IBX582004D475488 Eggel Solo Review: Speaker Bluetooth Terbaik di Bawah 200 Ribu!

Eggel Solo Review: Speaker Bluetooth Terbaik di Bawah 200 Ribu!



Eggel Solo Review: Speaker Bluetooth Terbaik di Bawah 200 Ribu! – Eggel tentu sudah tak asing lagi di telinga konsumen tanah air. Brand lokal ini popularitasnya terus menanjak dengan produk speaker bluetooth portabel yang tangguh dengan kualifikasi outdoor. Laptophia cukup penasaran dengan produk dari Eggel ini dan telah mengulas seri Terra XL yang ternyata menawarkan kualitas suara yang mantap.

Kini tim Laptophia kembali kedatangan produk speaker bluetooth terbaru Eggel Solo untuk diulas mendalam. Impresi awal speaker ini sangat menggoda dengan harganya yang murah dan kualitas suara yang ternyata lebih baik ketimbang JBL Go. Jelas, Eggel Solo merupakan salah satu speaker bluetooth terbaik di kelas entry-level, penasaran? Simak ulasan lengkap Eggel Solo review oleh tim Laptophia kali ini!

Paket Pembelian Eggel Solo

IMG_20181018_154244
  • Eggel Solo warna Black
  • Gantungan
  • Kabel USB
  • Buku manual
  • Kartu garansi
  • Voucher belanja Eggel store 10 ribu
Baca juga:Xiaomi Mi In-Ear Pro HD Triple Driver Review: Kualitas Suara Mantap!

Desain Eggel Solo

IMG_20181018_154508
Sektor desain memang bukan bagian yang diunggulkan pada Eggel Solo review kali ini. Meski demikian, tim Laptophia melihat speaker portabel terbaru andalan Eggel ini tampil dengan desain anti mainstream. Alih-alih menggunakan basis bentuk kotak persegi seperti para pesaingnya, Eggel Solo ini justru menggunakan basis bentuk segi delapan. Bentuk segi delapannya memang tidak cukup kentara, tetapi ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan para pesaingnya seperti JBL Go misalnya.

Tak cukup hanya dengan bentuk segi delapan yang unik, Eggel memberikan sentuhan sederhana tetapi menarik pada speaker grill. Berbeda dari kebanyakan speaker grill yang rata, Eggel Solo ini hadir dengan motif yang cukup unik dan menonjol. Hal ini membuat penampilan Eggel Solo berbeda dan cukup menarik. Speaker portabel Eggel Solo ini hadir dengan balutan casing berbahan plastik atau polikarbonat berwarna hitam. Sedangkan pada bagian speaker grill terbuat dari material logam atau metal.

Bobot speaker bluetooth Eggel Solo ini terbilang cukup ringan di kelasnya dan dimensinya relatif ringkas. Tambahan gantungan dalam paket pembelian Eggel Solo semakin meningkatkan kenyamanan saat membawa speaker ini traveling.

Berbeda dengan rata-rata speaker portabel besutan Eggel yang memiliki kualifikasi outdoor, seri Solo ini tampaknya tidak memiliki ketangguhan tersebut. Informasi yang Laptophia himpun, Eggel Solo tidak memiliki sertifikat IPXX. Apakah ini berarti Eggel Solo tidak memiliki kemampuan waterproof ? Laptophia sudah mengirim email ke Eggel untuk konfirmasi hal ini.
Baca juga:Mifa H2 Review, Speaker Bluetooth yang Bisa Jadi Sandaran
IMG_20181018_155213
Pada Eggel Solo review oleh tim  Laptophia kali ini, sisi depan speaker terdapat speaker grill dengan motif unik tanpa kehadiran logo Eggel. Sedangkan pada sisi kanan dan kiri speaker bluetooth murah ini tidak terdapat tombol atau port apapun. Sedangkan pada bagian bawah speaker Eggel Solo ini terdapat dudukan yang unik seperti casing girita pada ponsel, sehingga speaker dapat menempel dengan permukaan.

Sedangkan pada sisi belakang speaker portabel murah Eggel Solo ini terdapat informasi teknis singkat. Pada bagian atas, terdapat tombol volume down/previous track, volume up/next track, tombol bluetooth/FM Radio, dan tombol power yang juga berfungsi sebagai tombol play dan pause. Secara umum, build quality speaker Eggel Solo ini terbilang solid di kelasnya.

Video Unboxing Eggel Solo

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Eggel Solo Review

IMG_20181018_154822
Eggel sukses menarik simpati konsumen dan penikmat audio tanah air melalui debutnya seri Terra. Pabrikan lokal ini kemudian melanjutkannya dengan merilis seri Halo, Terra XL, Active Plus, Solo, dan yang paling baru adalah seri Eggel Elite. Varian paling murah adalah Eggel Solo yang Laptophia ulas melalui artikel ini. Harganya yang terjangkau dan dimensinya yang sangat ringkas menjadi daya tarik utamanya. Sehebat apakah kualitas suara Eggel Solo ini?

Kualitas Suara

Berbeda dengan seri Terra XL dan Active Plus yang ditenagai oleh dua buah driver, Eggel Solo harus puas dengan mengandalkan single driver berdaya 5 watt. Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker Eggel Solo ini ternyata diluar dugaan tim Laptophia! Speaker dengan harga di bawah 200 ribu ini ternyata mampu menghasilkan suara yang cukup kencang dengan kuantitas bass yang sangat memuaskan untuk ukurannya. Tak hanya itu, ketika volume dimaksimalkan, Laptophia tidak mendengar adanya distorsi atau sember dari speaker andalan Eggel ini.

Tim Laptophia menilai karakter suara yang dihasilkan oleh speaker bluetooth Eggel Solo ini agak warm. Beberapa orang ada yang menilai karakter suara speaker ini balance atau seimbang. Saat memainkan lagu Beyond Oblivion dari Trivium, Eggel Solo mampu merepresentasikan suara bass dari hentakan dobel pedal drum dengan baik dan cukup dalam. Tak hanya itu, suara gitar solo dipertengahan lagu terasa sangat detail dan enak didengar. Suara high atau treble terdengar cukup detail dan crisp, tetapi tidak menusuk telinga.

Laptophia cukup penasaran sejauh apa dentuman bass dari speaker Eggel Solo ini dengan memainkan lagu Dedicated (demo) dari Linkin Park, hasilnya? Suara bass yang dihasilkan memang cukup dalam dan terdengar bulat dan jelas. Suara vokal yang dihasilkan oleh Eggel Solo ini terdangar jelas, meski terasa agak mundur. Sound stage dari Eggel Solo ini memang tidak luas, tetapi ini dapat dimaklumi mengingat ukurannya memang terbilang ringkas. Secara umum, kualitas suara Eggel Solo ini salah satu yang terbaik dengan harga di bawah Rp 200 ribu.
Baca juga:Anker SoundCore Nano Review: Si Kecil Bersuara Jernih!

Dilengkapi Radio FM

Salah satu kelebihan Eggel Solo yang jarang dimiliki oleh speaker bluetooth pesaingnya adalah dilengkapi dengan fitur FM Radio built in. Berdasarkan pengujian yang Laptophia lakukan, speaker portabel Eggel Solo ini mampu menangkap siaran radio FM lokal dengan baik dan cukup jernih meski tak dilengkapi dengan antenna eksternal.

Kompatibilitas

Pada Eggel Solo review kali ini, tim Laptophia telah melakukan pairing dengan beberapa smartphone dan gadget seperti Pocophone F1 by Xiaomi, Asus Zenfone 5, Zenfone 5z, Realme 2, dan Samsung Galaxy A7 2018 triple camera. Sejauh ini speaker Eggel Solo tidak mengalami masalah dengan kompatibilitas dan dapat berfungsi dengan baik dengan gadget yang disebutkan.

Baterai

Speaker bluetooth Eggel Solo ini dibekali dengan baterai berkapasitas 800mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 6 jam dengan volume 50%. Pada praktiknya, tim Laptophia hanya mendapat daya tahan baterai antara 3 – 4 jam saja dengan volume di atas 60%. Agak pas-pasan menurut kami.

Kesimpulan

Secara umum, Eggel Solo ini merupakan salah satu speaker bluetooth portabel dengan kualitas suara terbaik dengan harga di bawah Rp 200 ribu. Bass mampu dihadirkan dengan cukup baik, treble cukup detail, dan clarity yang cukup baik di kelasnya. Harganya terjangkau dan dimensinya cukup ringkas.

Selain itu, Eggel Solo ini juga dilengkapi dengan FM Radio sebagai nilai tambah. Sayangnya, daya tahan baterainya terbilang pas-pasan. Jelas, Eggel Solo sangat laik dibeli bagi konsumen yang membutuhkan speaker portabel murah dengan kualitas mantap.

Kelebihan Eggel Solo

  • Kualitas suara terbaik di kelasnya
  • Desain unik dan menarik
  • Dilengkapi FM Radio built in
  • Harga terjangkau

Kekurangan Eggel Solo

  • Daya tahan baterai pas-pasan
  • Tidak dilengkapi port AUX

Harga Eggel Solo

Eggel Solo merupakan sebuah speaker Bluetooth murah yang menawarkan kualitas suara yang tidak main-main. Harga speaker portabel Eggel Solo terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari toko online terkemuka adalah Rp 189.000. Berdasarkan hasil Eggel Solo review yang telah tim Laptophia lakukan, speaker bluetooth murah Eggel Solo ini ampu menunjukkan kelasnya.

Kualitas suara yang dihasilkan sangat baik dan bahkan bisa dikatakan salah satu yang terbaik dengan harga di bawah Rp 200 ribu. Sayangnya, daya tahan baterai speaker ini terbilang pas-pasan saja, yakni 3 – 4 jam. Secara umum, speaker Eggel Solo laik dipilih bagi konsumen yang membutuhkan speaker portabel dengan harga yang terjangkau dan kualitas suara yang terbilang mantap.
Anda dapat membeli atau cek harga Eggel Solo di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Eggel Solo

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 2 inch x 1
  • RMS: 4Ω 5W x 1 THD=10%
  • Frequency Response: 100Hz – 20KHz
  • Signal to noise ratio 85dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.2 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Dilengkapi FM Radio
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Slot microSD tersedia, max 32GB
  • Baterai built-in 800mAh lithium battery, hingga 5 – 6 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 9 x 9.1 x 4.2 cm
  • Berat 200 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black
Anda mungkin suka:Eggel Terra XL Review: Solid Waterproof Outdoor Bluetooth Speaker!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!