eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Motorola Moto G5S Plus: Masih Bertaring dengan RAM 4GB dan NFC!

Review Motorola Moto G5S Plus: Masih Bertaring dengan RAM 4GB dan NFC! – Smartphone Motorola Moto G5S Plus bukanlah sebuah produk baru. Ponsel canggih kelas menengah ini sudah meluncur di Indonesia sejak September 2017 dan mampu menarik perhatian konsumen. Laptophia awalnya tidak tertarik untuk mengulas ponsel Motorola Moto G5S Plus, tetapi setelah mendapat promo 11.11 di Lazada Indonesia dengan harga yang sangat menggiurkan, Laptophia memutuskan untuk mengangkat kembali review Motorola Moto G5S Plus.

Smartphone andalan Motorola ini termasuk canggih di masanya dengan dukungan kamera belakang ganda, fitur NFC, TurboPower fast charging, RAM 4GB, dan banyak lagi. Lalu apakah smartphone Motorola Moto G5S Plus masih layak dipertimbangkan? Simak review Motorola Moto G5S Plus oleh tim Laptophia kali ini!

Paket Pembelian Motorola Moto G5S Plus

Paket Pembelian Motorola Moto G5S Plus
  • Unit Motorola Moto G5S Plus Lunar Grey
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Headset
  • Manual
  • Kartu garansi
  • SP Indosat Ooredoo
Baca juga:Review Asus VivoBook S430UN: Si Cantik Ergolift Berkinerja Tinggi

Desain Motorola Moto G5S Plus

Desain Motorola Moto G5S Plus

Desain Motorola Moto G5S Plus
Pada review Motorola Moto G5S Plus kali ini, mungkin banyak yang menilai bahwa ponsel ini sudah ketinggalan lantaran masih mengusung layar aspek rasio 16:9. Sedangkan smartphone modern sekarang ini sudah mengusung layar memanjang dengan aspek rasio 18:9. Tim Laptophia memiliki pendapat lain soal penampilan fisik dari Motorola Moto G5S Plus ini. Smartphone ini hadir dengan desain khas Motorola yang unik dan terlihat elegan. Desain kamera belakang ganda yang agak menonjol menambah aura futuristik.

Gaya desain Motorola yang diusung oleh Moto G5S Plus ini bukanlah desain generik karena ini diturunkan dari desain ponsel flagship-nya, yakni Moto Z series. Sisi depan terdapat layar antigores 2.5D Corning Gorilla Glass 3 dengan bezel yang agak tebal pada sisi atas dan bawahnya. Motorola Moto G5S Plus ini dibalut dengan casing metal yang terasa sangat kokoh dan bisa dikatakan setara dengan ponsel flagship. Sayangnya, kamera belakang yang agak menonjol membuat lensa kameranya rawan tergores.

Build quality Motorola Moto G5S Plus bisa dikatakan sangat solid atau top notch. Ketika Anda menggenggamnya, maka kesan kuat dan mewah begitu terasa. Dimensi smartphone ini tak jauh berbeda dengan ponsel berlayar 5,5 inci lainnya. Meski demikian, Motorola Moto G5S Plus masih sangat nyaman saat digenggam. Motorola menempatkan sensor sidik jari pada sisi depan di bawah layar, sehingga mudah diakses oleh pengguna.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi S2: Smartphone Selfie Terbaik di Bawah 2 Juta!
Desain Motorola Moto G5S Plus

Desain Motorola Moto G5S Plus
Pada review Motorola Moto G5S Plus kali ini, sisi depan ponsel terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, LED flash depan, layar HD+ 2.5D berukuran 5,5 inci dan dilengkapi sebuah sensori sidik jari di bawah layar. Ponsel Moto G5S Plus ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kelas menengah Motorola Moto G5S Plus sudah berkontur 2.5D yang dilengkapi dukungan atau perlindungan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 3. Laptophia tetap menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Motorola Moto G5S Plus agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Motorola Moto G5S Plus ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel menengah andalan Motorola ini terdapat port audio 3,5mm.

Sedangkan bagian belakang ponsel Motorola Moto G5S Plus ini terdapat microphone, kamera belakang ganda, dual-tone LED flash di bawah kameranya, dan logo Motorola. Merek asal Amerika yang diakusisi Lenovo yang baru saja meluncurkan smartphone K9 series ini menempatkan port microUSB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Motorola Moto G5S Plus

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Antarmuka Motorola Moto G5S Plus

Software & Antarmuka Motorola Moto G5S Plus
Pada review Motorola Moto G5S Plus kali ini, perangkat lunak atau software bisa menjadi kelebihan maupun kekurangan. Kelebihan ponsel andalan Motorola ini menggunakan antarmuka Pure Android, sehingga relatif ringan dan responsif performanya. Sedangkan kekurangannya adalah fitur yang diusungnya terbilang minim. Motorola Moto G5S Plus saat pertama kali dirilis menggunakan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat dan mendapat upgrade ke Android 8.1 Oreo.

Laptophia memutuskan untuk menggunakan OS Android 8.1 Oreo saat melakukan review Motorola Moto G5S Plus. Tampilan antarmukanya sama seperti kebanyakan Android pure atau mirip Android One, kita akan disiguhi tampilan lockscreen, homescreen dengan widget jam bulat khas Motorola, dan App drawer.

Fitur unik dari Motorola Moto G5S Plus adalah screensaver yang aktif secara default yang memiliki fungsi mirip dengan Always On Display. Saat ponsel terkena getaran, maka layar akan menampilkan screensaver yang berisi jam, tanggal, kapasitas baterai, dan notifikasi yang masuk.

Fasilitas kostumisasi yang disediakan oleh Motorola Moto G5S Plus memang cenderung standar saja. Kita hanya bisa mengatur widget dan wallpaper saja. Beruntung, aplikasi wallpaper memungkinkan kita mengunduh wallpaper yang berkualitas melalui koneksi internet.

Antarmuka Android pure memang identik dengan fitur yang minim, tetapi Motorola Moto G5S Plus ini sebenarnya memiliki beberapa tambahan fitur, apa saja? Ponsel ini memiliki beberapa fitur seperti NFC, Android Beam, Gestures, Moto Actions, Moto Display, dan banyak lagi.
Baca juga:Review Realme 2: Pendatang Baru yang Memesona
Hal yang menarik perhatian Laptophia adalah fitur Moto Actions yang memungkinkan kita menyalakan senter dengan mengguncang ponsel dua kali, membuat screenshot dengan swipe tiga jari, One button nav dengan memanfaatkan sensor sidik jari, dan banyak lagi. Sedangkan Moto Display memungkinkan kita mengaktifkan night mode agar mata tak lekas lelah, attentive display, dan sebagainya. Aplikasi bawaan Motorola Moto G5S Plus terbilang standar saja, yakni Google Apps, Moto, Catfiz, In Store, LinkedIn, Babe, dan Moto Help.

Secara umum, antarmuka dan perangkat lunak di Motorola Moto G5S Plus akan memuaskan mereka yang menyukai Android pure. Fitur yang dibenamkan juga terbilang memadai, meski tak selengkap skinned Android. Sayangnya, Motorola Moto G5S Plus dipastikan tidak mendapat upgrade ke Android 9.0 Pie.

Benchmark Motorola Moto G5S Plus

CPU-Z Motorola Moto G5S Plus
CPU-Z Motorola Moto G5S Plus
Benchmark Vellamo Motorola Moto G5S Plus
Benchmark Vellamo Motorola Moto G5S Plus
Benchmark AnTuTu v7.1 Motorola Moto G5S Plus

Benchmark AnTuTu v7.1 Motorola Moto G5S Plus
Benchmark Geekbench 4 Motorola Moto G5S Plus

Benchmark Geekbench 4 Motorola Moto G5S Plus
Benchmark PCMark Motorola Moto G5S Plus

Benchmark PCMark Motorola Moto G5S Plus
Benchmark 3DMark Motorola Moto G5S Plus
Benchmark 3DMark Motorola Moto G5S Plus
Benchmark Basemark OS II Motorola Moto G5S Plus
Benchmark Basemark OS II Motorola Moto G5S Plus
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Motorola Moto G5S Plus

Hasil Foto Kamera Motorola Moto G5S Plus




 
Foto Siang Hari


Foto dengan mode True Black & White


Foto mode portrait




Foto macro




Foto malam hari

Foto malam hari dengan LED flash


Foto selfie kamera depan

Review Kamera Motorola Moto G5S Plus

pada review Motorola Moto G5S Plus kali ini, spesifikasi kameranya masih cukup kompetitif menurut Laptophia. Smartphone ini mengandalkan dukungan dua buah kamera berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor Sony IMX258 berukuran 1/3.06 inci 1.12um piksel yang terdiri dari sensor RGB (color) dan monochrome. Sensor RGB akan menangkap warna, sedangkan sensor monochrome diketahui mampu menangkap foto dengan detail yang lebih tinggi dan minim noise. Sehingga kombinasi keduanya mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Kedua kamera belakang Motorola Moto G5S Plus ini dibekali dengan dukungan fitur phase-detection autofokus dan 3D depth sensor yang mampu menghasilkan foto dengan efek blur atau bokeh. Tak lupa, dual tone LED flash juga memperkuat kamera belakang untuk memotret di tempat gelap. Moto G5S Plus ini juga dipersenjatai dengan kamera depan 8 megapiksel dengan aperture f/2.0 fixed focus dilengkapi LED flash untuk foto selfie dan video call.

Laptophia melihat aplikasi kamera bawaan Motorola Moto G5S Plus ini relatif sederhana dengan antarmuka yang sangat sederhana. Uniknya, Motorola masih terus memberikan update untuk aplikasi kamera bawaan ponsel ini. Fitur yang diusung oleh aplikasi kamera update terakhir relatif lengkap, yakni hadirnya mode Pro, Portrait, Cutout, Low Light, True B&W, Spot Color, Panorama, dan Text Scanner. Hebatnya, aplikasi Motorola Moto G5S Plus menyediakan fasilitas watermark, Google Lens, Slow-motion, dan juga shortcut untuk YouTube Live.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5 Review: Smartphone Terbaik di Kelasnya!
Beberapa review Motorola Moto G5S Plus yang telah terbit sebelumnya menyebutkan kemampuan kamera ponsel ini relatif standar. Namun, seiring update ke Android 8.1 Oreo dan beberapa kali update aplikasi kamera, kemampuan kamera Motorola Moto G5S Plus meningkat. Hal ini terlihat dari foto siang hari yang memuaskan, tajam, detail, dan warna yang dihasilkan sangat vivid. Dynamic range memuaskan, meski kadang kurang konsisten.

Mode True B&W mampu menghasilkan foto dengan detail yang terbilang tinggi dan dynamic range yang sangat baik, sehingga foto-foto yang dihasilkan bisa lebih dramatis. Sedangkan untuk mode portrait, kamera Motorola Moto G5S Plus sudah lebih baik ketimbang saat pertama kali meluncur. Laptophia melihat separasi subyek dengan background lebih rapi, meski bukan yang terbaik di kelasnya. Saat malam hari, kamera Motorola Moto G5S Plus sangat bisa diandalkan karena foto yang dihasilkan terang, detail yang memadai, dan warna tidak pudar. Hanya saja, noise memang cukup banyak.

Dukungan dual LED flash pada smartphone Motorola Moto G5S Plus ini memang terbilang memuaskan dan sangat membantu pada kondisi low light. Performa kamera depan pada review Motorola Moto G5S Plus juga cukup memuaskan, meski bukan yang terbaik di kelasnya. Hasil foto kamera depannya memiliki detail yang di atas rata-rata. 

Review Motorola Moto G5S Plus

Review Motorola Moto G5S Plus
Motorola Moto G5S Plus memang bukanlah smartphone keluaran terbaru yang tampil dengan gaya desain kekinian. Smartphone andalan Motorola yang sudah berumur setahun lebih ini masih menawarkan performa yang solid dan masih sangat bisa diandalkan untuk pelbagai kebutuhan komunikasi masa kini.

Desain ponsel Motorola Moto G5S Plus ini cenderung mirip dengan Moto Z dan membuatnya jauh dari kesan generik. Motorola Moto G5S Plus masih bertaring dengan dukungan RAM 4GB dan NFC, sehingga masih laik dipertimbangkan.

Layar

Motorola Moto G5S Plus ini dibekali dengan layar berteknologi IPS berukuran 5,5 inci yang mengusung resolusi tinggi, yakni full HD. Kualitas layar Motorola Moto G5S Plus terbilang salah satu yang terbaik di kelasnya. Layar ponsel ini terlihat tajam, jernih dan warna yang dihasilkan cukup vivid. Kualitas layar yang mantap pada Motorola Moto G5S Plus ini juga dibarengi dengan respon layar sentuhnya yang gegas.

Pada review Motorola Moto G5S Plus ini layarnya mampu mengakomodasi 10 sentuhan sekaligus, cocok untuk mengakomodasi gaming. Viewing angle layar ponsel ini terbilang luas dan tidak terlihat penurunan kualitas yang signifikan ketika dilihat dari sudut ekstrem. Sayangnya, saat digunakan di bawah sinar matahari performa layar Moto G5S Plus cenderung standar saja.
Baca juga:Asus Zenfone 5 ZE620KL Review: Si Cantik Berkamera Flagship!

Performa

Perform Motorola Moto G5S Plus ini masih cukup berotot di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 625 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 506.

Snapdragon 625 yang digunakan oleh smartphone andalan Motorola ini terkenal masih menawarkan performa yang sangat memadai untuk kebutuhan komunikasi saat ini dan konsumsi daya yang efisien. Saat ponsel Moto G5S Plus sudah Laptophia instal banyak aplikasi sosial media dan aplikasi lainnya, performa buka tutup aplikasi dan perpindahan menu masih terasa sangat smooth.

Bagaimana dengan performa gaming? Berbekal GPU Adreno 506 membuat performa Moto G5S Plus andalan Motorola ini masih mempu menangani game modern saat ini, sebut saja PUBG, AOV, Mobile Legends, dan banyak lagi. Saat melakukan review Moto G5S Plus, Laptophia tidak menemui masalah panas. Ponsel ini bekerja dengan suhu yang terbilang sangat aman.

Audio

Salah satu hal yang Laptophia sukai dari Motorola Moto G5S Plus ini adalah performa speaker bawaannya. Loudspeaker smartphone ini mampu memuntahkan suara yang terbilang kencang dan berkualitas. Suaranya memang didominasi oleh treble yang sangat crisp dan detail. Namun, hal ini tak membuat suara speakernya cempreng karena suara bass juga terdengar cukup jelas saat mendengarkan musik.

Saat menggunakan headphone Sennheiser HD 202 II, kualitas suara yang dihasilkan oleh Motorola Moto G5S Plus terbilang mantap. Suara yang dihasilkan seimbang, treble yang detail tanpa menusuk telinga dan bass yang terbilang kuat dan mendalam.

Baterai

Mengandalkan baterai berkapasitas 3000mAh membuat Laptophia tidak berharap banyak dengan daya tahan baterai Motorola Moto G5S Plus. Namun, ternyata perkiraan Laptophia salah. Baterai Moto G5S Plus ini mampu bertahan hingga seharian penuh atau mungkin sampai sore hari jika penggunaan cukup intensif. Moto G5S Plus ini juga didukung fitur TurboPower fast charging yang setara dengan Quick Charge 3.0.
Baca juga:Review Samsung Galaxy A7 2018: Mewah dengan Triple Camera!

Memori

Smartphone menengah dengan spesifikasi gahar alias Motorola Moto G5S Plus ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 23,02GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 2,5 – 2,6GB. Smartphone ini telah mendukung USB OTG dengan port microUSB.

Kesimpulan

Motorola Moto G5S Plus secara umum masih merupakan smartphone kelas menengah yang solid saat ini. Ponsel ini menawarkan performa yang sangat bisa diandalkan, kamera yang mumpuni, fitur NFC, dan mendapat upgrade ke Android 8.1 Oreo. Build quality Motorola Moto G5S Plus juga sangat solid, setara dengan smartphone flagship.

Sayangnya ponsel ini bukan keluaran baru dan mendukung desain kekinian dengan layar 18:9. Selain itu, Motorola Moto G5S Plus masih mengusung hybrid slot yang kurang disukai oleh konsumen. Laptophia menilai Motorola Moto G5S Plus masih merupakan sebuah smartphone yang pantas dipertimbangkan di kelas Rp 2 juta ke bawah.

Kelebihan Motorola Moto G5S Plus

  • Desain elegan, build quality sangat mantap
  • Kamera ganda bisa diandalkan
  • Dilengkapi NFC
  • Harga kompetitif

Kekurangan Motorola Moto G5S Plus

  • Hybrid slot

Harga Motorola Moto G5S Plus

Motorola Moto G5S Plus memang bukan smartphone keluaran baru, tetapi spesifikasi dan kemampuannya masih sangat laik dipertimbangkan. Harga Motorola Moto G5S Plus terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini ditulis adalah Rp 1.999.000. Berdasarkan hasil review Motorola Moto G5S Plus yang telah tim Laptophia lakukan, smartphone ini menawarkan desain khas pabrikan berlogo M yang elegan, build quality yang sangat solid, dan kamera yang bisa diandalkan.

Performa ponsel Motorola Moto G5S Plus ini masih sangat memadai untuk kebutuhan komunikasi masa kini, sosial media, dan bahkan gaming mainstream. Secara umum, Motorola Moto G5S Plus masih sangat laik dipertimbangkan di kelas menengah, terlebih harganya terus mengalami penurunan karena desakan ponsel keluaran baru.
Anda dapat membeli atau sekedar cek harga Motorola Moto G5S Plus di Sini (Klik)

Spesifikasi Motorola Moto G5S Plus

  • Sistem Operasi Android 7.1.1 Nougat, upgradeable to Android 8.1 Oreo
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 2GHz
  • Grafis Adreno 506
  • Dual kamera 13 megapiksel, autofokus, sensor BSI (color + monochrome), lensa aperture f/2.0, dual-tone LED flash. Kamera depan 8 megapiksel, aperture f/2.0, fixed focus, LED flash
  • Layar sentuh 5,5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel, kerapatan 401 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 4GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, fingerprint sensor, NFC
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 153.5 x 76.2 x 8 mm berat 168 gram
  • Baterai 3000mAh, TurboPower fast charging
  • Warna Lunar Grey, Nimbus, dan Blush Gold
Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone 5z: Flagship Murah Berdesain Cantik