IBX582004D475488 AKG S30 Review: Speaker Bluetooth dengan Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

AKG S30 Review: Speaker Bluetooth dengan Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya



AKG S30 Review: Speaker Bluetooth dengan Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya – Beberapa waktu lalu Laptophia Blog kedatangan sebuah speaker bluetooth dari AKG S30. Berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun, speaker AKG S30 ini di luar negeri juga dikenal dengan sebutan Harman Kardon Traveler. Tak hanya itu, AKG S30 ini juga menjadi bonus pembelian smartphone canggih Samsung Galaxy Note 8.

Terakhir, speaker wireless AKG S30 ini sudah dijual bebas di pasar tanah air dan tersedia di toko online maupun offline terkemuka. Penampilan speaker bluetooth andalan AKG ini cukup elegan dengan ukuran yang relatif kompak. Nama AKG sendiri sudah cukup populer dikalangan penikmat audio. Lalu sehebat apakah kualitas suara speaker bluetooth yang berbentu persegi panjang ini? Simak ulasan review AKG S30 bluetooth speaker oleh Laptophia Blog kali ini!


AKG S30 Review: Speaker Bluetooth dengan Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

Paket Pembelian AKG S30

Paket Pembelian AKG S30
  • AKG S30 Meteor Blue Bluetooth Speaker
  • Kabel USB
  • Pouch
  • Kartu garansi IMS
  • User guide
Baca juga:Motorola Moto E4 Plus Review: Daya Tahan Baterai Terbaik di Kelasnya

Desain AKG S30

Desain AKG S30
Penampilan atau desain memang bukan hal yang istimewa pada AKG S30 review kali ini. Penampilan fisik speaker bluetooth ini cenderung biasa saja. AKG S30 ini hadir dengan bentuk persegi panjang yang mengingatkan Laptophia pada Xiaomi Square Box Speaker yang telah hadir secara resmi di Indonesia.

Meski demikian, keduanya mengusung gaya desain yang jauh berbeda. Sisi kanan dan kiri speaker AKG S30 ini cenderung membulat dan bagian depannya dipenuhi lubang-lubang speaker grill yang membuatnya terlihat cukup menarik.
Baca juga:Delcell Tornado 10000mAh Review: Power Bank Murah dengan Qualcomm Quick Charge 3.0
Sementara bagian atas berbentuk oval dan agak cekung berhiaskan list berwarna krom dengan lapisan material mirip kulit. Sedangkan sisi bawah menggunakan lapisan karet dengan beberapa bagian yang menonjol sebagai dudukan. AKG S30 ini cukup solid dengan balutan housing metal yang terasa sangat solid dan kuat.

Hadirnya speaker grill pada sisi depan dan belakang speaker membuatnya sangat nyaman digenggam dan tidak licin. Dimensi speaker bluetooth AKG S30 ini relatif kompak dengan panjang setara dengan ponsel berlayar 5,5 inci dan tidak terlalu tebal. Bobot speaker bluetooth ini juga relatif tak terlalu berat.

Secara umum, build quality AKG S30 sangat laik mendapat acungan jempol dan sama sekali tidak terlihat murahan. Balutan warna Meteor Blue membuatnya tampil lebih menarik. Sejauh pantauan Laptophia, baru ada satu varian warna AKG S30 yang hadir di Indonesia.
Desain AKG S30
Pada ulasan AKG S30 review kali ini, sisi depan speaker terdapat speaker grill berukuran besar dilengkapi dengan LED indikator dengan logo AKG yang cukup jelas pada sudut kiri bawah speaker bluetooth ini. Sedangkan sisi belakang speaker portabel andalan AKG ini tidak terdapat port atau tombol apapun. Hanya terdapat tekstur yang menyerupai speaker grill, tetapi tidak berlubang.

Sedangkan pada sisi kiri speaker bluetooth AKG S30 ini terdapat port microUSB, port aux, dan port USB (sebagai power bank). Sedangkan sisi kanan AKG S30 tidak terdapat port atau tombol apapun. Sisi bawah speaker terdapat informasi teknis singkat mengenai AKG S30 dan terdapat empat buah karet yang sedikit menonjol untuk dudukan speaker. Sedangkan pada sisi atas AKG S30 terdapat indikator baterai, tombol volume down dan volume up, tombol on/off, tombol Bluetooth, dan tombol untuk mengangkat telepon.
Baca juga:Motorola Moto M XT1663 Review: The Forgotten Knight
Tombol volume up dan down ini diketahui juga berfungsi sebagai tombol next track dan previous track. Tombol-tombol yang terdapat di atas speaker nirkabel AKG S30 ini relatif empuk dan mudah dipencet. Tidak ada kendala yang berarti dalam pengoperasian speaker AKG S30 ini.

Video Unboxing AKG S30

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

AKG S30 Review

AKG S30 Review
Setelah menggunakannya selama hampir sebulan, tim Laptophia Blog cukup terkesan dengan kemampuan AKG S30 review kali ini. Kualitas suara bisa dikatakan sebagai keunggulan utama speaker bluetooth andalak AKG ini. Penampilan fisik AKG S30 ini memang tidak terlalu menonjol dan cenderung minimalis tapi elegan. Build quality speaker portabel ini sangat laik mendapat acungan jempol karena terasa sangat kuat dan solid.

Kualitas Suara

Seperti yang sudah Laptophia Blog singgung di atas, kualitas suara adalah keunggulan utama AKG S30 review kali ini. Speaker ini bisa dikatakan mampu menghasilkan kualitas suara terbaik di kelasnya. Bahkan, bisa dikatakan speaker terbaik yang pernah Laptophia Blog review sejauh ini.

Tim Laptophia Blog menjajal speaker ini untuk memutar lagu-lagu dari Payung Teduh, keluaran suaranya sangat enjoyable. Suara petikan gitarnya begitu bulat, vokalnya terdengar sangat jelas dan bass terdengar cukup terasa untuk speaker seukuran AKG S30 ini. Laptophia kemudian menjajal speaker ini untuk memutar lagu-lagu metal, seperti Sever The Hands dari Trivium, Unleashed dari Epica, Angel Fall First dari Nightwish, dan juga The Satanist dari Behemoth.

Speaker bluetooth AKG S30 ini mampu menghasilkan suara yang jelas, jernih, dan detail. Separasi antar instrumen cukup baik, bass yang cukup terasa dalam, treble, dan vokal yang sangat jernih. Mid dan high mungkin menjadi hal yang paling menonjol dari speaker portabel AKG S30 ini. Hanya saja ketika musik dengan intensitas dobel bass atau dobel pedal drum intensif, AKG S30 ini agak keteteran.

Sound stage speaker AKG S30 ini memang tak terlalu luas, tetapi paling luas jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Bahkan Laptophia masih merasakan efek stereo pada perpindahan aliran suara dari channel kanan ke kiri atau sebaliknya. Volume suara yang keluar pada AKG S30 review kali ini terbilang kencang dan tidak terdapat distorsi atau pecah saat volume penuh.
Baca juga:Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL Review: Best Selfie Smartphone!

Kompatibilitas

Speaker bluetooth AKG S30 sejauh pengalaman Laptophia selama review ini tidak memiliki masalah kompatibilitas. Laptophia menjajal memasangkan AKG S30 dengan pelbagai perangkat, seperti Xiaomi Mi 5S, Asus Zenfone Zoom S, Xiaomi Redmi Note 5A, dan Apple Macbook Air 128GB. Semua perangkat tersebut dapat bekerja sama dengan AKG S30 tanpa kendala. Proses pairing bluetooth juga relatif cepat.

Baterai

Pada AKG S30 review kali ini, baterai yang diusung adalah 2500mAh dan ini menjadi salah satu fitur unggulannya. Berdasarkan informasi resminya, baterai AKG S30 tahan hingga 10 jam tanpa disebutkan volume yang digunakan. Laptophia Blog sendiri menggunakan rata-rata volume di atas 50% dan hanya bertahan sekitar 5 – 6 jam saja.

Ini agak disayangkan sebenarnya. Untungnya, AKG S30 ini memiliki fungsi tambahan yakni dapat digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya baterai gadget lain. AKG S30 juga dapat digunakan untuk memutar musik meski sedang di-charge.

Kesimpulan

AKG S30 review kali ini menunjukkan hasil yang sangat impresif. Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker Bluetooth besutan AKG ini tak perlu diragukan lagi dan bisa dikatakan terbaik di kelasnya. Desain AKG S30 ini cukup elegan dan build quality mantap. Daya tahan baterainya memang tidak sesuai klaim, tetapi cukup memadai. Jelas, AKG S30 menjadi salah satu speaker terbaik dan laik beli di kelas harga Rp 600 ribu-an.
Baca juga:Xiaomi Mi A1 Review: Kamera Ganda dengan Android One

Kelebihan AKG S30

  • Kualitas suara terbaik di kelasnya
  • Volume suara kencang
  • Bisa difungsikan sebagai power bank
  • Dimensi kompak dan build quality mantap

Kekurangan AKG S30

  • Daya tahan baterai tidak sesuai klaim
  • Tidak dilengkapi slot microSD

Harga AKG S30

Speaker AKG S30 merupakan produk bluetooth speaker yang terbukti mampu menawarkan kualitas suara yang mantap di kelasnya. Harga speaker bluetooth AKG S30 terbaru di Indonesia berdasarkan pantauan Laptophia Blog adalah Rp 699.000. Tentunya harga ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar dan juga kebijakan masing-masing seller.

Berdasarkan hasil ulasan AKG S30 review yang telah Laptophia Blog lakukan, speaker ini bisa dikatakan terbaik di kelasnya di sektor kualitas suaranya. Penampilannya begitu elegan dan bisa difungsikan sebagai power bank. Secara umum, AKG S30 ini bisa dikatakan speaker bluetooth terbaik di kelasnya dan sangat laik dipertimbangkan.
Anda dapat membeli atau cek harga promo speaker bluetooth AKG S30 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi AKG S30

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: 2.0 channel
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 2 x 36mm
  • RMS: 4Ω 5W x 2 THD=10%
  • Signal-to-noise ratio: 80dB
  • Frequency Response: 180Hz~20KHz
  • Input connections: Bluetooth, AUX-in
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.2
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE、MP3、WMA、WAV、FLAC
  • Bisa difungsikan sebagai power bank
  • Baterai built-in 3.7V 2500mAh lithium battery DC 5V-1A USB, daya tahan hingga 10 jam
  • Dimensi (W x D x H) 160 mm x 27.5 mm x 67 mm
  • Berat 300 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, TF/Micro SD Card, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Meteor Blue
Anda mungkin suka:Mifa M1 Review: Ukuran Mini, Suara Maksi

Artikel Terkait Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks