eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus Zenfone 5z: Flagship Murah Berdesain Cantik

Review Asus Zenfone 5z: Flagship Murah Berdesain Cantik – Smartphone Asus Zenfone 5z yang belum lama ini diperkenalkan di Indonesia adalah ponsel varian tertinggi yang diluncurkan Asus Indonesia saat ini. Tak heran, smartphone Asus Zenfone 5z menyandang gelar flagship. Harganya yang jauh lebih murah ketimbang ponsel flagship dari brand lain membuat Asus Zenfone 5z sempat dijuluki sebagai ponsel bertenaga Snapdragon 845 termurah, meski harus kalah ditikungan terakhir oleh Pocophone F1 by Xiaomi saat meluncur di Indonesia.

Satu unit Asus Zenfone 5z telah mendarat di Laptophia untuk proses pengujian atau review mendalam. Smartphone flagship berdesain cantik ini tampaknya masih cukup tangguh dan memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan kompetitornya yang lebih murah. lalu setangguh apakah ponsel flagship murah andalan Asus ini? Simak review Asus Zenfone 5z oleh tim Laptophia kali ini!

Paket Pembelian Asus Zenfone 5z

Paket Pembelian Asus Zenfone 5z
  • Unit Asus Zenfone 5z ZS620KL Midnight Blue
  • Kepala charger
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Headset In-ear
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Anker PowerCore 20100 Review: Seperti Ini Performa Power Bank 700 Ribu-an!

Desain Asus Zenfone 5z

Desain Asus Zenfone 5z

Desain Asus Zenfone 5z

Desain fisik memang menjadi salah satu kelebihan dari review Asus Zenfone 5z oleh Laptophia kali ini. Smartphone ini tampil dengan desain yang begitu cantik dan kekinian. Kesan atau aura premium terpancar kuat pada ponsel Zenfone 5z andalan Asus Indonesia ini. Smartphone ini masih mengusung konsep desain yang digunakan oleh Zenfone 3 dan Zenfone 4 series, yakni menggunakan casing belakang berbahan kaca yang mengkilap. Keunikan casing belakang Asus Zenfone 5z ini adalah menampilkan efek menarik dari refleksi cahaya sekitar.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5 Review: Smartphone Terbaik di Kelasnya!
Tak hanya mengandalkan penampilan yang cantik, Asus Zenfone 5z ini juga didukung build quality yang terbilang sangat solid dan bisa disepadankan dengan ponsel flagship yang lebih mahal. Frame Asus Zenfone 5z ini terbuat dari metal yang kokoh dan terasa cukup tebal. Sisi depan terdapat layar full screen berkontur 2.5D dengan bezel yang sangat tipis dan dilengkapi notch atau poni pada bagian atasnya. Sayangnya, pada sisi belakang desain kameranya agak menonjol dan rawan tergores.

Pada review Asus Zenfone 5z kali ini, penggunaan material kaca memang mmembuatnya terasa mewah dan premium, tetapi juga licin. Smartphone ini rawan slip saat digenggam pakera permukaan bodynya licin, sehingga sebaiknya dipasang softcase untuk meningkatkan grip. Tak hanya itu, casing kaca pada sisi belakang Asus Zenfone 5z juga mengundang jejak sidik jari. Dimensi smartphone flagship murah ini relatif ringkas, nyaman digenggam atau masuk saku.

Pada review Asus Zenfone 5z kali ini, sisi depan terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,2 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Zenfone 5z ZS620KL ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Asus Zenfone 5z sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass. Tak diketahui versi berapa, tetapi Laptophia memperkirakan adalah Gorilla Glass 3. Laptophia tetap menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Asus Zenfone 5z agar tak mudah tergores.

Sedangkan bagian belakang ponsel Asus Zenfone 5z ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara vertikal, dual-tone LED flash yang berada tepat di bawahnya, sensor sidik jari, dan logo Asus. Merek asal Taiwan yang baru saja meluncurkan smartphone gaming ROG Phone ini menempatkan port USB USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Asus Zenfone 5z ini. Sedangkan sisi kiri terdapat micrphone, tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Asus ini terdapat microphone.

Video Unboxing Asus Zenfone 5z

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Asus Zenfone 5z

Software & Fitur Asus Zenfone 5z

Sisi perangkat lunak dan fitur juga bisa menjadi keunggulan dari review Asus Zenfone 5z yang merupakan smartphone flagship murah saat ini. Pabrikan asal Taiwan ini membekali Asus Zenfone 5z dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo yang ditandemkan dengan antarmuka khas Asus, yakni ZenUI 5.0. Sebagai smartphone flagship, Asus Zenfone 5z kemungkinan besar akan mendapat update ke Android 9.0 Pie di masa mendatang. Sejauh ini Asus memiliki track record yang baik dalam hal update perangkat lunak.

ZenUI 5.0 yang digunakan oleh Asus Zenfone 5z ini memiliki tampilan yang sebenarnya tak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya yang menghadirkan tampilan Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Fasilitas kostumisasi yang disediakan oleh antarmuka ponsel ini terbilang lengkap karea memungkinkan pengguna untuk mengatur widget, mengelola homescreen, mengganti wallpaper, theme, animasi, dan sebagainya. Tak hanya itu, juga disediakan menu untuk menghilangkan notch dan app drawer.

Fitur yang ditawarkan oleh Asus Zenfone 5z terbilang sangat lengkap dan menarik, sebut saja Page Marker, Twin Apps, Game Genie, BeautyLive, ZeniMoji, ZenUI Safeguard, AI features, Kids Mode, Easy Mode, Fingerprints gesture, ZenMotion, One hand mode, Pocket mode, Glove mode, Audio Wizard, NFC, Face Unlock, dan banyak lagi. Sebagai sebuah flagship, fitur yang ditawarkan oleh Zenfone 5z ini terbilang sangat lengkap dan menarik. Salah satunya adalah Twin Apps yang memungkinkan kita menginstal dua aplikasi sosial media sekaligus dengan identitas berbeda.
Baca juga:Honor 7A Review: Kamera Ganda dengan Harga Masuk Akal
Zenimoji yang terdapat pada menu Selfie Master juga cukup menarik karena dapat menampilkan animasi berdasarkan gerakan wajah dan suara pengguna. Fingirprint pada sisi belakang ponsel Asus Zenfone 5z ini bekerja dengan baik dan gegas. Sedangkan fitur face unlock juga bekerja dengan baik, meski kinerjanya menurun ketika cahaya sekitar kurang memadai. Bagi gamer, dapat memanfaatkan fitur Game Genie untuk merekam laar dan juga mengoptimalkan performa ponsel. Adapun fitur AI Boost yang meningkatkan performa ponsel secara signifikan saat menjalankan aplikasi atau game tertentu.

Fitur ZenMotion yang telah ada sejak generasi Zenfone 2 juga masih tersedia di ponsel flagship ini. Berbeda dengan smartphone Asus keluaran terdahulu yang banyak aplikasi bloatware, Laptophia melihat Asus Zenfone 5z sudah jauh lebih baik. Aplikasi bawaan ponsel ini hanya Google Apps, beberapa aplikasi proprietary Asus, Babe, Facebook, dan Instagram.

Secara umum, review Asus Zenfone 5z dari sisi perangkat lunak ini menunjukkan hasil yang terbilang baik di kelasnya. Ponsel ini hadir dengan fitur yang terbilang sangat lengkap dan menarik. Antarmuka ZenUI bisa dikatakan mudah digunakan dan performanya sangat smooth, serta dengan konsumsi memori RAM yang terbilang efisien.

Benchmark Asus Zenfone 5z


CPU-Z Asus Zenfone 5z
CPU-Z Asus Zenfone 5z

Benchmark Vellamo Asus Zenfone 5z
Benchmark Vellamo Asus Zenfone 5z
Benchmark AnTuTu v7 Asus Zenfone 5z

Benchmark AnTuTu v7 Asus Zenfone 5z
Benchmark Geekbench 4 Asus Zenfone 5z
Benchmark Geekbench 4 Asus Zenfone 5z
Benchmark PCMark Asus Zenfone 5z
Benchmark PCMark Asus Zenfone 5z
Benchmark 3DMark Asus Zenfone 5z
Benchmark 3DMark Asus Zenfone 5z
Benchmark Basemark OS II Asus Zenfone 5z
Benchmark Basemark OS II Asus Zenfone 5z
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Asus Zenfone 5z
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Asus Zenfone 5z

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 5z





Foto Siang Hari



Foto Macro
Lensa wide-angle




Foto malam hari


Foto selfie kamera depan

Hasil Rekaman Video Asus Zenfone 5z Full HD


Review Kamera Asus Zenfone 5z

Pada review Asus Zenfone 5z kali ini, kemampuan kamera memang menjadi salah satu keunggulan utamanya. Pabrikan asal Taiwan ini membekali Asus Zenfone 5z dengan kamera belakang ganda dengan resolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa aperture f/1.8 yang dilengkapi dengan fitur Dual Pixel phase-detection autofokus, 4-axis OIS (Optical Image Stabilization), dan LED flash.

Kamera ponsel ini menyediakan mode pro dengan long eksposure hingga 32s. Sedangkan kamera kedua mengusung resolusi 8 megapiksel sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel dengan lensa 12 mm aperture f/2.2 super wide angle 120 derajat FoV. Asus membenamkan fitur canggih berbasis AI, yakni AI Scene Detection untuk 16 scene dan objek yang berbeda, AI Photo Learning, Potret Real-time, dan Real-time Beautification.

Kemampuan selfie Zenfone 5z ZS620KL ini cukup mumpuni dengan dukungan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel yang mumpuni dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur Beautify dan AI untuk foto selfie dan video call.

Aplikasi kamera bawaan pada review Asus Zenfone 5z kali ini menawarkan fitur yang terbilang sangat lengkap di kelasnya. Tampilan antarmukanya terbilang intuitif dan tersedia beberapa mode kamera,sebut saja Beauty, Pro, Super Resolution, GIF, Slow-Motion, dan juga Time Lapse. Fasilitas filter built in juga tersedia di ponsel Asus Zenfone 5z ini. Mode Pro memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengeksplor lebih auh kemampuan kamera smartphone flagship besutan Asus ini.

Saat digunakan untuk memotret pada siang hari, kamera Asus Zenfone 5z ini mampu menghasilkan foto yang terbilang memuaskan menurut Laptophia. Foto yang dihasilkan mampu menampilkan warna yang terbilang natural, meski kadang terlihat sedikit over saturated. Detail yang dihasilkan terbilang bagus dengan dynamic range yang di atas rata-rata. Mode HDR yang dikombinasikan dengan AI mampu menghasilkan foto yang maksimal sesuai dengan kondisi cahaya dan subyeknya.
Baca juga:Honor 9 Lite Review Quad Camera Termurah: Redmi 5 Plus Killer?
Kemampuan kamera Asus Zenfone 5z untuk memotret macro juga laik mendapat acungan jempol. Kecepatan fokusnya sangat gegas di kelasnya dan terbilang akurat. Hal ini membuat foto macro Asus Zenfone 5z bisa dibanggakan dengan detail yang bagus dan efek blur yang oke. Sedangkan mode portrait, kamera belakang Asus Zenfone 5z juga mampu menghasilkan seleksi yang cukup akurat, meski kadang miss pada obyek yang agak rumit.

Keunggulan kamera Asus Zenfone 5z menurut Laptophia adalah saat low-light. Kecepatan fokusnya memang sedikit mengalami penurunan, tetapi tidak terlalu mengganggu. Hasil foto malam hari kamera Asus Zenfone 5z ini patut dibanggakan dengan saturasi warna yang baik, detail yang cukup, dan noise yang terbilang terkendali. Dukungan dual LED flash pada sisi belakang mampu menghasilkan cahaya yang terbilang cukup terang. Secara umum, kemampuan AI Camera belakangnya sangat membantu mengoptimalkan hasil jepretannya.

Sayangnya, kemampuan kamera belakang Asus Zenfone 5z ini terbilang standar saja, tidak istimewa. Saat malam hari, hasil foto selfie-nya tampak menampilkan noise yang cukup tinggi dan detail yang dihasilkan berbintik. Tampaknya Asus masih perlu mengoptimalkan kemampuan kamera depannya.

Review Asus Zenfone 5z

Review Asus Zenfone 5z

Selama kurang lebih dua minggu, tim Laptophia menjajal smartphone flagship murah Asus Zenfone 5z secara intensif. Sekilas memang ponsel ini kalah menarik ketimbang Pocophone F1 yang dijual dengan harga yang lebih murah, tetapi Asus Zenfone 5z ini memiliki sejumlah kelebihan tersendiri. Smartphone ini hadir dengan desain yang lebih cantik dengan build quality yang terbilang lebih solid. Selain itu, Asus Zenfone 5z memiliki sejumlah fitur yang tak dimiliki oleh Pocophone F1, salah satunya adalah NFC.

Layar

Meski hanya bersenjatakan layar berteknologi IPS, kualitas layar Asus Zenfone 5z tak bisa dipandang sebelah mata. Dukungan resolusi yang mencapai full HD+ dan telah mendukung cakupan warna DCI-P3 membuat layar Asus Zenfone 5z tampil begitu cemerlang. Warna yang dihasilkan sangat punchy dan sekilas mirip layar AMOLED.

Hanya saja, warna hitam yang dihasilkan tidak sepekat layar berteknologi panel AMOLED. Layar smartphone andalan Asus Indonesia ini menawarkan viewing angle yang sangat luas, respon touchscreen yang gegas, dan tajam. Saat digunakan di bawah sinar matahari, layar Zenfone 5z ini masih dapat terlihat tanpa kesulitan.

Performa

Performa menjadi daya tarik utama dari review Asus Zenfone 5z kali ini dengan mengandalkan sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 845 SDM845 dengan prosesor octa-core Kryo 385 yang terdiri dari quad-core berkecepatan 2,7GHz dan quad-core berkecepatan 1,7GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 6GB jenis LPDDR4. Sedangkan sektor grafis, Asus mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 630 yang powerful.

Seperti yang pembaca Laptophia ketahui, Qualcomm Snapdragon 845 adalah salah satu SoC paling kencang saat ini dan digunakan oleh jajaran smartphone flagship masa kini. Tak heran performa smartphone Asus Zenfone 5z ini bisa dikatakan salah satu yang paling kencang di kelasnya. Hal ini tercermin dari skor benchmark yang dihasilkan Asus Zenfone 5z terbilang tinggi untuk smartphone Snapdragon 845 dan sukses mengalahkan Pocophone F1.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M1: Kinerja Tinggi dengan Baterai Jumbo!
Penggunaan harian Asus Zenfone 5z ini terbilang sangat smooth tanpa adanya lag yang mengganggu. Dukungan RAM berkapasitas 6GB membuat smartphone Asus Zenfone 5z mampu menangani mega multitasking tanpa kendala.

Bagi gamer, ponsel Asus Zenfone 5z ini menjadi salah satu pilihan karena mampu memainkan semua game Android terkini seperti PUBG, Mobile Legends, dan sebagainya dengan setting grafis rata kanan tanpa kendala. Asus Zenfone 5z merupakan salah satu smartphone powerful saat ini.

Audio

Asus Zenfone 5z ini hadir degan dukungan speaker stereo untuk mendukung pengalaman multimedia pengguna. Speaker stereo ini satu berada pada sisi bawah ponsel dan satunya lagi adalah earpiece. Keluaran suaranya memang terdengar kurang seimbang atau imbalance, tetapi secara umum masih bisa dinikmati.

Kualitas suaranya sendiri sebenarnya cukup bagus dengan karakter warm yang bass-nya cukup terdengar. Saat ditandemkan dengan headphone Sennheiser HD 202 II, keluaran suara Asus Zenfone 5z ini terbilang solid dengan bass yang cukup kuat, treble yang detail, dan vokal yang jelas. Kehadiran Audio Wizard memungkinkan pengguna mengatur suara yang dihasilka oleh Asus Zenfone 5z ini.

Baterai

Mengandalkan baterai berkapasitas 3300mAh memang terlihat sangat standar untuk ponsel flagship segahar Asus Zenfone 5z. Berdasarkan pangalaman tim Laptophia, baterai ponsel ini masih mampu bertahan hingga hampir seharian dengan intensitas penggunaan yang terbilang standar, sosial media, kamera, streaming, dan non gaming.

Tentunya daya tahan baterai ini bisa lebih singkat tergantung pola pemakaian masing-masing pengguna. Baterai Asus Zenfone 5z ini telah mendukung fitur AI Fast Charge dan Quick Charge 3.0 untuk isi ulang daya dengan cepat.

Memori

Smartphone flagship murah terbaik di kelasnya Asus Zenfone 5z ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 114GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 4 – 4,2GB. Smartphone ini telah mendukung USB OTG dengaj port USB Type-C.

Kesimpulan

Secara umum, hasil review Asus Zenfone 5z oleh tim Laptophia kali ini menunjukkan hasil yang memuaskan. Smartphone ini mampu menghasilkan performa yang sangat tinggi dan bisa dikatakan paling powerful saat ini di kelasnya. Tak hanya mengandalkan performa kelas wahid, Asus Zenfone 5z ini juga dipersenjatai dengan kamera belakang yang mumpuni dan dapat diandalkan di segala kondisi cahaya. Asus Zenfone 5z merupakan salah satu smartphone flagship murah yang solid.

Sayangnya, Asus Zenfone 5z ini meski tampil dengan desain cantik tetapi agak licin ketika digenggam. Selain itu, ponsel ini hanya didukung slot hybrid, sehigga pengguna harus memilih dual SIM aktif atau single SIM plus microSD. Asus Zenfone 5z ini masih menjadi kompetitor yang sangat tangguh bagi Honor 10, Pocophone F1, dan juga Honor View 10.
Baca juga:Aukey PB-N15 20.000mAh Review: Fitur Lengkap dengan Kapasitas Besar!

Kelebihan Asus Zenfone 5z

  • Kinerja kencang di kelasnya
  • Desain cantik
  • Build quality mantap
  • Kamera belakang mumpuni
  • Harga sangat kompetitif

Kekurangan Asus Zenfone 5z

  • Hybrid slot
  • Kamera depan standar

Harga Asus Zenfone 5z

Harga resmi smartphone flagship Asus Zenfone 5z terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 6.699.000. Berdasarkan review Asus Zenfone 5z yang telah tim Laptophia lakukan, smartphone ini mampu menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Performa menjadi sektor utama yang diunggulkan oleh Asus Zenfone 5z ini berkat sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 845.

Hal ini tercermin dari hasil benchmarknya yang terbilang tinggi di kelasnya. Kemampuan kamera Asus Zenfone 5z ini juga mampu merepresentasikan hasil foto smartphone flagship yang bisa diandalkan di segala kondisi cahaya. Desain cantik dengan build quality juara juga menjadi nilai tambah ponsel ini. Secara umum, Asus Zenfone 5z ini merupakan smartphone flagship murah yang sangat laik dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat membeli atau cek harga promo Asus Zenfone 5z ZS620KL DI SINI (KLIK) atau DI SINI (KLIK)

Spesifikasi Asus Zenfone 5z

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 845 SDM845 dengan prosesor octa-core Kryo 385 yang terdiri dari quad-core 2,7GHz dan quad-core 1,7GHz
  • Grafis Adreno 630
  • Kamera ganda 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4 um piksel, lensa 24mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, EIS, 4 axis OIS, dual-tone LED flash. Kamera kedua 8 megapiksel dengan sensor BSI, lensa 12mm wide-angle
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI, lensa 24mm aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,2 inci, dengan resolusi Full HD+ 2246 x 1080 pixels, kerapatan 402 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel Super IPS+, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 6GB, ROM 128GB, dilengkapi slot microSD max 2TB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, GPS, dual SIM, NFC, fingerprint sensor, face unlock, port audio 3,5mm, stereo speaker
  • Dimensi 153 x 75.7 x 7.9 mm berat 155 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3300mAh, non-removable, AI Charge Fast Charging
  • Warna Midnight Blue dan Meteor Silver
Anda mungkin suka:Ternyata Segini Hasil Benchmark Asus Zenfone 5 ZE620KL dengan Snapdragon 636!