eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Hands On Realme 2: Smartphone Murah Makin Mewah!

Hands On Realme 2: Smartphone Murah Makin Mewah! – Nama Realme akhir-akhir ini memang sukses menyedot perhatian, tak hanya pemerhati teknologi dan gadget, tetapi juga konsumen. Realme adalah submerk atau subbrand dari Oppo yang hadir dengan konsep produk yang berbeda. Pabrikan asal Tiongkok ini ingin menghadirkan spesifikasi yang gahar dengan balutan desain kekinian, dan dibandrol dengan harga murah.

Hal itulah yang menjadi ilham dibalik lahirnya Realme dan akhirnya menginvasi pasar Indonesia. Realme 2 adalah salah satu dari tiga produk yang meluncur di pasar tanah air dan sukses mendarat di Laptophia HQ. Tak hanya mengandalkan harga yang terjangkau, Realme 2 juga hadir dengan desain yang mewah dan cantik berkat finishing diamond cut pada casing belakangnya, penasaran? Simak ulasan unboxing & hands on Realme 2 oleh tim Laptophia kali ini!

Perlengkapan Realme 2

Perlengkapan Realme 2
  • Unit Realme 2 RAM 3GB ROM 32GB Diamond Black
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Edifier H185 Review, Harga Murah Suara Mewah!

Unboxing & Hands On Realme 2


Sejak muncul kabar kehadiran smartphone Realme di Indonesia, tim Laptophia cukup penasaran mengenai performa dan kemampuan kameranya. Subbrand Oppo ini ternyata sukses menarik perhatian konsumen India dalam waktu singkat, sehebat apakah dia? Kurang lebih dua hari yang lalu paket berisi smartphone Realme 2 telah mendarat di markas Laptophia dengan selamat. Tim kami langsung melakukan unboxing untuk mengetahui perlengkapan apa saja yang ada dalam paket pembeliannya.

Saat pertama kali menggenggam smartphone Realme 2 ini, Laptophia cukup terkejut karena feel-nya memang terasa cukup mewah. Hal ini tak lepas dari finishing mirip kaca pada casing belakangnya dengan motif mirip permata. Realme sendiri menyebutnya sebagai diamond cut design. Setelah Laptophia telisik lebih jauh, casing belakang yang mengkilap pada Realme 2 tampaknya terbuat dari plastik. Frame ponsel Realme 2 ini juga terasa kuat dan solid ini ternyata juga terbuat dari material plastik.

Terlepas dari material yang digunakan, Realme 2 ini terasa cukup mewah saat digenggam dan tak terlihat murahan. Smartphone ini terlihat menarik dan kekinian berkat dukungan poni atau notch pada bagian atas layar dan didukung bezel yang terbilang sangat tipis di kelasnya. Bahkan, pabrikan asal Tiongkok ini mengatakan bahwa screen to body ratio Realme 2 ini mencapai lebih dari 80%. Secara umum, build quality Realme 2 terbilang mantap dan solid di kelasnya.
Baca juga:Review SPC Noah Sound NS1, Speaker Outdoor Dengan Suara Asli Ariel Noah
Unboxing & Hands On Realme 2

Sisi depan smartphone Realme 2 ini terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar HD+ 2.5D berukuran 6,2 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Realme 2 besutan Oppo ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Realme 2 sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 3 yang cukup tangguh menahan goresan. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Realme 2 agar tak mudah tergores.

Tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme 2 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat volume rocker, tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis triple slot atau dedicated slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Realme 2 ini tidak terdapat tombol atau port apapun.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme 2 ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara horizontal, LED flash di sisi kanannya, sensor sidik jari, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang merupakan subbrand atau sub merk Oppo ini menempatkan port microUSB, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Mengenal Realme 2


Sebelumya Laptophia telah membahas detail mengenai spesifikasi yang diusung oleh Realme 2. Ponsel yang tak lain adalah subbrand Oppo ini mengandalkan sokongan  layar sentuh berukuran 6,2 inci yang disematkan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi HD+ 720 x 1520 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 402 piksel per inci yang cemerlang, serta dilindungi oleh lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 3.

Soal kinerja, smartphone Realme 2 ini sangat kompetitif jika dibandingkan Redmi 6 atau Asus Zenfone Max M1 menurut Laptophia, karena mengandalkan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 450 SDM450 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB atau 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 506 untuk performa yang kompetitif.

Sektor kamera, smartphone dengan casing belakang berdesain diamond cut ini cukup menarik menurut Laptophia dengan mengandalkan kamera belakang ganda berkekuatan 13 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor) dengan lensa aperture f/2.2 yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/3 inci 1.12um piksel, phase-detection autofokus, dan LED flash. Kombinasi kamera ganda ini diklaim mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang menawan.

Kamera depan Realme 2 cukup memadai dengan dukungan kamera resolusi 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci dengan lensa aperture f/2.2 berukuran ditandemkan dengan fitur canggih AI Beauty 2.0 yang lebih cerdas dalam menerapkan efek beautify sesuai dengan karakter pengguna karena mampu mendeteksi 296 titik wajah.
Baca juga:Review JBL T205, Headset Keren dengan Kabel Anti Ruwet!
Smartphone Realme 2 ini dibekali dengan baterai berkapasitas besar di kelasnya, yakni 4230mAh tanpa kehadiran fitur fast charging untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Sisi perangkat lunak, smartphone Realme 2 ini menggunakan OS Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Color OS 5.1. Yak diketahui apakah ponsel ini akan mendapat upgrade ke Android 9.0 Pie atau tidak.

Smartphone 4G LTE kekinian berkamera ganda Realme 2 ini dibekali dengan memori internal berkapasitas 32GB atau 64GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB tipe dedicated slot. Sektor fitur keamanan, Realme 2 ini cukup lengkap dengan dukungan fitur keamanan sensor sidik jari dan Face Unlock.

Video Unboxing Realme 2

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Impresi Awal Realme 2

Impresi Awal Realme 2

Bagaimana impresi awal tim Laptophia pada ponsel Realme 2 ini? Sejak awal kehadirannya, kami cukup antusias. Setelah ponsel mendarat dan kami gunakan selama beberapa hari terakhir ini, impresinya cukup baik. Laptophia terkesan dengan penampilannya yang cukup mewah dengan build quality yang tak bisa dipandang sebelah mata. Tak heran jika Laptophia menyebut Realme 2 sebagai salah satu smartphone harga Rp 2 juta-an tercantik saat ini.

Layar Realme 2 memang hanya mengandalkan resolusi HD+ dengan ukuran yang terbilang luas, yakni mencapai 6,2 inci berteknologi IPS. Namun, setelah melihat secara langsung ternyata layar ponsel ini terbilang berkualitas. Layar Realme 2 ini mampu menghasilkan reproduksi warna yang baik dan tajam, padahal resolusinya hanya HD+. Perlindungan dari Corning Gorilla Glass menjadi salah satu daya tarik Realme 2 ini menurut Laptophia.
Baca juga:Review Asus Zenfone 5z: Flagship Murah Berdesain Cantik
Berbicara mengenai performa, smartphone Realme 2 ini bisa dikatakan sangat kompetitif berkat sokongan SoC Snapdragon 450 yang notabene performa ya 11 – 12 dengan Snapdragon 625. Saat Laptophia menggunakan ponsel ini, memang tidak ada kendala performa. Semua berjalan mulus tanpa lag yang mengganggu. Jeda atau lag hanya muncul saat Laptophia membuka hasil foto beberapa saat setelah foto diambil.

Sedangkan impresi awal kamera Realme 2 saat siang hari cukup bersaing menurut Laptophia. Foto yang dihasilkan sekilas terlihat cukup memuaskan dengan warna yang mendekati natural, meski kadang agak warm. Mode portrait juga sekilas cukup memuaskan dengan separasi yang terbilang rapi. Tentunya diperlukan review mendalam untuk mengetahui performa sebenarnya dari smartphone Realme 2 ini. Tunggu review lengkapi ponsel Realme 2 ini di Laptophia!

Sampel Hasil Foto Realme 2







Harga Realme 2

Realme 2 merupakan salah satu smartphone entry-level dan menengah yang cukup menarik perhatian karena desainnya yang begitu mewah. Harga Realme 2 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.999.000 atau tepatnya Rp 2 juta untuk varian 3GB/32GB. Sedangkan harga Realme 2 varian tertinggi dengan RAM 4GB dan ROM 64GB lebih mahal, yakni Rp 2.399.000.

Berdasarkan ulasan unboxing dan hands on yang telah Laptophia lakukan, Realme 2 ini mampu menunjukkan kualitasnya sebagai smartphone murah yang menarik. Desain yang mewah dengan build quality yang mantap menjadi daya tarik utama Realme 2. Secara umum, Realme 2 ini laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan ponsel cantik dengan harga Rp 2 juta-an.
Anda dapat membeli atau cek harga Realme 2 di Sini (Klik)

Spesifikasi Realme 2

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Color OS 5.1
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 450 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,8GHz
  • Grafis Adreno 506
  • Kamera belakang ganda 13 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor) dengan sensor BSI CMOS, lima elemen lensa aperture f/2.2, phase-detection autofokus, LED flash. Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.2, AI Beauty 2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,2 inci, dengan resolusi HD+ 720 x 1520 pixels, kerapatan 271 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 3GB atau 4GB, ROM 32GB atau 64GB dilengkapi slot microSD max 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port MicroUSB, USB OTG, GPS, dual SIM, face unlock, fingerprint sensor, port audio 3,5mm
  • Dimensi 156.2 x 75.6 x 8.2 mm berat 168 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 4230mAh, non-removable
  • Warna Diamond Black, Diamond Red, dan Diamond Blue
Anda mungkin suka:BlackBerry Aurora Review: Smartphone RAM 4GB Termurah!