IBX582004D475488 Knowledge Zenith KZ ED4 Review: Cocok untuk Basshead!

Knowledge Zenith KZ ED4 Review: Cocok untuk Basshead!



Knowledge Zenith KZ ED4 Review: Cocok untuk Basshead! – Pada kesempatan kali ini tim Laptophia mengulas headset Knowledge Zenith KZ ED4 review. Seperti yang kita ketahui, Knowledge Zenith adalah brand audio asal Tiongkok yang saat ini berkembang cukup pesat. Brand yang lebih terkenal dengan sebutan KZ ini menelurkan banyak produk headset yang menawarkan kualitas suara yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Harga yang ditawarkan memang cenderung murah karena membidik segmen entry-level atau penikmat audio kere hore, tetapi tidak mengesampingkan kualitas. Laptophia beberapa waktu lalu mendapat kiriman headset model IEM (In-Ear Monitor) Knowledge Zenith KZ ED4 untuk diulas lengkap. Produk ini memang bukan yang terbaru, tetapi masih sangat diminati dan banyak tersedia di pasaran. Penasaran? Simak Knowledge Zenith KZ ED4 review oleh Laptophia kali ini!


Paket Pembelian Knowledge Zenith KZ ED4

Paket Pembelian Knowledge Zenith KZ ED4
  • Unit Knowledge Zenith KZ ED4
  • Eartips
Baca juga:JBL T110 Review: Headset Ngebass dengan Harga Terjangkau

Desain Knowledge Zenith KZ ED4

Desain Knowledge Zenith KZ ED4
meski tidak terlalu menonjol, desain menjadi salah satu hal yang menarik pada Knowledge Zenith KZ ED4 review oleh Laptophia kali ini. Sekilas memang bentuknya tidak jauh berbeda dengan kebanyakan headset model IEM. Knowledge Zenith KZ ED4 hadir dengan model gaya yang simpel seperti JBL T110 yang pernah kami ulas sebelumnya. Namun, jika kita lihat lebih dekat ternyata headset besutan KZ ini memiliki detail yang sangat menarik dengan material yang kuat.

Knowledge Zenith KZ ED4 ini tampil dengan bentuk yang sekilas mirip peluru dan dibalut dengan housing yang terbuat dari metal yang kokoh. Housing metal tersebut berwarna silver dan terkesan begitu elegan. Sedangkan pada sisi belakangnya terdapat detail mirip sebuah speaker grill yang dipadukan dengan lingkaran berwarna silver. Sedangkan pada bagian dalam yang tertutup eartips terbuat dari material plastik yang terbilang solid.

Headset besutan Knowledge Zenith ini hadir dengan kabel sepanjang 1,2 meter dengan kualitas yang terasa sangat meyakinkan. Kabel pada Knowledge Zenith KZ ED4 ini dilapisi dengan karet transparan yang memungkinkan kita melihat bagian dalamnya. Meski tak dilengkapi sleeve, kabel headset Knowledge Zenith KZ ED4 ini terasa cukup kuat dan meyakinkan. Headset murah meriah ini dilengkapi dengan jack 3,5mm berbentuk L-shape dengan lapisan berwarna emas.

Secara umum, Knowledge Zenith KZ ED4 ini hadir dengan desain yang cukup menarik dan terlihat mewah. Build quality yang ditawarkan sangat mantap untuk sebuah headset IEM yang dijual dengan harga yang terbilang murah saat ini.

Video Unboxing Knowledge Zenith KZ ED4

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Knowledge Zenith KZ ED4 Review

Knowledge Zenith KZ ED4 Review
Jujur saja saat headset IEM Knowledge Zenith KZ ED4 ini mendarat di Laptophia, kami sangat penasaran dengan kemampuan yang ditawarkannya. Desainnya yang cenderung sederhana dan build quality yang relatif mantap menjadi nilai tambah headset andalan KZ ini. Tim Laptophia sudah menggunakan headset Knowledge Zenith KZ ED4 ini selama hampir dua bulan dan impresi awal yang dihasilkan terbilang bagus. Seperti apa kemampuan Knowledge Zenith KZ ED4?
Baca juga:Audio Technica SonicFuel ATH-CLR100is Review: Murah tapi Mantap!

Kualitas Suara

Kualitas suara tentunya menjadi bagian yang paling dinantikan pembaca pada review Knowledge Zenith KZ ED4 ini bukan? Melihat sepak terjang Knowledge Zenith, Laptophia berekspektasi cukup tinggi terhadap seri KZ ED4 ini di kelas entry-level. Kami langsung mengujinya dengan smartphone utama Xiaomi Mi 5S dan menggunakannya untuk memutar beberapa lagu dari pelbagai genre, sebut saja Bullet For My Valentine – Gravity (album), Trivium – The Sin And The Sentence (album), Linkin Park – Dedicated, Nightwish – Angel fall first, dan banyak lagi.

Setelah menggunakannya selama hampir dua bulan, Laptophia menilai Knowledge Zenith KZ ED4 ini sangat cocok untuk basshead atau penggemar bass. Headset IEM besutan KZ ini mampu memproduksi dentuman bass yang kuat, dalam, dan proporsional. Laptophia sangat menikmati dentuman dobel pedal drum pada lagu Sever The Hand milik Trivium dan Over It milik Bullet For My Valentine. Knowledge Zenith KZ ED4 cukup cepat merespon dobel pedal drum yang cukup cepat, meski kadang kewalahan.

Tak hanya bass yang kuat, Knowledge Zenith KZ ED4 ini juga didukung mid bass yang cukup jelas. Suara vokal terdengar agak mundur, tetapi cukup jernih. Suara vokal Tarja Turunen pada lagu Angel Fall First cukup nyaman didengarkan, intim, meski sedikit agak mundur. Suara petikan gitar akustik juga terdengar detail. Karakter suara headset ini memang agak warm, tetapi treble masih terdengar cukup detail dan tidak menusuk. Hal yang agak mengejutkan adalah sound staging Knowledge Zenith KZ ED4 ini cukup luas untuk sebuah headset murah meriah.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Headset Knowledge Zenith KZ ED4 yang berbentuk mirip peluru ini ternyata kurang nyaman di kuping Laptophia dan mungkin juga pada pengguna yang lubang telinganya kecil. Eartips yang disediakan terasa kurang empuk dan terlalu penuh, meski sudah diganti dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini membuat penggunaan waktu lama membuat cepat lelah. Isolasi suara cukup baik dan tidak bocor. Selama proses pengujian, Knowledge Zenith KZ ED4 kompatibel dengan semua perangkat yang digunakan tim kami.
Baca juga:AKG S30 Review: Speaker Bluetooth dengan Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

Kesimpulan

Knowledge Zenith KZ ED4 merupakan salah satu headset IEM terbaik di kelas entry-level menurut Laptophia, khususnya untuk basshead atau penggemar bass. Knowledge Zenith KZ ED4 ini menawarkan dentuman bass yang kuat dengan sound staging yang cukup luas. Meski demikian, mid dan high masih terdengar jelas dan detail. Jelas, Knowledge Zenith KZ ED4 sangat laik dipertimbangkan.

Kelebihan Knowledge Zenith KZ ED4

  • Suara jernih, bass kuat
  • Harga terjangkau
  • Build quality mantap

Kekurangan Knowledge Zenith KZ ED4

  • Eartips kurang nyaman

Harga Knowledge Zenith KZ ED4

Knowledge Zenith KZ ED4 merupakan sebuah headset IEM yang performanya cukup solid. Harga headset Knowledge Zenith KZ ED4 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah di bawah Rp 100 ribu! Berdasarkan hasil Knowledge Zenith KZ ED4 review di atas, jelas Knowledge Zenith KZ ED4 ini sangat laik dipertimbangkan di kelasnya. Laptophia sendiri menilai Knowledge Zenith KZ ED4 sebagai salah satu headset paling laik beli untuk harga di bawah Rp 100 ribu.
Anda dapat membeli atau cek harga promo Knowledge Zenith KZ ED4 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Knowledge Zenith KZ ED4

  • Model: KZ ED4
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe dinamis
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 108 dB ± 3dB
  • Output maksimal 20 mW
  • Berat: 15 gram
  • Diameter driver 9 mm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 18Hz - 22KHz
  • Dilengkapi 3 ukuran eartips (S/M/L)
  • Kabel tidak dilengkapi Sleeve
Anda mungkin suka:JBL T110 Review: Headset Ngebass dengan Harga Terjangkau

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru! .