eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus Zenfone Max Pro M1: Kinerja Tinggi dengan Baterai Jumbo!

Review Asus Zenfone Max Pro M1: Kinerja Tinggi dengan Baterai Jumbo! – Asus telah resmi meluncurkan smartphone Zenfone Max Pro M1 pada 23 April 2018 lalu dan sukses menarik perhatian konsumen. Tim Laptophia sendiri telah menjajal smartphone ini selama hampir sebulan untuk unit demo dan hampir dua minggu untuk unit Zenfone Max Pro M1 retail. Pada kesempatan kali ini Laptophia akan menuangkannya dalam artikel review Asus Zenfone Max Pro M1.

Smartphone ini memang menawarkan spesifikasi di atas kertas yang sangat menjanjikan, sebut saja dukungan desain kekinian dengan layar full view, kinerja paling kencang di kelasnya berkat sokongan Snapdragon 636, baterai berkapasitas besar, dan kamera ganda! Asus sendiri lebih menonjolkan performa gamingnya dengan mengusung tagline Limitless Gaming. Penasaran? Simak ulasan atau review Asus Zenfone Max Pro M1 oleh Laptophia kali ini!

Review Asus Zenfone Max Pro M1: Kinerja Tinggi dengan Baterai Jumbo!

Paket Pembelian Asus Zenfone Max Pro M1

Paket Pembelian Asus Zenfone Max Pro M1
  • Unit Asus Zenfone Max Pro M1 3GB/32GB Black
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Softcase transparan
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Infinix Hot S3 X573: Smartphone Selfie Killer dengan OS Android Oreo

Desain Asus Zenfone Max Pro M1

Desain Asus Zenfone Max Pro M1

Desain Asus Zenfone Max Pro M1
Desain atau penampilan fisik tampaknya bukan hal yang diunggulkan pada review Asus Zenfone Max Pro M1 ini. Smartphone ini memang hadir dengan layar kekinian dengan aspek rasio 18:9, tetapi masih mengusung basis desain yang mirip dengan pendahulunya, yakni Zenfone 4 Max Pro. Perubahan desain yang signifikan hanya terjadi pada sisi depan dengan layar full view yang mengusung bezel yang terbilang tipis pada sisi kanan dan kiri.

Sama seperti smartphone masa kini lainnya, layar Zenfone Max Pro M1 juga berkontur melengkung 2,5D yang menawan. Sedangkan pada bagian atas dan bawah Zenfone Max Pro M1, bezelnya terbilang lumayan. Sementara jika dilihat dari sisi belakang, bentuk atau gaya desainnya masih mirip dengan pendahulunya, tetapi kamera ganda yang terususn secara vertikal menjadi faktor pembeda yang cukup signifikan.

Saat ini kamera ganda yang tersusun secara vertikal sedang menjadi tren dan hal yang sama juga diterapkan oleh para pesaingnya. Smartphone Asus Zenfone Max Pro M1 ini dibekali dengan frame yang membulat yang cukup nyaman ketika digenggam. Sama seperti pendahulunya, smartphone dengan tagline Limitless Gaming ini dibalut dengan casing berbahan metal yang terbilang kokoh dan solid. Smartphone gaming kelas menengah Zenfone Max Pro M1 ini tersedia dalam dua varian warna, yakni Deepsea Black dan Meteor Silver. Sedangkan unit yang Laptophia review adalah warna Deepsea Black.

Meski mengusung layar berukuran 6 inci, dimensi smartphone Asus Zenfone Max Pro M1 ini tidak terlalu besar dan hampir sama dengan smartphone berlayar 5,5 inci. Ketika Laptophia bandingkan dengan Zenfone Zoom S, dimensi Zenfone Max Pro M1 ini sedikit lebih panjang. Build quality Asus Zenfone Max Pro M1 ini terbilang solid dan kuat, tetapi finishing casing belakangnya agak licin dan rawan slip. Selain itu, casing belakang Zenfone Max Pro M1 ini ternyata mudah meninggalkan jejak sidik jari. Secara umum, build quality ponsel gaming Asus Zenfone Max Pro M1 terbilang mantap di kelas menengah.
Baca juga:Review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition: Laptop Gaming Serius
Desain Asus Zenfone Max Pro M1

Desain Asus Zenfone Max Pro M1
Pada review Asus Zenfone Max Pro M1 kali ini, sisi depan terdapat lubang kamera depan, ambient light sensor, proximity sensor, earpiece, LED flash depan, LED notifikasi, layar full HD+ berukuran 6 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Zenfone Max Pro M1 ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Asus Zenfone Max Pro M1 sudah berkontur 2.5D, tetapi tak disebutkan adanya lapisan antigores seperti Gorilla Glass atau AGC Dragontrail. Hal ini membuat Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Zenfone Max Pro M1 agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Asus Zenfone Max Pro M1 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot microSD, SIM 1, dan SIM 2 dengan jenis dedicated slot atau triple slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Asus ini hanya terdapat sebuah microphone tambahan.

Sedangkan bagian belakang ponsel Asus Zenfone Max Pro M1 ini terdapat lubang kamera ganda yang tersusun vertikal, LED flash, sensor sidik jari, dan logo Asus. Merek asal Taiwan pembesut produk flagship Zenfone 5z ini menempatkan port microUSB, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Asus Zenfone Max Pro M1

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Asus Zenfone Max Pro M1

Software & Fitur Asus Zenfone Max Pro M1
Sisi perangkat lunak atau software menjadi salah satu hal yang menarik pada review Asus Zenfone Max Pro M1 oleh Laptophia kali ini. Berbeda dari jajaran smartphone Asus lainnya, seri Zenfone Max Pro M1 menggunakan antarmuka Android pure dan meninggalkan Zen UI yang selama ini menjadi ciri khas pabrikan asal Taiwan tersebut. Asus Zenfone Max Pro M1 menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo terbaru. Penggunaan sistem operasi Android versi terbaru dengan antarmuka Android murni menjadi salah satu nilai tambah bagi Zenfone Max Pro M1.

Banyak pengguna yang berkeyakinan bahwa antarmuka Android pure yang bebas bloatware membuat performanya lebih ringan. Ini sebenarnya masuk akal, tetapi hal tersebut membawa konsekuensi hilangnya fitur proprietary yang selama ini dimiliki oleh Zen UI. Seperti biasa, tampilan awal antarmuka Asus Zenfone Max Pro M1 ini disambut dengan hadirnya Lockscreen, Homescreen, dan App Drawer yang dapat diakses dengan cara melakukan swipe dari bawah ke atas. Tampilan standar seperti ini mengingatkan Laptophia pada UI Android One yang pernah diulas sebelumnya.

Meski menawarkan performa yang ringan dan hemat konsumsi RAM, tampilan antarmuka Android pure pada review Asus Zenfone Max Pro M1 ini minim fitur kostumisasi. Kita hanya dapat mengatur widget, mengganti wallpaper Homescreen dan juga Lockscreen, mengatur ukuran fonts, dan mengatur mode warna layar. Tidak disediakan pengaturan kostumisasi lain seperti themes atau animasi. Bagi sebagian pengguna, ini memang agak membosankan. Namun, dapat diakali dengan menginstal aplikasi launcher buatan pihak ketiga.

Berbicara mengenai fitur, Asus Zenfone Max Pro M1 ini terbilang cukup banyak dan sebagian diantaranya memang fitur standar dari Android 8.0 Oreo, sebut saja notification dots, night light schedule, mode battery saver, split screen, dan sebagainya. Uniknya, Asus Zenfone Max Pro M1 ini masih dibekali dengan fitur gesture Zen Motion yang memungkinkan kita mengakses aplikasi atau pengaturan tertentu dengan menggambar huruf di layar dalam keadaan terkunci. Fungsi seperti double tap to wake juga tersedia di ponsel ini.
Baca juga:Review Asus Zenpower Pocket 6000mAh: Si Kecil yang Bisa Diandalkan!
Salah satu fitur yang menarik pada review Asus Zenfone Max Pro M1 adalah fasilitas Face Unlock. Kita dapat membuka kunci layar dengan cara melihat ke arah layar atau kamera depan. Saat Laptophia menjajalnya, fitur Face Unlock ini dapat berjalan dengan lancar dan cukup akurat. Tak lupa, fitur sensor sidik jari juga turut disematkan pada sisi belakan ponsel. Performa sensor sidik jari Asus Zenfone Max Pro M1 memang bukan yang paling kencang di kelasnya, tetapi cukup memadai.

Aplikasi bawaan Asus Zenfone Max Pro M1 ini terbilang tak banyak, yakni Google Apps, Facebook, File Manager, FB Messenger, Instagram, dan Babe. Secara umum, Asus Zenfone Max Pro M1 dengan antarmuka Android pure-nya memang menawarkan performa yang smooth dan konsumsi RAM yang efisien. Fitur yang disediakan terbilang lumayan menurut Laptophia. 

Benchmark Asus Zenfone Max Pro M1

CPU-Z Asus Zenfone Max Pro M1
CPU-Z Asus Zenfone Max Pro M1
Benchmark AnTuTu v7 Asus Zenfone Max Pro M1
Benchmark AnTuTu v7 Asus Zenfone Max Pro M1

Benchmark Vellamo Asus Zenfone Max Pro M1
Benchmark Vellamo Asus Zenfone Max Pro M1
Benchmark Geekbench 4 Asus Zenfone Max Pro M1
Benchmark PCMark Asus Zenfone Max Pro M1
Benchmark PCMark Asus Zenfone Max Pro M1
Benchmark 3DMark Asus Zenfone Max Pro M1
Benchmark Basemark OS II Asus Zenfone Max Pro M1
Benchmark Basemark OS II Asus Zenfone Max Pro M1
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Asus Zenfone Max Pro M1
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Asus Zenfone Max Pro M1

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Max Pro M1







Foto Siang Hari

Foto Siang Hari dengan Efek Bokeh




Foto Macro




Foto Malam Hari



Foto Malam Hari dengan LED Flash
Foto selfie kamera depan siang hari
Foto selfie kamera depan malam hari
Foto selfie kamera depan dengan LED flash
Foto selfie kamera depan dengan efek bokeh

Hasil Rekaman Video Asus Zenfone Max Pro M1 Full HD


Kamera Asus Zenfone Max Pro M1

Pada review Asus Zenfone Max Pro M1, ponsl ini dibekali dengan kamera belakang ganda dengan resolusi 13 megapiksel dengan sensor BSI ditandemkan dengan lima elemen lensa aperture f/2.0 yang dilengkapi dengan fitur phase-detection autofokus dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor BSI ditandemkan lensa aperture f/2.0 yang berperan sebagai depth sensor. Kombinasi kedua kamera besutan Asus Zenfone Max Pro M1 ini mampu menghasilkan efek bokeh ala kemera DSLR.

Kemampuan selfie Zenfone Max Pro M1 ini cukup mumpuni dengan dukungan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus dan diperkuat fitur Beautify untuk foto selfie dan video call.
Baca juga:Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL Review: Best Selfie Smartphone!
Aplikasi kamera bawaan Zenfone Max Pro M1 ini berbeda dengan smartphone Asus lainnya. Fitur dan mode yang disediakan terbilang standar saja, bahkan mode manual yang selama ini menjadi andalan pabrikan asal Taiwan ini absen di Zenfone Max Pro M1. Foto yang dihasilkan oleh Asus Zenfone Max Pro M1 pada siang hari terbilang memuaskan dengan warna yang terbilang mendekati akurat, detail yang cukup, dan cukup tajam. Tak hanya itu, dynamic range yang dihasilkan juga terbilang lumayan di kelasnya. Kecepatan fokus kamera belakang tampaknya masih perlu ditingkatkan, karena kadang hasil jepretannya blur.

Mode bokeh yang dihasilkan oleh kamera Zenfone Max Pro M1 terbilang rapi dan memuaskan, meski proses penyimpanannya sedikit agak lama dari foto biasa. Sedangkan performanya untuk memptret macro, kamera belakang Zenfone Max Pro M1 laik mendapat acungan jempol. Kecepatan fokusnya terbilang cepat dan cukup akurat pada kondisi cahaya memadai, dan agak melambat pada kondisi cahaya kurang. Foto macro yang dihasilkan juga memuaskan Laptophia berkat detail yang cukup dan warna yang akurat.

Saat digunakan untuk memotret pada malam hari, Asus Zenfone Max Pro M1 ini memang terbilang standar menurut Laptophia. Kecepatan fokusnya mengalami penurunan yang terbilang lumayan dan ini juga terasa saat digunakan untuk merekam video pada malam hari. Foto yang dihasilkannya sebenarnya termasuk lumayan dengan detail yang menurun dan noise yang cukup kentara. Namun, warna yang dihasilkan masih cukup baik. LED flash yang diusungnya mampu menghasilkan cahaya yang cukup terang dan sangat membantu memotret di tempat kurang cahaya.

Berbekal kamera depan berkekuatan 8 megapiksel ternyata mampu menghasilkan foto selfie yang cukup mantap di kelasnya saat siang hari. Namun, saat malam hari terbilang standar saja. Beruntung, hadirnya soft LED flash membuatnya dapat digunakan untuk berfoto selfie ria di pelbagai kondisi cahaya. Mode bokeh dengan kamera depan Zenfone Max Pro M1 ini terbilang memuaskan menurut Laptophia dengan seleksi yang cukup akurat dan efek bokeh yang menawan.
Baca juga:Asus Zenfone Zoom S ZE553KL Review: Flagship Camera, Big Battery

Review Asus Zenfone Max Pro M1

Review Asus Zenfone Max Pro M1
Asus Zenfone Max Pro M1 menjadi salah satu smartphone kelas menengah paling menarik saat ini. Hampir semua yang ditawarkan oleh smartphone kekinian dimiliki oleh jagoan terbaru Asus ini, sebut saja kamera belakang ganda, layar dengan aspek rasio 18:9, Android versi terbaru, baterai berkapasitas besar, dan kinerja tinggi. Tak hanya itu, Asus Zenfone Max Pro M1 ini ditawarkan dengan harga yang terbilang sangat kompetitif di kelasnya. Tak heran, smartphone dengan tagline Limitless Gaming ini mampu mengobrak-abrik pasarmenengah Rp 2 juta-an.

Dukungan SoC Qualcomm Snapdragon 636 menjadi salah satu hal yang paling disorot pada review Asus Zenfone Max Pro M1 kali ini karena chipset tersebut relatif baru dan menawarkan performa 1,54x lebih kencang jika dibandingkan Snapdragon 625. Hal ini membuat performa Zenfone Max Pro M1 begitu menonjol di kelasnya dan mampu melahap game-game terbaru tanpa masalah. Lalu sehebat apakah Asus Zenfone Max Pro M1 ini?

Layar

Pada review Asus Zenfone Max Pro M1 kali ini, layar yang diusungnya berukuran 5.99 inci dengan resolusi Full HD+ dengan teknologi panel IPS. Sebagai smartphone yang dijual dengan harga Rp 2 juta-an, layar Zenfone Max Pro M1 ini terbilang tajam, warna yang punchy, dan juga padat. Warna yang dihadirkan cukup mampu memanjakan mata, meski tak segonjreng layar AMOLED.

Viewing angle layar ponsel Zenfone Max Pro M1 ini terbilang luas dan ketika dilihat dari sudut yang lumayan ekstrem, tidak banyak terjadi distorsi pada tampilan layarnya. Respon tuchscreen ponsel ini terbilang gegas dan hal ini cukup terasa ketika digunakan untuk bermain game yang membutuhkan kecepatan navigasi sentuhan.

Sedangkan ketika digunakan di bawah sinar matahari, layarnya menunjukkan performa yang baik. Hal ini tak epas dari klaim brightness yang menapai 450 nits. Sayangnya, layar Zenfone Max Pro M1 tak dibekali dengan proteksi antigores sejenis Gorilla Glass.
Baca juga:Asus Zenfone Live ZB501KL Review: Real-time Beautification

Performa

Performa smartphone Asus Zenfone Max Pro M1 ini terbilang kencang di kelasnya menurut Laptophia, karena mengandalkan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 636 yang mengusung prosesor octa-core Kryo 260 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 509, serta tersedia varian RAM 4GB dan 6GB. Sedangkan unit yang Laptophia review adalah varian 3GB/32GB.

Qualcomm Snapdragon 636 adalah chipset baru yang diproduksi menggunakan teknologi 14nm yang menawarkan performa tinggi berkat sokongan prosesor Kryo. Tak heran, kinerja menjadi kelebihan utama dari review Asus Zenfone Max Pro M1 kali ini. Selama hampir sebulan menggunakan Zenfone Max Pro M1, Laptophia merasakan performa yang sangat ringan dan responsif.

Bahkan ketika telah terinstal banyak aplikasi sosial media dan game, masih belum menunjukkan penurunan performa yang signifikan. Game-game terbaru Android juga dapat dijalankan dengan lancar di smartphone ini tanpa adanya lag yang mengganggu berkat dukungan GPU Adreno 509. Tak heran, smartphone ini mengusung tagline limitless gaming.

Ini sejalan dengan hasil benchmark yang telah Laptophia lakukan, Zenfone Max Pro M1 ini mampu menghasilkan skor yang terbilang tinggi di kelasnya. Mungkin hanya Xiaomi Redmi Note 5 yang bisa bersaing dengannya di benchmark.

Berbicara mengenai panas, sebenarnya sudah lama jajaran ponsel Asus tidak lagi menghasilkan panas yang berlebih. Sedangkan Asus Zenfone Max Pro M1 ini juga menunjukkan suhu hangat saja ketika digunakan untuk tugas berat seperti gaming dan multitasking.

Audio

Satu hal yang di luar dugaan Laptophia adalah kemampuan loudspeaker bawaan Asus Zenfone Max Pro M1 ini. Speakernya mampu menghasilkan suara yang terbilang kencang dan berkualitas. Tidak seperti kebanyakan smartphone yang cempreng dan didominasi oleh treble, spekaer bawaan Zenfone Max Pro M1 ini terdengar lebih balance dengan bass yang masih bisa dirasakan, meski tak terlalu mendalam.

Laptophia kemudian menjajalnya untuk mendengarkan lagu-lagu Bullet For My Valentine dari album Venom menggunakan headphone Sennheisser HD 202 II. Suara yang keluar cukup mantap dengan bass yang cukup mendalam, vokal yang jelas, dan treble yang cukup detail. Hanya saja, volumenya agak pelan, padahal sudah lebih dari 50%.

Baterai

Baterai adalah salah kelebihan lain yang dimiliki oleh Asus Zenfone Max Pro M1 ini, mengapa? Kapasitas baterainya terbilang besar di kelasnya, yakni mencapai 5000mAh. Penggunaan standar dengan pola sosial media intensif, kamera intensif, dan juga komunikasi standar mampu bertahan hingga hampir dua hari dengan SoT sekitar 8 jam.

Sayangnya, Asus tidak membekali Zenfone Max Pro M1 dengan fitu Quick Charge 3.0. Meski demikian, kecepatan pengisian daya ponsel ini terbilang cepat, yakni rata-rata 2,5 jam sudah penuh dari sisa belasan persen.
Baca juga:Asus Zenpower Slim 3000mAh Review: Slimmest Power Bank!

Memori

Smartphone gaming menengah dengan tagline Limitless gaming Asus Zenfone Max Pro M1 ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 22,8GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,3 – 1,5GB. Smartphone ini telah mendukung fitur USB OTG dan uniknya telah mendukung file sistem NTFS.

Kesimpulan

Secara umum, Asus Zenfone Max Pro M1 merupakan smartphone paling laik beli di kelasnya. Ponsel besutan vendor Taiwan ini menawarkan kinerja tertinggi di kelasnya, fitur dan desain kekinian, kemampuan kamera ganda yang bisa diandalkan, kemampuan gaming yang mumpuni, dan masih diperkuat dengan baterai berkapasitas besar.
Tak banyak kekurangan yang dimiliki oleh Asus Zenfone Max Pro M1. Mungkin untuk saat ini adalah ketersediaan smartphone yang jadi masalah. Ponsel ini dijual melalui flash sale dan agak sulit didapat. Selain itu, fitur face unlock yang diusungnya ternyata kurang bisa diandalkan saat cahaya tidak memadai.

Kelebihan Asus Zenfone Max Pro M1

  • Kinerja tinggi di kelasnya
  • Kamera ganda bisa diandalkan
  • baterai berkapasitas besar
  • Harga sangat kompetitif
  • Dedicated slot

Kekurangan Asus Zenfone Max Pro M1

  • Face unlock susah digunakan ketika cahaya kurang

Harga Asus Zenfone Max Pro M1

Harga Asus Zenfone Max Pro M1 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.199.000 via Flash Sale yang digelar di Lazada. Sedangkan harga Zenfone Max Pro M1 3GB/32GB normal atau offline nantinya bakal dipatok Rp 2.299.000. Sedangkan harga Asus Zenfone Max Pro M1 varian 4GB/64GB dan 6GB/64GB berturut-turut adalah Rp 2.799.000 dan Rp 3.299.000. Berdasarkan review Asus Zenfone Max Pro M1 yang telah Laptophia lakukan, smartphone ini menunjukkan impresi yang cukup menarik dan hasilnya sangat positif.

Zenfone Max Pro M1 andalan Asus ini mampu menghasilkan kinerja tinggi dengan balutan desain kekinian daan masih diperkuat kamera ganda yang bisa diandalkan. Baterai ponsel ini juga paling besar di kelasnya. Secara umum, Asus Zenfone Max Pro M1 merupakan salah satu smartphone yang paling laik beli di kelasnya dan pesaing tangguh bagi Xiaomi Redmi Note 5.
Anda dapat membeli atau cek promo Asus Zenfone Max Pro M1 di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus Zenfone Max Pro M1

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo (Android pure)
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 636 dengan prosesor octa-core Kryo 260 1,8GHz
  • Grafis Adreno 509
  • Dual kamera 13 megapiksel, sensor BSI, aperture f/2.0, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash + 5 megapiksel fixed focus, sensor BSI, lensa f/2.0. Kamera depan 8 megapiksel, sensor BSI, lensa aperture f/2.0, fixed focus, soft LED flash
  • Layar sentuh 5,99 inci 2.5D, aspek rasio 18:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2160 pixels, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, 450 nits brightness
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD max 2TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor, face unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 159 x 76 x 8.46 mm dengan berat 180 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable
  • Warna Deepsea Black dan Meteor Silver
Anda mungkin suka:Xiaomi Redmi 5 Plus Review: Smartphone Kekinian dengan Harga Masuk Akal!