eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus X441MA, Laptop Murah Paling Cocok untuk Pelajar

Review Asus X441MA, Laptop Murah Paling Cocok untuk Pelajar – Kiprah Asus di pasar laptop dan notebook di tanah air dan dunia memang tak perlu diragukan lagi. Penguasa pasar laptop Indonesia ini telah menghadirkan pelbagai lini produk yang membidik hampir semua segmen konsumer. Salah satu seri entry-level yang cukup menarik perhatian Laptophia adalah Asus X441MA yang berasal dari keluarga Vivobook Max.

Laptop Asus X441MA ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan dibekali dengan spesifikasi yang cukup bersahaja. Dukungan Intel Celeron N4000 generasi Gemini Lake menjadi tulang punggung laptop murah ini membuatnya cukup memadai untuk komputasi sehari-hari. Tak hanya itu, Asus X441MA ini sangat cocok untuk pelajar karena harga yang terjangkau dan performanya memadai untuk menangani tugas-tugas sekolah. Sehebat apakah laptop yang paling cocok untuk pelajar ini? Simak review Asus X441MA oleh tim Laptophia!

Paket Pembelian Asus X441MA

Paket Pembelian Asus X441MA
  • Unit Asus X441MA Silver Gradient
  • Charger
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Backpack atau tas
Baca juga:Asus Zenfone Max Pro M1: Born With Gaming DNA

Desain Asus X441MA

Desain Asus X441MA

Desain Asus X441MA
Penampilan atau desain fisik memang bukan hal yang diunggulkan pada review Asus X441MA. Ini bisa dimaklumi mengingat notebook ini dibandrol dengan harga yang terjangkau. Asus Indonesia membekali Vivobook Max X441MA ini dengan penampilan yang cukup menarik. LID cover laptop ini mengusung warna silver karena unit yang Laptophia terima adalah varian warna Silver Gradient. Pada bagian LID cover ini terdapat tekstur brushed metal yang membentuk garis vertikal yang cukup elegan.

Pada bagian interior Asus X441MA, Laptophia disuguhi tampilan keyboard chiclet berwarna hitam dengan palmrest berwarba silver, senada dengan warna LID covernya. Sementara pada bagian bawah layar terdapat dua buah lingkaran speaker grill dengan logo Asus Sonic Master. Touchpad laptop Asus X441MA ini terbilang cukup luas untuk mengakomodasi pengguna dalam mengoperasikan laptop. Sementara layar 14 inci yang diusungnya memang dibekali dengan bezel yang cukup tebal.

Meski material casing pada laptop Asus X441MA ini terbuat dari bahan plastik, tetapi build qualitynya terbilang solid dan terasa cukup kuat. Pada review Asus X441MA kali ini, Laptophia merasakan bobot laptop ini cukup ringan di kelasnya. Sedangkan ketebalannya mencapai 2,1cm, cukup standar untuk sebuah laptop mainstream saat ini. Sebagai informasi, Asus X441MA ini masih dilengkapi dengan DVD-RW drive.
Baca juga:Asus Zenfone 5 ZE620KL Review: Si Cantik Berkamera Flagship!
Desain Asus X441MA

Desain Asus X441MA
Pada review Asus X441MA kali ini, bagian LID cover hanya terdapat logo Asus. Sedangkan pada bagian bawah terdapat stiker Windows, nomor seri laptop, dan informasi teknis singkat lainnya. Pada sisi depan, terdapat dua buah LED indikator dan card reader. Sedangkan pada sisi kanan laptop Asus X441MA terdapat port kenshington lock dan DVD-RW drive. Asus menempatkan aneka port pada sisi kiri yang terdiri dari port power, port LAN, port VGA atau Dsub, lubang exhaust, port USB Type-C, dua port USB type A, dan sebuah port audio combo.

Video Unboxing Asus X441MA

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Performa Asus X441MA

Performa Asus X441MA
Sebagai sebuah laptop entry-level yang cocok untuk pelajar, performa yang ditawarkan oleh Asus X441MA memang cenderung pas-pasan. Laptop Asus Vivobook Max X441MA ini ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4000 generasi Gemini Lake yang mengusung dual-core yang berlari dengan kecepatan standar 1,1GHz dengan fitur TurboBoost hingga 2,6GHz. Laptop ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 4GB DDR4-2133MHz yang dapat di-upgrade hingga maksimal 16GB DDR4 atau sesuai kebutuhan pengguna.

Prosesor Intel Celeron N4000 pada review Asus X441MA kali ini memang merupakan prosesor hemat energi yang memang didesain untuk segmen entry-level. Performa prosesor yang menggunakan nama sandi Gemini Lake ini memang mengalami peningkatan jika dibandingkan pendahulunya. Meski demikian, Laptophia menilai kinerjanya hanya cocok untum komputasi harian seperti browsing, chatting, menikmati konten multimedia atau offfice.

Saat Laptophia menjajal Asus X441MA ini, untuk penggunaan sehari-haru sudah cukup nyaman. Namun, jangan harap laptop ini mampu menangani tugas menengah atau kompleks seperti desain grafis atau editing video dengan lancar. Mengandalkan grafis internal Intel HD Graphics 600 membuat performa grafisnya memadai untuk komputasi dasar saja.

Laptop Asus X441MA ini tidak direkomendasikan untuk memainkan game 3D atau desain grafis yang rumit. Benchmark yang dihasilkan oleh laptop Asus X441MA relatif tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan pesaingnya yang sama-sama ditenagai oleh Intel Celeron N4000.
Baca juga:Review Asus Zenfone 5z: Flagship Murah Berdesain Cantik

Benchmark Asus X441MA


CPU-Z Asus X441MA
CPU-Z Asus X441MA
Benchmark Cinebench R15 Asus X441MA

Benchmark Cinebench R15 Asus X441MA
Benchmark Cinebench R15 Asus X441MA Detail

Benchmark Cinebench R15 Asus X441MA Detail

Benchmark Geekbench 4 Asus X441MA
Benchmark Geekbench 4 Asus X441MA
Benchmark CrystalDiskMark 6.0.2 x64 Asus X441MA

Benchmark CrystalDiskMark 6.0.2 x64 Asus X441MA
Benchmark HD Tune Pro 5.7.0 Asus X441MA
Benchmark HD Tune Pro 5.7.0 Asus X441MA

Review Asus X441MA

Review Asus X441MA
Asus X441MA merupakan sebuah laptop entry-level yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Hal ini terlihat dari harganya yang terjangkau dan fitur yang diusungnya sudah bisa dikatakan lengkap untuk komputasi dasar menurut Laptophia. Berbicara mengenai performa, Asus X441MA ini memang tidak istimewa. Meski demikian, setidaknya laptop murah andalan Asus Indonesia ini ditenagai oleh prosesor generasi baru, yakni Intel Celeron N4000 generasi Gemini Lake.

Layar

Asus membekali laptop X441MA ini dengan layar berukuran 14 inci yang menggunakan teknologi TFT LCD LED (Light Emiting Diode) backlight dengan resolusi 1366 x 768 piksel dengan cakupan warna 45% NTSC. Kualitas layar laptop ini cukup standar. Warna yang dihasilkan terasa kurang nendang dan bahkan terlihat agak pudar. Selain itu, sudut pandang atau viewing angle layar Asus X441MA ini terbatas, sehingga kita harus lurus ke monitor untuk mendapatkan performa yang maksimal dari layarnya.

Kenyamanan

Keyboard Asus X441MA ini sudah mengusung desain chiclet dengan ukuran tuts yang ternyata tidak terlalu besar. Saat digunakan mengetik dalam waku lama, Laptophia merasa sedikit kurany nyaman. Mungkin hal ini disebabkan oleh bentuk tuts yang mengerucut ke atas, sehingga permukaan yang bersentuhan dengan jari menjadi lebih kecil. Beruntung, touchpad yang terdapat pada Asus X441MA ini cukup sensitif, akurat, dan nyaman digunakan.

Perangkat Lunak

Hal yang menjadi kelebihan pada review Asus X441MA kali ini adalah sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 x64 Home original pre-installed. Pengguna tidak perlu lagi merogoh kocek untuk membeli lisensi sistem operasi. Saat pertama kali dihidupkan, Asus X441MA ini dilengkapi dengan beberapa aplikasi bawaan buatan Asus dan ada juga aplikasi antivirus dari McAfee. terdapat aplikasi Ofgice 365 trial yang dapat digunakan secara offline hingga 7 hari.
Baca juga:Review Samsung Galaxy A7 2018: Mewah dengan Triple Camera!

Audio

Laptop khusus pelajar Asus X441MA ini dibekali dengan dua buah speaker stereo. Asus juga mengkombinasikannya dengan teknologi ICEpower dan SonicMaster Audio untuk mengoptimalkan kemampuan speakernya. Juga disediakan aplikasi AudioWizard yang memungkinkan pengguna melakukan tuning audio di X441MA ini. Kualitas suaranya cukup mengejutkan Laptophia. Suara yang dihasilkan cukup kencang dan berkarakter warm, sehingga sangat mendukung pengalaman menikmati konten multimedia seperti video dan musik.

Baterai

Asus X441MA ini dibekali dengan baterai yang berkapasitas tidak terlalu besar, yakni 3 cell 36WHr. Berdasarkan pengalaman yang Laptophia alami saat menguji Asus X441MA, daya tahan baterainya sanggup hingga 3,5 – 4,5 jam dengan penggunaan browsing internet dan office. Penggunaan yang lebih intensif tentu membuat daya tahan baterai laptop menjadi lebih singkat.

Kesimpulan

Secara umum, hasil review Asus X441MA yang telah Laptophia menunjukkan hasil yang positif. Asus X441MA ini dijual dengan harga yang terjangkau, fitur lengkap, dan performanya sudah sangat memadai untuk komputasi sehari-hari. Tak berlebihan jika Laptophia menilai Asus X441MA sebagai salah satu laptop yang paling cocok untuk pelajar. Jelas, Asus X441MA ini merupakan salah satu laptop murah yang layak menjadi pertimbangan konsumen dengan budget Rp 4 juta.

Kelebihan Asus X441MA

  • Harga terjangkau
  • Performa memadai, cocok untuk pelajar
  • Dilengkapi OS Windows 10 asli pre-installed

Kekurangan Asus X441MA

  • Kualitas layar standar
  • Jarak antar port USB terlalu dekat

Harga Asus X441MA

Asus X441MA merupakan salah satu laptop murah kekinian yang sangat cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Harga notebook Asus X441MA terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 4.199.000. Berdasarkan hasil review Asus X441MA yang telah Laptophia lakukan, notebook ini menawarkan performa yang bisa dikatakan cukup memadai untuk komputasi sehari-hari.

Laptophia rasa kinerja yang dihasilkan oleh Celeron N4000 yang menjadi dapur pacu Asus X441MA cukup memenuhi kebutuhan pelajar masa kini. Speaker laptop ini terbilang kencang dan berkualitas. Hanya saja memang kualitas layarnya standar saja dan menawarkan sudut pandang yang terbatas. Asus X441MA ini laik dipertimbangkan untuk pelajar.
Anda dapat membeli atau cek harga promo Asus X441MA di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus X441MA

  • Layar TFT LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi 1366 x 768 piksel, Glare 60Hz Panel dengan 45% NTSC, Asus Splendid
  • Prosesor Intel Celeron N4000 dual-core 1,1GHz dengan 2,6GHz TurboBoost
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel UHD Graphics 600
  • Memori RAM 4GB DDR4 2133MHz, upgradeable max 16GB DDR4
  • Storage hard disk 1TB 5400 rpm
  • Konektifitas WiFi, Port USB 2.0, Port USB 3.0, Port USB 3.1 Type-C, VGA port, Port HDMI, DVD-RW drive
  • Stereo speaker, ICEpower audio, Asus SonicMaster Audio
  • Kamera VGA webcam 
  • Baterai 3 Cells 36 Whrs Battery
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64
  • Dimensi 328.6 x 246.3 x 21.9 mm  berat 1,55kg
  • Warna Silver Gradient, Chocolate Brown, Aqua Blue, White, dan Red
Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL: Baterai Tahan Lama, Pas Digenggam