IBX582004D475488 Review BlitzWolf BW-ES1 Graphene: Headset IEM Murah Terbaik di Kelasnya

Review BlitzWolf BW-ES1 Graphene: Headset IEM Murah Terbaik di Kelasnya



Review BlitzWolf BW-ES1 Graphene: Headset IEM Murah Terbaik di Kelasnya – BlitzWolf BW-ES1 Graphene merupakan sebuah headset jenis IEM (In-Ear Monitor) yang membidik segmen entry-level. Sesuai namanya, headset BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini menggunakan driver dinamis graphene yang diklaim menawarkan respon frekuensi yang lebih baik dari headset pesaingnya. Nama BlitzWolf sendiri memang belum sepopuler Xiaomi, JBL atau Sennhesier di pasar audio Indonesia. Namun, apa yang ditawarkan oleh BlitzWolf BW-ES1 Graphene patut diapresiasi.

Tim Laptophia telah menggunakan unit headset IEM BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini selama hampir sebulan untuk merasakan langsung kualitas audio yang ditawarkan. Harganya yang terjangkau membuat Laptophia tak berharap banyak dengan kualitas suara yang dihasilkan. Namun saat pertama kali headset ini mendarat, Laptophia sudah terkagum-kagum dengan packing atau kemasannya yang mewah. Setelah menjajalnya untuk mendengarkan musik, tim Laptophia kian terkejut. Penasaran? Simak review BlitzWolf BW-ES1 Graphene oleh Laptophia kali ini!
Review BlitzWolf BW-ES1 Graphene: Headset IEM Murah Terbaik di Kelasnya

Paket Pembelian BlitzWolf BW-ES1 Graphene

Paket Pembelian BlitzWolf BW-ES1 Graphene
  • Unit BlitzWolf BW-ES1 Graphene
  • Eartips silicon
  • Kartu garansi
  • User guide
  • Pouch
Baca juga:Knowledge Zenith KZ ED4 Review: Cocok untuk Basshead!

Desain BlitzWolf BW-ES1 Graphene

Desain BlitzWolf BW-ES1 Graphene

Desain BlitzWolf BW-ES1 Graphene

Sektor desain mungkin bukan hal yang diunggulkan dalam review BlitzWolf BW-ES1 Graphene kali ini. Headset IEM ini tampil dengan desain yang sekilas mirip dengan Xiaomi Mi In-Ear headphone basic yang telah Laptophia ulas sebelumnya. Hal yang membedakan dan cukup mencolok dari headset BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini adalah dilengkapi lingkaran berwarna krom pada bagian casing belakang housingnya. Bagian belakang tersebut juga mengusung tekstur lingkaran yang membuatnya terkihat mewah.

Housing headset IEM BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini terbuat dari bahan aluminium alloy yang terasa kuat dan solid, tetapi bobotnya tetap ringan. Selain itu, desain asimetris membuat kepala BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini agak miring dengan sudut elevasi 60 derajat. Hal ini bukanlah desain baru dan sudah banyak headset IEM lain yang menggunakan konsep demikian. Bentuk desain seperti ini konon menyesuaikan bentuk telinga manusia, sehingga lebih nyaman digunakan dalam waktu lama.

Keunggulan review BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini adalah build quality-nya yang sangat solid dan terasa mewah. Saat menggenggam headset BlitzWolf BW-ES1 Graphene, rasanya jauh dari kesan murahan. Headset besutan vendor asal Tiongkok ini dilengkapi dengan kabel berkualitas dengan panjang mencapai 1,25 meter. Tak hanya itu, kabel headset BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini sudah anti-tangle atau tidak mudah ruwet.
Desain BlitzWolf BW-ES1 Graphene

Desain BlitzWolf BW-ES1 Graphene
Baca juga:JBL T110 Review: Headset Ngebass dengan Harga Terjangkau
Pada review BlitzWolf BW-ES1 Graphene kali ini, headset murah ini dilengkapi dengan microphone yang ditemani oleh tiga buah tombol. Ketiga tombol tersebut berfungsi untuk volume up, volume down, dan play/pause. Saat disambungkan ke smartphone, tombol tengah BlitzWolf BW-ES1 Graphene juga bisa digunakan untuk menerima atau menutup panggilan.

Tombol tengah BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini juga bisa digunakan untuk next track dengan menekan tombol dua kali dan previous track dengan menekannya tiga kali. Sayangnya, fitur ini hanya berfungsi di smartphone. Sedangkan di DAP Fiio M3k yang Laptophia gunakan tidak berfungsi.

Review BlitzWolf BW-ES1 Graphene

Review BlitzWolf BW-ES1 Graphene

Seperti yang sudah disinggung di paragraf pembuka, tim Laptophia awalnya tidak berharap terlalu tinggi pada review BlitzWolf BW-ES1 Graphene kali ini. Namun, setelah produk datang dan melihat packing dan build quality-nya, tampaknya tim Laptophia mulai kagum. Impresi awal kualitas suara headset IEM BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini sangat mengagumkan untuk harga yang ditawarkan.

Sayangnya, nama BlitzWolf ini masih belum terlalu tenar di pasar Indonesia. Kehadiran seri BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini bisa menjadi lawan serius bagi headset IEM murah yang membanjiri pasar seperti JBL 150Si, Xiaomi Mi In-Ear headphone Basic, Audio Technica SonicFuel ATH-CLR100is atau Pioneer SH-C3T yang sebelumnya sudah laptophia bahas.

Kualitas Suara

Kualitas suara adalah keunggulan utama pada review BlitzWolf BW-ES1 Graphene kali ini. Headset IEM besutan vendor asal Tiongkok ini diperkuat dengan driver dinamis graphene berukuran 10mm. Hal ini membuat kualitas suara yang dihasilkan oleh headset IEM BlitzWolf BW-ES1 Graphene menjadi salah satu yang paling mantap untuk harga di bawah Rp 200 ribu. Tim Laptophia sempat melakukan ritual burn in headset ini hingga 4 jam sebelum proses review. Tim Laptophia menggunakan DAP Fiio M3k dan file flac sebagai testbed di review BlitzWolf BW-ES1 Graphene kali ini.

BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini mampu menghasilkan suara yang jernih dengan tingkat clarity yang cukup baik untuk harga yang ditawarkan. Hal ini Laptophia rasakan saat mendengarkan lagu The Wicked End dari Avenged Sevenfold dan beberapa lagu lainnya, tidak terdengar adanya distorsi. Bass yang dihasilkan oleh headset BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini cukup proporsional dan mendalam untuk kelas entry-level. Hal ini membuat dentuman bass di lagu Dedicated – Linkin Park terasa sangat menghibur.

Saat memainkan lagu dengan intensitas dobel pedal drum yang padat seperti Ressurection – Chimaira, BlitzWolf BW-ES1 Graphene memang sedikit agak keteteran dalam menghadirkan detailnya, tetapi ini dapat dimkalumi mengingat harganya yang terjangkau. Sedangkan untuk suara vokal, BlitzWolf BW-ES1 Graphene mampu menampilkan suara yang sangat jelas. Namun, untuk suara vokal scream atau growl, tekstur yang dihasilkan terasa terlalu lembut atau kurang garang. Sedangkan suara vokal perempuan dapat disajikan memuaskan oleh headset ini.
Baca juga:Review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY, Ternyata Kualitasnya Begini…
BlitzWolf BW-ES1 Graphene juga mampu menghasilkan treble atau high yang memuaskan. Detail treble yang dihasilkan sangat baik untuk segmen entry-level dan tidak menusuk telinga. Separasi antar instrumen dapat dipresentasikan dengan baik oleh BlitzWolf BW-ES1 Graphene. Biasanya, harga segini banyak headset yang menampilkan instrumen secara tumpang tindih. Soundstage BlitzWolf BW-ES1 Graphene tidak luas, tetaoi juga tidak sempit.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Laptophia menjajal headset BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini dengan beberapa perangkat, seperti DAP Fiio M3k, Xiaomi Mi 9T, Xiaomi Redmi Note 8 Pro, Samsung Galaxy M30s, dan laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Headset andalan BlitzWolf ini berjalan dengan baik tanpi ada masalah kompatibilitas. Tombol kontrol ini tidak berfungsi di DAP Fiio M3k.

Menggumakan eartips default, headset BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini sudah cukup nyaman digunakan. Tentunya tiap pengguna bisa berbeda dalam memilih ukuran eartips. Penggunaan dalam waktu lebih dari 2 jam, BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini masih cukup nyaman dan isolasi suara dari luar cukup baik.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil review BlitzWolf BW-ES1 Graphene yang telah dilakukan oleh tim Laptophia, headset ini menawarkan kualitas suara yang terbaik di kelasnya. Headset ini mampu menghasilkan clarity yang baik, detail yang mantap di kelasnya, dan nyaman digunakan dalam waktu lama. Secara umum, BlitzWolf BW-ES1 Graphene merupakan salah satu headset jenis IEM terbaik di kelas entry-level.
Baca juga:Review Pioneer SE-QL2T, Headset Murah Cocok untuk Penyuka Bass

Kelebihan BlitzWolf BW-ES1 Graphene

  • Kualitas suara salah satu yang terbaik di kelasnya
  • Harga terjangkau
  • Build quality baik

Kekurangan BlitzWolf BW-ES1 Graphene

  • -

Harga BlitzWolf BW-ES1 Graphene

BlitzWolf BW-ES1 Graphene merupakan sebuah headset bertipe IEM dengan harga murah yang menawarkan kualitas suara hampir sempurna di kelasnya. Harga headset BlitzWolf BW-ES1 Graphene terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 169.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan promo yang digelar oleh masing-masing penjual. Berdasarkan hasil review BlitzWolf BW-ES1 Graphene yang dilakukan tim Laptophia, headset ini adalah salah satu IEM terbaik di kelasnya.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh headset IEM BlitzWolf BW-ES1 Graphene ini sangat menyenangkan dengan bass yang kuat, clarity yang sangat baik, dan nyaman digunakan. Tak hanya itu, headset besutan vendor asal Tiongkok ini juga menawarkan build quality yang solid dengan kabel yang berkualitas. Secara umum, BlitzWolf BW-ES1 Graphene sangat laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan headset IEM dengan harga yang terjangkau dengan kualitas suara terbaik di kelasnya.
Anda dapat membeli atau cek promo BlitzWolf BW-ES1 Graphene di Sini (Klik)

Spesifikasi BlitzWolf BW-ES1 Graphene

  • Model: BW-ES1 Graphene
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe dinamis dengan driver Graphene
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 93±3dB
  • Output maksimal 5 mW
  • Berat: 15 gram
  • Diameter driver 11 mm
  • Panjang kabel: 1,25 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 20Hz – 20kHz
  • Dilengkapi microphone
  • Kabel berkualitas baik
Anda mungkin suka:Review Nakamichi N7, IEM Suara Jernih dengan Bass yang Mantap!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!