IBX582004D475488 Meizu M6 Review: Masih Kompetitif di Kelasnya!

Meizu M6 Review: Masih Kompetitif di Kelasnya!



Meizu M6 Review: Masih Kompetitif di Kelasnya! – Persaingan pasar smartphone di Indonesia memang kian sengit, terutama segmen entry-level. Kehadiran Xiaomi Redmi 5A memang sukses merubah peta persaingan ponsel murah meriah. Hal inilah yang mendorong kehadiran Meizu M6 di pasar Indonesia dan menjadi pesaing tangguh bagi Redmi 5A. Kehadiran Meizu M6 ini terbilang telat karena ponsel ini sudah diluncurkan di pasar global sejak tahun 2017 lalu.

Tak heran, smartphone Meizu M6 ini masih belum kekinian dengan mengusung layar 16:9 dan masih menggunakan OS Android Nougat. Meski demikian, ponsel ini didukung fitur sensor sidik jari yang dimiliki ponsel lain di kelasnya. Meizu M6 review di Laptophia sendiri juga bisa dikatakan terlambat karena adanya kendala. Lalu sehebat apakah smartphone yang sempat dijuluki sebagai Redmi 5A killer ini? Simak ulasan Meizu M6 review kali ini!

Paket Pembelian Meizu M6

Paket Pembelian Meizu M6
  • Unit Meizu M6 Moonlight Silver
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Headset
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Honor 9 Lite Review Quad Camera Termurah: Redmi 5 Plus Killer?

Desain Meizu M6

Desain Meizu M6Desain Meizu M6
Pada Meizu M6 review kali ini, pembaca tak akan menemukan desain kekinian seperti notch atau poni dan juga layar memanjang 18:9. Hal ini dapat dimaklumi mengingat Meizu M6 bukanlah smartphone yang baru diluncurkan. Ponsel ini masih mengusung gaya desain lama dengan layar aspek rasio 16:9. Meski demikian, Meizu M6 ini tidak terlihat generik karena mengusung gaya desain sendiri yang cukup menarik. Pabrikan asal Tiongkok ini mengusung gaya desain tersendiri dengan sudut yang membulat dan jika dilihat dari depan mirip dengan iPhone 5S.

Sayangnya, bezel atas dan bawah smartphone Meizu M6 ini terlihat cukup tebal. Ini sebenarnya dapat dikurangi, terutama bezel atasnya. Sedangkan bezel bawah yang agak tebal ini cukup wajar karena terdapat tombol home yang terintegrasi dengan sensor sidik jari. Tombol home tersebut tampak manis dengan lingkaran berwarna krom. Sedangkan bezel kanan dan kirinya terbilang standar saja. Jika ukuran bezel smartphone andalan Meizu ini bisa dipangkas, maka ukurannya bisa lebih kompak.

Sedangkan sisi belakang, Meizu M6 ini terlihat begitu elegan dengan logo Meizu yang cukup jelas berwarna krom. Body Meizu M6 ini sebenarnya terbuat dari bahan plastik atau polikarbonat, tetapi casing belakangnya menggunakan finishing yang sekilas terlihat seperti terbuat dari metal yang kokoh. Sementara pada bagian atas dan bawahnya terdapat garis antenna yang melengkung dan menambah sisi estetika menurut Laptophia.
Baca juga:Asus A407MA, Laptop Bertenaga Celeron N4000 dengan Fingerprint Termurah!
Sebagai smartphone dengan layar sentuh 5,2 inci, dimensi Meizu M6 ini cukup kompak dan relatif nyaman untuk digunakan dengan satu tangan. Meski body Meizu M6 ini terbuat dari bahan plastik, smartpbone ini terasa cukup solid dan nyaman digenggam. Handling ponsel ini memang nyaman, tetapi agak terasa licin. Bobot Meizu M6 ini terbilang cukup ringan.
Desain Meizu M6Desain Meizu M6
Pada Meizu M6 review kali ini, sisi depan terdapat ambient light sensor, proximity sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar resolusi HD berukuran 5,2 inci, dan tanpa kehadiran tiga buah tombol kapasitif khas Android di bawah layar. Hal ini disebabkan Meizu M6 sudah mengusung on-screen button. Meski demikian, terdapat sebuah tombol yang terintegrasi dengan fingerprint sensor di bawah layar.

Layar smartphone murah meriah Meizu M6 sudah berkontur 2.5D. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores pada ponsel murah meriah ini. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Meizu M6 agar layarnya tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Meizu M6 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, SIM 2, dan microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Meizu ini hanya terdapat port audio 3,5mm saja.

Sedangkan bagian belakang ponsel Meizu M6 ini terdapat lubang kamera, dual-tone LED flash, dan logo Meizu berwarna chrome. Merek asal Tiongkok pembesut produk flagship Meizu 15 ini menempatkan port microUSB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Meizu M6

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Meizu M6

Software & Fitur Meizu M6
Sisi perangkat lunak pada Meizu M6 review kali ini bisa menjadi nilai tambah sekaligus kekurangan dari ponsel penantang Redmi 5A ini. Meizu M6 ini hadir dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat yang mulai agak ketinggalan dengan balutan antarmuka yang disebut dengan FlymeOS. Salah satu keunggulan FlymeOS adalah performanya yang gegas dan fitur yang terbilang lengkap. Namun, Meizu ternyata tergolong malas memberikan update perangkat lunak, bahkan untuk sekadar Android security patch.

Tampilan antarmuka Meizu M6 ini tak jauh berbeda dengan smartphone besutan Tiongkok lainnya yang terdiri dari Lockscreen dan Homescreen saja, tanpa kehadiran app drawer. Semua aplikasi yang terinstal di ponsel langsung tampil ikon shortcutnya di Homescreen. Kostumisasi FlymeOS yang digunakan oleh smartphone Meizu M6 ini tak terlalu banyak, kita dapat mengganti wallpaper, themes, dan juga mengatur widget. Sedangkan wallpaper dan themes tersedia menu untuk mengunduhnya di internet.

FlymeOS yang diusung oleh smartphone Meizu M6 ini memiliki fitur yang terbilang lengkap, meski tak selengkap MIUI besutan Xiaomi. Beberapa fitur andalan smartphone Meizu M6 antara lain adalah Easy Mode untuk tampilan antarmuka yang lebih simpel, super saving mode untuk menghemat baterai, eye friendly mode untuk kenyamanan mata saat menatap dengan mengurangi blue light, Game mode untuk mengoptimalkan performa saat bermain game, Gesture wakeup, SmartTouch, Kid space, App lock, Privacy mode, dan banyak lagi.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M1: Kinerja Tinggi dengan Baterai Jumbo!
Aplikasi bawaan pada Meizu M6 review kali ini tidak terlalu banyak dan bisa dikatakan minim bloatware. Aplikasi bawaan salah satunya adalah Security yang tak lain adalah utility untuk melakukan clean up memori dan RAM, blocklist, antivirus, permissions dan banyak lagi menjadi satu. Sedangkan aplikasi lain yang terinstal di ponsel murah meriah ini adalah Google Apps, TouchPal keyboard, Weather, dan sebagainya. Secara umum, Meizu M6 menawarkan performa yang memadai, fitur yang kaya, dan nyaman digunakan. Hanya saja, Meizu M6 ini kurang mendapat dukungan update OS dan security patch.

Benchmark Meizu M6

CPU-Z Meizu M6
CPU-Z Meizu M6
Benchmark Vellamo Meizu M6
Benchmark Vellamo Meizu M6
Benchmark Geekbench 4 Meizu M6
Benchmark Geekbench 4 Meizu M6
Benchmark PCMark Meizu M6
Benchmark PCMark Meizu M6
Benchmark 3DMark Meizu M6
Benchmark 3DMark Meizu M6
Benchmark Basemark OS II Meizu M6
Benchmark Basemark OS II Meizu M6
Sensorbox For Android & Multitouch Tester Meizu M6
Sensorbox For Android & Multitouch Tester Meizu M6

Hasil Foto Kamera Meizu M6

Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Foto Siang Hari
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Foto Macro
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Foto Malam Hari
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Foto Malam Hari dengan LED Flash
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Hasil Foto Kamera Meizu M6
Foto Selfie Kamera Depan

Hasil Rekaman Video Meizu M6 Full HD


Review Kamera Meizu M6

Pada Meizu M6 review kali ini, ponsel ini dibekali kamera belakang 13 megapiksel dengan sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel yang didukung fitur autofokus ditandemkan lensa aperture f/2.2 lengkap dengan LED flash. Kamera depan Meizu M6 ini berkekuatan 8 megapiksel dengan aperture f/2.0 fixed focus yang cukup lumayan untuk foto selfie dan video call.

Aplikasi kamera bawaan smartphone Meizu M6 ini menawarkan antarmuka yang mudah dimengerti dan sama seperti ponsel Meizu lainnya. Salah satu keunggulan aplikasi kamera Meizu M6 adalah menghadirkan mode yang terbilang lengkap, seperti Slo-mo, Time Lapse, Panorama, Scan, GIF, dan Pro. Mode Pro ini memungkinkan kita mengatur parameter teknis kamera seperti ISO, WB, fokus, shutter speed, dan sebagainya.

Foto yang dihasilkan oleh smartphone Meizu M6 ini terbilang cukup baik di kelasnya, meski tidak bisa disebut istimewa menurut Laptophia. Saat digunakan untuk memotret pada siang hari, Meizu M6 mampu menghasilkan foto yang cukup terang, tajam, dan detail yang cukup. Meski demikian, dynamic range yang dihasilkan agak kurang dan warna yang dihasilkan tidak konsisten, kadang agak bluish atau kebiru-biruan.

Sedangkan ketika digunakan untuk memotret macro, kamera Meizu M6 ini menawarkan kecepatan fokus yang baik. Foto yang dihasilkan cukup detail, efek bokehnya lumayan, dan detailnya terbilang baik di kelasnya. Saat digunakan untuk memotret pada malam hari, foto yang dihasilkan memang kurang bisa dibanggakan karena detail yang merosot drastis dan noise yang mulai muncul. Ini bisa dimaklumi sebagai smartphone kelas entry-level.
Baca juga:Xiaomi Redmi 5 Plus Review: Smartphone Kekinian dengan Harga Masuk Akal!
LED flash yang terdapat pada kamera Meizu M6 ini terbilang lumayan terang dang membantu saat memotret di tempat gelap. Pada Meizu M6 review kali ini, kamera depannya mampu menghasilkan foto selfie yang terbilang standar saja. Foto yang dihasilkan tidak terlalu baik, juga tidak buruk dengan karakter yang agak soft.

Meizu M6 Review

Meizu M6 Review
Meizu M6 memang bukan sebuah smartphone keluaran terbaru. Tak heran, ia hadir dengan gaya lama dan bisa dikatakan kurang kekinian. Kehadirannya di Indonesia sendiri sebenarnya bisa dikatakan terlambat dan tidak diiringi dengan promosi yang gencar. Meski demikian, Laptophia melihat smartphone Meizu M6 ini masih menawarkan spesifikasi dan fitur yang bersaing di kelas entry-level. Meizu M6 masih merupakan lawan yang sangat tangguh bagi Redmi 5A.

Dukungan kamera yang terbilang kompetitif, kinerja yang bisa diandalkan, fitur fingerprint sensor, dan harga yang terjangkau menjadi daya tarik utama Meizu M6 menurut Laptophia. Meski demikian, jagoan Meizu ini harus berjuang mati-matian untuk berkompetisi dengan smartphone kekinian keluaran terbaru seperti Infinix Smart 2, Asus Zenfone Live L1, dan juga Honor 7S. Laptophia menilai Meizu M6 ini masih mampu berkompetisi dengan ponsel keluaran terbaru saat ini.

Layar

Pada Meizu M6 review kali ini, spesifikasi layarnya masih belum kekinian karena mengusung aspek rasio 16:9. Ponsel asal Tiongkok ini masih cukup percaya diri dengan mengandalkan layar berukuran 5,2 inci dengan resolusi HD yang disematkan teknologi panel IPS. Impresi Laptophia pada layar ponsel Meizu M6 ini terbilang biasa saja, tidak ada yang istimewa.

Layar ponsel ini mampu menawarkan warna yang cukup baik, tetapi terkadang terlihat agak kekuning-kuningan atau yellowish. Meski mengandalkan resolusi HD 720p, layar Meizu M6 ini terlihat cukup padat dan laik untuk kebutuhan komunikasi, multimedia, dan juga browsing. Respon touchscreen terbilang gegas dan performa layar saat digunakan di bawah sinar matahari terbilang agak kewalahan, tetapi masih bisa terbaca.
Baca juga:Review Infinix Hot S3 X573: Smartphone Selfie Killer dengan OS Android Oreo

Performa

Smartphone Meizu M6 ini mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek MT6750 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,5GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G andalan Meizu ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Mali-T860 MP2 untuk performa yang kompetitif.

SoC yang digunakan oleh Meizu M6 memang bukan terbilang baru, tetapi performanya masih bisa dikatakan cukup bertenaga. Performa MediaTek MT6750 yang digunakan oleh smartphone ini masih sedikit lebih kencang ketimbang Qualcomm Snapdragon 425 atau MediaTek MT6739 yang digunakan oleh para pesaingnya. Hasil benchmark Meizu M6 ini tampak cukup bersaing di kelasnya. Sayangnya, Meizu M6 entah kenapa tidak dapat menyelesaikan benchmark AnTuTu.

Berdasarkan pengalaman Meizu M6 review yang telah Laptophia lakukan, smartphone ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan komunikasi dasar, sosial media, dan gaming kasual. Saat menjalankan tugas berat, suhu ponsel naik, tetapi tidak pernah overheat. Meizu M6 ini kurang cocok untuk multitasking, mengingat RAM yang diusungnya hanya 2GB saja.

Audio

Meizu M6 dibekali dengan loudspeaker yang terletak pada sisi bawah ponsel. Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaket bawaan ponsel ini terbilang sangat standar, bisa dikatakan pas-pasan. Keluaran suaranya tidak terlalu kencang dan terdengar cempreng.

Suara musik didominasi oleh treble yang sebenarnya detailnya juga kurang jelas. Sedangkan ketika mendengarkan musik menggunakan headset, kelauaran suara Meizu M6 ini cukup mantap dengan bass dan treble yang seimbang.

Baterai

Mengandalkan baterai non removable berkapasitas 3070mAh, ponsel Meizu M6 ini mengusung daya tahan baterai yang cukup bisa diharapkan. Berdasarkan pengalaman penggunaan yang Laptophia lakukan, ponsel Meizu M6 ini mampu bertahan hingga 12 – 15 jam atau kurang dari sehari dengan pola pengguakan sosial media intensif. Daya tahan baterai Meizu M6 ini tentu bervariasi tergantung pola pemakaian masing-masing pengguna.

Memori

Smartphone Meizu M6 yang tak lain penantang Redmi 5A ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 9,1GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 800MB - 1GB. Smartphone ini telah mendukung USB OTG.
Baca juga:Review Asus Zenpower Pocket 6000mAh: Si Kecil yang Bisa Diandalkan!

Kesimpulan

Secara umum, smartphone Meizu M6 review kali ini mampu menghasilkan impresi yang baik. Ponsel besutan vendor Tiongkok ini laik menjadi pesaing tangguh bagi Xiaomi Redmi 5A. Meizu M6 hadir dengan beberapa keunggulan seperti layar berukuran lebih besar, kehadiran sensor sidik jari, kamera depan yang lebih mumpuni, dan kinerja yang lebih kencang.
Namun, Meizu M6 ini hadir dengan desain yang mulai ketinggalan. Ia masih mengandalkan layar 16:9 yang mulai ditinggalkan. Meizu juga tidak memberikan dukungan update OS, bahkan update Android patch terakhir adalah November 2017. Ponsel ini juga mengandalkan slot hybrid yang dinilai kurang fleksibel.

Kelebihan Meizu M6

  • Performa kompetitif di kelasnya
  • Kaya fitur
  • Harga terjangkau

Kekurangan Meizu M6

  • Kurang dukungan update
  • Layar masih 16:9
  • Hybrid slot

Harga Meizu M6

Harga smartphone Meizu M6 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.299.000 atau tepatnya Rp 1,3 juta. Berdasarkan ulasan Meizu M6 review yang telah Laptophia lakukan, ponsel murah meriah ini memang menunjukkan impresi yang cukup baik di kelasnya. Spesifikasi dan desain yang diusungnya memang sudah mulai ketinggalan, tetapi performa dan fitur secara umum masih cukup kompetitif.

Ponsel ini relatif nyaman digunakan untuk komunikasi sehari-hari. Kemampuan kamera Meizu M6 ini juga relatif bisa diandalkan. Secara umum, Meizu M6 masih laik dipertimbangkan saat ini, khususnya bagi konsumen yang mencari alternatif Xiaomi Redmi 5A.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga smartphone Meizu M6 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Meizu M6

  • Sistem Operasi Android 7.0 Nougat dengan antarmuka Flyme OS 6
  • Chipset MediaTek MT6750, prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit dengan kecepatan 1,5GHz
  • Grafis Mali-T860 MP2
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, aperture f/2.2, autofokus dengan dilengkapi dual-tone LED flash. Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan aperture f/2.0
  • Layar 5,2 inci 2.5D, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 282 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB dilengkapi slot microSD maksimal 128GB Hybrid Slot
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 148.2 x 72.8 x 8.3 mm dengan berat 143 gram
  • Baterai 3070mAh, fast charging
  • Warna Moonlight Silver, Champagne Gold, Matte Black, dan Electric Light Blue
Anda mungkin suka:Hands On Review Asus ROG G703GI, Laptop Gaming Bertenaga Intel Core i9-8950HK

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!