eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Asus Zenfone 5 ZE620KL Review: Si Cantik Berkamera Flagship!

Asus Zenfone 5 ZE620KL Review: Si Cantik Berkamera Flagship! – Beberapa waktu lalu tim Laptophia telah menyelesaikan review Asus Zenfone 5z. Kini giliran adiknya, Asus Zenfone 5 ZE620KL yang mengusung spesifikasi dan harga di Zenfone 5z. Desain fisik kedua smartphone ini memang sama, sehingga Laptophia merasa mereview ponsel yang sama, meski jeroannya berbeda. Pada dasarnya, Asus Zenfone 5 ZE620KL lebih dulu hadir di pasar Indonesia dan membidik segmen menengah.

Kamera menjadi kekuatan dan daya tarik utamanya karena mengusung spesifikasi setara kamera ponsel flagship. Hal ini terlihat dari penggunaan sensor kamera Sony IMX363 yang banyak digunakan oleh ponsel flagship lainnya. Berbeda dengan Zenfone 5z yang mengandalkan Snapdragon 845, ponsel Asus Zenfone 5 ZE620KL ini hadir dengan sokongan Snapdragon 636, penasaran? Simak ulasan Asus Zenfone 5 ZE620KL review oleh Tim Laptophia kali ini!
Asus Zenfone 5 ZE620KL Review: Si Cantik Berkamera Flagship!

Paket Pembelian Asus Zenfone 5 ZE620KL

Paket Pembelian Asus Zenfone 5 ZE620KL
  • Unit Asus Zenfone 5 ZE620KL Midnight Blue
  • Kepala charger
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Headset In-ear
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Hands On Realme 2: Smartphone Murah Makin Mewah!

Desain Asus Zenfone 5 ZE620KL

Desain Asus Zenfone 5 ZE620KL

Desain Asus Zenfone 5 ZE620KL

Desain smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL memang menarik dan menjadi salah satu keunggulan pada review kali ini. Namun jika diperhatikan lebih seksama, desain Asus Zenfone 5 ZE620KL ini ternyata sama dengan Asus Zenfone 5z. Pabrikan asal Taiwan ini tampaknya ingin menghemat anggaran desain dengan menghadirkan dua smartphone kembar berspesifikasi beda. Terlepas dari penampilannya yang sama dengan Zenfone 5z, Asus Zenfone 5 ZE620KL ini tetap menawarkan desain yang cantik di kelasnya.

Asus Zenfone 5 ZE620KL ini dibalut dengan casing belakang yang terbuat dari kaca. Ketika terkena sinar atau cahaya, maka casing belakang ponsel Zenfone 5 andalan Asus ini akan kilau dari pantulan cahaya yang begitu menawan. Gaya desain cantik seperti ini sebenarnya sudah diterapkan Asus sejak seri Zenfone 3. Sementara pada sisi depan, ponsel Asus Zenfone 5 ZE620KL ini terlihat sangat kekinian dan modern dengan bezel yang sangat tipis dan dilengkapi poni atau notch pada bagian atas layar.

Smartphone Zenfone 5 andalan Asus ini menggunakan frame berbahan metal yang terbilang kokoh dan solid. Sedangkan kaca pada layar depan dan belakang telah mengusung kontur 2.5D dan memiliki kemampuan antigores dari Corning Gorilla Glass. Secara umum, build quality smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL ini sangat mantap di kelasnya dan tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan jajaran smartphone flagship yang ada saat ini.
Baca juga:Edifier H185 Review, Harga Murah Suara Mewah!
Desain Asus Zenfone 5 ZE620KL

Desain Asus Zenfone 5 ZE620KL

Pada Asus Zenfone 5 ZE620KL review kali ini, sisi depan ponsel terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,2 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Zenfone 5 ZE620KL ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Asus Zenfone 5 ZE620KL sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass. Tak diketahui versi berapa, tetapi Laptophia memperkirakan adalah Gorilla Glass 3. Laptophia tetap menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Asus Zenfone 5 ZE620KL agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Asus Zenfone 5 ZE620KL ini. Sedangkan sisi kiri terdapat micrphone, tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Asus ini terdapat microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Asus Zenfone 5 ZE620KL ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara vertikal, dual-tone LED flash yang berada tepat di bawahnya, sensor sidik jari, dan logo Asus. Merek asal Taiwan yang baru saja meluncurkan smartphone gaming ROG Phone ini menempatkan port USB USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Asus Zenfone 5 ZE620KL

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Asus Zenfone 5 ZE620KL

Software & Fitur Asus Zenfone 5 ZE620KL

Keunggulan lain dari Asus Zenfone 5 ZE620KL review kali ini yang tak terlihat malah justru ada pada perangkat lunak atau software. Ponsel ini mengusung spesifikasi perangkat lunak yang sama persis dengan seri flagship Zenfone 5z lengkap dengan fitur-fiturnya. Ponsel Asus Zenfone 5 ini mengandalkan sistem operasi Android 8.0 Oreo yang ditandemkan dengan antarmuka khas Asus, yakni ZenUI 5.0. Melihat track record Asus, kemungkinan besar smartphone Asus Zenfone 5 ini akan mendapat upgrade ke Android 9.0 Pie di masa mendatang.

Tampilan antarmuka Asus Zenfone 5 ZE620KL sama persis dnegan Zenfone 5z dengan Zen UI 5.0 yang khas dan kaya fitur. Seperti biasa, kita akan disuguhi tampilan Lockscreen, Homesceen, dan app drawer yang dapat diakses dengan cara swipe layar ke atas. Bagi pengguna yang kurang suka adanya app drawer, bisa dihilangkan melalui menu setting. Kostumisasi antarmuka Asus Zenfone 5 ZE620KL terbilang lengkap, sebut saja widget, mengelola homescreen, mengganti wallpaper, theme, animasi, dan sebagainya.

Hal yang menarik Laptophia adalah fitur yang diusung oleh Asus Zenfone 5 ini ternyata tak jauh berbeda dengan Zenfone 5z yang terbilang lengkap, yakni Page Marker, Twin Apps, Game Genie, BeautyLive, ZeniMoji, ZenUI Safeguard, AI features, Kids Mode, Easy Mode, Fingerprints gesture, ZenMotion, One hand mode, Pocket mode, Glove mode, Audio Wizard, NFC, Face Unlock, dan banyak lagi. Sedangkan fitur face unlock juga bekerja dengan baik, meski kinerjanya menurun ketika cahaya sekitar kurang memadai.
Baca juga:BlackBerry Aurora Review: Smartphone RAM 4GB Termurah!
Berbeda dengan ponsel Asus generasi sebelumnya yang banyak mengusung aplikasi bawaan atau bloatware, seri Zenfone 5 ini terbilang ramping dan minim bloatware. Aplikasi bawaan yang terdapat pada smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL ini tidak terlalu banyak, yakni hanya Google Apps, beberapa aplikasi proprietary Asus, Babe, Facebook, dan Instagram. Secara umum, antarmuka ponsel Zenfone 5 andalan Asus ini cukup nyaman dan mudah digunakan. Fitur yang diusungnya terbilang lengkap dan performanya sangat smooth.

Benchmark Asus Zenfone 5 ZE620KL


CPU-Z Asus Zenfone 5 ZE620KL
CPU-Z Asus Zenfone 5 ZE620KL
Benchmark Vellamo Asus Zenfone 5 ZE620KL

Benchmark Vellamo Asus Zenfone 5 ZE620KL

Benchmark AnTuTu v7.1 Asus Zenfone 5 ZE620KL

Benchmark AnTuTu v7.1 Asus Zenfone 5 ZE620KL

Benchmark Geekbench 4 Asus Zenfone 5 ZE620KL

Benchmark Geekbench 4 Asus Zenfone 5 ZE620KL

Benchmark PCMark Asus Zenfone 5 ZE620KL

Benchmark PCMark Asus Zenfone 5 ZE620KL

Benchmark 3DMark Asus Zenfone 5 ZE620KL

Benchmark 3DMark Asus Zenfone 5 ZE620KL

Benchmark Basemark OS II Asus Zenfone 5 ZE620KL

Benchmark Basemark OS II Asus Zenfone 5 ZE620KL

Sensorbox for Android & Multitouch Tester Asus Zenfone 5 ZE620KL

Sensorbox for Android & Multitouch Tester Asus Zenfone 5 ZE620KL

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 5 ZE620KL




Foto Siang Hari


Foto Siang Hari dengan Lense Super Wide



 Foto Macro

Portrait Mode kamera belakang





Foto Malam Hari


Foto selfie kamera depan
Hasil foto portrait mode kamera depan

Hasil Rekaman Video Asus Zenfone 5 ZE620KL Full HD


Review Kamera Asus Zenfone 5 ZE620KL

Kemampuan kamera memang menjadi keunggulan utama yang ditawarkan oleh smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL ini. Bahkan, ponsel ini mampu meraih skor DxOMark mencapai 90 poin! Angka ini cukup tinggi mengingat Asus Zenfone 5 adalah smartphone kelas menengah.

Informasi yang Laptophia himpun, ponsel Zenfone 5 ini mengandalkan kamera belakang ganda dengan resolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa aperture f/1.8 yang dilengkapi dengan fitur Dual Pixel phase-detection autofokus, 4-axis OIS (Optical Image Stabilization), dan LED flash.

Kamera ponsel ini menyediakan mode pro dengan long eksposure hingga 32s. Sedangkan kamera kedua mengusung resolusi 8 megapiksel sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel dengan lensa 12 mm aperture f/2.2 super wide angle 120 derajat FoV. Asus membenamkan fitur canggih berbasis AI, yakni AI Scene Detection untuk 16 scene dan objek yang berbeda, AI Photo Learning, Potret Real-time, dan Real-time Beautification.

Kemampuan selfie Zenfone 5 ZE620KL ini cukup mumpuni dengan dukungan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel yang mumpuni dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur Beautify dan AI untuk foto selfie dan video call.

Aplikasi kamera yang diusung oleh Zenfone 5 ini sama persis dengan Zenfone 5z. Antarmukanya cukup intuitif menurut Laptophia dan dilengkapi fitur yang terbilang komplit. Mode yang disediakan juga bervariasi, sebut saja Beauty, Pro, Super Resolution, GIF, Slow-Motion, dan juga Time Lapse. Efek warna atau filter juga disediakan pada aplikasi kamera ponsel ini.
Baca juga:Anker SoundCore Nano Review: Si Kecil Bersuara Jernih!
Berbicara mengenai kualitas jepretan, kamera Asus Zenfone 5 ZE620KL ini ternyata tak jauh berbeda dengan Zenfone 5z. Pada saat digunakan untuk memotret pada siang hari, foto yang dihasilkan sangat memuaskan dengan warna yang cukup punchy, dynamic range yang lebar, dan detail yang terbilang sangat baik. Laptophia menilai kamera ponsel ini setara dengan flagship seperti Zenfone 5z atau Honor 10. Mode HDR juga mampu menunjukkan kinerjanya yang mumpuni dan mendongkrak dynamik range secara signifikan.

Fitur AI pada kamera Zenfone 5 sangat pintar mendeteksi scene dan menawarkan optimasi yang cukup akurat untuk hasil yang terbaik. Kecepatan fokus kamera Asus Zenfone 5 ZE620KL ini terbilang sangat cepat dan akurat. Hal ini Laptophia rasakan saat memotret foto macro. Foto yang dihasilkan oleh ponsel Asus Zenfone 5 ZE620KL laik mendapat acungan jempol dengan fokus yang akurat, detail yang tinggi, dan tone warna yang memuaskan. Kadang memang hasil fotonya agak sedikit oversaturated.

Lensa super wide angle yang diusung oleh Asus Zenfone 5 ZE620KL ini ternyata mampu menghasilkan foto yang cukup baik dengan detail yang bisa dikatakan lumayan. Sedangkan mode portrait dengan menggunakan kamera belakang mampu menghasilkan efek blur yang cukup baik dengan seleksi yang akurat. Saat malam hari, kamera Asus Zenfone 5 ZE620KL ini memang bisa diandalkan dan hasilnya bisa dikatakan di atas rata-rata ponsel di kelasnya.

Hal yang agak disayangkan adalah Asus hanya membekali Zenfone 5 ini dengan kamera depan 8 megapiksel. Hasil jepretan kamera depannya terbilang lumayan, tetapi masih kalah dibanding kompetitornya yang rata-rata sudah mengusung kamera depan dengan resolusi tinggi. Saat menggunakan mode portrait, kamera depan Asus Zenfone 5 ZE620KL ini cukup baik tetapi tak bisa dikatakan istimewa.

Asus Zenfone 5 ZE620KL Review

Asus Zenfone 5 ZE620KL Review

Tak kurang dari sebulan tim Laptophia menggunakan smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL sebagai daily driver dalam rangka menuntaskan proses review. Sebelumnya Laptophia menggunakan Asus Zenfone 5z dan kemudian beralih ke Zenfone 5. Kami tidak merasakan perbedaan yang signifikan dari kedua ponsel ini untuk penggunaan harian. Meski demikian, spesifikasi dapur pacu Asus Zenfone 5 ZE620KL ini lebih inferior ketimbang Zenfone 5z. Smartphone ini masih sangat laik diperhitungkan di kelas menengah dan premium.

Layar

Spesifikasi layar smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL ini sama persis dengan Zenfone 5z yang mengusung resolusi yang mencapai full HD+ dan telah mendukung cakupan warna DCI-P3. Kualitas layar Zenfone 5 bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelasnya.

Laptophia melihat layar Zenfone 5 ini mampu memancarkan warna yang sangat punchy, tajam, dan nyaman di mata. Viewing angle layar ponsel Asus Zenfone 5 ini terbilang sangat luas dan respon touchscreen bisa dikatakan sangat sensitif atau gegas. Saat digunakan di bawah sinar matahari, layar Asus Zenfone 5 ini masih dapat terlihat dengan baik tanpa masalah.

Performa

Sektor performa pada Asus Zenfone 5 ZE620KL review kali ini memang bukan yang paling kencang di kelasnya, tetapi cukup kompetitif. Ponsel ini mengandalkan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 636 yang mengusung prosesor octa-core Kryo 260 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 509.

Selama menggunakan smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL ini, Laptophia tidak mengalami kendala. Pabrikan asal Taiwan ini tampaknya telah melakukan optimasi yang maksimal di ponsel ini sehingga performanya begitu smooth dan sangat nyaman digunakan. Asus Zenfone 5 ZE620KL ini mampu menangani multitasking intensif tanpa lag yang berarti berkat RAM 4GB yang diusungnya.
Baca juga:Hands On Pocophone F1: Performa Tinggi dan Harga Mengesankan, Tapi…
Asus Zenfone 5 ZE620KL ini juga cocok dipilih oleh gamer karena semua game Android terkini dapat dimainkan dengan mulus tanpa kendala. Beberapa game memang perlu penyesuaian setting grafis agar lebih nyaman dimainkan di ponsel ini. Selama Laptophia menggunakan Asus Zenfone 5 ZE620KL, suhu yang dihasilkan hanya hangat saja, meski digunakan bermain game selama berjam-jam.

Audio

Sama seperti seri flagship Zenfone 5z, ponsel Asus Zenfone 5 ZE620KL ini juga dibekali dengan speaker stereo yang terdiri dari loudspeaker pada bagian bawah dan earpiece. Kedua speaker ini menyala saat memainkan musik, tetapi terasa agak aneh karena volume yang keluar dari earpiece cenderung lebih kecil dan didominasi treble.

Meski demikian, kualitas suara secara umum masih bisa dikatakan sedikit di atas rata-rata. Laptophia kemudian memainkan musik dengan menggunakan headphone Sennheiser HD 202 II di ponsel Asus Zenfone 5 ZE620KL, hasilnya? Keluaran suaranya terbilang solid, detail, dan bass serta treble relatif seimbang.

Baterai

Asus Zenfone 5 ZE620KL dibekali baterai berkapasitas 3300mAh yang dilengkapi fitur AI Fast Charge dan mendukung Qualcomm Quick Charge 3.0. Berdasarkan pengalaman, daya tahan baterai Asus Zenfone 5 ZE620KL ini ternyata sedikit lebih unggul ketimbang Zenfone 5z dengan kapasitas baterai yang sama. Rata-rata Asus Zenfone 5 ZE620KL mampu bertahan hingga seharian penuh dengan penggunaan ala Laptophia yang didominasi untuk sosial media dan kamera.

Memori

Smartphone premium Asus Zenfone 5 ZE620KL ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 52,22GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 2,2 – 2,3GB. Smartphone ini telah mendukung USB OTG dengaj port USB Type-C.

Kesimpulan

Secara umum, Asus Zenfone 5 ZE620KL merupakan salah satu smartphone menengah premium yang solid saat ini. Kemampuan kameranya sangat superior dan bisa dikatakan di atas rata-rata. Performa yang dihasilkan memang bukan yang paling kencang, tetapi masih sangat kompetitif. Laptophia juga melihat Asus Zenfone 5 ZE620KL ini tampil dengan desain yang sangat cantik dan kekinian.

Sayangnya, Asus Zenfone 5 ZE620KL ini masih mengandalkan hybrid slot yang mengharuskan pengguna memilih antara dual SIM aktif atau single SIM plus microSD. Selain itu, kamera depan Asus Zenfone 5 ZE620KL ini terbilang sangat pas-pasan dan harus dioptimalkan lagi. Ponsel Asus Zenfone 5 ini masih menjadi pesiang tangguh bagi Huawei Nova 3i, Oppo F9, Vivo V11 Pro, dan juga Xiaomi Mi A2.
Baca juga:Review JBL T205, Headset Keren dengan Kabel Anti Ruwet!

Kelebihan Asus Zenfone 5 ZE620KL

  • Kamera belakang sangat mumpuni
  • Harga kompetitif
  • Desain cantik
  • Fitur lengkap

Kekurangan Asus Zenfone 5 ZE620KL

  • Kemampuan kamera depan kurang
  • Hybrid slot

Harga Asus Zenfone 5 ZE620KL

Asus Zenfone 5 ZE620KL merupakan salah satu smartphone kelas menengah premium yang memiliki kemampuan kamera yang solid di kelasnya. Harga Asus Zenfone 5 ZE620KL terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 4.299.000. Berdasarkan hasil Asus Zenfone 5 ZE620KL review yang telah tim Laptophia lakukan, smartphone ini menawarkan kemampuan kamera yang bisa dikatakan sekelas dengan flagship murah lainnya seperti Honor 10, Pocophone F1, dan juga Zenfone 5z. Performa ponsel Asus Zenfone 5 ZE620KL ini cukup tinggi di kelasnya, meski bukan yang paling kencang.

Panampilan ponsel inii juga terbilang cantik dan kekinian dengan casing kaca yang diusungnya. Sayangnya, Asus Zenfone 5 ZE620KL mengusung hybrid slot dan kemampuan kamera depan kurang mumpuni. Terlepas dari kekurangan tersebut, Laptophia menilai Asus Zenfone 5 ZE620KL salah satu smartphone yang paling laik dipertimbangkan di kelas menengah saat ini.
Anda dapat membeli atau cek harga Asus Zenfone 5 ZE620KL di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus Zenfone 5 ZE620KL

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 636 dengan prosesor octa-core Kryo 260 dengan kecepatan 1,8GHz
  • Grafis Adreno 509
  • Kamera ganda 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4 um piksel, lensa 24mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, EIS, 4 axis OIS, dual-tone LED flash. Kamera kedua 8 megapiksel dengan sensor BSI, lensa 12mm wide-angle
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI, lensa 24mm aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,2 inci, dengan resolusi Full HD+ 2246 x 1080 pixels, kerapatan 402 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel Super IPS+, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 4GB, ROM 64GB, dilengkapi slot microSD max 2TB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, GPS, dual SIM, NFC, fingerprint sensor, face unlock, port audio 3,5mm, stereo speaker
  • Dimensi 153 x 75.7 x 7.9 mm berat 155 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3300mAh, non-removable
  • Warna Midnight Blue dan Meteor Silver
Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone 5z: Flagship Murah Berdesain Cantik