IBX582004D475488 JBL C150SI Review: Headset Murah dengan Bass Mantap!

JBL C150SI Review: Headset Murah dengan Bass Mantap!



JBL C150SI Review: Headset Murah dengan Bass Mantap! – Kurang lebih April 2017 silam, Laptophia telah mengulas headset murah JBL C100SI yang ternyata laris manis karena harga yang terjangkau dan kualitas yang bersaing di kelasnya. Kini telah hadir headset murah yang menjadi penerusnya, yakni JBL C150SI. Tampaknya, gurihnya pasar headset entry-level tanah air membuat JBL cukup serius menggarapnya.

Pabrikan yang merupakan subbrand dari Harman/Kardon ini telah melepas seri T110 dan disusul T205 sebelum kelahiran seri C150SI. Headset JBL C150SI ini hadir dengan desain IEM (In-Ear Monitor) yang memiliki desain yang sangat mirip dengan pendahulunya. Harga yang ditawarkan oleh headset ini juga tak jauh berbeda dengan JBL C100SI yang dapat dijangkau oleh semua orang. Lalu sehebat apakah headset murah meriah ini? Simak ulasan JBL C150SI review oleh tim Laptophia kali ini!
JBL C150SI Review: Headset Murah dengan Bass Mantap!

Paket Pembelian JBL C150SI

Paket Pembelian JBL C150SI
  • Unit JBL C150SI warna Hitam
  • Eartips
  • Kartu garansi
  • Manual
Baca juga:Xiaomi Mi In-Ear Pro HD Triple Driver Review: Kualitas Suara Mantap!

Desain JBL C150SI

Desain JBL C150SI

Sisi desain mungkin bukan hal yang ditonjolkan pada JBL C150SI review kali ini. Pabrikan yang terkenal dengan jajaran speaker portabel outdoor ini menggunakan konsep desain yang sama dengan pendahulunya, yakni C100SI. Laptophia berpendapat, JBL mungkin memutuskan untuk menggunakan kembali desain C100SI untuk menghemat biaya R&D dan tetap menghasilkan suara yang bagus. Perubajan desain headset memang bukanlah hal yang urgent.

JBL C150SI ini tampil dengan balutan housing berbahan plastik dengan logo JBL yang terlihat begitu jelas. Meski terbalut dengan casing berbahan plastik, kesannya saat digenggam tidak terlalu murahan karena menggunakan finishing glossy. Berkaca pada pengalaman menggunakan JBL C100SI warna putih, tim Laptophia memutuskan untuk memilih JBL C150SI varian warna hitam, mengapa? Varian warna putih akan mudah kotor dan kemudian menguning seiring berjalannya waktu.

Kepala headset JBL C150SI ini memang agak miring beberapa derajat, mengingatkan Laptophia pada desain Mi Piston 3 atau Mi In Ear Headphone Pro HD yang pernah dibahas sebelumnya. Konsep desain seperti ini membuatnya cukup nyaman saat digunakan karena menyesuaikan bentuk telinga. Headset JBL C150SI ini dilengkapi dengan kabel sepanjang 1,2 meter tanpa dilindungi sleeve. Kualitas kabelnya sendiri menurut Laptophia cukup baik untuk headset murah.
Desain JBL C150SI
Baca juga:Samsung Galaxy M20 Review: Baterai Jumbo dengan Kamera Wide Angle
Pada JBL C150SI review kali ini, headset murah ini dilengkapi dengan microphone yang ditemani oleh single button. Single button pada headset murah JBL C150SI ini ternyata memiliki banyak fungsi, selain mengangkat telepon, juga bisa digunakan untuk play/pause dengan menekannya sekali. Tombol ini juga bisa digunakan untuk next track dengan menekan tombol dua kali dan previous track dengan menekannya tiga kali.

Headset JBL C150SI ini dilengkapi jack 3,5 yang bertipe lurus dan berwarna emas. Tak lupa, JBL juga membekalinya dengan karet yang dapat berfungsi sebagai pembatas kabel yang bercabang untuk memudahkan penggunaan. Secara umum, build quality headset murah JBL C150SI ini cukup baik dan solid untuk kelas entry-level.

Video Unboxing JBL C150SI

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

JBL C150SI Review

JBL C150SI Review

Kehadiran headset JBL C150SI ini adalah bukti bahwa subbrand dari Harman Kardon ini cukup serius menggarap pasar entry-level. Pengguna di segmen ini memang cukup besar dan menjadi sasaran bagi banyak vendor audio lainnya. Tentunya kita tidak bisa mengharap kualitas sekelas audiophile untuk JBL C150SI ini. Headset ini ditujukan untuk pengguna yang sekadar menikmati alunan musik dari gadget miliknya dengan kualitas suara yang sepadan dengan harganya.

Kualitas Suara

Pada JBL C150SI review kali ini, Laptophia cukup optimis headset ini membawa peningkatan kualitas suara jika dibandingkan dengan C100SI yang tak lain adalah pendahulunya. Laptophia menggunakan beberap smartphone untuk melakukan review headset JBL C150SI ini, antara lain adalah Asus Zenfone Max Pro M2, Pocophone F1 by Xiaomi, Realme U1, dan Samsung Galaxy M20. Sedangkan lagu yang diputar mayoritas bergenre metal dan rock.

Kualitas suara headset murah meriah JBL C150SI ini memang cukup menarik Laptophia. Hal yang menonjol selama review headset ini adalah dentuman bass yang kuat dan mendalam, tetapi tidak terlalu boomy. Untuk high atau treble terdengar dengan baik, meski Laptophia rasa kurang detail. Karakter treblenya sendiri cenderung lembut dan tidak menusuk telinga. Sedangkan untuk vokal terdengar agak mundur, tetapi masih terdengar dengan jelas.

Saat Laptophia mendengarkan lagu Kirisute Gomen dari Trivium, intro berupa petikan gitar terasa kurang dramatis. Tak hanya itu, ketika sudah masuk intro lebih dalam dengan dentuman dobel pedal bass yang cukup masif, JBL C150SI ini sedikit kewalahan. Saat mendengarkan lagu dengan instrumen yang cukup rumit seperti The Poet And The Pendulum milik Nightwish, separasi antar instrumen terbilang lumayan untuk kelas entry-level.
Baca juga:Duel Benchmark Samsung Exynos 7904 vs Qualcomm Snapdragon 632
Secara umum, karakter suara JBL C150SI yang agak warm ini memang cocok bagi yang menyukai bass. Namun, kurang cocok untuk lagu-lagu yang berkarakter bright dan menonjolkan vokal. Sound staging JBL C150SI ini tidak terlalu luas, sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Selama proses JBL C150SI review yang dilakukan oleh tim Laptophia, headset ini menunjukkan kompatibilitas yang baik dengan pelbagai macam gadget. Eartips bawaan JBL C150SI ini memiliki kualitas yang cukup baik untuk meredam suara dari luar. Sayangnya, ketika menggunakan headset ini selama lebih dari satu jam, telinga terasa kurang nyaman. Hal ini mungkin bisa diakali dengan mengganti eartips.

Kesimpulan

Secara umum, headset murah meriah JBL C150SI ini mampu menunjukkan performa yang sesuai harapan dan sepadan dengan harganya. Kualitas suaranya terbilang mantap dengan bass yang kuat untuk kelas entry-level. Jika dibandingkan dengan JBL C1100Si, seri JBL C150SI menawarkan bass yang lebih kuat. Laptophia menilai JBL C150SI salah satu headset yang layak beli di kelas entry-level dengan harga Rp 100 ribu-an.

Kelebihan JBL C150SI

  • Kualitas suara memuaskan di kelasnya
  • Cocok untuk basshead
  • Harga terjangkau

Kekurangan JBL C150SI

  • Kurang nyaman digunakan dalam waktu lama

Harga JBL C150SI

JBL C150SI merupakan sebuah headset dari brand terkenal dengan harga yang terbilang sangat terjangkau dan menawarkan kualitas suara yang bersaing di kelasnya. Harga headset JBL C150SI terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 129.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan penjual.

Berdasarkan hasil JBL C150SI review yang telah tim Laptophia lakukan, headset JBL C150SI ini kualitas suaranya memuaskan untuk harga yang ditawarkan. Bass yang dihasilkan relatif kuat dan cocok bagi basshead dengan dana terbatas. Secara umum, headset JBL C150SI ini salah satu yang paling laik dipertimbangkan di kelasnya dan menjadi pesaing kuat bagi Realme Buds yang dijual dengan harga yang tak jauh berbeda.
Anda dapat membeli atau cek promo JBL C150SI di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi JBL C150SI

  • Model: JBL T150SI
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe dinamis
  • Speaker Impedansi: 16±3.2 ohm
  • Sensitivitas 100±3 dB/mW
  • Maximum SPL 5 mW
  • Rated power input 3mW
  • Berat: 3,4 gram
  • Diameter driver 9 mm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 20Hz – 20kHz
  • Dilengkapi microphone
  • Dilengkapi 3 ukuran eartips (S/M/L)
  • Kabel standar, tidak dilengkapi Sleeve
Anda mungkin suka:Review Realme Buds: Headset Murah Tapi Ngebass!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!