eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Xiaomi Redmi Note 5 Review: Smartphone Terbaik di Kelasnya!

Xiaomi Redmi Note 5 Review: Smartphone Terbaik di Kelasnya! – Smartphone Xiaomi Redmi Note 5 merupakan salah satu ponsel terbaik di kelasnya saat ini. Kombinasi spesifikasi dan harga yang diusungnya bisa dikatakan hampir sempurna. Kali ini tim Laptophia berkesempatan untuk mengulas smartphone Xiaomi Redmi Note 5 review, tetapi unit yang mendarat di markas kami ternyata bergaransi non resmi alias garansi distributor.

Hal ini tak lepas dari sulitnya mendapatkan smartphone Xiaomi Redmi Note 5 bergaransi resmi dengan harga yang sesuai dengan MSRP yang ditetapkan oleh vendor. Ponsel ini mengandalkan dukungan kamera belakang yang mumpuni dan ditandemkan performa yang tangguh dari chipset Qualcomm Snapdragon 636 octa-core. Tak sampai di situ, Xiaomi Redmi Note 5 ini juga diperkuat dengan baterai berkapasitas besar. Penasaran? Berikut ini ulasan Xiaomi Redmi Note 5 review oleh Laptophia!
Xiaomi Redmi Note 5 Review: Smartphone Terbaik di Kelasnya!

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 5

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 5
  • Unit Xiaomi Redmi Note 5 4GB/64GB Lake Blue
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Softcase transparan
  • Manual
  • Kartu garansi

Desain Xiaomi Redmi Note 5

Desain Xiaomi Redmi Note 5

Desain Xiaomi Redmi Note 5

Xiaomi Redmi Note 5 memang mengusung kombinasi spesifikasi dan harga yang sangat menarik. Namun, jika hal tersebut berbeda jauh jika kita berbicara soal desain atau penampilan fisik. Xiaomi Redmi Note 5 ini hadir dengan gaya desain yang tak jauh berbeda dengan pendahulunya seperti Redmi 5 Plus. Pabrikan asal Tiongkok ini tampaknya memang bermain aman soal desain dan memutuskan menggunakan desain yang sudah ada dengan detail yang sedikit berbeda. Harus diakui bahwa penampilan fisik Xiaomi Redmi Note 5 ini mirip dengan Redmi 5 Plus dengan penempatan kamera yang berbeda.

Pada Xiaomi Redmi Note 5 review kali ini, ponsel ini dibalut dengan casing berbahan metal yang terasa cukup solid dan dilengkapi dengan antenna yang berbahan plastik pada sisi atas dan bawah pada bagian belakangnya. Sedangkan sisi depan terlihat jelas layar sentuh berukuran 6 inci dengan kaca berkontur 2.5D. Dimensi smartphone Xiaomi Redmi Note 5 ini relatif tak jauh berbeda dengan smartphone Redmi 5 Plus dengan karakteristik grip yang sama. Pada sisi kanan dan kiei ponsel agak membulat dan meningkatkan kenyamanan saat menggenggamnya.
Baca juga:Eggel Terra XL Review: Solid Waterproof Outdoor Bluetooth Speaker!
Bobot Xiaomi Redmi Note 5 terbilang cukup standar menurut Laptophia, meski dibekali dengan baterai berkapasitas 4000mAh. Jika diperhatikan dengan lebih teliti, bezel pada ponsel Xiaomi Redmi Note 5 ini relatif agak tebal, terutama pada sisi atas dan bawah. Sementara pada sisi belakangnya terlihat sedikit berbeda karena didukung kamera ganda yang tersusun secara vertikal. Secara umum, build quality Xiaomi Redmi Note 5 ini terbilang solid.
Desain Xiaomi Redmi Note 5

Desain Xiaomi Redmi Note 5

Pada review Xiaomi Redmi Note 5 kali ini, sisi depan terdapat lubang kamera depan, earpiece, ambient light sensor, LED flash depan, LED notifikasi, layar full HD+ berukuran 6 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Redmi Note 5 ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Xiaomi Redmi Note 5 sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass. Tak diketahui versi berapa, tetapi Laptophia memperkirakan adalah Gorilla Glass 3. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Redmi Note 5 agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Xiaomi Redmi Note 5 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Xiaomi ini terdapat microphone dan infrared blaster.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi Note 5 ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara vertikal, dual-tone LED flash, sensor sidik jari, dan logo Mi. Merek asal Tiongkok pembesut produk flagship Xiaomi Mi8 ini menempatkan port audio 3,5mm, port microUSB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Xiaomi Redmi Note 5

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Xiaomi Redmi Note 5

Software & Fitur Xiaomi Redmi Note 5
Pada sisi perangkat lunak atau software, Xiaomi Redmi Note 5 ini dibekali dengan MIUI 9.5 yang tak lama lagi akan mendapat upgrade ke MIUI 10 di masa mendatang dengan basis Android 8.1 Oreo. Pengguna Xiaomi tentunya tak asing lagi dengan MIUI yang menjadi antarmuka ponsel-ponsel Xiaomi. Salah satu kelebihan MIUI adalah mendapatkan update secara regular. Sayangnya, Xiaomi jarang memberikan upgrade OS Android.

Seperti biasa, kita akan disuguhi tampilan antarmuka khas MIUI yang terdiri dari Lockscreen dan Homescreen saja, tanpa kehadiran App Drawer. Semua aplikasi yang terinstal di smartphone kekinian Redmi Note 5 ini langsung tampil di Homescreen. Vresi baru MIUI pada Xiaomi Redmi Note 5 sudah dilengkapi dengan theme baru, yakni Limitless.

MIUI yang digunakan Xiaomi Redmi Note 5 ini menawarkan banyak fitur kostumisasi tampilan agar pengguna tak gampang bosan. Kita dapat mengatur animasi, theme, wallpaper, dan banyak lagi. Hampir setiap elemen MIUI dapat diatur dan kita dapat mengunduh theme atau wallpaper melalui menu yang disediakan.
Baca juga:Aukey PB-N15 20.000mAh Review: Fitur Lengkap dengan Kapasitas Besar!
Tak hanya itu, MIUI selama ini terkenal dengan fiturnya yang lengkap, sebut saja Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Lite Mode, App Lock, dual apps, split screen, dan dual space. Aplikasi bawaan Redmi Note 5 sendiri relatif tak banyak, sebut saja Google Apps, WPS Office, Caping, SwiftKey Keyboard, Facebook, dan PicMix.

Fitur Face Unlock pada Redmi Note 5 ini berjalan cukup baik dan gegas, begitu juga dengan sensor sidik jari yang diusungnya. Salah satu fitur baru MIUI 9.5 untuk smartphone dengan layar 18:9 seperti Xiaomi Redmi Note 5 adalah Full Screen Gesture. Jika fitur ini diaktifkan, maka on screen button akan secara otomatis hilang dan digantikan dengan screen gesture.

Beberapa gesture yang bisa kita lakukan adalah swipe dari kiri ke kanan untuk Back, swipe dari bawah ke atas untuk Home atau swipe dari bawah ke atas kemudian tahan untuk mengakses Recent Apps. Kehadiran screen gesture ini ternyata cukup menyenangkan setelah Laptophia terbiasa menggunakannya. Secara umum, MIUI pada smartphone Xiaomi Redmi Note 5 ini menawarkan fitur yang kaya, kostumisasi yang lengkap, dan performa yang terbilang smooth.

Benchmark Xiaomi Redmi Note 5

CPU-Z Xiaomi Redmi Note 5
CPU-Z Xiaomi Redmi Note 5

Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 5
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 5
Benchmark AnTuTu v7 Xiaomi Redmi Note 5

Benchmark AnTuTu v7 Xiaomi Redmi Note 5
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Redmi Note 5

Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Redmi Note 5

Benchmark PCMark Xiaomi Redmi Note 5
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi Note 5

Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi Note 5
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi Note 5

Benchmark Basemark OS II Xiaomi Redmi Note 5
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Redmi Note 5
Sensorbox for Android dan Multitouch Tester Xiaomi Redmi Note 5
Sensorbox for Android dan Multitouch Tester Xiaomi Redmi Note 5

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 5


Portrait mode kamera belakang




Foto Siang Hari




Foto Macro




Foto malam hari


Foto selfie kamera depan



Portrait Mode (kamera depan)

Hasil Rekaman Video Xiaomi Redmi Note 5 Full HD


Hasil Rekaman Video Xiaomi Redmi Note 5 Full HD Low Light


Review Kamera Xiaomi Redmi Note 5

Pada Xiaomi Redmi Note 5 review kali ini, Laptophia melihat kemampuan kameranya sangat menonjol dan bisa dikatakan terbaik di kelasnya. Smartphone Redmi Note 5 andalan Xiaomi ini diperkuat dengan dukungan kamera belakang ganda dengan resolusi 12 megapiksel dengan sensor Samsung S5K2L7 berukuran 1/2.55 inci 1.4um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa aperture f/1.9 yang dilengkapi dengan fitur phase-detection autofokus dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor Samsung S5K5E8 ditandemkan lensa aperture f/2.0 yang berperan sebagai depth sensor. Kombinasi kedua kamera besutan Xiaomi Redmi Note 5 ini mampu menghasilkan efek bokeh ala kemera DSLR yang lebih akurat berkat dukungan kecerdasan buatan atau AI.

Xiaomi Redmi Note 5 juga terbilang mumpuni untuk penggemar foto swafoto karena dibekali dengan kamera depan yang sangat mumpuni berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor OmniVision OV13855 yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus dan diperkuat fitur AI Beautify 4.0 untuk foto selfie dan video call. Tak hanya itu, Redmi Note 5 juga memiliki fitur Face Unlock.

Aplikasi kamera bawaan Xiaomi Redmi Note 5 ini hadir dengan antarmuka yang cukup mudah digunakan atau user friendly. Beberapa mode yang disediakan kamera Redmi Note 5 andalan Xiaomi ini antara lain adalah Portrait, Square, Tilt Shift, Straighten, Scene, HHT, Beautify, dan banyak lagi. Agak disayangkan, kamera Redmi Note 5 ini tidak dilengkapi dengan mode manual untuk memaksimalkan kemampuan kameranya yang mumpuni.
Baca juga:Honor 7A Review: Kamera Ganda dengan Harga Masuk Akal
Saat digunakan untuk memotret pada siang hari, foto yang dihasilkan Xiaomi Redmi Note 5 bisa dikatakan hampir sempurna! Foto yang dihasilkan terbilang detail, warna yang mendekati akurat, dan dynamic range yang terbilang di atas rata-rata. Mode HDR juga sangat membantu untuk memotret dengan pencahayaan yang menantang. Laptophia cukup tertarik dengan kemampuan portrait mode Redmi Note 5 ini karena hasilnya rapi dan detail.

Kecepatan autofokus kamera Redmi Note 5 untuk memotret macro laik mendapat acungan jempol. Foto macro yang dihasilkan juga terbilang mantap di kelasnya. Saat digunakan untuk memotret pada malam hari, Xiaomi Redmi Note 5 masih menunjukkan taringnya. Foto malam hari yang dihasilkan terbilang terang, jelas dan detail yang dihasilkan terbilang di atas rata-rata. Dual LED flash yang menemani kamera belakang Redmi Note 5 ini cukup terang dan sangat membantu saat kondisi minim cahaya.

Sedangkan kamera depan Xiaomi Redmi Note 5 ini ternyata juga menghasilkan foto yang sangat memuaskan! Hal ini tak lepas dari dukungan fitur AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan dan didukung oleh HDR. Foto kamera depan Redmi Note 5 ini sangat memuaskan dengan detail yang tinggi, warna yang akurat, dan dynamic range yang sangat baik.

Xiaomi Redmi Note 5 Review

Xiaomi Redmi Note 5 Review
Selama lebih dari sebulan menggunakan Xiaomi Redmi Note 5 untuk keperluan pengujian, Laptophia merasa sangat puas dengan performanya. Harus diakui bahwa kinerja yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi Note 5 ini terbilang kencang. Tak hanya itu, Laptophia juga cukup terkejut dengan kemampuan kamera belakang yang dimilikinya yang ternyata melebihi ekspektasi.

Banyak kelebihan yang dimiliki oleh smartphone Xiaomi Redmi Note 5 ini. Namun, tiada gading yang tak retak. Ponsel ini memiliki masalah pada ketersediaan dan Laptophia sendiri kesulitan mendapatkan unit Xiaomi Redmi Note 5 bergaransi resmi yang dijual dengan harga sesuai MSRP. Tak heran banyak orang yang menjuluki Xiaomi Redmi Note 5 sebagai smartphone gaib.

Layar

Pada Xiaomi Redmi Note 5 review kali ini, spesifikasi layar yang diusungnya sama persis dengan Redmi 5 Plus yang berbekal layar berukuran 6 inci dengan resolusi Full HD+ dan bertejnologi panel IPS. Kualitas layar Redmi Note 5 ini berdasarkan pantauan Laptophia ternyata tak jauh berbeda dengan Redmi 5 Plus. Layarnya mampu menghasilkan warna yang cukup punchy dan sangat enjoyable untuk menikmati konten multimedia. Harus diakui warna hitamnya memang tidak terlalu pekat.

Tak hanya itu, layar Redmi Note 5 ini terbilang tajam dan menawarkan viewing angle yang luas. Sedangkan respon touchscreen terbilang gegas dan cocok untuk memainkan game. Saat digunakan di bawah sinar matahari, layar Xiaomi Redmi Note 5 ini cukup baik dengan tulisan dan gambar yang masih terbaca dengan jelas.
Baca juga:Meizu M6 Review: Masih Kompetitif di Kelasnya!

Performa

Kinerja memang menjadi salah satu keunggulan Xiaomi Redmi Note 5 review kali ini dengan mengandalkan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 636 yang mengusung prosesor octa-core Kryo 260 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 509.

Seperti yang pembaca Laptophia ketahui, Snapdragon 636 memang salah satu SoC baru yang populer saat ini berkat kinerjanya yang tinggi dan konsumsi daya yang efisien. Performa Redmi Note 5 selama pengujuian ternyata sangat memuaskan. Penggunaan sehari-hari seperti sosial media, buka tutup aplikasi, dan perpindahan menu berjalan sangat smooth dan bahkan tanpa lag yang mengganggu.

Xiaomi Redmi Note 5 ini juga terbilang mumpuni untuk gaming kekinian seperti AOV dan Mobile Legends. Sedangkan game yang lebih berat seperti PUBG mobile juga bisa dijalankan dengan baik dengan penyesuaian pengaturan grafis. Saat digunakan untuk tugas yang berat seperti gaming, suhu Redmi Note 5 relatif terjaga dan hanya terasa hangat.

Audio

Xiaomi Redmi Note 5 ini dibekali dengan sebuah speaker yang berada pada sisi bawah. Loudspeakernya mampu menghasilkan suara yang terbilang snagat kencang di kelasnya. Tak hanya volumenya saja yang kencang, kualitas suaranya terbilang bagus di kelasnya. Saat digunakan untuk mendengarkan musik, treble memang dominan tetapi bass dan instrumen lain terdengar baik dan tidak cempreng.

Saat Laptophia menjajal menggunakan Redmi Note 5 untuk mendengarkan musik melalui headphone Sennheiser HD 202 II, keluaran suaranya terbilang mantap. Bass yang keluar terasa kuat dan dalam, treble detail, dan suara vokalnya jelas. Laptophia sangat menikmati output suara Redmi Note 5 ini.

Baterai

Daya tahan baterai juga menjadi salah satu kelebihan Xiaomi Redmi Note 5 review kali ini. Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yakni 4000mAh dan didukung SoC yang hemat energi. Tak hanya itu, Redmi Note 5 ini ternyata juga mendukung Qualcomm Quick Charge untuk pengisian daya cepat. Tak diketahui apakah versi QC 2.0 atau QC 3.0.

Daya tahan baterai Xiaomi Redmi Note 5 ini terbilang laik mendapat acungan jempol. Dengan intensitas penggunaan sosial media yang cukup tinggi, penggunaan kamera yang cukup sering, browsing, dan juga komunikasi dasar, Xiaomi Redmi Note 5 bisa bertahan hingga lebih dari 1,5 hari.
Baca juga:Honor 9 Lite Review Quad Camera Termurah: Redmi 5 Plus Killer?

Memori

Smartphone terbaik di kelasnya Xiaomi Redmi Note 5 ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 52,04GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,7 – 1,9GB. Smartphone ini telah mendukung USB OTG.

Kesimpulan

Secara umum, berdasarkan Xiaomi Redmi Note 5 review kali ini ponsel ini laik mendapat sebutan sebagai smartphone terbaik di kelasnya. Kamera yang diusungnya terbilang mumpuni dan diatas rata-rata, daya tahan baterai yang lama, kinerja yang kompetitif, dan fitur yang lengkap.

Hal yang menjadi masalah adalah ketersediaan Xiaomi Redmi Note 5 di pasaran yang terbilang sulit. Hal ini membuat banyak konsumen akhirnya memutuskan membeli Xiaomi Redmi Note 5 bergaransi distributor yang harganya lebih murah. Selain itu, Xiaomi Redmi Note 5 masih mengusung slot model hybrid yang kurang fleksibel.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 5

  • Kamera mumpuni di segala kondisi cahaya
  • Kamera depan mumpuni untuk selfie
  • Kinerja tinggi di kelasnya
  • Fitur lengkap
  • Harga kompetitif

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 5

  • Hybrid slot
  • Masalah ketersediaan di pasar

Harga Xiaomi Redmi Note 5

Xiaomi Redmi Note 5 merupakan salah satu smartphone terbaik di kelasnya saat ini dan cukup sulit mencari kekurangannya. Harga Xiaomi Redmi Note 5 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.599.000 untuk varian 3GB/32GB. Sedangkan harga Xiaomi Redmi Note 5 varian 4GB/64GB lebih mahal, yakni Rp 3.099.000. Berdasarkan hasil ulasan Xiaomi Redmi Note 5 review yang telah Laptophia lakukan, ponsel ini menunjukkan hasil yang sangat memuaskan di kelasnya.

Ponsel ini menawarkan kemampuan kamera yang bisa diandalkan di segala kondisi cahaya, kinerja tinggi di kelasnya, fitur lengkap, dan baterai tahan lama. Hanya saja, Xiaomi Redmi Note 5 ini masih lumayan sulit ditemui di pasaran dengan harga sesuai dengan MSRP yang ditetapkan. Secara umum, Xiaomi Redmi Note 5 ini merupakan smartphone terbaik di kelasnya saat ini dan sangat laik beli.
Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Redmi Note 5 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 9.5
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 636 dengan prosesor octa-core Kryo 260 1,8GHz
  • Grafis Adreno 509
  • Dual kamera 12 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL S5K2L7 1/2.55 inci 1,4um piksel, aperture f/1.9, Dual Pixel phase-detection autofokus dengan dilengkapi dual-tone LED flash + 5 megapiksel, fixed focus, sensor sensor Samsung ISOCELL S5K5E8, lensa f/2.0.
  • Kamera depan 13 megapiksel, sensor OmniVision OV13855 1/3 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.2, fixed focus, LED flash
  • Layar sentuh 5,99 inci 2.5D, aspek rasio 18:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2160 pixels, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 3GB atau 4GB LPDDR4X, ROM 32GB atau 64GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor, face unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 158.6 x 75.4 x 8.1 mm dengan berat 181 gram
  • Baterai 4000mAh non-removable, Quick Charge 2.0
  • Warna Black, Champagne Gold, dan Lake Blue
Anda mungkin suka:Honor 7A Review: Kamera Ganda dengan Harga Masuk Akal