eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

BlackBerry Aurora Review: Smartphone RAM 4GB Termurah!

BlackBerry Aurora Review: Smartphone RAM 4GB Termurah! – Tahun lalu sempat muncul kabar menghebohkan mengenai smartphone BlackBerry dengan nama sandi BBC100 yang diduga adalah ponsel BB buatan dalam negeri. Smartphone tersebut secara resmi telah meluncur dengan nama BlackBerry Aurora di bawah PT. BB Merah Putih. Laptophia mengakui bahwa smartphone BlackBerry Aurora bukan ponsel kekinian dan sudah setahun lebih dirilis ke pasar.

Namun, harganya yang merosot tajam sukses menggoda tim Laptophia untuk mengulasnya. BlackBerry Aurora adalah salah satu smartphone dengan RAM 4GB termurah saat ini di Indonesia dan menawarkan spesifikasi yang masih cukup memadai untuk komunikasi masa kini. Penasaran? Simak BlackBerry Aurora review oleh Tim Laptophia kali ini!
BlackBerry Aurora Review: Smartphone RAM 4GB Termurah!

Paket Pembelian BlackBerry Aurora

 Paket Pembelian BlackBerry Aurora
  • Unit Blackberry Aurora warna silver
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Zola Falcon 10000mAh Review: Power Bank Powerful dengan Power Delivery dan QC 3.0

Desain BlackBerry Aurora

Desain BlackBerry Aurora

Desain BlackBerry Aurora

Dahulu kala smartphone Blackberry identik dengan desain layar landscape dilengkapi keypad QWERTY serta navigasi unik dari trackpad dan touchpad. Zaman berubah dengan cepat dan perusahaan asal Kanada pun mengalami perjalanan yang cukup panjang hingga akhirnya merilis smartphone dengan sistem operasi Android. Pada BlackBerry Aurora review kali ini, ponsel dengan RAM 4GB termurah di Indonesia ini tampil dengan desain yang sekilas memang tak jauh berbeda dengan smartphone Android kelas entry-level lainnya.

Namun jika dilihat lebih seksama, BlackBerry Aurora memiliki detail yang lebih elegan. Sisi depan terlihat layar 5,5 inci yang berwarna hitam ketika mati dan menyatu dengan bezel yang juga berwarna hitam, ini membuatnya terlihat menarik. Layar BlackBerry Aurora sudah berkontur 2.5D dan tidak Laptophia jumpai adanya tombol kapasitif di bawah layarnya. Sementara sisi belakang menggunakan casing bertekstur dot, sehingga meningkatkan grip saat digenggam. Logo Blackberry berwarna krom tampak cukup mencolok.

Smartphone BlackBerry Aurora ini memang terbungkus oleh material plastik. Meski demikian, build quality yang ditawarkan bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelas entry-level karena sangat solid. Casing beakangnya berlapis seperti karet, sehingga terasa kesat dan tak licin di tangan. Bahan ini ternyata juga membuat BlackBerry Aurora ini tidak mudah kotor. Dimensi BlackBerry Aurora memang dirasa agak bongsor dengan aspek rasio layar yang masih 16:9.
Desain BlackBerry Aurora

Desain BlackBerry Aurora
Baca juga:Anker PowerCore 20100 Review: Seperti Ini Performa Power Bank 700 Ribu-an!
Pada BlackBerry Aurora review oleh Laptophia kali ini, sisi depan terdapat lubang kamera depan, earpiece, ambient light sensor, LED notifikasi, layar HD berukuran 5,5 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel BlackBerry Aurora ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone RAM 4GB termurah BlackBerry Aurora sudah berkontur 2.5D. Sayangnya, tak diketahui apakah layar yang diusungnya sudah antigores seperti Gorilla Glass atau belum. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di BlackBerry Aurora agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol convenience ditempatkan di sisi kanan ponsel BlackBerry Aurora ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tombol power untuk menghidupkan ponsel. Sisi atas ponsel RAM 4GB termurah BlackBerry Aurora ini terdapat port audio 3,5mm.

Sedangkan bagian belakang ponsel BlackBerry Aurora ini terdapat microphone, lubang kamera, dual-tone LED flash, logo BlackBerry, dan speaker gril. Merek asal Kanada pembesut produk flagship BlackBerry Key 2 ini menempatkan port microUSB dan micrphone pada sisi bawah ponsel. Sedangkan slot SIM 1, SIM 2, dan microSD dapat diakses dengan membuka casing belakangnya.

Video Unboxing BlackBerry Aurora

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur BlackBerry Aurora

Software & Fitur BlackBerry Aurora
Sisi perangkat lunak atau software bisa menjadi keunggulan sekaligus kekurangan dari BlackBerry Aurora review oleh tim Laptophia kali ini. Ponsel ini hadir dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat dan tak lama setelah Laptophia melakukan unboxing, ternyata mendapat update ke Android 7.1 Nougat. Sangat disayangkan, BlackBerry Aurora dipastikan tidak mendapat upgrade ke Android Oreo. Penampilan antarmuka BlackBerry Aurora ini lebih dekat dengan Android pure atau stock Android yang terbilang ringan.

Seperti biasa, kita akan disambut dengan tampilan antarmuka seperti Android stock yang terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Ikon dan pengaturan menu di dalamnya sangat mendekati Android pure. Hal ini membuat BlackBerry Aurora cocok bagi pengguna yang menyukai Android pure yang terkenal ringan dan efisien dalam hal konsumsi memori RAM. Sayangnya, menu kostumisasinya terbilang minim. Kita hanya dapat mengganti atau mengatur widget, wallpaper, dan icon pack. Uniknya, BlackBerry Aurora ini menyediakan opsi dark theme.

Meski menggunakan antarmuka Android pure, bukan berarti ponsel BlackBerry Aurora ini miskin fitur. Pabrikan asal Kanada ini mempersenjatai BlackBerry Aurora dengan pelbagai fitur pendukung bisnis dan produktifitas dengan fungsi yang terbilang luas. Beberapa fitur tersebut antara lain adalah BlackBerry Hub, Content Transfer, BBM, fitur keamanan DTEK, Productivity tab, convenience key, dan banyak lagi. Tak hanya itu, BlackBerry Aurora ini juga dibekali dengan BlackBerry Keyboard yang unik dan sangat nyaman digunakan.
Baca juga:Hands On Pocophone F1: Performa Tinggi dan Harga Mengesankan, Tapi…
Harus diakui bahwa aplikasi bawaan BlackBerry Aurora ini terbilang banyak dan bagi pengguna yang bukan pebisnis, mungkin menganggap aplikasi bawaan ponsel BlackBerry Aurora ini sebagai bloatware. Laptophia melihat aplikasi bawaan BlackBerry Aurora ini memiliki fungsi yang sangat mendukung produktivitas, sebut saja Google Apps, Redactor, Privacy Shade, Tasks, Notes, Power Center, Device search, dan sebagainya.

Secara umum, BlackBerry Aurora ini menawarkan perangkat lunak yang terbilang matang dan sangat stabil. Fitur yang diusungnya terbilang lengkap dan sangat mendukung produktivitas pengguna. Performa antarmukanya terbilang responsif, stabil, dan minim bug.

Benchmark BlackBerry Aurora

CPU-Z BlackBerry Aurora
CPU-Z BlackBerry Aurora
Benchmark Vellamo BlackBerry Aurora

Benchmark Vellamo BlackBerry Aurora
Benchmark AnTuTu v7 BlackBerry Aurora

Benchmark AnTuTu v7 BlackBerry Aurora
Benchmark Geekbench 4 BlackBerry Aurora

Benchmark Geekbench 4 BlackBerry Aurora

Benchmark PCMark BlackBerry Aurora
Benchmark PCMark BlackBerry Aurora
Benchmark 3DMark BlackBerry Aurora

Benchmark 3DMark BlackBerry Aurora
Benchmark Basemark OS II BlackBerry Aurora

Benchmark Basemark OS II BlackBerry Aurora
Multitouch Tester & Sensorbox for Android BlackBerry Aurora
Multitouch Tester & Sensorbox for Android BlackBerry Aurora

Hasil Foto Kamera BlackBerry Aurora





Foto Siang Hari




Foto Macro




Foto Malam Hari



Foto Selfie Kamera Depan

Review Kamera BlackBerry Aurora

Pada review kamera BlackBerry Aurora kali ini, smartphone dengan RAM 4GB termurah ini dibekali dengan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel yang didukung fitur autofokus yang menggunakan sensor BSI CMOS yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 dan didukung dual LED flash. Kamera depan smartphone ini juga cukup bersaing di kelasnya dengan resolusi 8 megapiksel dengan fixed focus dengan sensor BSI CMOS untuk foto selfie dan video call.

Berdasarkan pengalaman dan pengujian yang telah tim Laptophia lakukan, kamera BlackBerry Aurora ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang laik mendapat acungan jempol di kelasnya pada kondisi siang hari dengan cahaya yang melimpah. Foto yang dihasilkan terbilang tajam dengan datail yang cukup, tetapi kadang agak overekspose. Warna yang dihasilkan lumayan akurat, meski kadang white balance kurang akurat.

Kecepatan fokus kamera BlackBerry Aurora ini tampaknya masih perlu peningkatan lagi. Saat digunakan foto macro, kadang butuh waktu agak lama untuk fokus. Sedangkan foto macro yang dihasilkan oleh BlackBerry Aurora sebenarnya cukup memuaskan dengan detail yang baik dan warna yang bisa dikatakan mendekati akurat. Efek blur atau bokeh saat foto macro juga terbilang lumayan menurut Laptophia.
Baca juga:Hands On Review Samsung Galaxy Note 9: Mengesankan, Tapi…
Kekurangan BlackBerry Aurora review kali ini mungkin adalah kemampuan kamera belakang saat malam hari. Kecepatan fokusnya merosot tajam dan sering menghasilkan foto yang ngeblur atau tidak fokus. Usahakan tangan tetap steady saat memotret malam hari. Foto malam hari yang dihasilkan relatif biasa saja dengan detail yang agak kurang, noise yang mulai nampak, dan warna yang agak pudar.

BlackBerry Aurora memang bukan smartphone yang didesain untuk foto selfie, tetapi resolusi kamera depannya lumayan. Bagi penggemar foto selfie, mungkin kemampuan kamera BlackBerry Aurora ini bisa dikatakan pas-pasan dan tidak dibekali dengan fitur Beautify. Sementara LED flash belakang yang diusung oleh BlackBerry Aurora juga terbilang terang dan membantu saat memotret di tempat kurang cahaya.

BlackBerry Aurora Review


BlackBerry Aurora Review
Tim Laptophia sudah menggunakan smartphone RAM 4GB termurah di Indonesia alias BlackBerry Aurora ini selama kurang lebih satu bulan. Meski bukan smartphone baru, BlackBerry Aurora ini relatif masih sangat nyaman digunakan. Perangkat lunak di dalamnya sangat stabil dan minim bug. Fitur andalannya sangat mendukung produktivitas tim Laptophia. Namun, BlackBerry Aurora ini memang tidak cocok bagi mereka yang gemar bermain game.

Layar

BlackBerry Aurora masih mengandalkan layar sentuh berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD yang menggunakan panel IPS. Smartphone dengan RAM 4GB termurah ini masih mengusung rasiolayar 16:9, bukan yang kekinian seperti 18:9. Meski demikian, itu bukan masalah serius menurut kami karena tidak memengaruhi fungsi.

Kualitas layar BlackBerry Aurora terbilang cukup baik di kelasnya. Uniknya, warna hitam yang dihasilkan lebih pekat dari rata-rata layar IPS. Performa saat digunakan di bawah sinar matahari terbilang standar. Respon touchscreen terbilang gegas dan viewing angle cukup luas.

Performa

Pada BlackBerry Aurora review kali ini, sektor dapur pacunya memang terbilang standar meski dibekali dengan memori RAM berkapasitas besar. Ponsel ini mengandalkan sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 425 generasi baru dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 4GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 308.

Saat digunakan untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari, sosial media, kamera dan kebutuhan standar lainnya, smartphone BlackBerry Aurora ini bisa dikatakan sangat nyaman menurut Laptophia. Perpindahan menu dan buka tutup aplikasi berlangsung cukup gegas. Kapasitas memori RAM yang mencapai 4GB ini membuat BlackBerry Aurora ini cukup handal menangani multitasking dengan banyak aplikasi yang berjalan dalam satu waktu.

BlackBerry Aurora ini mungkin kurang cocok untuk bermain game, tetapi masih cukup mampu memainkan game Android masa kini meski setting grafisnya tidak bisa dimaksimalkan. Saat digunakan secara intensif, BlackBerry Aurora ini relatif dingin dan tidak pernah menunjukkan gejala overheat.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5 Review: Smartphone Terbaik di Kelasnya!

Audio

Salah satu kekurangan pada BlackBerry Aurora review kali ini adalah loudspeaker bawaannya yang cempreng. Suaranya didominasi oleh treble dan bass nyaris kurang terdengar. Volume suaranya terdenga cukup lantang sebenarnya. Saat mendengarkan musik menggunakan headphone Sennheiser HD 202 II, BlackBerry Aurora ini mampu menghasilkan suara yang cukup solid, tetapi tidak istimewa untuk kelas entry-level.

Baterai

Meski hanya berbekal baterai berkapasitas 3000mAh, BlackBerry Aurora ini ternyata mampu bertahan seharian penuh dengan intensitas sedang untuk penggunaan sosial media. Penggunaan lebih intensif, mungkin BlackBerry Aurora hanya bertahan hingga belasan jam saja.

Memori

Smartphone dengan memori RAM 4GB termurah di Indonesia aka BlackBerry Aurora ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 22GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 2,2 – 2,3GB. Smartphone ini telah mendukung USB OTG.

Kesimpulan

Secara umum, hasil BlackBerry Aurora review oleh tim Laptophia kali ini baik dan memuaskan di kelas entry-level. Smartphone ini menghadirkan performa yang masih sangat memadai dengan RAM yang luas, serta didukung fitur produktivitas dan keamanan yang terbilang lengkap di kelasnya. Kamera BlackBerry Aurora ini cukup bisa diandalkan. Sayangnya, BlackBerry Aurora ini memang tidak akan mendapat upgrade ke Android Oreo dan aspek rasio layarnya masih 16:9. Laptophia menilai BlackBerry Aurora masih sangat laik beli.

Kelebihan BlackBerry Aurora

  • Fitur pendukung produktivitas lengkap
  • Harga terjangkau
  • Kapasitas RAM 4GB
  • Performa memadai

Kekurangan BlackBerry Aurora

  • Speaker cempreng
  • Kamera depan kurang baik
  • Tidak dilengkapi sensor sidik jari

Harga BlackBerry Aurora

Harga smartphone BlackBerry Aurora terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1,4 juta. Tak heran, ponsel BlackBerry Aurora ini disebut sebagai salah satu smartphone dengan RAM 4GB termurah di Indonesia saat ini. Berdasarkan hasil BlackBerry Aurora review oleh tim Laptophia di atas, smartphone BlackBerry Aurora ini menunjukkan performa yang memadai dan dilengkapi dengan fitur pendukung produktivitas yang begitu lengkap.

BlackBerry Aurora memang kurang cocok bagi gamer, tetapi sangat cocok bagi pebisnis yang membutuhkan smartphone handal dan kaya fitur dengan harga yang terjangkau. Secara umum, smartphone BlackBerry Aurora ini sangat laik dipertimbangkan di kelasnya. Sayangnya, BlackBerry Aurora dipastikan tidak mendapat upgrade ke Android 8.0 Oreo di masa mendatang.
Anda dapat membeli atau cek harga BlackBerry Aurora di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi BlackBerry Aurora

  • Sistem Operasi Android 7.0 Nougat, upgradeable to Android 7.1 Nougat
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 308
  • Kamera 13 megapiksel, autofokus, sensor BSI CMOS, aperture f/2.2, dan dual LED flash. Kamera depan 8 megapiksel fixed focus
  • Layar 5,5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 4GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 128GB
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 152 x 76.8 x 8.5 mm berat 178 gram
  • Baterai 3000mAh lithium ion
  • Warna Black, Gold & Silver
Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone 5z: Flagship Murah Berdesain Cantik