IBX582004D475488 Vivo Y65 Review: Selfie dengan Efek Bokeh

Vivo Y65 Review: Selfie dengan Efek Bokeh




Vivo Y65 Review: Selfie dengan Efek Bokeh – Setelah diluncurkan beberapa waktu lalu, kini Vivo Y65 telah beredar luas di pasar Indonesia. Smartphone ini menawarkan dukungan fitur Portrait Bokeh yang menawarkan kemampuan serupa dengan Portrait mode milik iPhone 7 Plus atau Xiaomi Mi A1. Uniknya, fitur ini hanya menggunakan satu buah kamera saja, yakni kamera depan. Ini mengingatkan Laptophia Blog pada Google Pixel 2 yang juga mampu menghasilkan efek bokeh tanpa harus menggunakan dua buah kamera.

Spesifikasi Vivo Y65 sendiri sebenarnya tidaklah terlalu istimewa dengan menggunakan SoC Snapdragon 425 quad-core yang dibantu dengan RAM berkapasitas 3GB. Penasaran? Berikut ini adalah ulasan Vivo Y65 review yang telah tim Laptophia Blog lakukan setelah kurang lebih tiga minggu proses uji pakai.


Vivo Y65 Review: Selfie dengan Efek Bokeh

Paket Pembelian Vivo Y65

Paket Pembelian Vivo Y65
  • Unit Vivo Y65 Rose Gold
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • Headset
  • Silicon case
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Xiaomi Mi A1 Review: Kamera Ganda dengan Android One

Desain Vivo Y65

Desain Vivo Y65Desain Vivo Y65
Berbicara mengenai desain, sebenarnya itu bukan sektor yang diunggulkan dalam Vivo Y65 review kali ini. Smartphone andalan vendor asal Tiongkok ini mengusung desain yang sebenarnya agak generik. Penampilan smartphone ini mirip dengan ponsel lain yang telah beredar di pasaran, sebut saja Oppo A71 atau Vivo Y55s. Meski demikian, penampilan ponsel Vivo Y65 ini tergolong simpel dan minimalis dengan balutan casing plastik unibody yang cukup solid.

Sisi belakang ponsel ini terdapat dua buah antenna line yang melengkung seperti iPhone 7 dan bagian pinggirannya agak membulat. Jika diperhatikan lebih detail, ponsel Vivo Y65 ini sebenarnya terdapat frame tipis yang mengkilap dan terbuat dari metal. Selain menambah kekuatannya, kehadiran frame tipis tersebut juga menambah sisi estetika.

Sementara itu, bagian depan ponsel Vivo Y65 ini kita akan disuguhi oleh tampilan bezel berwarna putih pada bagian atas dan bawah yang lumayan tebal dan disana terdapat layar dengan kontur 2.5D yang kini sudah umum digunakan oleh ponsel di pelbagai segmen.
Baca juga:Asus Zenfone Zoom S ZE553KL Review: Flagship Camera, Big Battery
Sedangkan bezel pada sisi kanan dan kiri ponsel relatif sedang. Dimensi smartphone Vivo Y65 ini terasa agak besar, mirip Xiaomi Redmi Note 5A tetapi lebih ramping. Bobot ponsel terbaru Vivo ini relatif ringan. Build quality ponsel Vivo Y65 ini memang terbilang solid, tetapi memang tidak terkesan mewah karena menggunakan material polikarbonat atau plastik.
Desain Vivo Y65Desain Vivo Y65
Pada ulasan Vivo Y65 review kali ini, sisi depan ini terdapat lubang kamera depan, earpiece, ambient light sensor, proximity sensor, layar 2.5D HD berukuran 5,5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back yang tidak dilengkapi dengan backlight.

Smartphone Vivo Y65 tidak dilengkapi dengan LED notifikasi, ini agak disayangkan menurut Laptophia. Layar smartphone menengah Vivo Y65 tidak disebutkan adanya lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass dan sejenisnya. Meski demikian, Vivo Y65 ini telah dilengkapi dengan screenguard yang telah terpasang sejak awal.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Vivo Y65 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM card dan microSD dengan jenis dedicated slot (nano SIM dan microSD). Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Vivo ini terdapat port audio 3,5mm dan SIM tray (nano SIM).
Baca juga:Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL Review: We Love Photo & Battery
Sedangkan bagian belakang ponsel Vivo Y65 ini terdapat lubang kamera, LED flash, dan logo Vivo. Merek asal Tiongkok pembesut produk flagship Vivo V7+ ini menempatkan port microUSB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Vivo Y65

Software & Fitur Vivo Y65
Sisi perangkat lunak bia menjadi keunggulan sekaligus kelemahan dari ulasan Vivo Y65 review kali ini, bagaimana bisa? Menjadi kelebihan karena menawarkan antarmuka yang cantik dan user friendly, kaya fitur, dan kaya kostumisasi. Menjadi kelemahan karena Vivo selama ini terkenal tidak pernah memberikan update OS Android ke versi berikutnya. Sehingga, hampir dipastikan smartphone Vivo Y65 ini tidak akan mendapat update ke Android 8.0 Oreo di masa mendatang.

Terlepas dari hal tersebut, ponsel Vivo Y65 ini hadir dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat dengan balutan antarmuka FunTouch OS yang cantik dan kaya fitur. Seperti biasa, kita akan disuguhi tampilan lockscreen dan homescreen tanpa kehadiran App Drawer. Harus diakui bahwa tampilan dan desain Funtouch OS andalan Vivo ini sangat mirip dengan Apple iOS. Desain tombol, penempatan shortcut, desain icon, dan sebagainya banyak terinspirasi dari iOS.

Salah satu kelebihan Funtouch OS pada smartphone Vivo Y65 ini menurut Laptophia Blog adalah dukungan fitur kostumisasi yang cukup luas. Kita dapat melakukan kostmisasi wallpaper, theme, widget, dan juga animasi. Pengguna tak akan mudah bosan karena theme yang disediakan cukup beragam.

Aplikasi bawaan dari Funtouch OS di Vivo Y65 ini tidak terlalu banyak, sebut saja  V-Appstore, VivoCloud, EasyShare, UC Browser, WPS Office, Detik.com, Facebook, dan baca. Fiur yang disediakan oleh ponsel 4G LTE terbaru andalan Vivo ini terbilang kaya,sebut saja iManager yang memiliki fungsi clener dan data monitor, file manager bawaan, browser, Game mode, Smart motion, dan banyak lagi.
Baca juga: Asus Zenfone Live ZB501KL Review: Real-time Beautification
Salah satu fitur yang menarik adalah App Clone yang memiliki cara kerja mirip Twin Apps di Asus atau Dual Apps di Xiaomi. Kita dapat menginstal dua aplikasi sosial media sekaligus dengan identitas berbeda, misal dua buah BBM dan dua buah aplikasi WhatsApp. Adapun fitur Smart Split yang membagi layar menjadi dua, sama seperti Split Screen milik Android Nougat. Juga tersedia fitur Smart screenshot yang mampu menghasilkan screenshot yang panjang dan dilengkapi dengan rekaman suara.

Secara umum, Funtouch OS yang digunakan oleh Vivo Y65 ini menawarkan kinerja yang sangat ringan dan responsif. Tampilan antarmukanya bagus, meski terinspirasi dari iOS. Selain itu, fitur yang ditawarkan juga sangat lengkap di kelasnya.

Benchmark Vivo Y65

Benchmark Vivo Y65
CPU-Z Vivo Y65
Benchmark AnTuTu v6 Vivo Y65
Benchmark AnTuTu v6 Vivo Y65
Benchmark Geekbench 4 Vivo Y65
Benchmark Geekbench 4 Vivo Y65
Benchmark Vellamo Vivo Y65
Benchmark Vellamo Vivo Y65
Benchmark PCMark Vivo Y65
Benchmark PCMark Vivo Y65
Benchmark 3DMark Vivo Y65
Benchmark 3DMark Vivo Y65
Benchmark Basemark OS II Vivo Y65
Benchmark Basemark OS II Vivo Y65
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Vivo Y65
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Vivo Y65

Hasil Foto Kamera Vivo Y65

Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Foto Siang Hari
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Foto Macro
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Foto Malam Hari
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Foto malam Hari dengan LED Flash
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Foto Selfie Malam Hari dengan Portrait Bokeh
Hasil Foto Kamera Vivo Y65
Foto Selfie dengan Mode Auto

Hasil Rekaman Video Vivo Y65 Full HD


Vivo Y65 Review

Vivo Y65 Review
Kemampuan kamera depannya yang dilengkapi dengan mode Portrait Bokeh meski hanya mengandalkan satu buah kamera menjadi salah satu keunggulan Vivo Y65 review kali ini. Terlepas dari fitur andalan tersebut, ponsel Vivo Y65 ini mengandalkan spesifikasi yang terbilang standar di kelasnya. Bahkan, ponsel ini belum dilengkapi dengan sensor sidik jari dan LED notifikasi. Vivo Y65 ini hadir dengan desain yang generik dan berbahan polikarbonat. Meski demikian, build quality Vivo Y65 terbilang solid.

Layar

Mengandalkan layar 5,5 inci dengan resolusi HD 720p, tentu kita tidak bisa berharap terlalu banyak. Namun, Laptophia agak terkejut karena layar ponsel Vivo Y65 ini mampu menghasilkan gambar yang tajam dengan warna yang memanjakan mata.

Tak hanya itu, viewing angle layar smartphone ini terbilang luas dan respon touchscreennya sangat responsif. Sayangnya, performa layar Vivo Y65 dibawah sinar matahari masih kurang mantap, meski cukup terlihat. Selain itu, layar Vivo Y65 ini tidak dilengkapi dengan proteksi antigores sejenis Gorilla Glass. Beruntung, ponsel ini telah terpasang screenguard sejak dalam boks penjualan.
Baca juga:Xiaomi Redmi 4X Review: Baterai Besar & Kaya Fitur

Performa

Perfoma memang bukan keunggulan utama Vivo Y65 review kali ini dengan mengandalkan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 425 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 3GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G andalan Vivo ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 308.

Di atas kertas memang Snapdragon 425 ini memang tidak mentereng karena didesain ponsel kelas entry-level. Namun, selama uji pakai Vivo Y65 hampir tiga minggu lamanya, tim Laptophia tidak menemukan kendala performa yang signifikan. Smartphone ini cukup smooth dan gegas meski telah banyak aplikasi sosial media di dalamnya.

Meski demikian, performa gaming yang ditawarkan oleh Vivo Y65 tidak bisa dikatakan gahar, kurang cocok untuk penggemar gaming. Vivo Y65 sudah cukup untuk menangani kebutuhan komunikasi dan sosial media sehari-hari.

Kamera

Sektor kamera menjadi andalan Vivo Y65 dengan dukungan kamera belakang 13 megapiksel dengan fitur autofokus ditandemkan lensa aperture f/2.2 lengkap dengan LED flash. Kamera depan Vivo Y65 ini berkekuatan 5 megapiksel dengan aperture f/2.2 fixed focus yang cukup lumayan untuk foto selfie dan video call.

Kemampuan kamera belakangnya memang bukan yang terbaik di kelasnya, tetapi cukup bisa diandalkan. Saat siang hari dengan kondisi mendung, foto yang dihasilkan kamera Vivo Y65 ini cukup baik dengan warna yang natural, detail yang cukup, dan sedikit terlihat adanya noise.

Hal yang agak mengganggu adalah kemampuan autofokusnya yang terbilang kurang memuaskan, terlebih untuk foto macro. Laptophia harus menggunakan fokus manual di mode Professional untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Baca juga:Xiaomi Mi 5S Review: Duet Snapdragon 821 & Sony IMX378
Saat digunakan untuk memotret di malam hari, smartphone Vivo Y65 ini mampu menghasilkan foto yang terbilang lumayan. Detail yang dihasilkan merosot jauh dengan noise yang cukup tinggi. Namun, kualitasnya masih terbilang tidak jauh berbeda dibandingkan pesaingnya.

Kamera depan Vivo Y65 ini laik mendapat acungan jempol dengan hasil foto yang detail, karakter warna yang agak soft, dan dilengkapi screen flash. Kemampuan mode Portrait Bokeh yang dimilikinya memang belum memuaskan Laptophia. Blur yang dihasilkan kurang rapi dan kalah jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi A1.

Audio

Loudspeaker bawaan smartphone Vivo Y65 ini terbilang kencang, meski karakter suaranya didominasi oleh treble. Ketika menggunakan headset bawaan saat mendengarkan musik, kualitasnya cenderung biasa saja, tidak bagus dan juga tidak buruk. Ketika menggunakan headphone Sennheiser HD 202 II untuk memutar lagu The Sins and The Sentence milik Trivium, kualitas suaranya terbilang solid dan bass serta treble relatif seimbang.

Baterai

Pada ulasan Vivo Y65 review kali ini, daya tahan baterainya bisa dikatakan lumayan. Smartphone ini dibekali dengan baterai berkekuatan 3000mAh tanpa adanya fasilitas fast charging. Penggunaan sosial media intensif dan fotografi, baterai ponsel Vivo Y65 ini bisa bertahan hampir seharian. Ketika di-charge pagi dengan pola penggunaan ala Laptophia Blog, maka sekitar jam 8 malam sudah di bawah 20%. Terbilang mencukupi menurut Laptophia.

Memori

Smartphone dengan kamera mode Portrait Bokeh Vivo Y65 ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 8,02GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,5 – 1,6GB.
Baca juga:Xiaomi Mi5 Review: Ponsel Bertenaga Snapdragon 820 Termurah

Kesimpulan

Vivo Y65 menawarkan fitur yang lengkap dan performa yang memadai untuk komunikasi dan sosial media sehari-hari. Dukungan mode Portrait Bokeh mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh ala kamera DSLR menjadi daya tarik tersendiri. Funtouch OS yang digunakan oleh Vivo Y65 ini menawarkan performa yang smooth dan kaya fitur.

Namun, raw performance yang tak terlalu tinggi membuat ponsel ini bukan pilihan yang tepat bagi yang membutuhkan ponsel untuk menangani tugas berat dan gaming. Fitur yang ditawarkan oleh Y65 ini terbilang minim untuk kelas Rp 2 jutaan lebih dengan absennya fingerprint sensor dan juga LED notifikasi.

Keunggulan Vivo Y65

  • Kamera depan dilengkapi Portrait Bokeh
  • FunTouch OS kaya fitur
  • Dedicated slot

Kelemahan Vivo Y65

  • Spesifikasi secara umum standar
  • Tidak dilengkapi fingerprint sensor
  • Tidak dilengkai LED notifikasi
  • Memori internal hanya 16GB

Harga Vivo Y65

Smartphone kelas menengah Vivo Y65 terbaru ini dibandrol Rp 2.599.000 atau tepatnya Rp 2,6 juta. Harga yang ditawarkan memang terdengar agak tinggi jika dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan. Berdasarkan hasil ulasan Vivo Y65 review yang telah team Laptophia Blog lakukan, ponsel Vivo Y65 ini sebenarnya menunjukkan performa yang cukup baik dengan fitur yang terbilang kaya.

Kemampuan kamera depan Vivo Y65 cukup menonjol dengan efek bokeh dari mode Portrait Bokeh. Secara umum, Vivo Y65 cukup menarik di kelasnya dan bersaing ketat dengan Asus Zenfone 4 Max ZC520KL, Oppo A71, Xiaomi Redmi Note 4, dan Samsung Galaxy J3 Pro 2017.
Anda dapat membeli atau cek harga promo Vivo Y65 di Sini (Klik)

Spesifikasi Vivo Y65

  • Sistem Operasi Android 7.1.2 Nougat dengan antarmuka FunTouch OS 3.2 
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 308
  • Kamera 13 megapiksel, sensor BSI, autofokus, aperture f/2.2 dengan dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel fixed focus, aperture f/2.2
  • Layar 5,5 inci 2.5D, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 3GB, ROM 16GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 153,56 mm x 75,79 mm x 7,49 mm dengan berat 157 gram
  • Baterai 3000mAh non-removable
  • Warna Gold dan Rose Gold
Anda mungkin suka:Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL Review: Best Selfie Smartphone!

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :


Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks . .