eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Xiaomi Redmi S2: Smartphone Selfie Terbaik di Bawah 2 Juta!

Review Xiaomi Redmi S2: Smartphone Selfie Terbaik di Bawah 2 Juta! – Smartphone Xiaomi Redmi S2 memang bukan sebuah smartphone keluaran terbaru di Indonesia. Namun, ponsel ini masih sangat diminati oleh konsumen di tengah serbuan brand pendatang baru seperti Realme dan Honor. Kemampuan kamera depan yang sangat menonjol ditandemkan dengan penampilan yang menarik memang menjadi kunci utama Xiaomi Redmi S2 menrik perhatian konsumen.

Tren selfie memang masih Spesifikasi yang diusung oleh Xiaomi Redmi S2 sendiri masih terbilang di atas rata-rata dengan mengandalkan sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 625. Bandingkan dengan para pesaingnya yang masih berkutat dengan Snapdragon 4xx atau MediaTek Helio P22. Lalu sehebat apakah smartphone selfie terbaik di bawah 2 juta ini? Simak ulasan review Xiaomi Redmi S2 oleh tim Laptophia kali ini!


Paket Pembelian Xiaomi Redmi S2

Paket Pembelian Xiaomi Redmi S2
  • Unit Xiaomi Redmi S2 Rose Gold
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Asus X441MA, Laptop Murah Paling Cocok untuk Pelajar

Desain Xiaomi Redmi S2

Desain Xiaomi Redmi S2

Desain Xiaomi Redmi S2
Sisi desain memang bukan hal yang ditojolkan pada review Xiaomi Redmi S2. Jika dilihat dari sisi depan, smartphone Redmi S2 ini tampak seperti seri Redmi lainnya yang mengandalkan layar aspek raiso 18:9 dengan ukuran bezel yang agak tebal. Jika dilihat dari belakang, Laptophia menilai Xiaomi Redmi S2 terlihat cukup cantik dengan sudut yang membulat atau rounded yang dipercantik dengan adanya antenna line pada sisi atas dan bawahnya.

Kamera ganda yang berada di sisi belakang tersusun secara vertikal dan mengapit LED flash, serupa dengan Redmi Note 5. Sayangnya, modul kamera belakangnya terlalu menonjol atau protruding. Hal ini dapat membuat kaca lensa kamera belakang tergores. Saat sudah dipasang softcase bawaan, modul kamera belakangnya masih menonjol. Xiaomi Redmi S2 ini dibalut dengan casing berbahan plastik. Hal ini membuatnya jauh dari kesan mewah.

Meski mengandalkan balutan casing berbahan plastik, build quality Xiaomi Redmi S2 ini masih terbilang cukup solid. Tak hanya itu, dimensi smartphone Xiaomi Redmi S2 ini terbilang sangat tipis di kelasnya. Meski sangat tipis, Xiaomi Redmi S2 masih cukup nyaman digenggam. Hal ini tak lepas dari kapasitas baterainya yang berada di angka 3000mAh. Dimensi smartphone Redmi S2 ini kurang lebih setara dengan smartphone berlayar 5,5 inci, sehingga masih relatif cukup nyaman digenggam.
Baca juga:Review Realme 2: Pendatang Baru yang Memesona
Desain Xiaomi Redmi S2

Desain Xiaomi Redmi S2
Pada Xiaomi Redmi S2 review kali ini, sisi depan ponsel terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar HD+ 2.5D berukuran 5,99 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Redmi S2 ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone selfie terbaik Xiaomi Redmi S2 sudah berkontur 2.5D tanpa dukungan atau perlindungan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass dan sejenisnya. Laptophia menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Xiaomi Redmi S2 agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Xiaomi Redmi S2 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis dedicated slot atau triple slot. Sisi atas ponsel selfie andalan Xiaomi ini terdapat port audio 3,5mm, infrared blaster, dan microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi S2 ini terdapat kamera belakang ganda, LED flash yang diapit kedua kameranya, sensor sidik jari, dan logo Xiaomi. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan smartphone Mi8 Lite ini menempatkan port microUSB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Xiaomi Redmi S2

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Antarmuka Xiaomi Redmi S2

Software & Antarmuka Xiaomi Redmi S2
Pada review Xiaomi Redmi S2 kali ini, sisi perangkat lunak atau software bisa dikatakan menjadi salah satu keunggulannya. Sama seperti smartphone Xiaomi lainnya, Redmi S2 ini menggunakan antarmuka MIUI yang sarat akan fitur. Saat pertama kali Laptophia hidupkan, ponsel ini menggunakan MIUI 9.5 dan kemudian mendapat upgrade ke MIUI 10. Xiaomi Redmi S2 menggunakan basis sistem operasi Android 8.1 Oreo. Tak diketahui apakah ponsel selfie ini akan mendapat upgrade ke Android 9.0 Pie atau tidak.

Seperti biasa, kita akan disuguhi tampilan antarmuka khas MIUI yang terdiri dari Lockscreen dan Homescreen saja, tanpa kehadiran App Drawer. Semua aplikasi yang terinstal di smartphone kekinian Redmi S2 ini langsung tampil di Homescreen. MIUI 10 ini membawa dukungan tampilan volume dan brightenss baru, serta tampilan recent apps yang lebih mengakomodasi layar 18:9.

Seperti yang sudah kita ketahui, MIUI yang digunakan Xiaomi Redmi S2 ini menawarkan banyak fitur kostumisasi tampilan agar pengguna tak gampang bosan. Kita dapat mengatur animasi, theme, wallpaper, dan banyak lagi. Hampir setiap elemen MIUI dapat diatur dan kita dapat mengunduh theme atau wallpaper melalui menu yang disediakan.
Baca juga:Asus Zenfone Max Pro M1: Born With Gaming DNA
Satu hal yang Laptophia sukai dari MIUI adalah fitur yang sangat lengkap dan tersedia mulai dari smartphone flagship hingga kelas bawah seperti Redmi S2. Smartphone selfie ini dibekali dengan fitur yang lengkap, sebut saja Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Lite Mode, App Lock, dual apps, split screen, dan dual space.

Aplikasi bawaan pada review Xiaomi Redmi S2 kali ini bisa dikatakan agak banyak dari biasanya. Saat pertama kali Laptophia menghidupkan smartphone selfie terbaik ini sudah terintal Google Apps, Microsoft Apps (Word, Excel, Power Point, Skype, dan Outlook), Amazon, Picmix, dan Caping. Aplikasi yang tidak digunakan bisa dihapus untuk menambah ruang penyimpanan internal.

Secara umum, MIUI yang terinstal di smartphone Xiaomi Redmi S2 ini menawarkan fitur yang terbilang lengkap di kelasnya, dukungan update secara regular, performa yang smooth, dan menu kostumisai yang lengkap. Beberapa orang kurang menyukai MIUI karena konsumsi RAM yang agak banyak. MIUI juga menampilkan iklan yang agak mengganggu, tetapi dapat dihilangkan dengan cara yang dibahas di sini.

Benchmark Xiaomi Redmi S2

CPU-Z Xiaomi Redmi S2
CPU-Z Xiaomi Redmi S2

Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi S2
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi S2
Benchmark AnTuTu v7.1 .1 Xiaomi Redmi S2
Benchmark AnTuTu v7.1 .1 Xiaomi Redmi S2

Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Redmi S2
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Redmi S2
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi S2
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi S2
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi S2
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi S2
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Redmi S2
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Redmi S2
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Xiaomi Redmi S2
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Xiaomi Redmi S2

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi S2






Foto Siang Hari



Foto Portrait Mode Kamera Belakang




Foto Macro




Foto Malam Hari


Foto Malam Hari dengan LED Flash


Foto Selfie Kamera Depan


Foto Selfie Kamera Depan Portrait Mode

Review Kamera Xiaomi Redmi S2

Pada review Xiaomi Redmi S2 oleh tim Laptophia kali ini, smartphone yang menonjolkan kemampuan kamera selfie ini bersenjatakan kamera belakang ganda resolusi 12 megapiksel + 5 megapiksel (depth sensor) dengan sensor Sony IMX486 berukuran 1/2.9 inci 1.25um piksel ditandemkan dengan lima elemen lensa aperture f/2.2 yang dilengkapi dengan fitur phase-detection autofokus dan LED flash.

Kombinasi kamera ganda pada sisi belakang mampu menghasilkan efek bokeh ala kamera DSLR. Xiaomi Redmi S2 ini dibekali dengan kamera depan berkekuatan 16 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5K3P8SP 1/3.1 inci 1um piksel yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur AI Camera untuk foto selfie yang mumpuni dan efek beautify yang lebih akurat.

Aplikasi kamera yang digunakan oleh Redmi S2 masih sama seperti kebanyakan ponsel andalan Xiaomi lainnya, yakni menggunakan MIUI Camera. Antarmuka kameranya terbilang mudah dimengerti dan menyediakan fitur yang terbilang lengkap. Beberapa mode yang disediakan antara lain adalah Short Video, Video, Photo, Portrait, Square, Panorama, dan manual. Sayangnya, mode manual tidak memungkinkan Laptophia untuk mengatur shutter speed dan focus distance.

Hasil jepretan kamera belakang Xiaomi Redmi S2 saat siang hari ini diluar dugaan Laptophia. Kualitas foto yang dihasilkan mengalami peningkatan jika dibandingkan Redmi 5 atau Redmi 5 Plus. Foto dari kamera Xiaomi Redmi S2 ini mampu menghasilkan warna yang cukup natural, detail yang baik, dan bahkan mampu menghandle detail dedaunan. Dynamic range yang dihasilkan sudah cukup baik, tetapi mode HDR tidak terlalu memberikan perbedaan signifikan.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL: Baterai Tahan Lama, Pas Digenggam
Mode Portrait menjadi keunggulan dari kamera belakang Xiaomi Redmi S2. Foto portrait yang dihasilkan bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Efek bokehnya sangat, tetapi agak keteteran ketika subyeknya bukan manusia. Kecepatan autofokus yang dimiliki oleh kamera ganda Xiaomi Redmi S2 laik mendapat acungan jempol. Saat digunakan foto macro, fokusnya cepat dan akurat. Hasil foto macro Redmi S2 ini juga terbilang memuaskan.

Saat digunakan memotret pada malam hari, performa kamera Xiaomi Redmi S2 ini cenderung medioker. Detail yang dihasilkan merosot cukup drastis dan noise mulai menghiasi foto, serta diperparah warna yang kadang agak pudar. Meski demikian, kualitas fotonya masih bisa diterima untuk diunggah ke sosial media. Sedangkan LED flash yang diusubg oleh Redmi S2 ini terbilang terang dan sangat membantu memotret di tempat kurang cahaya.

Pada review Xiaomi Redmi S2, kamera depan menjadi keunggulan utamanya. Smartphone ini mampu menghasilkan foto selfie yang terbaik di kelasnya dan bahkan masih lebih baik jika dibandingkan beberapa smartphone yang lebih mahal. Foto selfie yang dihasilkan detail, memiliki dynamic range yang mantap, dan performanya saat low-light juga bisa diandalkan. Mode portrait kamera depan juga laik mendapat acungan jempol, meski efek bokehnya tidak serapi kamera belakangnya.

Review Xiaomi Redmi S2

Review Xiaomi Redmi S2
Xiaomi Redmi S2 merupakan salah satu smartphone yang masih cukup diminati di kelas 2 juta ke bawah. Hal ini tak lepas dari kemampuan kamera depannya yang sangat menonjol untuk foto selfie dan didukung spesifikasi yang bisa dikatakan mumpuni di kelasnya.

Para pesaing pun bermunculan di kelas yang sama, sebut saja Honor 7A, Realme 2, dan sebagainya, tetapi Redmi S2 ini masih cukup perkasa. Performa Xiaomi Redmi S2 sendiri masih di atas rata-rata dengan sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 625 dikawinkan dengan RAM 3GB.

Layar

Pada review Xiaomi Redmi S2 kali ini, sekot layar memang cenderung standar dengan mengusung ukuran 5,99 inci yang menggunakan teknologi panel IPS resolusi HD+. Meski resolusinya terbatas di HD+, kualitas layarnya terbilang cukup baik. Layar Xiaomi Redmi S2 ini mampu menghasilkan warna yang baik, tajam, dan kontras yang dihasilkan oke. Respon touchscreen Redmi S2 ini Laptophia rasa kurang gegas atau sensitif.

Viewing angle layar Xiaomi Redmi S2 ini terbilang luas, khas teknologi panel IPS. Sayangnya, saat digunakan di bawah sinar matahari, performa layar ponsel selfie terbaik di kelas 2 juta-an ini cenderung pas-pasan. Layar Redmi S2 juga belum dilengkapi dengan proteksi antigores seperti Gorilla Glass, sehingga sangat dianjurkan untuk memasang tempered glass.
Baca juga:Review Samsung Galaxy A7 2018: Mewah dengan Triple Camera!

Performa

Smartphone Xiaomi Redmi S2 ini mengandalkan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 625 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB atau 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 506. Varian resmi yang beredar di Indonesia hanya dibekali RAM sebesar 3GB saja.

Performa Xiaomi Redmi S2 secara umum sudah sangat memadai atau lebih dari cukup untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Saat sudah terinstal banyak aplikasi sosial media, Redmi S2 masih menunjukkan kinerja yang smooth. Perpindahan menu dan buka tutup aplikasi berjalan sangat smooth, nyaris tanpa lag yang mengganggu. Snapdragon 625 yang digunakan ponsel ini juga terbilang dingin dan hemat konsumsi daya.

Bagaimana performa untuk gaming? Pada review Xiaomi Redmi S2 kali ini memang gaming tidak ditonjolkan, tetapi sokongan grafis dari Adreno 506 yang digunakannya masih mamou memainkan game-game Android terkini tanpa kendala. Tentunya, pada beberapa game berat seperti PUBG Mobile, setting grafisnya perlu diturunkan.

Audio

Xiaomi Redmi S2 dibekali dengan sebuah loudspeaker pada sisi bawahnya, sehingga tidak terhalang ketika ponsel di letakkan. Keluaran suara speaker smartphone selfie andalan Xiaomi ini ternyata di luar dugaan Tuxlin Blog, suaranya terbilang jernih dan kencang. Meski suaranya didominasi oleh treble, tetapi bass masih sedikit terdengar.

Saat Laptophia menjajalnya untuk mendengarkan musik menggunakan headphone Sennheiser HD 202 II, kualitas suaranya terbilang solid dan bass-nya cukup kuat dan mendalam. Kita juga dapat mengaktifkan fitur Mi Enhancer untuk meningkatkan kualitas suara dan melakukan kostumisasi melalui equalizer.

Baterai

Berbeda dengan sudaranya yang dibekali baterai kapasitas besar, smartphone selfie terbaik Xiaomi Redmi S2 ini mengandalkan baterai berkapasitas 3080mAh saja tanpa dukungan fitur fast charge. Siapa sangka baterai berkapasitas standar tersebut mampu menghidupi Xiaomi Redmi S2 hingga hampir seharian dengan penggunaan sosial media yang cukup intensif.
Baca juga:Xiaomi Mi In-Ear Pro HD Triple Driver Review: Kualitas Suara Mantap!

Memori

Smartphone selfie terbaik di bawah 2 juta alias Xiaomi Redmi S2 ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 22,37GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,7 – 1,8GB. Smartphone ini telah mendukung USB OTG dengan port microUSB.

Kesimpulan

Secara umum, Laptophia meraa tak berlebihan menyebut Xiaomi Redmi S2 merupakan salah satu smartphone selfie terbaik dengan harga di bawah 2 juta. Tak hanya kamera depannya yang mumpuni, kamera belakang ganda Xiaomi Redmi S2 ini juga di atas rata-rata. Perform ponsel ini sudah sangat mencukupi kebutuhan dan didukung fitur yang lengkap. Mungkin casing plastik dn absennya kemampuan merekam video 4K menjadi kekurangan Xiaomi Redmi S2 menurut Laptophia.

Kelebihan Xiaomi Redmi S2

  • Kamera depan terbaik untuk selfie di kelasnya
  • Kamera belakang bisa diandalkan
  • Triple slot
  • Dimensi tipis

Kekurangan Xiaomi Redmi S2

  • Belum bisa rekam video 4K
  • Kamera belakang terlalu menonjol
  • Casing plastik

Harga Xiaomi Redmi S2

Xiaomi Redmi S2 merupakan salah satu smartphone selfie terbaik di kelasnya saat ini dengan kemampuan kamera depan yang handal. Harga Xiaomi Redmi S2 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah kisaran Rp 1,9 juta. Bahkan ada yang yang bergaransi distributor yang menjualnya dengan harga lebih murah. Berdasarkan hasil review Xiaomi Redmi S2 yang telah tim Laptophia lakukan menunjukkan hasil yang sangat positif.

Smartphone ini menawarkan kemampuan kamera selfie terbaik di kelasnya dan kamera belakang yang cukup mumpuni. Performa smartphone Xiaomi Redmi S2 juga sudah sangat memadai untuk kebutuhan komunikasi masa kini. Jelas, Xiaomi Redmi S2 masih sangat laik dipertimbangka, terutama bagi konsumen yang gemar berfoto selfie.
Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Redmi S2 DI SINI (Klik) atau DI SINI (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi S2

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 10
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 625 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 2GHz
  • Grafis Adreno 506
  • Dual kamera belakang 12 megapiksel + 5 megapiksel, sensor Sony IMX486 1/2.9 inci 1,25um piksel, aperture f/2.2, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash. Kamera depan 16 megapiksel sensor Samsung ISOCELL S5K3P8SP 1/3.1 inci 1um piksel, lenasa aperture f/2.0, sensor BSI 2um piksel, fixed focus
  • Layar sentuh 5,99 inci 2.5D, aspek rasio 18:9 dengan resolusi HD+ 720 x 1440 pixels, kerapatan 269 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor, face unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 160.7 x 77.3 x 8.1 mm dengan berat 170 gram
  • Baterai 3080mAh non-removable
  • Warna Rose Gold, Champagne Gold, dan Platinum Silver
Anda mungkin suka:Mifa A20 Review: Desain Mewah dengan Kualitas Suara Wah!