IBX582004D475488 Review Xiaomi Redmi 4A: Murah & Kaya Fitur

Review Xiaomi Redmi 4A: Murah & Kaya Fitur



Review Xiaomi Redmi 4A: Murah & Kaya Fitur – Pada kesempatan kali ini Tim Laptophia Blog mengulas review Xiaomi Redmi 4A yang merupakan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) murah meriah. Tak hanya itu, ponsel andalan Xiaomi ini juga didukung spesifikasi yang terbilang kompetitif di kelasnya dan kaya akan fitur. Xiaomi Redmi 4A sudah masuk secara resmi di Indonesia, sehingga tak perlu khawatir mengenai masalah after sales.

Jujur saja, review Xiaomi Redmi 4A oleh Laptophia Blog kali ini memang molor cukup lama karena adanya kendala teknis. Namun, masalah tersebut sudah teratasi dan kini proses review sudah berjalan seperti semula. Pembaca Laptophia pasti sudah penasaran dengan smartphone Redmi varian termurah ini bukan? Simak review Xiaomi Redmi 4A oleh Laptophia Blog kali ini!


Review Xiaomi Redmi 4A: Murah & Kaya Fitur

Paket Pembelian Xiaomi Redmi 4A

Paket Pembelian Xiaomi Redmi 4A
  • Unit Xiaomi Redmi 4A Gold
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM ejector
  • Manual
  • Kartu garansi
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 4A di Sini (Klik)

Desain Xiaomi Redmi 4A

Desain Xiaomi Redmi 4AHarga Xiaomi Redmi 4A
Sisi desain mungkin bukan hal yang menonjol pada review Xiaomi Redmi 4A kali ini. Sebagai smartphone 4G LTE entry-level, smartphone Redmi 4A ini hadir dengan desain yang tak jauh berbeda dengan smartphone Xiaomi lainnya. penampilannya sekilas terlihat generik.

Smartphone Xiaomi Redmi 4A ini dibalut dengan casing berbahan plastik atau polikarbonat, bukan metal seperti Redmi seri lainnya. Ponsel ini cukup nyaman digenggam karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan bobotnya terbilang standar. Meski menggunakan plastik sebagai material casingnya, ponsel Xiaomi Redmi 4A ini tetap menawarkan build quality yang solid dan tidak terkesan murahan.

Casing belakangnya menggunakan tekstur yang sama dengan yang digunakan oleh Redmi 3S. Bahkan ketika dilihat, casing Redmi 4A seperti terbuat dari metal. Ponsel ini juga tidak terlalu licin saat digenggam dengan tangan berkeringat.
Baca juga:Asus Zenfone 3 Max ZC553KL Review: Laser Max
Spesifikasi Xiaomi Redmi 4AFitur Xiaomi Redmi 4A
Sisi depan Xiaomi Redmi 4A ini terdapat ambient light sensor, proximity sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar HD berukuran 5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sebuah LED notifikasi berada di bawah tombol Home. Sama seperti smartphone entry-level lainnya, ketiga tombol kapasitif tersebut tidak dilengkapi dengan backlight. Selain itu, Xiaomi tak menyebutkan adanya lapisan antigores pada ponsel Redmi 4A andalannya.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Redmi 4A ini. Sedangkan sisi kiri terdapat slot SIM card atau microSD dengan jenis hybrid slot (dual SIM atau single SIM+microSD). Sisi atas ponsel 4G LTE ini terdapat lubang microphone, IR blaster, dan port audio 3,5mm.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi 4A ini terdapat lubang LED flash, kamera utama , logo Xiaomi, dan speaker grill. Merek asal Tiongkok pembesut produk Mi MIX ini menempatkan port micro USB dan microphone di sisi bawah.
Baca juga:Xiaomi Redmi 3X Review: Terjangkau dengan Fitur Lengkap
Xiaomi Redmi 4A ini mengusung desain unibody dengan material plastik yang mana pengguna tak dapat melepas casing belakang atau baterai tanpa tambahan alat khusus. Pengguna dapat memasang SIM card atau microSD melalui slot yang berada di sisi kiri ponsel.

Secara umum, review Xiaomi Redmi 4A pada sisi desain ini memang tidak menonjol, tetapi menawarkan build quality yang baik dan memiliki tampilan fisik yang sekilas seperti bercasing metal, meski sebenarnya plastik.

Software & Fitur Xiaomi Redmi 4A

Software & Fitur Xiaomi Redmi 4A
Software dan fitur menjadi salah satu kekuatan pada review Xiaomi Redmi 4A oleh tim Laptophia Blog kali ini. Smartphone 4G kelas entry-level ini mengandalkan dukungan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8. Selama ini MIUI merupakan salah satu antarmuka yang menawarkan fitur yang lengkap di kelasnya, penampilan yang menawan, dan performa yang smooth.

Sayangnya, unit smartphone Xiaomi Redmi 4A yang Laptophia gunakan untuk review tidak bergaransi resmi alias masih bergaransi distributor. Ponsel ini menggunakan ROM MIUI yang juga tidak resmi, sehingga performanya mungkin tak sebaik ROM MIUI official. Karena terkendala beberapa masalah teknis, tim Laptophia tak sempat melakukan flashing Redmi 4A ke ROM global. Meski demikian, fitur yang ditawarkan masih relatif sama.

Kita akan disuguhi tampilan minimalis menawan ala MIUI yang terdiri dari Lockscreen dan Homescreen. Semua aplikasi yang terinstal akan tampil di Homescreen, sehingga memudahkan akses. Tak hanya menawarkan tampilan antarmuka yang indah, MIUI 8 juga hadir dengan menu kostumisasi yang lengkap dan hampir semua elemen pada antarmukanya dapat dikostumisasi.

Beberapa fitur andalan MIUI 8 pada review Xiaomi Redmi 4A kali ini antara lain adalah Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Lite Mode, App Lock, dual apps, dan dual space. Fitur dual apps ini cukup menarik menurut Laptophia karena memungkinkan pengguna menjalankan dua akun sosial media secara terpisah.
Baca juga:Xiaomi Redmi 3S Review: Full Features & Affordable
Salah satu kelebihan MIUI adalah minim aplikasi bawaan atau bloatware, sehingga performa smartphone bisa lebih prima. Beberapa aplikasi bawaan ponsel Xiaomi murah meriah ini antara lain adalah Google Apps, Xiaomi Browser, Mi Remote, Xiaomi Mail, Compass, Mi Remote, SwiftKey keyboard, Wheather, Music, dan Notes. Pengguna dapat menginstal aplikasi tambahan melalui toko aplikasi Google Play Store.

Secara umum, Laptophia menilai sisi perangkat lunak dan fitur ini menjadi salah satu kekuatan dan daya tarik dari review Xiaomi Redmi 4A kali ini. MIUI menawarkan tampilan yang menarik, kostumisasi yang luas, fitur yang lengkap, dan performa yang solid.

Benchmark Xiaomi Redmi 4A

Benchmark Xiaomi Redmi 4A
CPU-Z Xiaomi Redmi 4A
Benchmark AnTuTu v6 Xiaomi Redmi 4A
Benchmark AnTuTu v6 Xiaomi Redmi 4A
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Redmi 4A
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Redmi 4A
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi 4A
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi 4A
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi 4A
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi 4A
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi 4A
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi 4A
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Xiaomi Redmi 4A
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Xiaomi Redmi 4A

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4AIMG_20161227_140359_HDRHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4AHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A
Foto siang hari
IMG_20170107_141940_HDRIMG_20161227_140314_HDRHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4AIMG_20170125_113317_HDR
Foto macro
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4AIMG_20170119_195521Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4AIMG_20170119_200139
Foto Malam hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4AIMG_20170126_193751
Foto malam hari dengan LED flash
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4AIMG_20170115_191131
Foto selfie dengan kamera depan

Hasil Rekaman Video Xiaomi Redmi 4A

Review Xiaomi Redmi 4A

Review Xiaomi Redmi 4A
Smartphone Xiaomi Redmi 4A ini menunjukkan impresi dan performa yang cukup bersaing di kelas entry-level. Laptophia Blog cukup terkesan dengan fitur dan kinerjanya saat digunakan sehari-hari. Dibalik desainnya yang sederhana dan tidak terlalu menonjol, Redmi 4A menunjukkan bahwa dirinya laik menjadi pilihan bagi mereka yang tak memiliki dana yang banyak untuk meminang smartphone dengan dukungan jaringan 4G LTE (Long Term Evolution).

Material plastik yang digunakan pada casing ponsel Redmi 4A ini tak bisa dipandang sebelah mata karena cukup solid dan tidak terkesan murahan.

Layar

Pada review Xiaomi Redmi 4A kali ini, spesifikasi layar yang diusungnya sebenarnya setara dengan Redmi 3S datai Redmi 3X yang sebelumnya sudah Laptophia Blog ulas. Namun, perbedaan harga ini membuat kualitasnya juga berbeda. Layar Redmi 4A ini mampu menghasilkan warna yang memuaskan, terang, dan terbilang cukup tajam.

Performa auto brightness-nya cukup responsif dan tidak ada masalah dengan sensitifitas touchscreen. Viewing angle layar Xiaomi Redmi 4A terbilang luas dan ini tidak mengherankan mengingat layarnya sudah mengusung teknologi panel IPS (In-Plane Switching).

Sayangnya, saat digunakan dibawah sinar matahari, performa layar Redmi 4A terbilang pas-pan. Selain itu, layar Xiaomi Redmi 4A tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya.

Performa

Xiaomi Redmi 4A ini berbeda dengan Redmi 3S maupun Redmi 3X karena mengandalkan prosesor yang lebih inferior. Ponsel ini didukung chipset Qualcomm Snapdragon 425 generasi baru dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 308.

Berdasarkan hasil benchmark yang sudah Laptophia Blog lakukan, skor yang dihasilkan oleh ponsel kelas entry-level andalan Xiaomi ini ternyata cukup bersaing. Ketika digunakan untuk komunikasi sehari-hari, ponsel Redmi 4A ini cukup gegas, smooth, dan nyaris tanpa lag.

Saat sudah diinstal banyak aplikasi sosial media, performanya masih belum menunjukkan penurunan yang signifikan. Performa saat memainkan game Real Racing 3 juga relatif smooth. jelas, Xiaomi Redmi 4A ini menawarkan kinerja yang sangat memadai untuk komunikasi sehari-hari.
Baca juga:Asus Zenfone 3 ZE520KL Review: Compact & Shiny

Kamera

Pada review Xiaomi Redmi 4A mengandalkan kamera yang bersaing di kelasnya, yakni kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel yang didukung fitur autofokus yang menggunakan sensor OmniVison OV13850 yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.6 dan didukung LED flash. Kamera depan, Redmi 4A dipersenjatai dengan kamera resolusi 5 megapiksel dengan aperture f/2.2 fixed focus dengan sensor BSI untuk foto selfie dan video call.

Performa kamera Redmi 4A andalan Xiaomi ini saat siang hari bisa dikatakan bisa diandalkan. Foto yang dihasilkan mampu menyajikan warna yang menyenangkan dan mendekati akurat. Kecepatan fokusnya terbilang gegas. Harus diakui karakter foto yang dihasilkan oleh ponsel Redmi 4A ini berbeda dengan Radmi 3S.

Meski demikian, detail yang dihasilkan cukup memuaskan. Performa yang memuaskan juga ditunjukkan saat kita memotret macro. Foto macro yang dihasilkan oleh ponsel Xiaomi Redmi 4A ini detail, bokeh yang dihasilkan mantap, dan warnanya natural.

Sayangnya, saat malam hari terjadi penurunan detail yang cukup signifikan. Meski demikian, obyek yang dipotret relatif masih terlihat dengan jelas. LED flash yang diusung oleh Redmi 4A ini cukup terang dan sangat membantu memotret di tempat yang benar-benar gelap. Sedangkan performa kamera depan Xiaomi Redmi 4A ini relatif standar dan bisa diandalkan untuk sekadar foto selfie atau video call

Audio

Beralih ke sektor audio, loudspeaker yang terdapat pada ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi 4A ini cukup kencang. Kualitas suaranya memang terbilang standar dan didominasi oleh treble. Namun, ketika mendengarkannya melalui headphone Sennheiser HD 202 II, keluaran suaranya terbilang mantap dengan bass yang cukup kuat.

Baterai

Xiaomi Redmi 4A ini mengandalkan baterai berkapasitas 3120mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Berdasarkan pola penggunaan standar Laptophia Blog yang cenderung ke arah sosial media dengan intensitas sedang, Redmi 4A ini mampu bertahan hingga seharian penuh. Namun, ketika penggunaan intensitas tinggi bisa jadi daya tahannya lebih singkat.
Baca juga:Accessgo Gotune 3i Review: Metal Frame

Memori

Ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi 4A ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 8,53GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1 – 1,2GB.

Kesimpulan

Secara umum, review Xiaomi Redmi 4A ini menunjukkan hasil yang baik untuk smartphone 4G LTE kelas entry-level. Ponsel ini mampu menghasilkan performa yang terbilang gegas di kelasnya dan didukung MIUI 8 yang kaya akan fitur.

Dibalik desain yang standar dan casing plastiknya, ponsel ini menawarkan build quality yang terbilang solid. Kemampuan kamera yang diusungnya bisa diandalkan di kelas entry-level. Jelas, Xiaomi Redmi 4A ini sangat laik dipertimbangkan di kelas low-end menurut Laptophia Blog.

Keunggulan Xiaomi Redmi 4A

  • Harga terjangkau
  • Fitur lengkap
  • Kinerja memadai

Kelemahan Xiaomi Redmi 4A

  • Hybrid slot
  • Layar kurang baik ketika di luar ruangan

Harga Xiaomi Redmi 4A Rp 1.499.000

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 4A di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi 4A

  • Sistem Operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 308
  • Kamera 13 megapiksel, autofokus, sensor OmniVision OV13850, aperture f/2.6,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel, sensor OmniVision OV5675, aperture f/2.2 fixed focus
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 128GB  (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 139.5 x 70.4 x 8.5 mm berat 131,5 gram
  • Baterai 3120mAh lithium ion
  • Warna Gold dan Rose Gold
Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi Note 4: Lebih Kuat & Cantik
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Berlangganan artikel melalui email

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks