IBX582004D475488 Review Realme Buds: Headset Murah Tapi Ngebass!

Review Realme Buds: Headset Murah Tapi Ngebass!



Review Realme Buds: Headset Murah Tapi Ngebass! – Realme adalah pendatang baru di pasar Indonesia yang tak lain adalah subbrand dari Oppo. Awalnya Realme hadir di Indonesia dengan membawa tiga smartphone baru andalanya. Tak lama kemudian, pabrikan asal Cina ini merilis Realme U1 bersamaan dengan sebuah headset murah meriah yang disebut dengan Realme Buds.

Headset yang bertipe In-Ear Monitor ini diklaim menawarkan kualitas suara yang baik yang siap memanjakan penggunanya mendengarkan musik dan juga menikmati konten multimedia. Lebih menarik lagi, harga yang ditawarkan oleh Realme Buds benar-benar sangat terjangkau. Ini sebenarnya tak lepas dari strategi Realme yang memang menyasar generasi muda dan pasar kelas entry-level, serta menengah. Penasaran? Berikut review Realme Buds oleh tim Laptophia!
Review Realme Buds: Headset Murah Tapi Ngebass!

Paket Pembelian Realme Buds

Paket Pembelian Realme Buds
  • Unit Realme Buds
  • Eartips silicon
  • User guide
Baca juga:Edifier H185 Review, Harga Murah Suara Mewah!

Desain Realme Buds

Desain Realme Buds

Penampilan atau desain fisik dari headset Realme Buds ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan kebanyakan headset model IEM yang beredar di pasaran. Jika dilihat dari bentuk housing headsetnya, Realme Buds ini agak mirip dengan KZ ED4 yang pernah Laptophia ulas lebih dulu. Housing Realme Buds ini berbentuk bulat agak besar dengan bagian unjung yang mengecil. Berbeda dengan KZ ED4 yang bagian earbud-nya lurus, Realme Buds ini melengkung 45 derajat seperti Xiaomi Piston 3.

Pada review Realme Buds kali ini, housingnya terbuat dari bahan plastik. Meski demikian, saat dipegang terasa cukup solid dan sama sekali tidak terasa murahan. Pada bagian belakang earbud Realme Buds ini terdapat huruf ”R” yang tak lain adalah logo dari Realme. Sementara pada bagian bawah kabelnya berwarna kuning yang cukup mencolok.

Hal yang unik dari desain Realme Buds ini adalah hadirnya magnetik klip yang terdapat di balik logo Realme. Jadi, headset ini otomatis akan menempel antara satu sama lain guna membuatnya tidak mudah kusut atau ruwet. Kabel Realme Buds ini dilapisi sleeve yang diklaim terbuat dari serat kevlar yang kuat untuk melindungi kabel agar tak mudah rusak dan tergores.
Baca juga:Review JBL T205, Headset Keren dengan Kabel Anti Ruwet!
Desain Realme Buds

Pada bagian bawah Realme Buds terdapat housing untuk microphone yang juga terbuat dari plastik denga bentuk memanjang. Pada bagian tersebut terdapat logo Realme yang terlihat jelas. terdapat tiga tombol yang berfungsi sebagai play/pause, tombol volume up, dan tombol volume down. Tombol play/pause pada Realme Buds ini dapat memanggil Google Assistant jika dipencet lama.

Panjang kabel headset Realme Buds ini adalah 1,25 meter, cukup standar di kelasnya. Tak hanya itu, jack 3,5mm pada headset Realme Buds ini bertipe straight atau lurus dengan kualitas yang cukup baik menurut Laptophia. Secara umum, build quality headset Realme Buds ini mantap di kelasnya.

Video Unboxing Realme Buds

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Review Realme Buds

Review Realme Buds

Realme Buds ini bisa dikatakan headset perdana yang diluncurkan oleh subbrand Oppo tersebut. Pabrikan asal Cina ini tampaknya bermain aman dengan meluncurkan aksesoris dengan harga yang terbilang sangat terjangkau untuk menarik perhatian konsumen.

Selain itu, kehadiran Realme Buds ini juga menjadi pesaing tangguh bagi headset murah yang lebih dulu eksis seperti Xiaomi Mi Earphone Basic, JBL C110Si, dan sebagainya. Meski harganya murah, Realme menjanjikan kualitas suara yang tak murahan.

Kualitas Suara

Saat Laptophia pertama kali mendengarkan musik dengan Realme Buds, keluaran suaranya tampak warm dan treble nyaris tak terdengar detail. Namun setelah digunakan selama beberapa hari, suaranya sedikit berubah. Mungkin pengguna perlu melakukan sedikit burn-in pada Realme Buds agar performanya lebih optimal. Pada review Realme Buds kali ini, Laptophia menggunakan beberapa smartphone yakni Pocophone F1 by Xiaomi, Asus Zenfone Max Pro M2, dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh Realme Buds terbilang memuaskan menurut Laptophia. Karakter suaranya memang warm dengan bass yang cukup dominan. Bass yang dihasilkan terasa cukup kuat dan mendalam, serta kuantitasnya tidak berlebihan. Saat mendengarkan lagu dengan dobel pedal drum yang intensif seperti lagu Kirisute Gomen – Trivium terdengar cukup detail dan nyaman. Sayangnya, suara vokalnya terasa agak mundur dan sekilas mirip dengan headset bertipe V shape.
Baca juga:Review Honor AM116, Headset Murah Kualitas Suara Menyenangkan
Meski bass menonjol dan karakter suaranya terbilang warm, detail yang dihasilkan treble cukup terjaga. Hal ini cukup terasa ketika Laptophia mendengarkan lagu Broken, Beat & Scarred – Metallica, hanya saja separasi antar instrumen agak kurang. Ketika mendengarkan lagu dengan intro akustik seperti Angels Fall First – Nightwish juga terasa cukup dramatis petikan gitarnya. Sound stage Realme Buds tidak terlalu luas, tetapi cukup sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Realme Buds ini kompatibel dengan semua smartphone yang digunakan untuk proses review. Ketiga tombol yang diusungnya juga dapat berfungsi dengan baik. Headset Realme Buds ini terbilang nyaman meski digunakan dalam waktu lama dan tidak mudah lelah apabila menggunakan eartips yang paling sesuai dengan telinga.

Kesimpulan

Secara umum, hasil review Realme Buds ini menunjukkan performa yang memuaskan. Laptophia menilai Realme Buds merupakan salah satu headset dengan kualitas suara terbaik di kelas entry-level. Bass yang dihasilkan cukup kuat dan detail, cocok untuk basshead. Tak hanya itu, Realme Buds ini dilengkapi fitur magnetic clip yang inovatif. Realme Buds ini laik dipertimbangkan bagi yang membutuhkan headset murah dengan kualitas yang cukup baik.

Kelebihan Realme Buds

  • Kualitas suara mantap dan ngebass
  • Fitur magnetik clip
  • Build quality mantap
  • Harga terjangkau

Kekurangan Realme Buds

  • Tombol kurang nyaman

Harga Realme Buds

Realme Buds merupakan sebuah headset bertipe IEM dengan harga yang sangat terjangkau saat ini. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka, harga terbaru headset Realme Buds terbaru di Indonesia adalah Rp 89.000. Harga ini terbilang sangat terjangkau dan menawarkan performa yang baik dengan karakter suara yang cukup ngebass.

Berdasarkan hasil review Realme Buds yang telah dilakukan oleh tim Laptophia, headset ini mampu menghasilkan kualitas suara yang melebihi harganya. Headset ini juga memiliki fitur clip magnetik yang unik dan tidak dimiliki oleh kompetitornya. Secara umum, Laptophia menilai Realme Buds merupakan salah satu headset IEM dengan kualitas suara terbaik di bawah Rp 100 ribu.
Anda dapat membeli atau cek promo Realme Buds di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Realme Buds

  • Model: Realme Buds
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe dinamis
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 106±3dB
  • Output maksimal 3 mW
  • Berat: 13,5 gram
  • Diameter driver 11 mm
  • Panjang kabel: 1,25 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 20Hz – 20kHz
  • Dilengkapi microphone
  • Kabel berlapis kevlar sleeve
Anda mungkin suka:Xiaomi Mi In-Ear Pro HD Triple Driver Review: Kualitas Suara Mantap!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!