eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Pocophone F1 by Xiaomi: Smartphone Flagship Killer Terbaik 2018?

Review Pocophone F1 by Xiaomi: Smartphone Flagship Killer Terbaik 2018? – Pocophone F1 merupakan salah satu smartphone fenomenal yang menggemparkan pasar saat pertama kali diluncurkan. Xiaomi yang merupakan induk dari Pocophone dengan berani menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 845 yang biasa digunakan oleh smartphone flagship dengan harga setengahnya saja. Pocophone F1 juga menarik dengan dukungan teknologi pendinginan berbasis cairan atau yang disebut dengan liquid cooling, sehingga suhu terkendali meski digunakan bermain game dalam waktu lama.

Tak hanya soal performa, Pocophone F1 ini juga dibekali dengan kamera ganda yang mumpuni dan tampil dengan desain berponi yang kekinian. Kelebihan yang ditawarkan oleh Pocophone F1 adalah baterai yang berkapasitas besar dan tahan lama, yakni mencapai 4000mAh. Pocophone F1 ini bisa dikatakan paket smartphone flagship killer terbaik di tahun 2018, penasaran? Simak review Pocophone F1 oleh tim Laptophia kali ini!


Paket Pembelian Pocophone F1

  • Unit Pocophone F1 by Xiaomi 6GB/64GB Graphite Black
  • Kepala charger
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase hitam
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Asus Zenfone Max M2 ZB633KL: Debut Snapdragon 632, Ternyata Kencang!

Desain Pocophone F1



Pada review Pocophone F1 by Xiaomi oleh tim Laptophia kali ini, sisi desain bisa dikatakan bukan hal yang diunggulkan. Smartphone flagship killer ini memang tampil dengan gaya desain kekinian dengan bezel sangat tipis, layar berponi, dan didukung kamera ganda. Semua itu juga dimiliki oleh ponsel masa kini lainnya, sehingga sudah bukan hal yang istimewa lagi. Sekilas malah penampilan smartphone Pocophone F1 ini mirip dengan Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang membidik segmen di bawahnya.

Soal desain Pocophone F1 yang terbilang biasa saja ini bisa dimaklumi mengingat ponsel ini lebih menonjolkan spesifikasi yang gahar di kelasnya. Casing Pocophone F1 ini terbuat dari bahan plastik atau polikarbonat. Hal ini membuat Pocophone F1 terasa kurang premium saat digenggam. Frame ponsel ini juga terbuat dari plastik. Tampaknya material plastik ini digunakan Xiaomi untuk memangkas biaya produksi ponsel canggih ini. Meski demikian, build quality Pocophone F1 terbilang solid.

Hal yang menarik adalah kamera ganda yang berada di sisi belakang Pocophone F1 yang tampak cukup menarik dengan detail berupa lingkaran merah. Kapasitas baterai yang mencapai 4000mAh tidak serta merta membuat bodi ponsel Pocophone F1 by Xiaomi ini menjadi tebal. Dimensi ponsel ini masih terbilang standar, tidak terlalu tipis maupun terlalu tebal. Bobot Pocophone F1 ini hanya 180 gram, sehingga masih nyaman dimasukkan saku atau digenggam.
Baca juga:Review Sharp A2 Lite: Smartphone Kekinian Termurah Berkamera Ganda!

 
Pada review Pocophone F1 by Xiaomi oleh tim Laptophia kali ini, bagian depan smartphone Pocophone F1 ini terdapat lubang infrared camera untuk face unlock, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,18 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel F1 ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Pocophone F1 sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass. Tak diketahui versi berapa, tetapi Laptophia memperkirakan adalah Gorilla Glass 3. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Pocophone F1 agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Pocophone F1 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Pocophone ini terdapat microphone dan port audio 3,5mm.

Sedangkan bagian belakang ponsel Pocophone F1 ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara vertikal, dual-tone LED flash di sisi kanannya, sensor sidik jari, dan logo Pocophone. Merek asal Tiongkok yang merupakan subbrand atau sub merk Xiaomi ini menempatkan port USB USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Pocophone F1

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Antarmuka Pocophone F1


Salah satu kekuatan dari review Pocophone F1 by Xiaomi adalah sisi perangkat lunak atau software. Smartphone ini hadir dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 9.6 for Poco. Saat Laptophia melakukan review, Pocophone F1 telah beberapa kali mendapat update MIUI dan terakhir adalah MIUI 10.1.3.0 yang menggunakan basis sistem operasi Android 9.0 Pie. Ini merupakan salah satu bukti komitmen Xiaomi untuk memberikan dukungan update perangkat lunak terkini.

Saat menghidupkan Pocophone F1, kita akan disuguhi tampilan antarmuka khas MIUI yang terdiri dari Lockscreen dan Homescreen. Namun, Pocophone F1 ini sedikit berbeda dengan dilengkapi app drawer yang bisa diakses dengan cara swipe layar dari bawah ke atas. Selain itu, Poco Launcher juga menyediakan dark theme yang lebih nyaman saat digunakan di malam hari. MIUI 10 ini membawa dukungan tampilan volume dan brightness baru, serta tampilan recent apps yang lebih mengakomodasi layar 18:9 atau 19:9.

Seperti yang sudah kita ketahui, Poco launcher yang digunakan Pocophone F1 ini sama seperti MIUI yang menawarkan banyak fitur kostumisasi tampilan agar pengguna tak gampang bosan. Kita dapat mengatur animasi, theme, icon pack, mengatur layout, wallpaper, dan banyak lagi. Hampir setiap elemen MIUI dapat diatur dan kita dapat mengunduh theme atau wallpaper melalui menu yang disediakan.

Kelengkapan fitur perangkat lunak menjadi kekuatan dari review Pocophone F1 by Xiaomi. Selama ini MIUI dikenal dengan fitur yang sangat lengkap, begitu juga MIUI yang telah dikustomisasi untuk Pocophone ini. Beberapa fitur yang bisa dinikmati antara lain Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Full Screen gesture, Lite Mode, App Lock, dual apps, split screen, dual space, dan banyak lagi.
Baca juga:Review Asus Zenfone 5Q, Smartphone Selfie Mantap yang Terlupakan
Aplikasi bawaan pada review Pocophone F1 by Xiaomi kali ini bisa dikatakan agak banyak dari biasanya menurut Laptophia. Saat pertama kali Laptophia menghidupkan smartphone flagship killer terbaik 2018 ini sudah terinstal Google Apps, Microsoft Apps (Word, Excel, Power Point, Skype, dan Outlook), UC Browser, Picmix, dan Caping. Aplikasi yang tidak digunakan bisa dihapus untuk menambah ruang penyimpanan internal.

Secara umum MIUI for Poco yang menjadi antarmuka andalan Pocophone F1 by Xiaomi ini menawarkan fitur yang lengkap, kostumisasi yang luas, dan performa yang smooth. Xiaomi sendiri terbilang rajin memberikan update MIUI dan juga upgrade versi Android. Satu-satunya nilai minus adalah munculnya iklan di beberapa aplikasi bawaan MIUI yang dirasa agak mengganggu menurut Laptophia. Iklan tersebut dapat dihilangkan melalui cara yang dibahas di sini.

Benchmark Pocophone F1

CPU-Z Pocophone F1

Benchmark AnTuTu v7.1.1 Pocophone F1

Benchmark Geekbench 4 Pocophone F1

Benchmark Vellamo Pocophone F1

Benchmark PCMark Pocophone F1

Benchmark 3DMark Pocophone F1
Benchmark Basemark OS II Pocophone F1


Multitouch Tester & Sensorbox for Android

Performa & Gaming Pocophone F1

Performa adalah keunggulan utama pada review Pocophone F1 by Xiaomi oleh tim Laptophia kali ini. Hal ini tak lepas dari tagline yang diusungnya, yakni Master of Speed. Ponsel Pocophone F1 merupakan flagship killer yang mengandalkan sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 845 SDM845 dengan prosesor octa-core Kryo 385 yang terdiri dari quad-core berkecepatan 2,7GHz dan quad-core berkecepatan 1,7GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 6GB jenis LPDDR4X. Sedangkan sektor grafis, Pocophone mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 630 yang powerful.

Pocophone F1 ini bagai kuda hitam yang melesat paling kencang dalam pertandingan adu kencang di kelas menengah. Ponsel ini memang dirancang untuk kelas menengah premium, tetapi SoC yang digunakan adalah kelas flagship. Tak heran, Pocophone F1 yang mengusung tagline Master of Speed ini benar-benar laik menyabet gelar flagship killer. Hal ini dibuktikan dengan skor benchmark yang sangat tinggi yang dihasilkan oleh smartphone Pocophone F1 by Xiaomi.

Skor benchmark yang tinggi kadang tak sejalan dengan penggunaan sehari-hari, tetapi Pocophone F1 ini menunjukkan kelasnya. Smartphone subbrand Xiaomi ini sangat nyaman dan ringan untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Bahkan ketika digunakan untuk tugas editing video menggunakan aplikasi Kinemaster, sosial media intensif, dan multitasking dapat ditangani dengan sangat cepat dan memuaskan. Hal ini tak lepas dari kapasitas memori RAM yang mencapai 6GB untuk menangani banyak aplikasi dalam satu waktu.
Baca juga:Review Asus Zenfone 5z: Flagship Murah Berdesain Cantik
Performa gaming Pocophone F1 bisa dikatakan paling kencang di kelasnya saat ini. Pocophone F1 ini laiknya smartphone flagship dengan banderol harga hanya setengahnya yang mampu memainkan semua game terkini di Android tanpa masalah. Laptophia menjajal Pocophone F1 ini untuk memainkan game seperti PUBG Mobile, AOV, Mobile Legends, Asphalt 9: Legends, Need for Speed No Limits, dan Tekken dengan lancar. Smartphone ini juga cenderung dingin saat memainkan game berkat teknologi liquid cooling yang diusungnya.

Hasil Foto Kamera Pocophone F1






Foto siang hari


Foto portrait mode kamera belakang




Foto macro




Foto malam hari


Foto malam hari dengan LED flash



Foto selfie kamera depan




Foto portrait kamera depan

Review Kamera Pocophone F1

Pada review Pocophone F1 by Xiaomi kali ini tim Laptophia sempat berekspektasi tinggi dengan kemampuan kameranya. Ponsel ini mengusung kamera belakang ganda dengan resolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa aperture f/1.9 yang dilengkapi dengan fitur Dual Pixel phase-detection autofokus, dan dual LED flash.

Kamera ponsel Pocophone F1 ini menyediakan mode pro dengan long eksposure hingga 32s. Sedangkan kamera kedua mengusung resolusi 5 megapiksel sensor Samsung S5K5E8 1.12um piksel dengan lensa aperture f2.0 yang berfungsi sebagai Depth sensor untuk efek bokeh yang ciamik. Pocophone membenamkan fitur canggih berbasis AI yang mampu mengenali skenario untuk mengoptimalkan hasil jepretannya.

Kemampuan selfie F1 ini cukup mumpuni dengan dukungan kamera depan berkekuatan 20 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3T1 1/3.01 inci 0.9um piksel berteknologi 4-in-1 pixel binning yang mumpuni saat low-light dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur Beautify dan AI untuk foto selfie dan video call.

Aplikasi kamera bawaan smartphone Pocophone F1 ini adalah MIUI Camera, sama seperti smartphone Xiaomi lainnya. Fitur yang disediakan aplikasi MIUI Camera pada Pocophone F1 ini terbilang lengkap dan menyediakan banyak mode, sebut saja Short Video, Video, Photo, Portrait, Square, Panorama, dan manual. Adapun fitur AI yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai selera.
Baca juga:Review Asus VivoBook S430UN: Si Cantik Ergolift Berkinerja Tinggi
Kemampuan kamera pada review Pocophone F1 kali ini cukup memuaskan saat digunakan untuk memotret pada siang hari. Hasil jepretan Pocophone F1 ini menawarkan warna yang vivid, dynamic range yang luas, dan tajam. White balance cukup akurat dan tingkat detailnya juga cukup tinggi. Mode AI aktif membuat fotonya lebih colorful dan lebih baik ketimbang kondisi AI off. Portrait mode yang dihasilkan oleh kamera ganda Pocophone F1 bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Separasi subyek dengan background terbilang rapi, bahkan untuk subyek yang agak rumit.

Kecepatan fokus kamera Pocophone F1 laik mendapat acungan jempol berkat dukungan Dual Pixel autofokus yang dimilikinya. Tak heran foto macro yang dihasilkan oleh Pocophone F1 by Xiaomi ini ciamik di kelasnya. Detail yang dihasilkan tinggi dengan fokus yang sangat akurat, khas kamera ponsel flagship.

Hal yang agak mengecewakan tim Laptophia pada review Pocophone F1 kali ini adalah kemampuan kamera saat malam hari. Foto yang dihasilkan terasa sangat standar untuk smartphone dengan sensor Sony IMX363 yang biasanya digunakan oleh ponsel flagship. Laptophia melihat hasil fotonya agak gelap dengan detail yang menurun drastis, serta noise yang cukup mengganggu. Performa kamera saat malam hari membaik setelah upgrade ke Android 9.0 Pie. Dukungan dual LED flash pada Pocophone F1 ini sangat membantu untuk foto dalam kondisi minim cahaya.

Kemampuan kamera selfie Pocophone F1 ini laik mendapat acungan jempol dan salah satu yang terbaik di kelas Rp 4 juta-an menurut Laptophia. Foto selfie yang dihasilkan relatif agak soft, tetapi tidak mengurangi detail dan ketajaman. Fasilitas HDR membuat foto selfie memiliki dynamic range yang mantap dan sangat cocok digunakan dalam kondisi backlight sekalipun. Mode portrait yang dihasilkan oleh kamera depan Pocophone F1 ini terbilang rapi, meski tak sebaik kamera belakangnya.

Review Pocophone F1

Kemunculan smartphone Pocophone F1 memang cukup mengejutkan dan sukses menarik perhatian konsumen dunia dan tanah air. Pocophone F1 bisa dikatakan sebagai salah satu smartphone termurah yang ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 845. Dukungan fitur dan spesifikasi lainnya yang andal membuat Pocophone F1 by Xiaomi ini laik menyabet flagship killer terbaik 2018. Terlepas dari keunggulannya, Pocophone F1 ini tetap memiliki kekurangan mengingat harganya yang sangat kompetitif.

Layar

Smartphone Pocophone F1 ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 6,18 inci dengan resolusi full HD+ yang menggunakan teknologi panel IPS. Kualitas layar Pocophone F1 memang jauh dari smartphone flagship yang rata-rata menggunakan teknologi panel IPS. Tim Laptophia sendiri menilai kualitas layar Pocophone F1 setara dengan Xiaomi Redmi Note 5 atau Redmi Note 6 Pro. Warna yang dihasilkan cukup vivid, tajam, dan memadai untuk menikmati konten multimedia.

Respon layar sentuhnya terbilang sensitif dan akurat, sehingga nyaman digunakan untuk kebutuhan intensif seperti bermain game. Viewing angle layarnya cukup luas, khas teknologi panel IPS. Saat digunakan di bawah sinar matahari relatif bisa diandalkan, meski bukan yang terbaik di kelasnya. Pada review Pocophone F1 kali ini, layarnya sudah dilindungi oleh lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi S2: Smartphone Selfie Terbaik di Bawah 2 Juta!

Audio

Pocophone F1 dilengkapi dengan speaker stereo yang terdiri dari loudspeaker pada sisi bawah dan earpiece yang menghadap ke depan. Suara yang dihasilkan memang kencang, tetapi sedikit kurang bertenaga menurut Laptophia.

Selain itu, suara yang kekuar dari earpiece jauh lebih kecil volumenya ketimbang loudspeaker, sehingga efek stereo yang dihasilkan terasa kurang seimbang. Saat mendengarkan musik menggunakan headphone Sennheiser HD 202 II, keluaran suaranya terbilang mantap dan solid.

Baterai

Baterai juga menjadi keunggulan dari review Pocophone F1 kali ini dengan kapasitas besar, yakni mencapai 4000mAh. Tak hanya itu, Pocophone F1 ini sudah mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0 untuk pengisian daya yang cepat.

Daya tahan baterai Pocophone F1 ini untuk kebutuhan sosial media intensif dan kamera mampu bertahan hingga seharian penuh, bahkan kadang lebih. Sedangkan untuk bermain game intensif, daya tahan baterainya bisa lebih singkat.

Memori

Smartphone flagship killer terbaik 2018 dengan tagline Master of Speed Pocophone F1 by Xiaomi varian RAM 6GB dan ROM 64GB ini menyisakan memori internal sekitar 54,48GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 4GB – 4,2GB. Smartphone ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya.

Kesimpulan

Secara umum, Pocophone F1 by Xiaomi adalah sebuah wujud dari flagship killer dengan harga yang benar-benar terjangkau. Ponsel ini menawarkan performa yang setara dengan jajaran smartphone flagship yang dijual dengan harga jauh lebih mahal. Kemampuan kamera Pocophone F1 memang masih belum sekelas flaghship, tetapi bisa diandalkan untuk kelas menengah premium. Fitur lengkap dan daya tahan baterai lama menjadi nilai tambah ponsel ini.

Tiada gading yang tak retak, harganya yang terjangkau membuat Pocophone F1 harus tampil dengan desain yang bisa dikatakan biasa saja dan dibalut dengan casing plastik yang terasa kurang premium. Tak hanya itu, Pocophone F1 ini tidak dilengkapi dengan fitur NFC dan juga masih mengusung hybrid slot. Upgrade perangkat lunak terbilang teratur, tetapi akan lebih baik jika tidak menyertakan iklan.
Baca juga:Review Samsung Galaxy A7 2018: Mewah dengan Triple Camera!

Kelebihan Pocophone F1

  • Harga sangat kompetitif
  • Performa flagship
  • IR Face unlock
  • Kamera bisa diandalkan

Kekurangan Pocophone F1

  • Casing plastik, terasa kurang premium
  • Tidak dilengkapi NFC

Harga Pocophone F1

Pocophone F1 by Xiaomi merupakan salah satu kuda hitam yang cukup menggegerkan pasar smartphone premium tanah air berkat spesifikasinya yang sekelas flagship. Harga smartphone Pocophone F1 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 4.599.000 untuk varian dengan RAM 6GB dan ROM 64GB. Sedangkan harga Pocophone F1 by Xiaomi varian RAM 6GB dengan ROM 128GB lebih mahal, yakni Rp 5.099.000.

Berdasarkan hasil review Pocophone F1 yang telah Tim Laptophia lakukan, ponsel ini mampu menunjukkan impresi yang sangat baik. Ponsel ini menawarkan performa kelas flagship, kamera yang memadai, fitur yang lengkap, daya tahan baterai yang mantap, dan harga yang sangat kompetitif. Berdasarkan hasil review, Pocophone F1 merupakan salah satu smartphone yang paling laik beli di kelas Rp 4 – 5 juta-an saat ini.
Anda dapat membeli atau cek harga promo Pocophone F1 di Sini (Klik)

Spesifikasi Pocophone F1

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 9.6 for Poco, Upgradeable to Android 9.0 Pie
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 845 SDM845 dengan prosesor octa-core Kryo 385 yang terdiri dari quad-core 2,8GHz dan quad-core 1,8GHz
  • Grafis Adreno 630
  • Kamera ganda 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4 um piksel, lensa 24mm aperture f/1.9, Dual Pixel phase-detection autofokus, EIS, dual-tone LED flash. Kamera kedua 5 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5K5E8 1.12um piksel, lensa f/2.0 depth sensor
  • Kamera depan 20 megapiksel fixed focus dengan sensor Samsung S5K3T1 1/3.01 inci 0,9um piksel, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,18 inci, dengan resolusi Full HD+ 2246 x 1080 pixels, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 6GB LPDDR4X, ROM 64GB atau 128GB UFS 2.1 dilengkapi slot microSD maksimal 256GB hybrid slot
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, GPS, dual SIM, fingerprint sensor, infrared face unlock, stereo speaker
  • Dimensi 155.5 x 75.3 x 8.8 mm berat 180 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 4000mAh lithium polymer, non-removable, Qualcomm Quick Charge 3.0
  • Warna Graphite Black, Steel Blue, Rosso Red, dan Armored Edition with Kevlar
Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone Max Pro M2 ZB631KL: Gaming Mantap, Kamera Oke!