IBX582004D475488 Mifa H2 Review, Speaker Bluetooth yang Bisa Jadi Sandaran

Mifa H2 Review, Speaker Bluetooth yang Bisa Jadi Sandaran



Mifa H2 Review, Speaker Bluetooth yang Bisa Jadi Sandaran – Mifa yang merupakan salah satu vendor speaker bluetooth portabel dalam waktu singkat telah mempu meraih tempat di hati konsumen tanah air. Pabrikan yang sebagian sahamnya dimiliki oleh Xiaomi ini terkenal dengan jajaran speaker portabel outdoor yang tangguh dan memiliki kemampuan tahan air. Namun tak semua produk MIfa berkemampuan outdoor, salah satunya adalah Mifa H2.

Speaker seri Mifa H2 ini bisa dikatakan sebagai penerus dari seri Mifa H1 yang pernah Laptophia ulas sebelumnya. Salah satu keunggulan speaker bluetooth portabel Mifa H2 ini adalah dapat berfungsi sebagai penyangga atau sandaran ponsel. Lalu sehebat apakah kualitas suara dari speaker berbentuk bulat ini? Simak ulasan Mifa H2 review oleh tim Laptophia kali ini!

Paket Pembelian Mifa H2

IMG_20180602_160417_HDR
  • Mifa H2 Portable Bluetooth Speaker White
  • Kabel USB
  • Manual
Baca juga:Asus Zenfone 5 ZE620KL Review: Si Cantik Berkamera Flagship!

Desain Mifa H2

IMG_20180602_160849_HDR
Meski masuk dalam kategori speaker bluetooth murah, Mifa H2 ini hadir dengan desain yang anti mainstream. Tak heran penampilannya sangat berbeda jika dibandingkan dengan kebanyakan speaker yang beredar di pasar dengan harga yang sama. Pada Mifa H2 review kali ini, speaker tersebut mengusung desain bulat yang mirip dengan UFO. Bagian atasnya didominasi oleh tekstur dot atau lingkaran yang pada bagian tengahnya berlubang dan berfungsi sebagai speaker gril. Di bawahnya terdapat cekungan yang digunakan untuk meletakkan ponsel atau tablet.

Bentuk speaker Mifa H2 yang bulat dan unik ini sebenarnya tak lepas dari fungsi sandaran yang diusungnya. Bentuk bulat ini dirasa paling ideal untuk mengakomodasi speaker yang berperan juga sebagai sandaran ponsel. Tim Laptophia menjajal fungsi sandaran pada speaker Mifa H2 ini dengan beberapa smartphone, seperti Asus Zenfone 5z, Pocophone F1, Zenfone Zoom S, Xiaomi Redmi 5, dan banyak lagi. Semua ponsel tersebut dapat disandarkan dengan baik di speaker Mifa H2 sembari menikmati musik atau menonton video.

Speaker bluetooth Mifa H2 ini dibalut dengan material casing polikarbonat atau plastik. Meski hanya terbuat dari plastik, speaker Mifa H2 ini terasa cukup solid dan kuat. Dimensi atau ukuran dari Mifa H2 sebenarnya tak terlalu ringkas, sehingga kurang nyaman digenggam. Pada dasarnya, Mifa H2 dirancang untuk diletakkan di meja, bukan untuk digenggam. Bobot speaker Mifa H2 ini terbilang ringan, yakni hanya 300 gram saja.
Baca juga:Hands On Realme 2: Smartphone Murah Makin Mewah!
IMG_20180602_160912_HDR
Pada speaker portabel Mifa H2 review kali ini, sisi atas speaker terdapat speaker grill yang mendominasi, cekungan untuk sandaran ponsel, logo Mifa, tombol power, dan sebuah LED indikator. Sedangkan bagian pinggir speaker bluetooth Mifa H2 ini terdapat port microUSB untuk mengisi daya dengan input 5V/1A.

Sedangkan sisi bawah speaker Mifa H2 ini terdapat sebuah jack audio 3,5mm dengan kabel yang tak terlalu panjang dan tersimpan dengan aplik. Kabel tersebut dapat ditancapkan ke gadget atau smartphone apabila enggan menggunakan konektivitas bluetooth. Selain itu sisi bawah juga terdapat informasi mengenai spesifikasi singkat dari speaker Mifa H2 ini.

Video Unboxing Mifa H2

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Mifa H2 Review

IMG_20180602_160713_HDR
Mifa selama ini cukup terkenal di Indonesia dengan jajaran speaker outdoor dan memiliki kualitas suara yang terbilang yahud. Tak mau hanya berkutat dengan segmen speaker outdoor, Mifa mencoba menghadirkan speaker portabel dengan konsep yang berbeda dan tidak memiliki kemampuan outdoor. Salah satu hasil dari konsep ini adalah Mifa H1 yang berfungsi sebagai penyangga. Sukses dengan seri pertama, kini hadirlah Mifa H2 yang dilengkapi dengan cekungan untuk sandaran ponsel.

Kualitas Suara

Selama ini speaker bluetooth besutan Mifa memang memiliki kualitas suara yang terbilang mantap di kelasnya. Lalu bagaimana dengan Mifa H2? Speaker portabel ini dibekali dengan sebuah driver berukuran 2 inci dengan daya mencapai 3 watt. Jika dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan, Mifa H2 ini relatif standar untuk kelas entry-level. Setelah lebih dari sebulan menggunakan speaker Mifa H2 ini, Laptophia menilai kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker bluetooth Mifa H2 pas-pasan atau standar saja.

Karakter suara speaker Mifa H2 ini memang agak warm menurut tim Laptophia. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat bass yang dihasilkan tidak nendang atau kurang mendalam. Tak hanya itu, suara treble atau high terdengar kurang jelas detailnya. Hal ini membuat speaker Mifa H2 terdengar jelek apabila digunakan untuk mendengarkan lagu yang memiliki karakter bright. Beruntung, mid terasa cukup memadai dengan suara vokal yang terbilang jelas.

Separasi antar instrumen pada lagu yang agak rumit kurang bisa diatasi oleh speaker andalan Mifa ini. Bagi penikmat musik, speaker Mifa H2 ini mungkin kurang memuaskan dan hanya cocok untuk pengganti loudspeaker bawaan ponsel. Meski demikian, Mifa H2 ini masih bisa menjadi teman yang baik untuk menonton film di ponsel. Volume yang dihasilkan cukup kencang sebenarnya. Sayangnya, beberapa kali Laptophia merasakan adanya delay atau speaker mendadak mati sesaat dan kemudian hidup lagi.
Baca juga:Review SPC Noah Sound NS1, Speaker Outdoor Dengan Suara Asli Ariel Noah

Kompatibilitas

Laptophia menggunakan speaker Mifa H2 ini selama lebih dari sebulan dan menyambungkannya dengan pelbagai gadget. Sejauh ini tidak ada kendala atau masalah kompatibilitas pada speaker bluetooth Mifa H2 ini.

Baterai

Mengandalkan baterai berkapasitas 1200mAh, speaker Mifa H2 ini diklaim mampu bertahan hingga lebih dari 6 jam penggunaan normal. Benarkah klaim ini? Berdasarkan pengalaman Laptophia, speaker Mifa H2 ini hanya mampu bertahan sekitar 4 – 5 jam dengan volume rata-rata di atas 50%.

Kesimpulan

Secara umum, Mifa H2 ini bukan sekadar speaker portabel biasa. Speaker ini dapat difungsikan sebagai penyangga atau sandaran gadget yang kita gunakan. Fitur inilah yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya. Sayangnya, kualitas suara yang dihasilkan oleh Mifa H2 ini terbilang standar saja. Sudah sangat memadai untuk menonton film, tetapi kurang memuaskan untuk mendengarkan musik. Laptophia menilai speaker Mifa H2 ini cukup laik beli bagi konsumen yang membutuhkan speaker tambahan dengan fungsi sandaran gadget.

Kelebihan Mifa H2

  • Dilengkapi fungsi penyangga
  • Desain unik dan menarik
  • harga terjangkau

Kekurangan Mifa H2

  • Kualitas suara pas-pasan
  • Kadang ada delay atau jeda saat digunakan

Harga Mifa H2

Mengikuti jejak seri H1, seri Mifa H2 ini menjadi sebuah produk yang tidak hanya sekadar speaker biasa, tetapi juga sebagai penyangga gadget saat menikmati konten multimedia. Harga speaker bluetooth Mifa H2 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah kisaran Rp 200 ribu-an. Berdasarkan hasil Mifa H2 review yang telah tim Laptophia lakukan, speaker bluetooth ini memang menawarkan kualitas suara yang pas-pasan untuk mendengarkan musik.

Anda dapat memilih speaker lain jika membutuhkan kualitas suara yang lebih baik. Namun, kehadiran fungsi penyangga menjadi daya tarik tersendiri bagi Mifa H2. Secara umum, tim Laptophia menilai speaker Mifa H2 relatif laik dipertimbangkan di kelasnya, terutama bagi yang suka menonton film melalui gadget atau ponsel.
Anda dapat membeli atau cek harga Mifa H2 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Mifa H2

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 2 inch x 1
  • RMS: 4Ω 3W x 2 THD=10%
  • Frequency Response: 100Hz – 18KHz
  • Signal to noise ratio 85dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.2 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Dilengkapi dengan sandaran untuk ponsel dengan layar max 7 inci
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Slot microSD tidak tersedia
  • Baterai built-in 1200mAh lithium battery, hingga 6 – 7 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 8 cm x 8 cm x 8 cm
  • Berat 300 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna White
Anda mungkin suka:Sonicgear Pandora Lumo 2 Review: Speaker Bluetooth dengan LED Warna-Warni

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!