IBX582004D475488 Knowledge Zenith KZ ZS3 Review: Kualitas Suara Mengesankan!

Knowledge Zenith KZ ZS3 Review: Kualitas Suara Mengesankan!



Knowledge Zenith KZ ZS3 Review: Kualitas Suara Mengesankan! - Knowledge Zenith atau yang sering dikenal dengan sebutan KZ memang tak lagi terdengar asing bagi konsumen tanah air, terutama penggemar suara mantap dengan harga terjangkau atau yang sering disebut dengan audio kere hore. Setelah sebelumnya Laptophia menjajal seri KZ ED4, kini telah hadir varian lain di meja review untuk diulas mendalam, yakni Knowledge Zenith KZ ZS3.

Berbeda dengan seri ED4 yang membidik segmen entry-level dan penggemar bass, seri ZS3 ini lebih balance dan membidik segmen di atasnya. Tak hanya hadir dengan desain yang unik, Knowledge Zenith KZ ZS3 juga mengusung fitur unggulan, yakni kabel yang dapat dilepas atau detachable cable yang memiliki banyak kelebihan. Penasaran sehebat apakah headset besutan vendor asal China ini? Simak ulasan Knowledge Zenith KZ ZS3 review oleh Laptophia kali ini!

Paket Pembelian Knowledge Zenith KZ ZS3

IMG_20170628_144152_HDR
  • Unit Knowledge Zenith KZ ZS3
  • Kabel
  • Eartips
  • User guide

Desain Knowledge Zenith KZ ZS3

IMG_20170628_145504_HDR
Pertama kali melihat desain headset Knowledge Zenith KZ ZS3, Laptophia agak kaget karena desainnya cukup unik dan tidak biasa. Meski demikian, ini bisa menjadi keunggulan dari Knowledge Zenith KZ ZS3 review kali ini. Pabrikan asal Tiongkok ini menggunakan konsep desain detachable ceble dan cable-over-earlobe yang unik. Dua konsep desain itulah yang membuat bentuk fisik Knowledge Zenith KZ ZS3 unik. Bahkan, Laptophia sempat bingung cara menggunakan headset ini saat pertama kali memegangnya.

Konsep desain yang berbeda ini membuat sebagian orang mungkin harus beradaptasi dengan cara menggunakan atau memakainya di telinga. Beberapa review tentang Knowledge Zenith KZ ZS3 di luar negeri menyebutkan headset ini kurang nyaman digunakan karena konsep cable-over-earlobe yang unik. Namun, selama proses Knowledge Zenith KZ ZS3 review yang Laptophia lakukan, headset ini relatif nyaman. Pada bagian bawah headset Knowledge Zenith KZ ZS3 ini terdapat port kecil untuk memasang kabel.

Housing headset Knowledge Zenith KZ ZS3 ini terbuat dari plastik yang terkesan murahan. Masing-masing unit dilengkapi tulisan Right dan Left yang cukup jelas agar pengguna tidak tertukar saat menggunakannya. Sayangnya, kabel bawaan Knowledge Zenith KZ ZS3 ini juga terasa murahan. Kabel menggunakan bahan karet yang terbilang tipis dan terasa kurang lentur. Housing pada bagian micrphone juga terbuat dari plastik yang terasa tipis, tetapi cukup nyaman dipencet tombolnya.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5 Review: Smartphone Terbaik di Kelasnya!
Secara umum, desain headset Knowledge Zenith KZ ZS3 ini memang terlihat cukup unik dengan konsep detachable cable dan cable-over-earlobe. Sayangnya build quality headset Knowledge Zenith KZ ZS3 ini terasa agak murahan, meski sebenarnya terasa lumayan solid menurut Laptophia.

Video Unboxing Knowledge Zenith KZ ZS3

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Knowledge Zenith KZ ZS3 Review

IMG_20170628_144311_HDR
Knowledge Zenith KZ ZS3 memang bukan headset keluaran terbaru, tetapi saat ini harga yang ditawarkannya sangat terjangkau. Nama besar KZ yang sudah cukup terkenal di kalangan penggemar periferal audio murah meriah membuat banyak orang berekspektasi tinggi dengan produknya. Laptophia sendiri cukup terkesan dengan kemampuan yang ditawarkan oleh headset Knowledge Zenith KZ ZS3 ini dan bandrol harganya yang terjangka membuatnya terlihat begitu menarik.

Kualitas Suara

Saat pertama kali mendengarkan musik dengan headset Knowledge Zenith KZ ZS3, Laptophia merasakan headset yang enak dan balance. Hal inilah yang mendorong tim Laptophia untuk melakukan Knowledge Zenith KZ ZS3 review yang mendalam. Mengandalkan smartphone Asus Zenfone Zoom S dan Xiaomi Mi 5S, pengujian terhadap Knowledge Zenith KZ ZS3 kami lakukan dengan memutar lagu dari berbagai genre, paling banyak adalah dari genre rock dan metal.

Selama lebih dari sebulan Laptophia menggunakan Knowledge Zenith KZ ZS3 untuk proses review. Karakter suaranya menurut Laptophia cukup balance. Bass yang dihasilkan cukup kuat dan dalam, tetapi tidak boomy. Bagi Laptophia, kuantitas bass-nya relatif pas, tetapi mungkin bagi basshead terasa agak kurang. Saat mendengarkan musik dengan bass yang kuat seperti Dedicated – Linkin Park yang beraroma hip hop, bass-nya terasa cukup nendang.

Treble atau high yang dihasilkan oleh Knowledge Zenith KZ ZS3 ini terasa cukup detail, crisp, tetapi tidak tajam atau menusuk. Suara vokal terdengar sangat jelas, baik clean vokal maupun screaming vokal pada lagu-lagu metalcore besutan Trivium. Soundstage headset Knowledge Zenith KZ ZS3 ini terbilang cukup luas di kelasnya dan separasi antar instrumen juga cukup terasa. Saat memainkan lagu dengan gebukan dobel pedal yang cepatsepertu intro lagu Kirisute Gomen – Trivium juga dapat di-handle dengan baik.
Baca juga:Anker PowerCore+ Mini 3350mAh Review: Power Bank Berwujud Tabung Lipstick

Kompatibilitas & Kenyamanan

Sejauh ini, Knowledge Zenith KZ ZS3 kompatibel digunakan dipelbagai smartphone yang tim Laptophia gunakan seperti Asus Zenfone Zoom S, Xiaomi Mi 5s, Redmi Note 5, dan juga BlackBerry Aurora. Soal kenyamanan, Laptophia merasa eartips bawaan Knowledge Zenith KZ ZS3 ini kurang nyaman dan terasa agak panas kalau digunakan dalam waktu lama. Solusinya, ganti eartips yang lebih empuk. Isolasi suara cukup rapat, dan suara dari luar nyaris tidak bocor ke dalam.

Kesimpulan

Secara umum, Knowledge Zenith KZ ZS3 review kali ini menunjukkan impresi dan hasil yang terbilang sangat baik. Laptophia menilai Knowledge Zenith KZ ZS3 merupakan salah satu headset terbaik dengan harga di bawah Rp 200 ribu. Karakter suaranya lebih balance, sounstaging yang asik, dan treble yan cukup detail membuatnya menjadi salah satu favorit kami. Sayangnya, build quality dan kabel bawaannya memang terasa agak murahan.

Kelebihan Knowledge Zenith KZ ZS3

  • Kualitas suara mantap
  • Harga terjangkau
  • Detachable cable

Kekurangan Knowledge Zenith KZ ZS3

  • Kabel terasa murahan
  • Eartips bawaan kurang nyaman

Harga Knowledge Zenith KZ ZS3

Harga headset Knowledge Zenith KZ ZS3 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia terima saat artikel ini ditulis adalah masih di kisaran dibawah Rp 200 ribu-an. Berdasarkan hasil Knowledge Zenith KZ ZS3 review yang Laptophia lakukan, headset ini menawarkan kualitas suara yang terbilang mantap di kelasnya.

Laptophia cukup terkesan dengan keseimbangan suara yang dihasilkan oleh Knowledge Zenith KZ ZS3 ini. Selain itu, fitur detachable cable menjadi salah satu daya tariknya, meski kabel bawaannya terbilang agak murahan. Secara umum, Laptophia menilai Knowledge Zenith KZ ZS3 merupakan salah satu headset yang menarik dengan kualitas suara terbaik di kelasnya. Jelas, Knowledge Zenith KZ ZS3 sangat laik beli.
Anda dapat membeli atau cek harga Knowledge Zenith KZ ZS3 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Knowledge Zenith KZ ZS3

  • Model: KZ ZS3
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe dinamis
  • Speaker Impedansi: 18 Ohm
  • Sensitivitas 106 dB ± 3dB
  • Output maksimal 20 mW
  • Berat: 18 gram
  • Diameter driver 8 mm
  • Panjang kabel: 1,2 m, dettachable, cable-over-earlobe
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 20Hz-20000Hz
  • Dilengkapi 3 ukuran eartips (S/M/L)
  • Kabel tidak dilengkapi Sleeve
Anda mungkin suka:Knowledge Zenith KZ ED4 Review: Cocok untuk Basshead!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!