eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Xiaomi Redmi Note 5A Prime Review: Cocok untuk Penggemar Selfie

Xiaomi Redmi Note 5A Prime Review: Cocok untuk Penggemar Selfie – Xiaomi tampaknya benar-benar menunjukkan kebangkitannya di pasar Indonesia sejak tahun 2017 lalu. Tahun ini beberapa produk telah diluncurkan dan sukses menggebrak pasar entry-level dan menengah, salah satunya adalah Redmi Note 5A Prime. Pada kesempata kali ini tim Laptophia Blog berkesempatan mengulas Xiaomi Redmi Note 5A Prime review yang dibekali dengan kamera depan yang mumpuni di kelasanya.

Tak heran, ponsel ini dijuluki sebagai jagoan selfie dengan harga yang terjangkau. Kamera depan dengan resolusi tinggi menjadi daya tarik Xiaomi Redmi Note 5A Prime, khususnya konsumen yang gemar foto selfie atau swafoto. Spesifikasi yang diusung oleh Redmi Note 5A Prime mengalami peningkatan yang terbilang signifikan jika dibandingkan dengan Redmi Note 5A. Sehebar apakah performa ponsel yang ditenagai Snapdragon 435 ini? Simak Xiaomi Redmi Note 5A Prime review oleh Laptophia Blog kali ini!

Xiaomi Redmi Note 5A Prime Review: Cocok untuk Penggemar Selfie

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 5A Prime
  • Unit Xiaomi Redmi Note 5A Prime Grey
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Audio Technica SonicFuel ATH-CLR100is Review: Murah tapi Mantap!

Desain Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Desain Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Desain Xiaomi Redmi Note 5A Prime
Pada Xiaomi Redmi Note 5A Prime review kali ini, Laptophia Blog tidak melihat sesuatu yang menonjol dari desain fisik ponsel ini. Pabrikan asal Tiongkok ini tampaknya memang mengusung gaya desain yang standar dan tidak ada gebrakan di sana, bahkan masih mengusung layar dengan aspek rasio 16:9.

Ini sebenarnya bisa dimaklumi mengingat ponsel ini tidak menonjolkan sektor desain. Ponsel khusus selfie andalan Xiaomi ini bisa dikatakan mengusung gaya desain standar yang agak generik. Ponsel Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini dibalut dengan casing plastik unibody dengan lekukan yang mirip dengan saudaranya, Redmi Note 5A. Sisi depan terlihat adanya layar yang melengkung 2.5D yang menawan dengan bezel berwarna hitam yang bisa dikatakan agak tebal, terutama pada sisi atas dan bawah.

Ini sedikit kemajuan dari Redmi Note 5A standar yang layarnya masih flat atau belum melengkung 2.5D. Casing belakang ponsel Redmi Note 5A Prime ini mengusung finishing satin yang terasa agak licin dengan lengkungan pada sisi kanan dan kiri yang dapat meningkatkan sisi ergonomi saat menggenggamnya.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5A Review: Smartphone Terbaik di Kelas 1,5 Juta!
Adanya dua garis antenna berwarna hitam semakin mempercantik penampilan ponsel ini. Dimensi smartphone Xiaomi Redmi Note 5A Prime relatif sama dengan Redmi Note 5A standar dengan bobot yang terbilang ringan. Secara umum, smartphone Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini menawarkan build quality yang solid di kelasnya meski penampilannya biasa saja.
Desain Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Desain Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Pada ulasan Xiaomi Redmi Note 5A Prime review kali ini, sisi depan Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini terdapat LED notifikasi, lubang kamera depan, earpiece, ambient light sensor, proximity sensor, LED flash depan, layar HD berukuran 5,5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back yang tidak dilengkapi dengan backlight.

Layar smartphone selfie murah meriah Xiaomi Redmi Note 5A Prime sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass. Tak diketahui versi berapa, tetapi Laptophia memperkirakan adalah Gorilla Glass 3. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Redmi Note 5A Prime agar tak mudah tergores.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini terdapat lubang kamera, LED flash, sensor sidik jari, dan logo Mi. Merek asal Tiongkok pembesut produk flagship Xiaomi Mi6 ini menempatkan port microUSB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, SIM 2, dan microSD dengan jenis dedicated slot (triple slot). Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Xiaomi ini terdapat port audio 3,5mm, microphone, dan infrared blaster.
Baca juga:AKG S30 Review: Speaker Bluetooth dengan Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

Video Unboxing Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Xiaomi Redmi Note 5A Prime Review
Pada sisi perangkat lunak, Xiaomi Redmi Note 5A Prime review kali ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Redmi Note 5A maupun Redmi 5A. Bagi MiFans, sisi perangkat lunak bisa menjadi salh satu keunggulan ponsel ini karena fiturnya yang lengkap dan dukungan update secara regular. Smartphone Redmi Note 5A Prime andalan Xiaomi ini menggunakan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat yang dibalut dengan antarmuka MIUI 9. Sampai saat ini memang tidak jelas apakah ponsel ini bakal mendapat upgrade ke Android Oreo atau tidak.

Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini hadir dengan antarmuka yang menarik, minimalis, dan mudah digunakan khas MIUI 9. Seperti biasa, kita akan disuguhi tampilan Lockscreen dan Homescreen tanpa kehadiran App Drawer. Sehingga, semua aplikasi yang terinstal langsung tampil di Homescreen, sehingga lebih simpel ketika kita ingin mengaksesnya. Keunggulan MIUI 9 adalah fitur yang disediakan hampir setara, baik di kelas flagship maupun entry-level.

Fitur yang disediakan oleh Redmi Note 5A Prime melalui MIUI 9 ini bisa dikatakan sangat lengkap di kelasnya dengan dukungan Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Lite Mode, App Lock, dual apps, split screen, dan dual space.

Dual apps adalah fitur unik yang memungkinkan kita menjalankan dua buah aplikasi sosial media secara bersamaan dengan identitas yang berbeda, sehingg cocok bagi yang memiliki usaha olshop atau bisnis lainnya.

Bagi yang suka bosan dengan tampilan antarmuka ponsel, tampaknya akan terpuaskan dengan MIUI 9 yang terinstal di ponsel khusus selfie ini. Menu kostumisasi yang disediakan memungkinkan kita untuk melakukan perubahan di setiap elemen antarmukanya, seperti animasi, theme, wallpaper, dan banyak lagi. Bahkan, wallpaper dan theme dapat dengan mudah diunduh melalui menu yang sudah disediakan.
Baca juga:Motorola Moto E4 Plus Review: Daya Tahan Baterai Terbaik di Kelasnya
Aplikasi bawaan Xiaomi Redmi Note 5A Prime review kali ini bisa dikatakan tidak terlalu banyak. Tentunya ini kabar gembira bagi yang tidak suka dengan bloatware yang memenuhi ponsel barunya. Beberapa aplikasi bawaan pada smartphone ini antara lain adalah Music, Gallery, Notes, Google Apps, WPS Office, Caping, SwiftKey Keyboard, dan PicMix. Ini terbilang sedikit menurut Laptophia Blog.

Secara umum, Xiaomi Redmi Note 5A Prime pada sisi software ini sangat mantap. Fitur yang diusungnya relatif di atas rata-rata di kelasnya. Tampilan antarmukanya cukup menarik, performanya responsif, tetapi konsumsi RAM MIUI 9 memang terbilang agak banyak. Xiaomi Redmi Note 5A Prime sangat nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Benchmark Xiaomi Redmi Note 5A Prime


CPU-Z Xiaomi Redmi Note 5A Prime
CPU-Z Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Benchmark AnTuTu v6 Xiaomi Redmi Note 5A Prime
Benchmark AnTuTu v6 Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 5A Prime
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Benchmark PCMark Xiaomi Redmi Note 5A Prime
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Benchmark Basemark OS II Xiaomi Redmi Note 5A Prime
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Sensorbox for Android dan Multitouchtester Xiaomi Redmi Note 5A Prime
Sensorbox for Android dan Multitouchtester Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 5A Prime


Foto selfie malam hari (LED flash Off)
Foto selfie super low-light (LED flash on)



Foto Selfie kamera depan




Foto Siang Hari




Foto Macro




Foto Malam Hari


Foto Malam Hari dengan LED flash

Hasil Rekaman Video Xiaomi Redmi Note 5A Prime Full HD


Xiaomi Redmi Note 5A Prime Review

Xiaomi Redmi Note 5A Prime Review
Akhirnya telah sampai pada bagian akhir dari Xiaomi Redmi Note 5A Prime review oleh tim Laptophia Blog! Kehadiran ponsel Redmi Note 5A Prime ini membuktikan bahwa Xiaomi juga turut mengakomodasi tren selfie yang berkembang di tanah air, meski selama ini produknya tidak identik dengan kemampuan selfie seperti dua merk Tiongkok lainnya.

Kamera depan dengan resolusi mencapai 16 megapiksel memang jarang ditemui di jajaran produk Xiaomi karena rata-rata mereka hanya membekali resolusi 4 – 5 megapiksel saja. Redmi Note 5A Prime satu dari sedikit produk Xiaomi dengan kemampuan selfie yang mumpuni.

Hal yang Laptophia Blog soroti dati Xiaomi Redmi Note 5A Prime adalah ketersediaan dan strategi penjualannya. Xiaomi menggunakan strategi full online dengan menggelar flash sale yang menggandeng salah satu toko online terkemuka tanah air. Tak heran, mendapatkan ponsel Xiaomi Redmi Note 5A Prime dengan harga normal bukan hal yang mudah. Ketika ponsel ini dijual di retail offline, biasanya harganya sedikit lebih mahal dari harga normal.
Baca juga:Motorola Moto M XT1663 Review: The Forgotten Knight

Layar

Xiaomi membekali Redmi Note 5A Prime dengan spesifikasi yang sama dengan Redmi Note 5A dengan layar sentuh berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD berteknologi IPS. Kualitas layar Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini terbilang bagus di kelasnya. Layarnya relatif sama dengan saudaranya yang mampu menampilkan saturasi warna cukup baik di kelasnya, tajam, dan tidak terlihat pixelated atau kotak-kotak meski dilihat dari jarak yang dekat. Salah satu keunggulannya adalah sudah dibekali proteksi Corning Gorilla Glass yang melengkung 2.5D.

Tak hanya menawarkan warna yang kuat dan tajam, layar Redmi Note 5A Prime ini juga hadir dengan viewing angle yang cukup luas dan respon touchscreen yang responsif. Saat digunakan dibawah sinar matahari, layar Redmi Note 5A Prime ini terbilang biasa saja. Sayangnya, respon auto brightness-nya terasa kurang responsif dan sering terlambat menyesuaikan dengan kondisi cahaya sekitar.

Performa

Kinerja yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini terbilang bersaing di kelasnya menurut Laptophia Blog karena didukung SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 435 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 3GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G andalan Xiaomi ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505.

Jika dibandingkan dengan Redmi Note 5A, kinerja Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, khususnya untuk multitasking dan grafisnya. Hal ini tak lepas dari penggunaan chipset yang lebih powerful, yakni Snapdragon 435. Selama proses review berlangsung, tim Laptophia Blog tidak mengalami kendala lag yang mengganggu. Buka tutup aplikasi berjalan cukup responsif, animasi sistem dan perpindahan menu juga berlangsung smooth.
Baca juga:Vivo Y65 Review: Selfie dengan Efek Bokeh
Saat digunakan untuk memainkan game kekinian, Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini juga menunjukkan performa yang bisa diandalkan dan terbilang minim lag. Saat digunakan bermain game, suhu ponsel khusus selfie ini terbilang aman terkendali, hanya terasa hangat saja. Xiaomi Redmi Note 5A Prime sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari.

Kamera

Pada Xiaomi Redmi Note 5A Prime review kali ini dibekali dukungan kamera belakang 13 megapiksel menggunakan sensor Samsung S5K3L8 dengan fitur autofokus ditandemkan lensa aperture f/2.2 lengkap dengan LED flash. Kamera depan Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini berkekuatan 16 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3P8 dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus yang sangat mumpuni untuk foto selfie dan video call.

Laptophia Blog langsung menguji kemampuan kamera depan Redmi Note 5A Prime untuk foto selfie di segala kondisi cahaya. Saat digunakan untuk foto selfie dengan cahaya yang memadai, hasil fotonya terbilang memuaskan dengan saturasi warna yang oke, detail yang memadai, dan karakter yang agak soft. Ketika digunakan untuk foto selfie di indoor dan malam hari juga masih bisa diandalkan berkat hadirnya soft LED flash depan.

Meski menonjolkan kamera depan untuk foto selfie, kemampuan kamera belakang Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini juga cukup bersaing di kelasnya. Saat siang hari, foto yang dihasikan oleh ponsel ini cukup memuaskan, tajam, dan warna yang akurat, meski noise masih muncul dengan kuantitas kecil.  Foto macro ponsel Redmi Note 5A Prime ini cukup bisa diandalkan dengan kecepatan fokus yang gegas dan hasil yang memuaskan untuk kelas menengah.

Saat digunakan untuk memotret pada malam hari, Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini memang mengalami penurunan kualitas foto yang signifikan. Foto yang dihasilkan muncul banyak noise dengan kecepatan fokus yang lambat. Meski demikian, kualitas foto yang dihasilkan masih bisa dikatakan lumayan. Dukungan single LED flash yang diusungnya ternyata cukup terang dan sangat membantu memotret di tempat yang minim cahaya.

Audio

Berbicara mengenai kualitas loudspeaker bawaan Xiaomi Redmi Note 5A Prime, ternyata kualitasnya tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Redmi Note 5A standar. Keluaran suaranya saat digunakan untuk mendengarkan musik terbilang cukup kencang. Kualitas suaranya cukup baik menurut Laptophia Blog, mesk didominasi dengan treble, tetapi suara bass masih agak terdengar.

Laptophia Blog kemudian melanjutkan Xiaomi Redmi Note 5A Prime review kali ini untuk mendengarkan musik menggunakan headphone Sennheiser HD 202 II. Beberapa lagu metalcore dari Bullet For My Valentine dan Trivium diperdengarkan. Kualitas suaranya terbilang solid, bass yang cukup kuat, treble yang detail, dan suara vokal dengan artikulasi yang cukup jelas.
Baca juga:Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL Review: Best Selfie Smartphone!

Baterai

Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3080mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Berdasarkan pengalaman penggunaan Laptophia Blog, baterai ponsel Redmi Note 5A Prime ini ternyata bertahan kurang dari sehari dengan penggunaan sosial media dengan intensitas sedang. Ini bisa dimaklumi mengingat kapasitas baterainya tidak sebesar jajaran Redmi lainnya.

Memori

Smartphone khusus selfie Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 23,49GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,7 – 1,8GB.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi Note 5A Prime merupakan smartphone yang didesain untuk mengakomodasi konsumen yang suka foto selfie dengan harga yang terjangkau. Hasil jeopretan kamera depannya bisa diandalkan di kelasnya. Kinerjanya bisa dikatakan sudah lebih dari cukup untuk kompunikasi sehari-hari, sosial media, dan juga gaming kasual. Fitur yang diusung oleh Redmi Note 5A Prime juga terbilang lengkap.
Kemampuan kamera belakangnya terbilang biasa saja. Pesona Redmi Note 5A Prime andalan Xiaomi ini mungkin agak meredup dengan ramainya ponsel dengan layar kekinian seperti Infinix Hot S3, Luna V Lite, dan juga Xiaomi Redmi 5 series. Hal yang mungkin menyebalkan adalah ponsel Redmi Note 5A Prime saat ini bisa didapatkan melalui flash sale yang tak semua orang bisa sukses meminangnya.

Keunggulan Xiaomi Redmi Note 5A Prime

  • Kamera selfie mumpuni
  • Fitur lengkap
  • Kinerja bersaing di kelasnya
  • Harga kompetitif

Kelemahan Xiaomi Redmi Note 5A Prime

  • Layar belum kekinian
  • Dijual melalui flash sale

Harga Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Xiaomi Redmi Note 5A Prime merupakan smartphone yang sangat cocok bagi mereka yang gemar foto selfie. Harga resmi Xiaomi Redmi Note 5A Prime terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah Rp 1.999.000 atau tepatnya Rp 2 juta. Berdasarkan hasil Xiaomi Redmi Note 5A Prime review yang telah tim Laptophia Blog lakukan, ponsel ini mampu menghasilkan kinerja yang memuaskan, kamera depan yang mumpuni, dan juga fitur yang terbilang lengkap.

Secara umum hampir tidak ada komplain dari tim Laptophia Blog saat mengulas ponsel ini. Namun, kehadiran saudaranya dari seri Redmi 5 dan Redmi 5 Plus tampaknya malah berpotensi bersaing dengan Redmi Note 5A Prime. Terlepas dari hal tersebut, Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini cukup menarik di kelasnya dan laik dipertimbangkan di kelas menengah, terutama penggemar swafoto atau selfie.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5A Prime

  • Sistem Operasi Android 7.1.2 Nougat dengan antarmuka MIUI 9
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 435 MSM8937 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Samsung S5K3L8, aperture f/2.2,  dan LED flash. Kamera depan 16 megapiksel, sensor Samsung S5K3P8, lensa aperture f/2.0 fixed focus, LED flash
  • Layar 5,5 inci 2.5D dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual nano-SIM, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 153 x 76.2 x 7.7 mm berat 153 gram
  • Baterai 3080mAh lithium ion
  • Warna Rose Gold, Gold, dan Grey
Anda mungkin suka:Xiaomi Redmi 5A Review: Penghancur Harga Smartphone Murah