IBX582004D475488 Xiaomi Redmi 4X Review: Baterai Besar & Kaya Fitur

Xiaomi Redmi 4X Review: Baterai Besar & Kaya Fitur




Xiaomi Redmi 4X Review: Baterai Besar & Kaya Fitur – Xiaomi tampaknya memang sungguh-sungguh untuk come back di pasar smartphone Indonesia. Sukses menggebrak pasar dengan Redmi 4A yang membidik pasar entry-level, langsung disambung dengan peluncuran ponsel Xiaomi Redmi 4X dan Redmi Note 4 yang mengusung segmen lebih tinggi. Pada kesempatan kali ini Laptophia akan membahas Xiaomi Redmi 4X review yang telah kami gunakan selama lebih dari sebulan.

Smartphone ini memang tak banyak menawarkan peningkatan spesifikasi teknis jika dibandingkan dengan pendahulunya, Redmi 3S. Namun, beberapa perubahan seperti penggunakan SoC Snapdragon 435 yang lebih baru dan desain yang lebih kompak patut diapresiasi. Penasaran? Simak ulasan Xiaomi Redmi 4X review oleh tim Laptophia Blog kali ini!


Xiaomi Redmi 4X Review: Baterai Besar & Kaya Fitur

Paket Pembelian Xiaomi Redmi 4X

Paket Pembelian Xiaomi Redmi 4X
  • Unit Xiaomi Redmi 4X 2GB/16GB Gold
  • Kepala charger
  • kabel USB
  • SIM card ejector
  • Booklet manual
  • Kartu garansi
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 4X di Sini (Klik)

Desain Xiaomi Redmi 4X

Desain Xiaomi Redmi 4XDesain Xiaomi Redmi 4X
Xiaomi telah memberikan perubahan desain yang cukup signifikan pada ponsel Xiaomi Redmi 4X jika dibandingkan dengan Redmi 3X. Smartphone Redmi 4X ini sebenarnya masih menggunakan gaya yang sama dengan balutan casing metal unibody yang kokoh dan ditandemkan dengan layar 2.5D yang menawan.

Ponsel ini hadir dengan bezel depan berwarna putih yang membuatnya terlihat lebih menarik. Tak hanya itu, ukuran bezel Redmi 4X ini lebih kecil, sehingga membuat dimensi smartphone secara keseluruhan juga lebih kompak. Setidaknya, Xiaomi Redmi 4X ini lebih kompak ukurannya dan sudutnya lebih curvy ketimbang Redmi 3S. Casing belakang Xiaomi Redmi 4X ini mengusung finsihing satin yang terkadag agak licin ketika digenggam.

Berdasarkan desain dan ukurannya, ponsel Redmi 4X lebih nyaman digenggam ketimbang Xiaomi Redmi 3S menurut Laptophia Blog. Build quality smartphone Redmi 4X ini solid, khas Xiaomi. Pada ulasan Xiaomi Redmi 4X kali ini, desain bisa dikatakan sebagai perubahan yang paling terlihat jika dibandingkan dengan smartphone pendahulunya.
Baca juga:Xiaomi Mi5 Review: Ponsel Bertenaga Snapdragon 820 Termurah
Desain Xiaomi Redmi 4XDesain Xiaomi Redmi 4X
Pada ulasan Xiaomi Redmi 4X oleh tim Laptophia Blog kali ini, isi depan Xiaomi Redmi 4X ini terdapat ambient light sensor, proximity sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar HD berukuran 5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sebuah LED notifikasi berada di bawah tombol Home. Sama seperti smartphone kelas menengah lainnya, ketiga tombol kapasitif tersebut tidak dilengkapi dengan backlight. Selain itu, Xiaomi tak menyebutkan adanya lapisan antigores pada ponsel Redmi 4X besutannya ini. Laptophia merekomendasikan pengguna untuk memasang tempered glass untuk melindungi layar dari goresan.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Redmi 4X ini. Sedangkan sisi kiri terdapat slot SIM card atau microSD dengan jenis hybrid slot (dual SIM atau single SIM+microSD). Sisi atas ponsel 4G LTE ini terdapat lubang microphone, IR blaster, dan port audio 3,5mm.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi 4X ini terdapat lubang LED flash, kamera utama, dan logo Xiaomi. Merek asal Tiongkok pembesut produk flagship Mi6 ini menempatkan port micro USB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah.

 

Software & Fitur Xiaomi Redmi 4X

Software & Fitur Xiaomi Redmi 4X
Pada ulasan Xiaomi Redmi 4X review kali ini, sisi software atau perangkat lunak memang tak banyak berbeda jika dibandingkan dengan ponsel Xiaomi lainnya. Redmi 4X ini menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow yang menggunakan antarmuka khas Xiaomi, yakni MIUI 8. Berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun, Redmi 4X kabarnya menjadi salah satu smartphone Xiaomi yang akan mendapatkan update ke Android 7.0 Nougat. Sayangnya, informasi ini masih belum dikonfirmasi.

MIUI merupakan antarmuka yang cukup matang, solid, stabil, dan performanya smooth. Penampilannya yang sederhana, tetapi user-friendly menjadi kelebihannya. Namun, dibalik penampilannya yang sederhana ini tersimpan fitur yang terbilang sangat lengkap. Tak hanya itu, MIUI juga menawarkan update teratur jangka panjang yang kadang menghadirkan berbagai fitur baru.

Selain itu, MIUI pada Xiaomi Redmi 4X review ini menawarkan kostumisasi yang sangat luas dan pengguna dapat mengatur berbagai elemen antarmukanya, seperti animasi, theme, wallpaper, dan banyak lagi. Bahkan, wallpaper dan theme dapat dengan mudah diunduh melalui menu yang sudah disediakan.
Baca juga:Evercoss Genpro X Review: Smartphone 4G dengan Fingerprint Termurah
Beberapa fitur unggulan yang diusung MIUI di smartphone Redmi 4X andalan Xiaomi ini relatif sama dengan Mi 5S yang sudah Laptophia review sebelumnya, sebut saja Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Lite Mode, App Lock, dual apps, dan dual space. Aplikasi dasar bawaan Xiaomi Redmi 4X seperti Music, Gallery, Notes, dan sebagainya menawarkan tampilan yang menarik dan sarat fitur.

Secara umum, ulasan Xiaomi Redmi 4X dari sisi software ini cukup menarik dan bisa dikatakan melebihi para pesaingnya dari sisi fitur. Tampilan UI nya memang simpel, tetapi fitur kostumisasinya sangat luas. Konsumsi RAM yang cukup tinggi mungkin menjadi kekurangan dari MIUI. Meski demikian, performa yang dihasilkan UI-nya terbilang smooth menurut Laptophia.

Benchmark Xiaomi Redmi 4X

Benchmark Xiaomi Redmi 4X CPU-Z
CPU-Z Xiaomi Redmi 4X
Benchmark Xiaomi Redmi 4X Geekbench 4
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Redmi 4X
Benchmark Xiaomi Redmi 4X AnTuTu
Benchmark AnTuTu v6 Xiaomi Redmi 4X
Benchmark Xiaomi Redmi 4X Vellamo
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi 4X
Benchmark Xiaomi Redmi 4X PCMark
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi 4X
Benchmark Xiaomi Redmi 4X 3DMark
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi 4X
Benchmark Xiaomi Redmi 4X Sensorbox
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Redmi 4X

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4X

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4XHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4XHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4XHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4X
Foto Siang Hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4XHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4X
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4XHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4X
Foto Macro
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4XHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4XHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4X
Foto Malam Hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4XHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4X
Foto malam Hari dengan LED flash
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4X
Foto Selfie Kamera Depan

Hasil Rekaman Video Xiaomi Redmi 4X


Xiaomi Redmi 4X Review

Xiaomi Redmi 4X Review
Tak kurang dari sebulan tim Laptophia Blog menggunakan smartphone Xiaomi Redmi 4X ini untuk komunikasi sehari-hari, serta beberapa pengujian untuk review. Smartphone ini menawarkan desain yang agak generik sebenarnya, tetapi hal ini tertolong dengan adanya build quality yang mantap di kelasnya.

Sudutnya yang lebih curvy dan dipadukan dengan bezel yang lebih tipis dari pendahulunya membuat Xiaomi Redmi 4X ini lebih nyaman digenggam. Berikut ini beberapa poin hasil ulasan Xiaomi Redmi 4X review yang telah tim Laptophia Blog lakukan.

Layar

Meski mengusung spesifikasi layar yang sama dengan Redmi 3S yang berukuran 5 inci dengan resolusi HD berteknologi IPS, layar Redmi 4X terlihat lebih colorful. Tim Laptophia menilai performa layar Redmi 4X ini lebih tajam, warna yang lebih kuat, dan brightness yang lebih tinggi. Kualitas layar ponsel andalan Xiaomi ini terbilang mantap di kelasnya. Viewing angle-nya luas, respon touchscreennya responsif, dan performaanya di bawah sinar matahari dapat diandalkan.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 4 Review: Andalkan MediaTek Helio X20

Performa

Sisi performa mungkin bukan hal yang istimewa pada Xiaomi Redmi 4X review kali ini karena memang tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Redmi 3S atau Redmi 3X. Ponsel ini mengandalkan sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 435 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505. Untuk Redmi 4X dengan garansi resmi, menggunakan RAM 3GB.

Kemampuan Xiaomi Redmi 4X dalam menangani kebutuhan komunikasi sehari-hari sudah lebih dari cukup. Saat sudah banyak aplikasi sosial media yang terinstal, performa Xiaomi Redmi 4X ini tampak belum menunjukkan penurunan performa yang signifikan. Respon menu dan buka tutup aplikasi berlangsung gegas, smooth, dan minim lag.

Multitasking tidak menjadi masalah bagi Redmi 4X, tetapi manajemen memori di MIUI memang agak agresif, sehingga beberapa aplikasi terkadang ditutup oleh sistem. Redmi 4X ini juga mampu meladeni geme-game HD Android tanpa kendala. Secara umum, performanya sangat kompetitif di kelasnya.

Kamera

Sama seperti Xiaomi Redmi 3S, Redmi 3X, dan Redmi Note 4, ponsel Redmi 4X ini mengandalkan sokongan kamera utama dengan resolusi 13 megapiksel yang disematkan teknologi phase-detection autofokus (PDAF) yang menggunakan sensor BSI yang dipadukan dengan 5 elemen lensa dengan aperture f/2.0 dan didukung LED flash. Kamera depan Xiaomi Redmi 4X ini juga cukup bersaing di kelasnya menurut Laptophia dengan resolusi 5 megapiksel dengan aperture f/2.2 fixed focus dengan sensor BSI untuk foto selfie dan video call.

Kemampuan kamera Xiaomi Redmi 4X ini bisa diandalkan saat siang hari. Hal ini terlihat dari hasil jepretan kameranya yang tajam, dynamic range yang baik, warna yang natural, dan detail yang cukup baik. Kecepatan fokusnya terbilang gegas berkat dukungan teknologi phase-detection autofocus. Bagi penggemar foto macro, kamera Redmi 4X ini juga bisa diandalkan karena mampu menghhasilkan fokus yang cukup akurat, efek bokeh yang baik, dan detail yang tinggi.

Harus diakui jika kamera Xiaomi Redmi 4X ini kurang mantap saat malam hari atau kondisi kurang cahaya. Foto yang dihasilkan saat malam hari memang terlihat cukup terang, tetapi detail yang dihasilkan merosot drastis dan diikuti dengan munculnya noise yang cukup mengganggu, Ini sebenarnya wajar untuk ponsel dengan harga yang terjangkau. Sedangkan kamera depan yang diusungnya sudah lebih dari cukup untuk sekadar foto selfie atau wefie.

Audio

Berdasarkan review yang dilakukan oleh Tim Laptophia Blog, speaker bawaan Xiaomi Redmi 4X ini terbilang sangat kencang, bahkan jauh lebih kencang jika dibandingkan dengan Redmi 3S. Seperti biasa, suara speaker didominasi oleh treble, meski bass masih terdengar. Kualitasnya secara umum sudah lebih dari cukup untuk mendengarkan musik.

Laptophia Blog menjajal mendengarkan musik dengan headset Xiaomi In Ear Headphone Pro HD triple driver, hasilnya? Keluaran suaranya sangat solid, detail cukup tinggi, bass cukup terasa, dan treble yang crisp.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi 4A: Murah & Kaya Fitur

Baterai

Masih sama seperti Redmi 3S, Xiaomi membekali Redmi 4X ini dengan baterai berkapasitas 4100mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Saya tahan baterai ponsel ini secara umum tak jauh berbeda dengan pendahulunya, yakni hanya bertahan 1,5 hari untuk penggunaan sosial media dengan intensitas moderat. Jika intensitas pengunaan lebih tinggi lagi, baterai Redmi 4X ini masih sanggup bertahan seharian penuh.

Memori

Ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi 4X ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 9,05GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1 – 1,1GB.

Kesimpulan

Secara umum, Xiaomi Redmi 4X ini bisa dikatakan sebagai minor upgrade dari ponsel Redmi 3S/Redmi 3X. Meski demikian, smartphone ini menawarkan desain yang lebih fresh dengan dimensi yang lebih kompak. Performa yang ditawarkan bisa dikatakan sangat kompetitif dikelasnya dan dapat diandalkan untuk kebutuhan komunikasi, sosial media, dan juga gaming.

MIUI 8 yang diusungnya menawarkan fitur yang lengkap dengan penampilan yang clean dan minimalis. Kemampuan kamera smartphone Redmi 4X ini memang tak jauh berbeda dari pendahulunya, tetapi ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Berdasarkan ulasan Xiaomi Redmi 4X review oleh Laptophia Blog kali ini, ponsel ini sangat laik dipertimbangkan di kelasnya.

Keunggulan Xiaomi Redmi 4X

  • Fitur lengkap
  • Performa bersaing di kelasnya
  • Baterai berkapasitas besar

Kelemahan Xiaomi Redmi 4X

  • Hybird slot

Harga Xiaomi Redmi 4X

Harga ponsel Xiaomi Redmi 4X terbaru di Indonesia berasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah Rp 2.099.000 atau tepatnya Rp 2,1 juta garansi resmi. Adapun ponsel Xiaomi Redmi 4X dengan garansi distributor yang dijual dengan harga yang lebih murah. Berdasarkan ulasan Xiaomi Redmi 4X review yang telah Laptophia Blog lakukan, ponsel ini merupakan salah satu pilihan terbaik di kelas Rp 2 juta-an.

Performa yang ditawarkan memadai, fiturnya lengkap, dan harga sangat masuk akal. Secara umum, Laptophia Blog sangat merekomendasikan ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi 4X bagi konsumen yang membutuhkan smartphone handal dengan dana Rp 2 juta-an.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 4X di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi 4X

  • Sistem Operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 435 MSM8937 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,35GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI, aperture f/2.0,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel aperture f/2.2 fixed focus
  • Layar 5 inci 2.5D dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 128GB (unit yang diulas varian 2GB/16GB) 
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM, fast charging, fingerprint sensor 
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 139.24 x 69.96 x 8.65 mm berat 150 gram
  • Baterai 4100mAh lithium ion 
  • Warna Gold, Matte Black
Anda mungkin suka:Xiaomi Mi 5S Review: Duet Snapdragon 821 & Sony IMX378

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :


Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks .