IBX582004D475488 Review JBL T205, Headset Keren dengan Kabel Anti Ruwet!

Review JBL T205, Headset Keren dengan Kabel Anti Ruwet!



Review JBL T205, Headset Keren dengan Kabel Anti Ruwet! – Tak hanya fokus meluncurkan produk speaker portabel, JBL ternyata juga rajin menggarap headset segmen entry-level. JBL T205 adalah salah satu headset andalan brand yang saat ini berada di bawah kendali Harman Kardon. Berbeda dengan seri T110 yang perah Laptophia ulas sebelumnya, headset JBL T205 ini hadir dengan model atau desain earbud.

Saat ini memang tak semua orang menyukai model In-Ear yang terlalu masuk ke telinga, sehingga model earbud ini bisa dijadikan sebagai pilihan. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, JBL T205 ini dijual secara eksklusif melalui salah satu e-commerce terkenal di Indonesia dengan harga yang bisa dikatakan cukup menarik. Penasaran? Simak review JBL T205 earbud oleh tim Laptophia kali ini!

Paket Pembelian JBL T205

IMG_20180204_134628_HDR
  • Unit JBL T205
  • Pouch
  • Kartu garansi
  • Manual
Baca juga:Knowledge Zenith KZ ED4 Review: Cocok untuk Basshead!

Desain JBL T205

IMG_20180204_134710_HDR
Pada review JBL T205 kali ini, sebenarnya tidak ada yang istimewa dari sisi desain. Headset andalan JBL ini menggunakan desain dasar yang mirip dengan Apple Earpod yang telah diluncurkan beberapa tahun lalu dengan sentuhan inovasi yang membuatnya terlihat berbeda. Headset ini berbentuk pipih dengan speaker grill yang terletak nyaris di sisi samping unit. Sedangkan pada bagian tengah yang menghadap ke telinga terdapat lubang berukuran kecil. Tak hanya itu, sisi belakang dari headset ini juga terdapat lubang berukuran kecil.

Hal yang membuat tampilan headset JBL T205 ini menarik adalah hadirnya aksen warna emas yang cukup mencolok. Earbud JBL T205 sendiri sebenarnya tersedia dalam beberapa warna yang dapat dipilih sesua selera. Kebetulan pada review JBL T205 kali ini Laptophia dapat varian warna white gold. Meski terlihat cukup mengkilap, tetapi sebenarnya bagian yang berwarna emas pada JBL T205 ini berbahan plastik. Sedangka bagian warna putih juga terbuat dari material plastik, tetapi telah dilapisi lapisan mirip karet untuk mendukung kenyamanan.

Ukuran headset ini terbilang lumayan dan pas di telinga Laptophia. Namun, tampaknya orang dengan lubang telinga yang kecil akan kurang nyaman menggunakan JBL T205 dalam waktu lama. Build quality headset JBL T205 ini terbilang solid meski semuanya terbuat dari plastik. Kabelnya yang berbentuk flat membuatnya tidak mudah ruwet atau sering disebut dengan istilah anti tangle.

Namun, warna putih dengan lapisan mirip karet pada headset JBL T205 ini memiliki kekurangan, yakni gampang kotor. Setelah penggunaan agak lama, warna putih pada earbud andalan JBL ini terlihat agak menguning. Selain itu, jika terkena kotoran akan terlihat begitu jelas. Jack 3,5mm pada headset JBL T205 ini bentuknya semi L-shape karena tidak benar-benar berbentuk huruf L. Secara umum, desain dan build quality JBL T205 cukup baik di kelasnya.

Video Unboxing JBL T205

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Review JBL T205

IMG_20180204_134941
JBL memang bukan nama sembarangan di dunia audio dan produknya sudah mendapat tempat di hati penggemarnya. Pabrikan yang berada di bawah Harman Kardon ini memang tak hanya fokus di segmen menengah dan atas saja, tetapi juga menggempur pasar entry-level. Sebelumnya JBL cukup sukses menarik perhatian konsumen dengan headset mode In-Ear seri C100Si dan T110. Kini JBL mencoba menghadirkan model earbud bagi konsumen yang kurang menyukai model In-Ear yang masuk ke lubang telinga.

Kualitas Suara

Laptophia harus mengakui bahwa kualitas suara adalah salah satu kelebihan dari headset model earbud seperti JBL T205 ini. Saat pertama kali menjajal JBL T205, Laptophia langsung menarik kesimpulan bahwa karakter headset ini adalah sedikit warm. Beberapa orang malah berpendapat bahwa JBL T205 ini termasuk headset dengan karakter suara V-shape. Sejauh ini Laptophia cukup puas dan menikmati alunan musik yang keluar dari headset keren JBL T205 ini.

Saat melakukan review JBL T205, tim Laptophia memang banyak memainkan musik dengan genre metal dan rock. Keluaran suaranya sangat menarik dengan bass yang cukup jelas, dalam, dan memang sedikit kurang bulat. Saat mendengarkan lagu Shattering The Skies Above dari Trivium, dentuman dobel pedal bass dapat disajikan dengan baik dan suara screaming dari Matt Heafy terdengar cukup jelas dan galak. Tak hanya itu, iringan gitar dan melodi juga terdengar menyalak dengan detail.
Baca juga:JBL T110 Review: Headset Ngebass dengan Harga Terjangkau
Sayangnya, high atau treble pada headset JBL T205 ini memang terasa kurang detail dan kurang cring. Pengguna mungkin bisa mengakalinya dengan melakukan pengaturan pada equalizer perangkat yang digunakan. Meski demikian, Laptophia sebenarnya sudah merasa cukup dengan kuantitas pada bagian high ini. Soundstage JBL T205 ini memang tidak terlalu luas, tetapi terbilang sangat baik untuk harga yang ditawarkan. Tak hanya itu, separasi antar instrumen juga tersaji dengan baik oleh headset ini.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Sejauh ini Laptophia sudah menggunakan headset JBL T205 dengan pelbagai macam perangkat, sebut saja Asus Zenfone Zoom S, Xiaomi Mi 5S, Zenfone 5, Zenfone 5z, dan juga Xiaomi Redmi Note 5 tidak terjadi masalah kompatibilitas. Sedangkan untuk kenyamanan, headset ini memang cukup nyaman saat digunakan meski tidak dilengkapi tambahan eartips. Namun, ketika penggunaan sudah di atas 3 jam, telinga tampak mulai terasa lelah.

Kesimpulan

Secara umum, JBL T205 merupakan salah satu headset model earbud kelas entry-level yang sangat laik dipertimbangkan menurut Laptophia. Kualitas suara yang dihasilkan terbilang mantap di kelasnya denga karakter yang agak warm. Build quality headset ini terbilang mantap dan nyaman digunakan, serta kabel yang flat tidak mudah ruwet. Hanya saja, warna yang putih ini ternyata mudah kotor dan menguning seiring berjalannya waktu. Terlepas dari hal tersebut, JBL T205 sangat laik beli menurut Laptophia.

Kelebihan JBL T205

  • Kualitas suara mantap di kelasnya
  • Build quality bagus
  • Kabel flat dan tidak mudah ruwet

Kekurangan JBL T205

  • -

Harga JBL T205

JBL T205 merupakan salah satu headset tipe earbud yang cukup menarik di kelasnya menurut Laptophia. Harga headset JBL T205 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 349.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan penjual dan juga kondisi pasar.

Berdasarkan hasil review JBL T205 yang telah Laptophia lakukan, headset ini mampu menghasilkan kualitas suara yang memuaskan. Bass cukup terasa, mid dan high juga lumayan detail, dilengkapi kabel yang tidak gampang ruwet, dan soundstage relatif luas untuk harga yang ditawarkan. Sayangnya, Laptophia mendapat varian warna putih yang mana mudah kotor dan terlihat lusuh.
Anda dapat membeli atau cek harga JBL T205 di Sini (Klik)

Spesifikasi JBL T205

  • Model: JBL T205
  • Jenis headset: Earbud
  • Tipe dinamis
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 103 dB/mW
  • Output maksimal 20 mW
  • Berat: 14,3 gram
  • Diameter driver 12,5 mm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 20Hz – 20kHz
  • Microphone Condenser
  • Sensitivity (Microphone) -44 dB (0 dB=1 V/Pa, 1 kHz)
  • Frequency Response (Microphone) 100 – 10,000 Hz
  • Polar Pattern (Microphone) Omnidirectional
  • Kabel flat, tidak dilengkapi Sleeve
Anda mungkin suka:Knowledge Zenith KZ ZS3 Review: Kualitas Suara Mengesankan!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!