IBX582004D475488 Review Asus VivoBook S430UN: Si Cantik Ergolift Berkinerja Tinggi

Review Asus VivoBook S430UN: Si Cantik Ergolift Berkinerja Tinggi



Review Asus VivoBook S430UN: Si Cantik Ergolift Berkinerja Tinggi – Asus Indonesia belum lama ini telah meluncurkan laptop tipis atau bisa disebut ultrabook kelas menengah melalui seri VivoBook S430UN. Selang beberapa hari setelah peluncuran, laptop canggih Asus VivoBook S430UN mendarat dengan selamat di Laptophia untuk diulas secara mendalam. Kelebihan utama yang ditawarkan oleh VivoBook S430UN andalan Asus Indonesia ini adalah desainnya yang cantik dengan warna-warni yang menarik dan dipadukan dengan hadirnya engsel Ergolift.

Engsel unik tersebut mampu meningkatkan kenyamanan saat mengetik dalam waktu lama. Performa yang ditawarkan oleh Asus VivoBook S430UN ini tak perlu diragukan lagi. Unit yang Laptophia terima menggunakan dapur pacu dari Intel Core i7-8550U Kaby Lake Refresh dan berduet dengan Nvidia Geforce MX150, penasaran? Simak review Asus VivoBook S430UN oleh tim Laptophia kali ini!

Paket Pembelian Asus VivoBook S430UN

Paket Pembelian Asus VivoBook S430UN

  • Unit Asus VivoBook S430UN Red
  • Charger
  • User guide
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Xiaomi Redmi S2: Smartphone Selfie Terbaik di Bawah 2 Juta!

Desain Asus VivoBook S430UN

Desain Asus VivoBook S430UN

Desain Asus VivoBook S430UN

Pada review Asus VivoBook S430UN kali ini sisi desain bisa dikatakan salah satu keunggulannya. Laptophia melihat Asus menggunakan gaya desain yang berbeda dari pendahulunya. Hal yang paling mencolok pada notebook tipis Asus VivoBook S430UN ini adalah kehadiran engsel unik yang disebut dengan Ergolift. Jika dilihat lebih dekat, engsel ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan engsel laptop kebanyakan, tetapi dilengkapi lengkungan pada bagian LID cover. Hal ini membuat keyboard akan naik dan membentuk sudut 3,5 derajat.

Posisi keyboard yang sedikit naik ini dapat menambah kenyamanan saat mengetik dalam waktu lama. Terlepas dari kehadiran engsel Ergolift pada Asus VivoBook S430UN, penampilannya sendiri cukup menarik dan eyecatchy. Pada bagian pingir laptop andalan Asus ini menggunakan warna yang cukup mencolok. Unit yang Laptophia gunakan adalah warna merah yang cukup menawan. Bagian LID cover Asus VivoBook S430UN ini menggunakan finishing brushed metal vertikal dan terbuat dari material aluminium. Sedangkan pada bagian interior, palmrest, dan back cover terbuat dari polikarbonat.

Build quality pada review Asus VivoBook S430UN ini cukup solid, meski yang terbuat dari aluminium hanya pada bagian LID cover saja. Material polikarbonat pada Asus VivoBook S430UN ini terasa cukup kokoh dan lebih ringan ketimbang aluminium. Pada bagian interior, kita akan disuguhi layar NanoEdge dan keyboard chiclet. Lubang exhaust ditempatkan di bawah layar sebelah kiri, sehingga tidak terasa panas pada bagian palmrest saat digunakan untuk tugas yang berat. Kelebihan lain dari Asus VivoBook S430UN menurut Laptophia adalah dimensi yang ringkas dan bobot yang ringan.
Baca juga:Review Realme 2: Pendatang Baru yang Memesona
Desain Asus VivoBook S430UN

Desain Asus VivoBook S430UN
Pada review Asus VivoBook S430UN kali ini, bagian LID cover hanya terdapat logo Asus. Sedangkan pada bagian bawah terdapat stiker Windows, nomor seri laptop, lubang speaker, dan informasi teknis singkat lainnya. Pada sisi depan laptop canggih ini tidak terdapat port atau tombol apapun.

Sedangkan pada sisi kanan laptop Asus VivoBook S430UN terdapat port power, port USB 3.1 Gen 1, port HDMI, port USB 3.1 Gen 1 Type-C, dan port combo audio 3,5mm. Asus menempatkan dua buah port USB 2.0, slot microSD, dan dua buah LED indikator pada sebelah kiri laptop VivoBook S430UN ini. Sisi belakang terdapat lubang exhaust yang tertutup engsel Ergolift.

Video Unboxing Asus VivoBook S430UN

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Performa Asus VivoBook S430UN

Performa Asus VivoBook S430UN
Sektor performa juga menjadi salah satu keunggulan dari Asus VivoBook S430UN ini menurut Laptophia. Sebagai sebuah laptop tipis kekinian, Asus VivoBook S430UN ini menawarkan performa yang cukup powerful di kelasnya. Laptop andalan Asus ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-8550U generasi Kaby Lake Refresh atau Intel Core generasi kedelapan terbaru quad-core yang berlari dengan kecepatan standar 1,8GHz dan TurboBoost hingga 4GHz. Laptop berdesain cantik ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 8GB DDR4-2400Mhz.

Sisi grafis, laptop dengan fitur ergolift Asus VivoBook S430UN dengan desain kompak dan mewah ini mengandalkan Intel UHD Graphics 620 yang ditandemkan dengan grafis diskrit Nvidia GeForce MX150. GPU (Graphics Processing Unit) Intel UHD Graphics 620 yang mengusung 24 execution unit (EUs) dengan kecepatan 300 – 1050MHz.

Berdasarkan informasi yang Laptophia terima, GeForce MX150 ini mengandalkan 384 shader core berteknologi Pascal dengan kecepatan 1468MHz dengan Turbo 1532MHz yang dipadukan dengan 24 TMUs, dan 8 ROPs. Kartu grafis GeForce MX150 yang digunakan pada Asus VivoBook S430UN ini dikawinkan dengan memori VRAM 2GB GDDR5 berkecepatan 6GHz dengan antarmuka memori 64-bit.

Berdasarkan pengalaman pemakaian dan review Asus VivoBook S430UN selama kurang lebih dua minggu, laptop ini mampu menangani komputasi kelas menengah atau berat sekalipun. Prosesor Intel Core i7-8550U yang digunakan oleh notebook cantik ini mampu menangani multitasking dengan sangat baik dan juga tugas-tugas yang membutuhkan performa prosesor yang intensif. Laptophia sempat menggunakannya untuk editing video dan foto, laptop ini menunjukkan performa yang smooth.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL: Baterai Tahan Lama, Pas Digenggam
Apakah Asus VivoBook S430UN cocok untuk desain grafis? Laptophia menilai laptop cantik ini sudah sangat memadai untuk menangani desain grafis 2D maupun 3D dengan cukup baik dan smooth. Hal yang perlu dilakukan pengguna mungkin adalah melakukan upgrade RAM ke 16GB agar lebih gegas. Saat digunakan untuk komputasi sehari-hari juga Asus VivoBook S430UN ini cukup nyaman dan smooth.

Lalu mampukah laptop Asus VivoBook S430UN ini digunakan untuk bermain game? Tentu bisa. Namun, tak semua game terbaru dapat dimainkan dengan smooth di laptop ini. Beberapa game keluaran baru mungkin dapat lancar dimainkan di Asus VivoBook S430UN dengan resolusi dan setting grafis yang diturunkan. Panas yang ditimbulkan oleh laptop andalan Asus ini juga terbilang cukup standar dan area palmrest relatif adem.

Benchmark Asus VivoBook S430UN

CPU-Z Asus VivoBook S430UN
CPU-Z Asus VivoBook S430UN
Benchmark Cinebench R15 CPU Multi-core Asus VivoBook S430UN
 Benchmark Cinebench R15 CPU Multi-core Asus VivoBook S430UN
Benchmark Cinebench R15 CPU Single-core Asus VivoBook S430UN

Benchmark Cinebench R15 CPU Single-core Asus VivoBook S430UN
Benchmark Cinebench R15 OpenGL Asus VivoBook S430UN

Benchmark Cinebench R15 OpenGL Asus VivoBook S430UN
Benchmark Geekbench 4 CPU Asus VivoBook S430UN

Benchmark Geekbench 4 CPU Asus VivoBook S430UN
Benchmark Geekbench 4 Compute OpenCL Asus VivoBook S430UN

Benchmark Geekbench 4 Compute OpenCL Asus VivoBook S430UN
Benchmark CrystalDiskMark 6.0.2 Asus VivoBook S430UN – Hard Disk

Benchmark CrystalDiskMark 6.0.2 Asus VivoBook S430UN – Hard Disk
Benchmark CrystalDiskMark 6.0.2 Asus VivoBook S430UN – SSD

Benchmark CrystalDiskMark 6.0.2 Asus VivoBook S430UN – SSD
Benchmark HD Tune Pro 5.70 Asus VivoBook S430UN – Hard Disk

Benchmark HD Tune Pro 5.70 Asus VivoBook S430UN – Hard Disk
Benchmark HD Tune Pro 5.70 Asus VivoBook S430UN – SSD
Benchmark HD Tune Pro 5.70 Asus VivoBook S430UN – SSD

Review Asus VivoBook S430

Review Asus VivoBook S430UN
Asus VivoBook S430UN merupakan salah satu laptop tipis kelas menengah yang tampil dengan desain yang berbeda. Pabrikan asal Taiwan ini mencoba menonjolkan penampilan yang memenarik melalui warna-warna yang mencolok. Selain itu, kenyamanan saat mengetik juga menjadi fokus Asus dengan menghadirkan engsel berteknologi Ergolift. Asus VivoBook S430UN bisa dikatakan sebagai model laptop kekinian dengan layar berbezel tipi dan dibekali kinerja tinggi di kelasnya.

Layar

Asus VivoBook S430UN ini mengandalkan layar berukuran 14 inci resolusi full HD dengan panel berteknologi IPS. Tak hanya itu, permukaan layar VivoBook S430UN ini telah dilapisi dengan antiglare, sehingga tidak silai saat mengetik dengan kondisi cahaya tertentu. Laptop ini juga telah menggunakan bezel layar yang amat tipis yang disebut dengan istilah NanoEdge. Selain membuat tampilan lebih menarik, NanoEdge ini juga membuat ukuran laptop secara keseluruhan lebih ringkas.

Pada review Asus VivoBook S430UN kali ini, layarnya mampu menghasilkan warna yang cukup baik dengan saturasi yang pas. Akurasi warna layarnya lumayan dan cukup memadai untuk desain grafis. Layar laptop ini cukup tajam dan kontrasnya terbilang tinggi. Viewing angle layar laptop tipis andalan Asus ini cukup luas. Hal ini terlihat saat menonton film di laptop ini dengan sudut yang agak ekstrem.
Baca juga:Asus Zenfone 5 ZE620KL Review: Si Cantik Berkamera Flagship!

Kenyamanan

Laptop cantik Asus VivoBook S430UN ini didukung keyboard berdesain chiclet dengan ukuran tuts yang cukup besar. Berdasarkan pengalaman mengetik selama hampir dua minggu dengan laptop cantik ini, ternyata keyboardnya sangat nyaman digunakan. Dukungan engsel Ergolift juga menambah kenyamanan, sehingga tidak mudah merasa lelah ketika mengetik dalam waktu yang cukup lama.

Touchpad Asus VivoBook S430UN ini ukurannya cukup luas. Saat digunakan untuk bernavigasi, Laptophia merasakan akurasi yang baik, respon yang gegas, dan nyaman. Pada bagian sudut kanan atas terdapat sensor sidik jari yang mampu meningkatkan keamanan data. Laptophia juga sempat menjajal sensor sidik jari Asus VivoBook S430UN dan ternyata cukup gegas dan akurat.

Perangkat Lunak

Ultrabook cantik Asus VivoBook S430UN ini dibekali dengan sistem operasi Windows 10 Home x64 Single Language asli pre-installed di dalamnya. Hal ini sangat menguntungkan menurut Laptophia, karena konsumen tak perlu lagi mengeluarkan tambahan dana untuk membeli lisensi Windows.

Sistem operasi besutan Microsoft ini berjalan lancar di Asus VivoBook S430UN tanpa kendala. Beberapa aplikasi bawaan yang terinstal di laptop ini adalah Office 365 trial, McAfee antivirus, aplikasi bawaan Asus, dan beberapa game ringan.

Audio

Audio bisa menjadi salah satu hal yang menarik pada review Asus VivoBook S430UN kali ini. Laptop ini tak hanya dibekali desain cantik, tetapi juga didukung audio yang mumpuni dengan speaker stereo yang didukung teknologi ICEpower dan Asus SonicMaster. Keluaran suara speaker laptop VivoBook S430UN cukup kencang dan renyah. Beberapa orang mungkin akan menilai suara speakernya agak tipis dengan karakter bright.

Suara speaker VivoBook S430UN andalan Asus ini memang didominasi oleh treble, tetapi itu tidak cempreng. Treble memang terdengar lebih crisp, detail, dan tidak menusuk telinga. Sedangkan untuk bass, suarnya memang tidak terlalu mendalam tetapi bisa terdengar dengan baik. Suata vokalnya juga terbilang jernih. Speaker VivoBook S430UN sudah memadai untuk menikmati konten multimedia.

Baterai

Berbekal baterai berkapasitas 3 cell 42 whrs, Asus VivoBook S430UN ini cukup percaya diri. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia, baterai laptop VivoBook S430UN andalan Asus ini mampu bertahan hingga 5 – 6 jam untuk komputasi dasar seperti Office dan browsing. Sedangkan untuk kebutuhan yang lebih intensif, baterai VivoBook S430UN ini mampu bertahan antara 4 – 5 jam. Hasil ini cukup baik dan memadai menurut tim Laptophia.
Baca juga:Review Samsung Galaxy A7 2018: Mewah dengan Triple Camera!

Kesimpulan

Secara umum, Asus VivoBook S430UN adalah sebuah potret laptop kekinian yang membidik kawula muda dengan desain yang menarik. Performa laptop ini terbilang kencang di kelasnya, daya tahan baterai yang mumpuni, ringan, dan didukung engsel Ergolift yang inovatif. Sayangnya, RAM bawaan VivoBook S430UN hanya 8GB saja, padahal harganya tembus 14 juta-an. Selain itu, penempatan tombol power yang mirip Macbook membuatnya rawan terpencet. Asus VivoBook S430UN ini masih sangat layak Anda pertimbangkan bagi yang membutuhkan laptop kekinian dengan performa yang andal.

Kelebihan Asus VivoBook S430UN

  • Kinerja tinggi di kelasnya
  • Dimensi tipis dan ringkas
  • Desain cantik dengan engsel Ergolift
  • Dilengkapi OS Windows 10 Home x64 asli pre-installed

Kekurangan Asus VivoBook S430UN

  • Memori RAM default hanya 8GB
  • Penempatan tombol power rawan terpencet

Harga Asus VivoBook S430UN

Asus VivoBook S430UN merupakan salah satu laptop tipis atau ultrabook kelas menengah yang menarik dengan desain cantiknya. Harga laptop Asus VivoBook S430UN terbaru di Indonesia berdasarkan pantauan yang telah Laptophia lakukan adalah Rp 14.799.000. Berdasarkan hasil review dari Asus VivoBook S430UN, Laptophia menilai notebook tipis terbaru Asus ini sangat sepadan dengan harganya.

Asus VivoBook S430UN tampil dengan desain yang sangat menarik, mengandalkan kinerja tinggi, dan mengusung dimensi yang tipis dan ringkas. Tak hanya itu, Asus VivoBook S430UN juga didukung layar NanoEdge yang kekinian dengan kualitas yang baik di kelasnya. Secara umum, Asus VivoBook S430UN layak dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat membeli atau cek harga Asus VivoBook S14 S430UN di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus VivoBook S430UN

  • Layar IPS LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, Asus Splendid, NanoEdge Display
  • Prosesor Intel Core i7-8550U quad-core 1,8GHz TurboBoost 4GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel UHD Graphics 620 dan Nvidia GeForce MX150 VRAM 2GB GDDR5
  • Memori RAM 8GB  DDR4-2400MHz
  • Storage SSD 256GB SATA + hard disk 1TB 5400rpm
  • Konektifitas WiFi, Bluetooth, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.1 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, card reader, combo audio jack, fingerprint sensor
  • Dual Speaker stereo, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi HD 720p
  • Baterai 3 Cells 42 Whrs lithium-prismatic Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 Asli
  • Dimensi 33,34 x 22,55 x 1.8 cm berat 1,4 kilogram
  • Warna Icicle Gold, Gun Metal, Silver Blue, Star Grey, dan Firmament Green
Anda mungkin suka:Review Asus X441MA, Laptop Murah Paling Cocok untuk Pelajar

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!