eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Infinix Hot S3 X573: Smartphone Selfie Killer dengan OS Android Oreo

Review Infinix Hot S3 X573: Smartphone Selfie Killer dengan OS Android Oreo – Kali ini Laptophia berkesempatan untuk melakukan review Infinix Hot S3 X573. Seperti yang kita ketahui, smartphone Infinix Hot S3 X573 ternyata cukup mampu menarik perhatian konsumen tanah air dengan kemampuan kamera selfie yang menonjol. Tak hanya itu, Laptophia melihat Infinix Hot S3 X573 ini sebagai sebuah smartphone paket lengkap yang dapat dibeli dengan harga yang terjangkau.

Paket lengkap di sini adalah menawarkan kinerja yang sangat memadai, kamera depan dan belakang yang bisa diandalkan, layar kekinian, dan baterai yang tahan lama. Jelas, Infinix Hot S3 X573 ini menjadi salah satu lawan tangguh bagi Asus Zenfone 4 Selfie Lite dan juga Xiaomi Redmi 5. Penasaran sehebat apakah smartphone besutan vendor asal Hong Kong ini? Simak review Infinix Hot S3 X573 oleh Laptophia kali ini!
Review Infinix Hot S3 X573: Smartphone Selfie Killer dengan OS Android Oreo

Paket Pembelian Infinix Hot S3 X573

Paket Pembelian Infinix Hot S3 X573
  • Unit Infinix Hot S3 X573 Black
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset atau handsfree
  • Kartu garansi
  • Manual
  • Softcase
  • Screeguard
Anda dapat memesan atau cek harga Infinix Hot S3 X573 di Sini (Klik)

Desain Infinix Hot S3 X573

Desain Infinix Hot S3 X573

Desain Infinix Hot S3 X573
Meski tak mengunggulkan desain, pada review Infinix Hot S3 X573 kali ini penampilannya cukup menarik. Laptophia disuguhi gaya desain ponsel kekinian dengan layar memanjang yang menggunakan aspek rasio 18:9 yang diikuti ukuran bezel yang kian tipis. Smartphone ini hadir dengan konsep desain yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya, yakni Hot S2.

Namun, ketika dibandingkan dengan smartphone kekinian ainnya yang menggunakan layar aspek rasio 18:9, penampilan Infinix Hot S3 X573 terlihat mirip. Ponsel khusus selfie ini dibalut dengan casing unibody yang terbuat dari plastik atau polikarbonat yang tersedia dalam tiga varian warna. Pada review kali ini, Laptophia menggunakan warna hitam. Permukaan casing belakang ponsel Infinix Hot S3 X573 ini tidak bertekstur dan menggunakan finishing matte.

Namun, permukaan casing belakangnya terbilang licin, sehingga kita harus hati-hati saat menggenggamnya. Tak hanya itu, permukaan casing ponsel andalan Infinix ini juga mudah meninggalkan jejak sidik jari dan minyak. Tak heran, kadang Infinix Hot S3 X573 mudah terlihat kotor. Pada sisi belakang terlihat kamera dang LED flash yang tersusun secara vertikal yang sekilas mengingatkan kita dengan desain iPhone X.

Sisi depan terdapat layar melengkung 2.5D yang tak bergitu terlihat karena list di sekitar layar cenderung agak tinggi. Dimensi ponsel Infinix Hot S3 X573 ini tidak terlalu lebar, tetapi cukup panjang. Meski demikian, Laptophia merasa ponsel ini masih cukup nyaman digenggam dengan bobot yang terbilang ringan. Meski dibalut dengan casing berbahan plastik atau polikarbonat, ponsel Infinix Hot S3 X573 ini build quality-nya terbilang solid dan cukup kuat menurut Laptophia.
Baca juga:Review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition: Laptop Gaming Serius
Desain Infinix Hot S3 X573

Desain Infinix Hot S3 X573

Pada review Infinix Hot S3 X573 kali ini, sisi depan ponsel terdapat LED notifikasi, dual LED flash depan, ambient light sensor, proximity sensor, earpiece, kamera depan, layar HD+ berukuran 5,7 inci, dan tanpa kehadiran tiga buah tombol kapasitif khas Android karena sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone dengan kemampuan selfie mumpuni Infinix Hot S3 X573 tidak disebutkan adanya lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass dan sejenisnya. Meski demikian, Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di layar Infinix Hot S3 X573 agar tak mudah tergores. Beruntung, smartphone selfie ini dilengkapi screen guard dalam paket pembeliannya.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Infinix Hot S3 X573 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat sebuah tray SIM card dedicated slot atau triple slot. Ini berarti kita bisa menggunakan dual SIM aktif dan microSD secara bersamaan. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Infinix ini terdapat port audio 3,5mm untuk menggunakan headset.
Baca juga:Uneed QuickBox M20 20.000mAh Review: Power Bank Quick Charge 3.0 dengan Kapasitas Jumbo
Sedangkan bagian belakang ponsel Infinix Hot S3 X573 ini terdapat lubang kamera, dual LED flash, sensor sidik jari, logo Infinix, dan logo Hot. Merek asal Hong Kong pembesut produk Zero 5 dan Zero 5 Plus ini menempatkan port microUSB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Infinix Hot S3 X573

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Infinix Hot S3 X573


Software & Fitur Infinix Hot S3 X573
Sisi perangkat lunak mungkin menjadi salah satu keunggulan pada review Infinix Hot S3 X573 oleh Laptophia kali ini. Smartphone khusus selfie dengan kamera depan 20 megapiksel ini hadir dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo terbaru yang dipadukan dengan antarmuka XOS 3.0 Hummingbird yang kaya akan fitur. Bandingkan dengan sebagian pesaingnya yang masih bertahan dengan OS Android Nougat dan belum jelas akan mendapat upgrade ke Android O atau tidak.

Seperti biasa, Laptophia disambut dengan penampilan antarmuka yang cukup menarik khas XOS  3.0 Hummingbird yang terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan juga terdapat app drawer. Uniknya, semua aplikasi ang terinstal di Infinix Hot S3 ini tampil di Homescreen layaknya ponsel tanpa app drawer. Di sisi lain, Infinix Hot S3 X573 ini juga menyediakan app drawer yang dapat diakses dengan cara swipe dari bawah ke atas di Home screen. App drawer ponsel Infinix ini menampilkan menu secara urut abjad.

Pada review Infinix Hot S3 X573 kali ini, XOS 3.0 Hummingbird yang diusungnya menawarkan tampilan yang cukup menarik dan didukung fasilitas kostumisasi yang terbilang lengkap. Pengguna dapat melakukan kostumisasi animasi, ikon pack, font, warna teks, ukuran icon, dan juga themes, sehingga tidak mudah bosan. Wallpaper dan themes sudah disediakan dan pengguna tinggal mengunduhnya. Tak hanya itu, juga tersedia Shuffle untuk mengganti wallpaper secara instan dan acak.

Fitur yang disediakan oleh XOS pada Hot S3 X573 besutan Infinix ini terbilang lengkap di kelasnya, sebut saja Phone Master, XAccount, App Lock, Harrasement Block, screen gesture, Magic Movie, Xhide, Freezer, dan sebagainya. Belum lama ini Infinix merilis update untuk smartphone Hot S3 ini yang membawa fitur Face Unlock untuk meningkatkan sektor keamanan. Sayangnya, tidak dibekali fitur semacam dual apps dan sual space atau sejenisnya.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5A Prime Review: Cocok untuk Penggemar Selfie
Aplikasi bawaan smartphone Infinix Hot S3 X573 ini bisa dikatakan tidak terlalu banyak, yakni sudah terinstal aplikasi Google Apps, Facebook, Catfiz, InStore, PicMix, Carlcare, Yogrt, Instagram, dan beberapa lainnya. Pengguna dapat menghapus atau men-disable aplikasi bawaan yang tak digunakan. Aplikasi music bawaan Infinix Hot S3 X573 ini terbilang cukup menarik dan mudah digunakan.

Secara umum, Infinix Hot S3 X573 ini menawarkan fitur yang sangat lengkap di kelasnya dengan basis Android Oreo terbaru. XOS Hummingbird yang diusungnya kaya fitur dan menawarkan performa yang terbilang smooth. Tak hanya itu, konsumsi RAM XOS juga cukup efisien, sehingga kinerja ponsel lebih optimal.

Benchmark Infinix Hot S3 X573


CPU-Z Infinix Hot S3 X573
CPU-Z Infinix Hot S3 X573

Benchmark AnTuTu v7 Infinix Hot S3 X573
Benchmark AnTuTu v7 Infinix Hot S3 X573

Benchmark Geekbench 4 Infinix Hot S3 X573
Benchmark Geekbench 4 Infinix Hot S3 X573

Benchmark Vellamo Infinix Hot S3 X573
Benchmark Vellamo Infinix Hot S3 X573

Benchmark PCMark Infinix Hot S3 X573
Benchmark PCMark Infinix Hot S3 X573

Benchmark 3DMark Infinix Hot S3 X573
Benchmark 3DMark Infinix Hot S3 X573
Benchmark Basemark OS II Infinix Hot S3 X573
Benchmark Basemark OS II Infinix Hot S3 X573
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Infinix Hot S3 X573
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Infinix Hot S3 X573

Hasil Foto Kamera Infinix Hot S3 X573

Beautify On vs Beautify Off (Indoor)


Selfie Siang Hari
Foto Selfie Low-light (LED flash off)
Foto Selfie Low-light (LED flash on)




Foto Siang Hari



Foto Macro



Foto Malam Hari


Foto Malam Hari dengan LED flash

Hasil Rekaman Video Infinix Hot S3 X573 Full HD


Review Infinix Hot S3 X573

Review Infinix Hot S3 X573
Akhirnya kita sampai pada bagian akhir dari review Infinix Hot S3 X573. Smartphone ini hadir menggebrak pasar entry-level dan menengah melalui kemampuan kamera depannya yang menonjol dan didukung layar kekinian dengan aspek rasio 18:9.

Spesifikasi teknis lainnya, Infinix Hot S3 X573 ini terbilang cukup bersaing di kelasnya dengan dukungan Snapdragon 430 dan baterai berkapasitas cukup besar. Infinix Hot S3 X573 secara umum menawarkan spesifikasi hampir sama dengan Oppo A83 dengan harga yang jauh lebih murah. Lalu sehebar apakah ponsel Infinix Hot S3 X573?

Layar

Infinix Hot S3 X573 ini sudah mengusung layar kekinian berukuran 5,7 inci dengan aspek rasio 18:9 yang menggunakan resolusi HD+. Jika dilihat dari resolusinya, Laptophia tidak terlalu berharap banyak. Namun, kualitas layar Infinix Hot S3 X573 ini memang cukup memuaskan untuk harga yang ia tawarkan. Layarnya mampu memancarkan warna yang cukup punchy dan tajam. Meski resolusinya belum Full HD+, Laptophia tidak ada masalah dengan kerapatan layarnya, cukup nyaman di mata.

Performa touchscreen-nya terbilang gegas dan viewing angle-nya terbilang luas. Sayangnya, ketika digunakan dibawah sinar matahari, performa layarnya terbulang biasa saja. Layar Infinix Hot S3 ini tidak dibekali dengan proteksi antigores, sehingga disarankan untuk memasang tempered glass atau screenguard.
Baca juga:Xiaomi Redmi 5A Review: Penghancur Harga Smartphone Murah

Performa

Sisi kinerja, Infinix Hot S3 X573 ini relatif standar dan bukan yang paling kencang di kelasnya menurut Laptophia, karena mengandalkan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 430 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 yang berlari dengan kecepatan 1,4GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB, serta diperkuat grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505.

SoC yang digunakan oleh smartphone andalan Infinix ini memang bukan yang terbaru, tetapi performanya sudah sangat memadai. Ponsel ini sudah cukup nyaman untuk digunakan sebagai media komunikasi harian, sosial media, dan juga gaming kasual. Perangkat lunak Infinix Hot S3 X573 ini telah dioptimasi dengan cukup baik, sehingga perpindahan menu dan buka tutup aplikasi berlangsung gegas dan nyaris tanpa lag. Bahkan setelah banyak aplikasi terinstal, performanya masih belum menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Saat menjalankan banyak aplikasi atau multitasking, Infinix Hot S3 masih cukup mampu menanganinya. Game-game kekinian seperti Mobile Legends atau AOV juga dapat dimainkan tanpa masalah di ponsel khusus selfie ini. Ponsel andalan Infinix ini tidak panas, hanya sebatas hangat saja ketika digunakan secara intensif.

Kamera

Kamera menjadi daya tarik utama Infinix Hot S3 X573 dengan dokongan kamera depan berkekuatan berkekuatan 20 megapiksel dengan sensor Sony IMX376 yang dikawinkan dengan lensa wide-angle aperture f/2.0 wide angle. Keistimewaan kamera depan Infinix Hot S3 X573 ini dibekali fitur beautify untuk foto selfie yang berkualitas tinggi dan didukung fitur Portrait Mode yang menawarkan efek bokeh ala kamera DSLR. Tak lupa fitur face unlock dibenamkan di ponsel andalan Infinix ini.

Sedangkan kemampuan kamera belakang Infinix Hot S3 X573 ini relatif standar di kelasnya menurut Laptophia Blog karena hanya mengandalkan dukungan kamera resolusi 13 megapiksel dengan sensor BSI CMOS ditandemkan dengan lima elemen lensa aperture f/2.0 yang dilengkapi dengan fitur phase-detection autofokus dan LED flash. Mode manual dengan pangaturan yang sangat lengkap juga disediakan oleh smartphone ini.

Kemampuan kamera depan smartphone besutan Infinix ini laik mendapat acungan jempol. Laptophia menilai kamera depan ponsel Hot S3 X573 ini salah satu yang terbaik di kelas under Rp 2 juta. Foto selfie yang dihasilkan begitu tajam, detail, dan warnanya cukup akurat meski kadang terlihat kurang punchy. Kamera depan Hot S3 X573 ini bisa diandalkan di segala kondisi cahaya berkat dukungan dual LED flash yang menemaninya di sisi depan.

Hasil foto selfie saat malam hari memang mengalami penurunan yang cukup signifikan, tetapi kualitas secara umum masih terbilang bagus di kelasnya. Mode Portrait yang dimiliki oleh kamera depan Infinix ini memang mampu menghasilkan efek blur ala kamera DSLR, meski masih kurang rapi seleksinya menurut Laptophia.
Baca juga:Motorola Moto E4 Plus Review: Daya Tahan Baterai Terbaik di Kelasnya
Sedangkan kamera belakang pada review Infinix Hot S3 X573 ini relatif memadai dan bisa diandalkan, meski bukan yang terbaik di kelasnya. Saat siang hari, kamera belakangnya mampu menghasilkan foto yang berkualitas, detail, dan dynamic range yang kadang agak kurang. Mode HDR yang diusungnya memang mampu meningkatkan dynamic range secara signifikan, tetapi kadang hasilnya kurang natural.

Ketika digunakan untuk memotret macro, kecepatan fokus kamera Infinix Hot S3 X573 cukup gegas dan akurat. Foto macro yang dihasilkan juga terbilang memuaskan. Sedangkan saat malam hari, kamera Infinix Hot S3 X573 ini agaknya kurang bisa diandalkan karena foto yang dihasilkan banyak mengalami penurunan detail, banyaknya noise, dan fokus yang melambat. LED flash belakangnya memang cukup membantu, tetapi hasil jepretannya masih bisa dioptimalkan lagi.

Audio

Pada review Infinix Hot S3 X573 kali ini, loudspeaker bawaannya terbilang kencang. Meski demikian, kualitas suaranya masih di bawah seri Hot 4 Pro yang sudah Laptophia ulas sebelumnya. Saat digunakan untuk mendengarkan musik, suaranya kencang tetapi didominasi oleh treble dengan bass yang kurang terasa.

Kemudian Laptophia menjajal mendengarkan lagu-lagu dari Trivium di album The Sin And The Sentence menggunakan headphone Sennheiser HD 202 II, hasilnya? Dentuman bass yang dihasilkan terbilang kuat, mid bass dan dobel pedal drum masih terdengar dengan baik. Treble dan vokalnya memang tidak dominan, tetapi terdengar cukup jelas.

Baterai

Infinix Hot S3 X573 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4000mAh, cukup besar di kelasnya. Meski tak disebutkan adanya fasilitas fast charging, pengisian daya hingga penuh pada ponsel ini hanya memakan waktu rata-rata 2 – 2,5 jam saja.

Daya tahan baterai Infinix Hot S3 X573 ini laik mendapat acungan jempol karena dengan pola penggunaan sosial media yang cukup intensif, memotret, browsing, dan komunikasi sehari-hari lainnya, Infinix Hot S3 X573 ini mampu bertahan hingga seharian lebih. Tentunya, ini bisa lebih dan bisa kurang tergantung pola penggunaan masing-masing pengguna.

Memori

Smartphone selfie sentris Infinix Hot S3 X573 ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 23,6GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,5 – 1,6GB. Smartphone ini telah mendukung fitur USB OTG.
Baca juga:Motorola Moto M XT1663 Review: The Forgotten Knight

Kesimpulan

Secara umum, Infinix Hot S3 X573 merupakan salah satu smartphone selfie terbaik di kelas entry-level menengah dengan menawarkan spesifikasi yang seimbang, baterai berkapasitas besar, layar kekinian, dan harga yang terbilang masuk akal. Kemampuan kamera depannya mantap dan bisa diandalkan dalam segala kondisi.
Sayangnya, smartphone Infinix Hot S3 X573 ini relatif agak sulit didapat karena hanya tersedia melalui flash sale atau penjualan kilat. Selain itu, ponsel ini tidak dijual secara offline. Selain itu, selama hampir sebulan menggunakan, sensor sidik jari ponsel ini ternyata kurang gegas atau responsif.

Kelebihan Infinix Hot S3 X573

  • Kamera selfie terbaik di kelasnya
  • Tersedia fitur Face Unlock
  • OS Android 8.0 Oreo
  • Dedicated slot

Kekurangan Infinix Hot S3 X573

  • Ketersediaan terbatas (harus melalui flash sale)
  • Casing belakang licin, mudah kotor
  • Sensor sidik jari kurang responsif

Harga Infinix Hot S3 X573

Infinix Hot S3 X573 ini memang cukup menarik melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan. Harga Infinix Hot S3 X573 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah Rp 1.899.000 atau tepatnya Rp 1,9 juta saja. Berdasarkan review Infinix Hot S3 X573 yang telah Laptophia Blog lakukan, smartphone Infinix Hot S3 X573 ini menawarkan kinerja yang terbilang baik.

Kemampuan kamera depannya cukup menonjol dengan kualitas foto selfie yang bisa dikatakan terbaik di kelasnya. Kamera belakang ponsel asal Hong Kong ini juga tak mengecewakan menurut Laptophia. Secara umum, smartphone Infinix Hot S3 X573 ini sangat laik dipertimbangkan di kelasnya dan merupakan salah satu smartphone selfie terbaik di kelas harga di bawah Rp 2 juta.
Anda dapat memesan atau cek harga Infinix Hot S3 X573 di Sini (Klik)

Spesifikasi Infinix Hot S3 X573

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka XOS 3.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera 13 megapiksel phase-detection autofokus, sensor OmniVision OV13855, aperture f/2.2, dual LED flash. Kamera depan 20 megapiksel, sensor Sony IMX376, aperture f/2.0, dual LED flash
  • Layar sentuh 5,7 inci 2.5D dengan resolusi HD+ 1440 x 720 piksels, kerapatan 282 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, USB OTG, 3.5mm audio jack, GPS, fingerprint sensor, dual SIM, Face Unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 152.30 x 72.80 x 8.40 mm dengan berat 150 gram
  • Baterai 4000mAh, non removable
  • Warna Blue, Gold, dan Black
Anda mungkin suka:Infinix Hot 4 Pro X556 Review: Lawan Paling Tangguh Redmi 5A!