eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL: Baterai Tahan Lama, Pas Digenggam

Review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL: Baterai Tahan Lama, Pas Digenggam – Smartphone Zenfone Max M1 ZB555KL memang kurang terdengar jika dibandingkan dengan jajaran smartphone Asus lainnya. Seri Asus Zenfone Max Pro M1 yang hadir belakangan malah justru sukses dan laris manis di pasaran. Spesifikasi yang diusung oleh smartphone Asus Zenfone Max M1 ZB555KL sebenarnya tidak jelek dan cenderung masih kompetitif di kelasnya. Ponsel ini sudah tersedia luas, termasuk di toko online terkemuka seperti Shopee Indonesia.

Smartphone ini sudah mengandalkan layar kekinian dengan aspek rasio 18:9 dan kinerja memadai, meski bertenaga SoC Qualcomm Snapdragon 430. Keunggulan lain dari Asus Zenfone Max M1 ZB555KL justru pada dimensinya yang sangat ringkas dan membuatnya nyaman digenggam, bahkan oleh mereka yang bertangan kecil. Baterai yang diusungnya juga besar di kelasnya, penasaran? Simak review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL oleh tim Laptophia kali ini!

Paket Pembelian Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Paket Pembelian Asus Zenfone Max M1 ZB555KL
  • Unit Asus Zenfone Max M1 ZB555KL Deepsea Black
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Mifa A20 Review: Desain Mewah dengan Kualitas Suara Wah!

Desain Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Desain Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Desain Asus Zenfone Max M1 ZB555KL
Penampilan fisik atau desain mungkin bukan bagian yang ditonjolkan pada review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL oleh tim Laptophia kali ini. Penampilan smartphone dengan baterai 4000mAh ini cenderung standar saja dengan gaya desain yang tak jauh berbeda dengan smartphone Asus lainnya, katakanlah Zenfone Live L1. Sekilas tim Laptophia melihat desain ponsel ini biasa saja dengan sudut yang membulat atau rounded. Meski demikian, jika diperhatikan lebih mendalam, sebenarnya ada detail yang cukup menarik dari desain smartphone Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini.

Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini dibalut dengan casing unibody berbahan plastik atau polikarbonat yang cukup solid. Pada sisi belakang terdapat garis antenna melengkung yang unik pada bagian atas dan bawah, mirip dengan antenna di Xiaomi Mi A1 yang pernah Laptophia bahas sebelumnya. Meski mengusung layar dengan aspek rasio 18:9, bezel layar ponsel Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini ternyata tidak terlalu tipis, terutama pada bezel atas dan bawahnya. Layar ponsel ini sudah mengusung kaca melengkung 2.5D, tetapi tak disebutkan adanya kemampuan antigores.

Kelebihan dari Asus Zenfone Max M1 ZB555KL justru pada dimensinya yang sangat kompak atau ringkas. Layar ponsel ini memang berukuran 5,5 inci, tetapi ukuran bodinya setara dengan smartphone berlayar 5 inci saja. Hal ini membuat Zenfone Max M1 ZB555KL andalan pabrikan asal Taiwan ini relatif nyaman digenggam. Tak hanya itu, Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini juga terbilang tipis di kelasnya, padahal ia dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yakni mencapai 4000mAh.
Baca juga:Eggel Solo Review: Speaker Bluetooth Terbaik di Bawah 200 Ribu!
Desain Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Desain Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Pada Asus Zenfone Max M1 ZB555KL review kali ini, sisi depan ponsel terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar HD+ 2.5D berukuran 5,5 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Zenfone Max M1 ZB555KL ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Asus Zenfone Max M1 ZB555KL sudah berkontur 2.5D tanpa dukungan atau perlindungan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass dan sejenisnya. Laptophia menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Asus Zenfone Max M1 ZB555KL agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini. Sedangkan sisi kiri terdapat micrphone, tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis dedicated slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Asus ini terdapat port audio 3,5mm.

Sedangkan bagian belakang ponsel Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini terdapat kamera belakang, LED flash yang berada tepat di bawahnya, sensor sidik jari, dan logo Asus. Merek asal Taiwan yang baru saja meluncurkan smartphone gaming ROG Phone ini menempatkan port microUSB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software & Antarmuka Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Software & Antarmuka Asus Zenfone Max M1 ZB555KL
Sisi perangkat lunak atau software, smartphone Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo dengan balutan antarmuka Zen UI. Sampai artikel ini dibuat, masih belum ada informasi apakah ponsel Zenfone Max M1 ZB555KL akan mendapat upgrade ke Android 9.0 Pie dimasa mendatang atau tidak.

Penampilan antarmuka smartphone Zenfone Max M1 ZB555KL ini sama seperti ponsel Asus lainnya yang menyuguhkan tampilan Homescreen, Lockscreen, dan tersedia App drawer yang dapat diakses dengan cara swipe ke atas. Zen UI merupakan salah satu keunggulan pada review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL, mengapa? Fitur yang ditawarkan terbilang kaya, mudah digunakan, dan performanya terbilang gegas. Opsi kostumisasi Zen UI pada smartphone berdimensi ringkas ini juga terbilang luas. Pengguna dapat mengatur widget, mengelola homescreen, mengganti wallpaper, theme, animasi, dan sebagainya.
Baca juga:Xiaomi Mi In-Ear Pro HD Triple Driver Review: Kualitas Suara Mantap!
Meski membidik segmen entry-level dan menengah, smartphone Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini menawarkan fitur yang terbilang lengkap di kelasnya. Beberapa fitur yang menonjol dari smartphone besutan Asus Indonesia ini antara lain adalah Page Marker, Twin Apps, Game Genie, Selfie Master, Kids Mode, Easy Mode, Fingerprints gesture, ZenMotion, One hand mode, Pocket mode, Glove mode, Audio Wizard, dan banyak lagi.

Belajar dari zaman Zenfone generasi pertama dan kedua, Asus tak lagi memenuhi smartphone Zenfone generasi baru termasuk Asus Zenfone Max M1 ZB555KL dengan aplikasi bawaan yang banyak atau sering disebut dengan bloatware. Aplikasi bawaan yang terdapat pada ponsel Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini hanya Google Apps, beberapa aplikasi proprietary Asus, Babe, Facebook, dan Instagram. Performa dan fitur perangkat lunak merupakan salah satu kekuatan dan keunggulan dari review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL kali ini.

Benchmark Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

CPU-Z Asus Zenfone Max M1 ZB555KL
CPU-Z Asus Zenfone Max M1 ZB555KL
Benchmark Vellamo Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Benchmark Vellamo Asus Zenfone Max M1 ZB555KL
Benchmark AnTuTu v7.1 Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Benchmark AnTuTu v7.1 Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Benchmark Geekbench 4 Asus Zenfone Max M1 ZB555KL
Benchmark Geekbench 4 Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Benchmark PCMark Asus Zenfone Max M1 ZB555KL
Benchmark PCMark Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Benchmark 3DMark Asus Zenfone Max M1 ZB555KL
Benchmark 3DMark Asus Zenfone Max M1 ZB555KL
Benchmark Basemark OS II Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Benchmark Basemark OS II Asus Zenfone Max M1 ZB555KL
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Sensorbox for Android & Multitouch Tester Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Max M1 ZB555KL





Foto Siang Hari




Foto Macro




Foto Malam Hari

Foto Malam Hari dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan (Selfie)

Review Kamera Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Pada review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL kali ini, kamera memang tidak terlalu ditonjolkan. Meski demikian, spesifikasi kamera ponsel Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini cukup menarik di kelasnya. Pabrikan asal Taiwan ini membekali Zenfone Max M1 ZB555KL dengan dukungan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel dengan fitur phase-detection autofokus ditandemkan lensa aperture f/2.0 lengkap dengan LED flash. Kamera depan Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI dengan lensa wide 25mm dengan aperture f/2.2 fixed focus yang cukup lumayan untuk foto selfie dan video call.

Tim Laptophia tidak berharap terlalu tinggi dengan kamera smartphone Zenfone Max M1 ZB555KL besutan Asus ini. Saat digunakan untuk memotret pada siang hari, kamera Asus Zenfone Max M1 ZB555KL mampu menghasilkan warna yang cukup punchy dengan detail yang cukup, tetapi dynamic range-nya terbilang agak kurang. Mode HDR mampu memberikan perbedaan yang signifikan dengan dynamic range yang lebih lebar dan peningkatan detail.
Baca juga:Asus Zenfone 5 ZE620KL Review: Si Cantik Berkamera Flagship!
Kecepatan fokus kamera Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini terbilang standar menurut Laptophia. Hal ini terasa saat digunakan untuk memotret macro yang membutuhkan sedikit waktu untuk fokus pada subyek yang diinginkan. Hasil foto macro-nya sendiri cukup memuaskan di kelasnya dengan detail tinggi dan warna yang mantap. Saat malam hari, kemampuan fokus Asus Zenfone Max M1 ZB555KL memang merosot drastis dan menyebabkan beberapa foto blur. Fotonya sendiri masih tergolong laik untuk sosial media dengan noise yang lumayan dan detail yang masih bisa dimaklumi.

LED flash yang diusung oleh kamera Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini cukup terang dan dangat membantu untuk memotret di tempat minim cahaya. Sedangkan kamera depan Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini terbilang lumayan dengan warna yang punchy, tetapi cenderung kurang terang. Secara umum, kemampuan kamera Asus Zenfone Max M1 ZB555KL bisa diandalkan di kelasnya menurut Laptophia.

Review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Meski tak setenar Zenfone Max Pro M1, bukan berarti Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini buruk. Pada review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL kali ini menunjukkan hasil yang terbilang cukup bersaing di kelasnya. Ponsel ini memiliki beberapa nilai jual utama seperti dimensi yang ringkas dan ringan, tipis, baterai berkapasitas besar, dan layar kekinian. Performa ponsel Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini memang bukan yang terkencang, tetapi masih lebih dari cukup untuk kebutuhan komunikasi saat ini.

Layar

Berbekal layar sentuh berteknologi IPS berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD+ menawarkan kualitas yang cukup baik. Ini sesuai dengan yang Laptophia harapkan untuk smartphone dengan harga di bawah Rp 2 juta. Layar smartphone andalan Asus ini terlihat cukup nyaman di mata, tajam, dan warnanya juga terbilang oke. Selain itu, respon layar sentuhnya terbilang gegas, sehingga membuat ponsel Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini nyaman digunakan bermain game.

Layar IPS yang diusung oleh Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini juga menawarkan sudut pandang yang luas. Hal ini sangat mendukung kenyamanan saat menikmati konten multimedia seperti video melalui ponsel ini. Sayangnya, saat digunakan di bawah sinar matahari, performa layar Asus Zenfone Max M1 ZB555KL memang agak kurang.

Performa

Sisi performa, pada review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL mengandalkan sokongan SoC (System on Chip) yang agak ketinggalan, yakni Qualcomm Snapdragon 430 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,4GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505 untuk performa yang kompetitif.

Selama kurang lebih empat hari penggunaan, tim Laptophia tidak mengalami kendala yang berarti. Ponsel Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini mampu menunjukkan kelasnya sebagai smartphone pilihan di kelas Rp 1,7 juta-an. Buka tutup aplikasi terasa cukup gegas dan animasi perpindahan menu juga berjalan smooth. Setelah beberapa aplikasi sosial media terinstal dan jalan di background, Asus Zenfone Max M1 ZB555KL masih mampu menunjukkan respon yang nyaman.
Baca juga:Review Asus Zenfone 5z: Flagship Murah Berdesain Cantik
Ponse Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini memang tidak dirancang untuk gamer, tetap bukan berarti tidak dapat memainkan game. Smartphone dengan baterai berkapasitas besar ini mampu memainkan game-game modern seperti PUBG, Mobile Legends, Tekken, dan game lainnya dengan penyesuaian setting grafis agar tetap mulus. Panas yang dihasilkan oleh Zenfone Max M1 ZB555KL saat menjalankan tugas berat terbilang lumayan, tetapi tidak ada masalah overheat.

Audio

Asus Zenfone Max M1 ZB555KL dibekali dengan sebuah speaker mono pada bagian bawah. Di luar perkiraan, suara yang dihasilkan oleh speaker Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini ternyata terbilang cukup kencang! Meski demikian, speaker ponsel ini masih didominasi oleh treble seperti kebanyakan ponsel lainnya. Namun, saat Laptophia menjajal mendengarkan musik melalui headset Sennheiser HD 202 II, keluaran suaranya terbilang mantap dan enjoyable.

Baterai

Mengandalkan baterai berkapasitas 4000mAh membuat ponsel Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini mampu bertahan hingga 1,5 hari penggunaan ala Laptophia. Sayangnya, smartphone dengan baterai berkapasitas besar ini tidak dilengkapi dengan fitur fast charge. Ini bisa dimaklumi mengingat harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal.

Memori

Smartphone ringkas dengan baterai berkapasitas 4000mAh Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 24,12GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,4 – 1,5GB. Smartphone ini telah mendukung USB OTG dengan port microUSB.

Kesimpulan

Secara umum, Asus Zenfone Max M1 ZB555KL merupakan salah satu smartphone yang menarik di kelasnya. Popularitas ponsel ini memang masih kalah jauh dibanding Zenfone Max Pro M1, tetapi bukan berarti Asus Zenfone Max M1 ZB555KL tak pantas dilirik. Ponsel ini hadir dengan dimensi yang sangat ringkas, baterai kapasitas besar, dan kamera yang bisa diandalkan. Selain itu, smartphone andalan Asus ini sudah mengusung Sayangnya, Asus masih belum membekali kamera ganda dan fitur fast charge di Zenfone Max M1 ZB555KL ini.

Kelebihan Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

  • Dedicated slot
  • Daya tahan baterai di atas rata-rata
  • Kamera bisa diandalkan
  • Dimensi ringkas dan nyaman digenggam

Kekurangan Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

  • Masih mengusung single kamera
  • Tidak dilengkapi fast charge

Harga Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

Meski tak sepopuler kakaknya, ponsel Asus Zenfone Max M1 ZB555KL ini masih cukup menarik dan bersaing di kelasnya. Harga smartphone Asus Zenfone Max M1 ZB555KL terbaru di Indonesia berdasarkan pantauan yang Laptophia lakukan di toko online terbesar Shopee Indonesia adalah Rp 1.799.000. Beberapa seller ada yang menjual dengan harga yang lebih murah di toko online tersebut.

Berdasarkan hasil review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL yang telah Laptophia lakukan memang menunjukkan hasil yang cukup menarik. Smartphone ini menawarkan daya tahan baterai yang terbilang panjang di kelasnya dan kamera yang diusungnya bisa diandalkan. Performanya memang bukan yang paling kencang, tetapi masih sangat memadai untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Secara umum, Asus Zenfone Max M1 ZB555KL masih sangat laik dipertimbangkan di kelasnya.

Spesifikasi Asus Zenfone Max M1 ZB555KL

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera belakang 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI CMOS, aperture f/2.0, LED flash. Kamera depan 8 megapiksel, sensor BSI CMOS, lensa wide 25mm aperture f/2.2
  • Layar sentuh 5,5 inci 2.5D dengan resolusi HD+ 1440 x 720 piksels, kerapatan 245 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS TFT LCD
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, USB OTG, 3.5mm audio jack, GPS, fingerprint sensor, dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 147.3 x 70.9 x 8.7 mm dengan berat 150 gram
  • Baterai 4000mAh, non removable
  • Warna Deepsea Black, Sunlight Gold, dan Ruby Red
Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy A7 2018: Mewah dengan Triple Camera!