IBX582004D475488 Review Sharp A2 Lite: Smartphone Kekinian Termurah Berkamera Ganda!

Review Sharp A2 Lite: Smartphone Kekinian Termurah Berkamera Ganda!



Review Sharp A2 Lite: Smartphone Kekinian Termurah! – Sharp di Indonesia selama ini dikenal sebagai produsen perangkat elektronik rumah tangga. Sedangkan di negara asalnya, Sharp sudah lama memproduksi smartphone. Sharp A2 Lite adalah salah satu dari beberapa smartphone yang telah diluncurkan di Indonesia. Ponsel ini sebenarnya sudah agak lama masuk pasar tanah air, tepatnya April 2018 lalu.

Meski agak terlambat, tim Laptophia berkesempatan melakukan review Sharp A2 Lite yang membidik segmen entry-level ini. Sharp A2 Lite bisa dikatakan smartphone kekinian termurah dengan kamera belakang ganda dan baterai berkapasitas besar. Lalu sehebat apakah smartphone ini? Simak review Sharp A2 Lite yang telah dilakukan oleh tim Laptophia!

Paket Pembelian Sharp A2 Lite

  • Unit Sharp A2 Lite Midnight Black
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Headset
  • Softcase
  • Screenguard
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Asus Zenfone 5Q, Smartphone Selfie Mantap yang Terlupakan

Desain Sharp A2 Lite



Sejak pertama kali menggeggam smartphone ini, Laptophia menilai desain bukanlah keunggulan pada review Sharp A2 Lite kali ini. Smartphone kekinian termurah ini tampil dengan desain yang bisa dikatakan seadanya dan generik. Sharp A2 Lite hadir dengan bentuk kotak memanjang dengan sudut yang membulat tanpa ada pemanis yang mencolok. Saat dilihat dari sisi belakang pun, ponsel Sharp A2 Lite tampak biasa saja dan tak jauh berbeda dengan kebanyakan smartphone murah lainnya.

Layar ponsel Sharp A2 Lite ini sudah melengkung 2.5D dengan bezel kanan dan kiri yang lumayan tipis, tetapi bezel atas dan bawah agak tebal. Bagian pinggir ponsel ini agak membulat yang membuatnya cukup nyaman digenggam dan tidak terasa licin. Sharp A2 Lite ini dibalut dengan casing berbahan plastik atau polikarbonat yang sama sekali tidak terasa premium saat digenggam. Ini sebenarnya bisa dimaklumi mengingat ponsel ini didesain untuk pasar entry-level.

Meski Sharp A2 Lite sama sekali tak terkesan premium, build quality smartphone kekinian murah ini terbilang solid dan terasa cukup kuat. Dimensi smartphone Sharp A2 Lite ini cukup pas digenggaman tangan, Baterai berkapasitas 4000mAh tidak serta merta membuat ponsel menjadi tebal dan berat. Bobot ponsel besutan Sharp ini terbilang masih cukup ringan. Sharp A2 Lite ini juga sudah dilengkapi softcase untuk melindungi ponsel dari goresan dan benturan.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi S2: Smartphone Selfie Terbaik di Bawah 2 Juta!


Pada review Sharp A2 Lite kali ini, sisi depan ponsel terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan yang kedua, layar full HD+ 2.5D berukuran 5,7 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel A2 Lite ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Sharp A2 Lite sudah berkontur 2.5D tanpa proteksi antigores seperti Corning Gorilla Glass atau AGC Dragontrail. Laptophia tetap menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Sharp A2 Lite agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker ditempatkan di sisi kiri ponsel Sharp A2 Lite ini. Sedangkan sisi kanan terdapat tombol power, tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel kekinian termurah andalan Sharp ini terdapat port audio 3,5mm untuk menancapkan headset.

Sedangkan bagian belakang ponsel Sharp A2 Lite ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara horizontal, LED flash yang berada tepat di sisi kirinya, sensor sidik jari, logo Sharp, dan speaker grill. Merek asal Jepang yang sebagian sahamnya dimiliki oleh Foxconn ini menempatkan port microUSB, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Sharp A2 Lite

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Antarmuka Sharp A2 Lite

Sisi perangkat lunak, mungkin menjadi salah satu kelemahan dari review Sharp A2 Lite. Smartphone yang melenggang April 2018 di Indonesia ini masih bertahan menggunakan sistem operasi yang sudah mulai ditinggalkan, yakni Android 7.0 Nougat. Para pesaingnya dengan harga yang sama bahkan banyak yang sudah berbekal Android 8.1 Oreo. Tak diketahui apakah ponsel Sharp A2 Lite ini akan mendapat upgrade ke Android 8.1 Oreo di masa mendatang atau tidak.

Terlepas dari basis sistem operasi yang digunakan, ponsel Sharp A2 Lite ini tampil cukup menarik dengan antarmuka yang disebut dengan Smile UX UI. Tampilan antarmuka Smile UX ini ternyata sangat simpel, yakni hanya terdiri dari Lockscreen dan Homscreen tanpa kehadiran app drawer. Bahkan saat pertama kali dihidupkan, aplikasi yang terinstal semuanya sudah tampil dalam satu slide homescreen. Kostumisasi pada smartphone Sharp A2 Lite ini terbilang lumayan dan memungkinkan pengguna mengatur widget, susunan ikon, wallpaper, theme, dan sebagainya.

Meski tampil dengan desain yang sederhana, Smile UX pada smartphone Sharp A2 Lite ini sebenarnya menawarkan fitur yang terbilang lengkap untuk kelas entry-level. Beberapa fitur yang dimiliki oleh Sharp A2 Lite antara lain adalah torch, Face ID, S Boost, Smart Robo S, dan banyak lagi. Uniknya, Smart Robo S ini cukup pintar dan dapat mengingatkan kita agar tidak tidur terlalu malam. Sharp A2 Lite juga masih dilengkapi dengan fitur Radio FM.
Baca juga:Review Realme 2: Pendatang Baru yang Memesona
Aplikasi bawaan yang terinstal pada smartphone Sharp A2 Lite ini bisa dikatakan lumayan menurut Laptophia. Beberapa aplikasi yang sudah terinstal saat pertama kali ponsel ini dihidupkan antara lain adalah UC Browser, UC News, Babe, PicMix, ID3Store, dan aplikasi FreeShare. Aplikasi bawaan pada review Sharp A2 Lite bisa dihapus apabila tidak dibutuhkan.

Secara umum, review Sharp A2 Lite pada sisi perangkat lunak ini sebenarnya cukup memuaskan, performanya responsif, fitur terbilang lengkap, dan efisien dalam konsumsi memori RAM. Sayangnya, Sharp A2 Lite masih bertahan dengan basis OS Android 7.0 Nougat yang sudah mulai ketinggalan.

Benchmark Sharp A2 Lite

CPU-Z Sharp A2 Lite
CPU-Z Sharp A2 Lite
Benchmark AnTuTu v7.1.1 Sharp A2 Lite
Benchmark AnTuTu v7.1.1 Sharp A2 Lite
Benchmark Geekbench 4 Sharp A2 Lite
Benchmark Geekbench 4 Sharp A2 Lite
Benchmark Vellamo Sharp A2 Lite
Benchmark PCMark Sharp A2 Lite
Benchmark PCMark Sharp A2 Lite

Benchmark 3DMark Sharp A2 Lite
Benchmark 3DMark Sharp A2 Lite
Benchmark Basemark OS II Sharp A2 Lite
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Sharp A2 Lite

Multitouch Tester & Sensorbox for Android Sharp A2 Lite

Hasil Foto Kamera Sharp A2 Lite




Foto siang hari
 
Kamera wide-angle

Foto portrait mode



Foto macro




Foto malam hari


Foto selfie kamera depan

Review Kamera Sharp A2 Lite

Pada review Sharp A2 Lite kali ini, kemamouan kameranya tampak cukup meyakinkan menurut Laptophia. Ponsel ini mengandalkan kamera belakang ganda berkekuatan 13 megapiksel + 5 megapiksel dengan sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel dengan fitur autofokus ditandemkan lensa aperture f/2.2 lengkap dengan LED flash. Kamera kedua Sharp A2 Lite ini mengusung lensa wide-angle dengan FoV mencapai 120 derajat.

Kombinasi keduanya juga bisa menghasilkan efek bokeh atau portrait mode. Kamera depan Sharp A2 Lite ini berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus yang cukup lumayan untuk foto selfie dan video call. Aplikasi kamera bawaan ponsel Sharp A2 Lite ini menawarkan antarmuka yang cukup intuitif dan dilengkapi fitur yang komplit. Mode Pro memang tersedia, tetapi tidak memungkinkan untuk mengatur shutter speed dan fokus.

Sejak awal Laptophia tidak terlalu berharap dengan hasil jepretan kamera smartphone Sharp A2 Lite ini mengingat harganya yang terjangkau. Saat siang hari, ternyata hasil jepretan kamera 13 megapiksel Sharp A2 Lite ini ternyata memuaskan. Foto yang dihasilkan cukup tajam, detail, dan warnanya vivid. Dynamic range memang agak kurang. Mode wide angle dengan kamera kedua memang menawarkan FoV yang luas, tetapi hasil fotonya kurang detail.
Baca juga:Review Samsung Galaxy A7 2018: Mewah dengan Triple Camera!
Mode portrait yag dihasilkan oleh Sharp A2 Lite sudah cukup baik untuk kelas entry-level, tetapi masih kurang rapi separasi subyek dengan backgroundnya. Kecepatan fokus kamera Sharp A2 Lite ini memang kurang memuaskan, terutama saat digunakan untuk memotret foto macro. Hasil jepretan macro ponsel kekinian dengan harga terjangkau ini terbilang lumayan. Detailnya memadai, warnanya cukup konsisten.

Saat digunakan untuk memotret pada malam hari, kamera Sharp A2 Lite ini memang memprihatinkan. Foto yang dihasilkan sangat merosot detailnya dan warnanya agak pudar. Selain itu, kecepatan fokus pada malam hari juga mengecewakan. Beruntung, LED flash yang menemani kamera ganda pada review Sharp A2 Lite mampu menghasilkan cahaya yang cukup terang. Foto selfie yang dihasilkan kamera depan Sharp A2 Lite terbilang lumayan, cenderung soft dan detail agak kurang.

Review Sharp A2 Lite


Setelah selesai review Sharp A2 Lite, tim Laptophia berpikir: mengapa smartphone ini kurang populer? Padahal ponsel ini dibuat oleh brand yang tidak asing lagi, fitur yang lengkap, dan harga yang cukup kompetitif. Mungkin disebabkan saat awal peluncuran, ponsel Sharp A2 Lite ini dijual dengan harga yang cukup tinggi yakni 2,2 juta. Hal ini membuat konsumen kurang tertarik dengan ponsel andalan Sharp ini. Sekarang ini harga Sharp A2 Lite sudah sangat kompetitif dan layak dipertimbangkan.

Layar

Spesifikasi di atas kertas, layar Sharp A2 Lite memang biasa saja dengan layar sentuh berukuran 5,7 inci yang mengusung resolusi HD+, serta berteknologi IPS. Namun saat tim Laptophia menjajal langsung ponsel ini, ternyata kualitas layarnya di luar dugaan. Layar ponsel Sharp A2 Lite ini mampu menghasilkan warna yang sangat vivid dan nyaman di mata, kontras yang tinggi, dan cukup terang.

Kualitas layar Sharp A2 Lite ini bisa dikatakan di atas rata-rata di kelas entry-level. Respon touchscreen Sharp A2 Lite cukup gegas, tetapi bukan yang terbaik. Viewing angle layar Sharp A2 Lite sangat luas. Saat digunakan di bawah sinar matahari, performa layar Sharp A2 Lite ternyata standar saja dan masih memadai untuk kebutuhan sehari-hari.
Baca juga:Asus Zenfone 5 ZE620KL Review: Si Cantik Berkamera Flagship!

Performa

Pada review Sharp A2 Lite, sisi performa bisa dikatakan pas-pasan untuk kelas entry-level. Smartphone ini didukung SoC (System on Chip) MediaTek MT6737H yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB, serta diperkuat grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-T720.

Spesifikasi dapur pacu Sharp A2 Lite ini memang agak ketinggalan karena masih mengandalkan chipset lawas. Sedangkan para pesaingnya sudah mengusung SoC yang lebih powerful seperti Qualcomm Snapdragon 425 atau MediaTek Helio A22. Meski demikian, Sharp A2 Lite ini masih memadai untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Optimasi yang baik membuat ponsel ini jarang lag meski banyak aplikasi sudah terinstal, serta buka tutup aplikasi berjalan mulus.

Bagaimana performa Sharp A2 Lite untuk bermain game? Tim Laptophia kurang merekomendasikan ponsel Sharp A2 Lite ini untuk memainkan game Android terkini. Meski demikian, Sharp A2 Lite masih mampu memainkan beberapa game seperti AOV, Mobile Legends, dan sebagainya dengan setting grafis yang diturunkan agar permainan berjalan mulus.

Audio

Sharp A2 Lite dibekali dengan speaker pada sisi belakang. Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker ponsel ini sama dengan kebanyakan smartphone murah, yakni agak cempreng dengan didominasi oleh treble. Beruntung, volume suaranya cukup kencang. Posisi speaker yang menghadap ke belakang membuat output suara tertutup saat ponsel diletakkan. Saat mendengarkan musik menggunakan headset, kualitas suara Sharp A2 Lite cukup memuaskan untuk kelas entry-level.

Baterai

Salah satu keunggulan pada review Sharp A2 Lite ini adalah kapasitas baterainya yang besar, yakni mencapai 4000mAh. Konon, smartphone ini dapat digunakan sebagai power bank. Berdasarkan pengalaman selama review ponsel ini, daya tahan baterai Sharp A2 Lite mampu bertahan hingga seharian penuh dengan penggunaan yang sangat intensif untuk sosial media, streaming, dan kamera.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL: Baterai Tahan Lama, Pas Digenggam

Memori

Smartphone kekinian dengan harga termurah Sharp A2 Lite ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 23,17GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,4 – 1,6GB. Smartphone ini telah mendukung USB OTG dengan port microUSB.

Kesimpulan

Secara umum, Sharp A2 Lite ini merupakan salah satu smartphone kekinian entry-level yang sangat menarik. Kamera ganda yang diusungnya memiliki kualitas yang baik, baterai berkapasitas besar, layar dengan kualitas di atas rata-rata, dan fitur yang terbilang lengkap. Sayangnya, Sharp A2 Lite ini masih mengusung hybrid slot dan menggunakan sistem operasi Android 7.0 Nougat yang sudah mulai ketinggalan. Selain itu, performa Sharp A2 Lite terbilang standar di kelasnya.

Kelebihan Sharp A2 Lite

  • Kualias layar di atas rata-rata
  • Kamera ganda dengan wide-angle
  • Baterai kapasitas besar
  • Harga kompetitif

Kekurangan Sharp A2 Lite

  • Hybrid slot
  • Masih Android 7.0 Nougat
  • Performa standar

Harga Sharp A2 Lite

Sharp A2 Lite merupakan sebuah smartphone kekinian kelas entry-level yang sebenarnya sangat menarik. Harga Sharp A2 Lite terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.499.000. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar atau kebijakan seller. Berdasarkan hasil review Sharp A2 Lite yang telah dilakukan oleh tim Laptophia, smartphone murah meriah ini menunjukkan impresi yang cukup baik.

Ponsel andalan Sharp ini tampil dengan fitur kekinian, layar berkualitas, kamera ganda, daya tahan baterai yang lama, dan fitur yang lengkap. Sulit mencari pesaing sepadan Sharp A2 Lite xdengan harga yang sama. Secara umum, Sharp A2 Lite merupakan salah satu smartphone yang layak dipertimbangkan di kelas entry-level dengan harga di bawah Rp 1,5 juta.
Anda dapat membeli atau cek promo Sharp A2 Lite di Sini (Klik)

Spesifikasi Sharp A2 Lite

  • Sistem Operasi Android 7.0 Nougat dengan antarmuka Smile UX UI
  • Chipset MediaTek MT6737H dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,3GHz
  • Grafis Mali-T720
  • Kamera ganda 13 megapiksel + 5 megapiksel (wide angle, 120 derajat FoV), sensor BSI, autofokus, sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.2 dengan dilengkapi LED flash. Kamera depan 8 megapiksel fixed focus, sensor BSI, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh 5,7 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1440 x 720 pixels, kerapatan 282 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Sharp Natural Aqua Screen
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor, face ID
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 152.3 x 72.4 x 8.8 mm dengan berat 148 gram
  • Baterai 4000mAh non-removable
  • Warna Midnight Black dan Premium Gold
Anda mungkin suka:Review Motorola Moto G5S Plus: Masih Bertaring dengan RAM 4GB dan NFC!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!