kualitas suaranya laik disandingkan dengan IEM yang lebih mahal. Tak hanya itu, build quality QKZ DM7 ini sangat solid dan terkesan begitu premium dengan material yang kuat dan berkualitas. Kekurangan QKZ DM7 ini hanya treble yang kadang agak menusuk.
Baca juga:Review Nakamichi N7, IEM Suara Jernih dengan Bass yang Mantap!

Kelebihan QKZ DM7

  • Build quality premium
  • Kualitas suara mantap dengan bass punchy
  • Harga sangat terjangkau

Kekurangan QKZ DM7

  • High atau treble kadang agak menusuk

Harga QKZ DM7

QKZ DM7 merupakan headset murah meriah yang sangat mengejutkan karena menawarkan build quality yang bisa dikatakan premium di kelasnya. Harga headset QKZ DM7 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini dibuat adalah Rp 89.000. Tentunya harga headset QKZ DM7 ini bisa berubah tergantung promo yang sedang digelar oleh masing-masing penjual. Hasil review headset IEM seri QKZ DM7 ini cukup mengejutkan karena kualitas suaranya cukup mengagumkan untuk sebuah headset dengan harga di bawah Rp 100 ribu.

Headset QKZ DM7 ini mampu memberikan kualitas suara yang menyenangkan dengan bass yang punchy, detail yang cukup tinggi, dan nyaman digunakan. Build quality headset QKZ DM7 ini juga luar biasa dan membuatnya terasa premium. Secara umum, headset QKZ DM7 ini laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan IEM dengan harga yang terjangkau dan tidak berkompromi dengan kualitas suara. Jelas, QKZ DM7 sangat laik beli.
Anda dapat membeli atau cek promo headset QKZ DM7 di Sini (Klik)

Spesifikasi QKZ DM7

  • Model: DM7
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe dinamis dengan driver Neodymium
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 120±2dB
  • Output maksimal 5 mW
  • Berat: 20 gram
  • Diameter driver 9 mm Neodymium
  • Panjang kabel: 1,25 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 8Hz-22KHz
  • Dilengkapi microphone
  • Sensitivitas microphone -42dB±3dB1kHz, 3V 0dB=1V/pa
  • Kabel berkualitas baik
Anda mungkin suka:Review BlitzWolf BW-ES1 Graphene: Headset IEM Murah Terbaik di Kelasnya

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!