IBX582004D475488 Xiaomi Redmi 3X Review: Terjangkau dengan Fitur Lengkap

Xiaomi Redmi 3X Review: Terjangkau dengan Fitur Lengkap




Xiaomi Redmi 3X Review – Pada kesempatan kali ini tim Laptophia Blog membahas Xiaomi Redmi 3X review yang membidik pasar entry-level dan menengah. Smartphone yang tak lain adalah saudara kembar Redmi 3S ini telah hadir di markas Laptophia sejak bulan Oktober 2016 lalu. Xiaomi Redmi 3X ini memang tidak sepopuler saudaranya, tetapi spesifikasi yang diusungnya relatif menarik dengan mengandalkan duet Snapdragon 430 dan RAM 2GB, serta didukung memori internal 32GB.

Ada banyak pertanyaan dari pembaca Laptophia mengenai perbedaan antara Redmi 3X dengan Redmi 3S. Sisi spesifikasi memang ada sedikit perbedaan, tetapi tak signifikan. Perbedaan utama justru pada sisi desain karena Redmi 3X ini terasa sedikit lebih tebal. Penasaran? Simak Xiaomi Redmi 3X review oleh Tim Laptophia Blog kali ini!


Xiaomi Redmi 3X Review

Paket Pembelian Xiaomi Redmi 3X

Paket Pembelian Xiaomi Redmi 3X
  • Unit Xiaomi Redmi 3X 2GB/32GB Gold
  • Kepala charger
  • Kaber USB
  • SIM card ejector
  • Buku petunjuk
  • Kartu garansi
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3X di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Desain Xiaomi Redmi 3X

Desain Xiaomi Redmi 3XPenampilan Xiaomi Redmi 3X
Desain menjadi salah satu keunggulan Xiaomi Redmi 3X review kali ini menurut Laptophia Blog. Sektor desain inilah yang menjadi perbedaan utama antara smartphone Redmi 3X dengan Redmi 3S. Sekilas memang Xiaomi Redmi 3X mengusung gaya desain yang sama dengan Redmi 3S, bahkan penempatan port dan tombolnya pun sama.

Smartphone 4G LTE ini dibalut dengan casing berbahan metal yang kokoh dan elegan, tetapi sedikit terasa licin ketika digenggam. Redmi 3X mengusung desain sudut yang lebih tegas atau square edge yang mengingatkan tim Laptophia Blog dengan desain iPhone 5 series.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 3 Review (Snapdragon 650)
Tentu ini kontras dengan Xiaomi Redmi 3S yang mengusung pinggiran rounded edge atau lebih membulat. Laptophia meniulai Xiaomi Redmi 3X ini terasa lebih mewah dan terkesan kuat jika dibandingkan dengan Redmi 3S.

Akan tetapi , ponsel ini juga terasa sedikit lebih tebal. Xiaomi Redmi 3X pada sisi desain ini bisa jadi alternatif bagi mereka yang kurang suka dengan desain Redmi 3S.
Harga Xiaomi Redmi 3XSpesifikasi Xiaomi Redmi 3X
Seperti yang sudah Laptophia Blog singgung sebelumnya, penempatan tombol dan port pada smartphone Redmi 3X ini sama seperti Redmi 3S. Pada Xiaomi Redmi 3X review kali ini sisi depan ponsel terdapat sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 5 inci HD, LED notifikasi, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sebagai informasi, ketiga tombol kapasitif tersebut tidak dilengkapi dengan backlight. Selain itu, smartphone ini juga tak disebutkan memiliki proteksi antigores di layarnya. Laptophia sangat merekomendasikan pemasangan tempered glass melindungi layar ponsel ini.

Sedangkan sisi belakang smartphone 4G LTE Redmi 3X ini terdapat lubang LED flash, kamera utama, logo Xiaomi, sensor sidik jari, dan speaker grill. Pada sisi kanan ponsel terdapat tombol volume rocker dan tombol power. Sedangkan sisi kiri terdapat slot SIM card atau microSD dengan jenis hybrid slot (dual SIM atau single SIM+microSD).

Laptophia juga mencatat Xiaomi menempatkan port micro USB dan microphone di sisi bawah. Sedangkan sisi atas ponsel 4G LTE ini terdapat lubang microphone, IR blaster, dan port audio 3,5mm.

Smartphone Xiaomi Redmi 3X ini mengusung desain unibody yang mana pengguna tidak dapat melepas casing belakang dan baterai tanpa bantuan alat khusus. Desain seperti ini membuat ponsel 4G murah ini lebih solid.

Redmi 3X besutan mengadopsi hybrid slot yang dapat diakses menggunakan sim card ejector yang ada di paket pembelian. Hybrid slot berarti kita harus memilih antara dual SIM aktif atau single SIM plus microSD.
Baca juga:Acer Liquid Z320 Review: Desain Oke

Software Xiaomi Redmi 3X

Software Xiaomi Redmi 3X
Sisi perangkat lunak menjadi salah satu keunggulan Xiaomi Redmi 3X review kali ini. Smartphone 4G LTE kelas entry-level ini menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow yang awalnya menggunakan antarmuka MIUI 7.5.

Tim Laptophia Blog kemudian berinisiatif melakukan upgrade ke MIUI 8 sebelum dilakukan proses review. Sekilas memang tak terdapat berubahan tampilan yang signifikan pada anatrmuka MIUI 8 jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Namun, jika dicermati terdapat banyak fitur baru yang membuatnya unggul. MIUI 8 pada Xiaomi Redmi 3X menghadirkan tampilan lockscreen dan homescreen, tanpa kehadiran menu drawer.

MIUI besutan Xiaomi memang sejak awal kelahirannya memang tidak menggunakan App Drawer atau menu drawer, sehingga aplikasi yang terinstal langsung tampil di homescreen. Menu kostumisasi pada MIUI 8 sngat lengkap menurut Laptophia Blog. Kita dapat melakukan kostumisasi wallpaper (Lockscreen & Homescreen), theme, icon pack, animasi menu, mengatur widget, mengatur ukuran huruf, dan sebagainya.

Fitur yang disediakan oleh MIUI 8 pada smartphone Xiaomi Redmi 3X ini terbilang sangat lengkap dan ini tak hanya menjadi daya tarik Redmi 3X saja, tetapi juga seluruh jajaran ponsel Xiaomi.

Beberapa fitur unggulan MIUI 8 antara lain adalah Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Lite Mode, App Lock, dan banyak lagi. Sedangkan dua fitur yang paling menonjol dari MIUI 8 adalah Dual Space dan Dual Apps.
Baca juga:Accessgo Gotune 3i Review: Metal Frame
Aplikasi bawaan pada Xiaomi Redmiu 3X review ini relatif sedikit dan tidak membebani sistem. Beberapa aplikasi bawaan ponsel ini berdasarkan pantauan Laptophia Blog antara lain adalah Google Apps, Xiaomi Browser, Mi Remote, Xiaomi Mail, Compass, Mi Remote, SwiftKey keyboard, Wheather, Music, dan Notes. Seperti biasa, pengguna dapat menambahkan aplikasi lain yang dibutuhkan melalui Google Play Store.

Secara umum, Xiaomi Redmi 3X review pada sisi software sangat baik dan menjadi salah satu daya tarik utamanya. Tampilan UI-nya yang bersih, indah, dan customizable membuat pengguna tak mudah bosan.

Selain itu, MIUI 8 yang diusungnya memiliki fitur yang sangat kaya dan bisa dikatakan diatas rata-rata ponsel di kelasnya. Konsumsi RAM MIUI 8 masih setara dengan pendahulunya, yakni mencapai separuh dari RAM yang tersedia.

Benchmark Xiaomi Redmi 3X

Benchmark Xiaomi Redmi 3X
CPU-Z Xiaomi Redmi 3X
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi 3X
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi 3X
Benchmark AnTuTu Xiaomi Redmi 3X
Benchmark AnTuTu Xiaomi Redmi 3X
Geekbench 4
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Redmi 3X
3DMark
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi 3X
Quadrant Standard
Benchmark Quadrant Standard Xiaomi Redmi 3X
Sensorbox
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Benchmark Xiaomi Redmi 3X

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3X

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3XIMG_20161107_153452_HDRIMG_20161106_161936_HDRHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3X
Foto siang hari
IMG_20161014_071831IMG_20161029_172616_HDRHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3X
Foto macro
IMG_20161023_185245IMG_20161029_173116_HDRIMG_20161029_173524Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3X
Foto malam hari
IMG_20161029_175515
Foto selfie dengan kamera depan

Xiaomi Redmi 3X Review

Xiaomi Redmi 3X Review
Xiaomi Redmi 3X review kali ini sebenarnya menunjukkan impresi yang tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Redmi 3X yang Laptophia Blog ulas sebelumnya. Balutan casing metalnya membuat ponsel ini terlihat mewah dan kokoh.

Dimensinya tidak terlalu besar dan cukup nyaman digenggam. Pinggiran yang lebih kotak membuat Redmi 3X ini terkesan lebih kokoh dari Redmi 3S, tetapi terasa lebih tebal dalam genggaman. Jika dianalogikan, Redmi 3S mengusung desain pinggiran membulat ala iPhone 6, sedangkan Redmi 3X mengusung desain pinggiran lebih kotak seperti iPhone 5 series.

Layar

Xiaomi Redmi 3X  ini mengusung spesifikasi layar yang sama dengan Redmi 3S, yakni berukuran 5 inci HD berteknologi IPS. Kualitas layarnya relatif tak jauh berbeda dengan Redmi 3S menurut Laptophia Blog. Entah kenapa, warna yang dihasilkan layar Redmi 3X terlihat lebih vivid dan menyenangkan daripada Redmi 3S sebelumnya.

Layar ponsel ini memiliki viewing angle yang sangat luas, khas teknologi IPS. Saat digunakan di bawah sinar matahari, performanya relatif standar, tidak ada yang istimewa. Respon touchscreen-nya gegas, tetapi tak secepat layar Redmi 3S. Seperti biasa, kita dapat melakukan pengaturan saturasi dan temperatur layar melalui menu setting.
Baca juga:Review Asus Zenfone Go ZB450KL: Ponsel 4G LTE dengan Mode Kamera Manual

Performa

Kinerja yang dihasilkan oleh Xiaomi Redmi 3X review kali ini relatif tak jauh berbeda dengan Redmi 3S dengan mengandalkan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 430 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,1GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505.

Berdasarkan hasil benchmark yang tim Laptophia Blog lakukan, skor yang dihasilkan oleh Redmi 3X ini rata-rata di atas Redmi 3 atau Redmi 3 Pro yang masih berbasis Snapdragon 616. Selama menggunakan ponsel Redmi 3X besutan Xiaomi ini, Laptophia sama sekali tak mengalami masalah dengan kinerjanya.

Buka tutup aplikasi, perpindahan menu, multitasking,  dan kegiatan komunikasi sehari-hari berjalan smooth dan respoinsif. Sangat jarang terlihat adanya lag. Dukungan grafis Adreno 505 ini menawarkan lompatan kinerja yang signifikan dari Adreno 405 pada Snapdragon 616. Tak heran, ponsel Xiaomi Redmi 3X ini mampu menangani game terbaru dengan resolusi HD.

Kamera

Pada Xiaomi Redmi 3X review kali ini, kamera yang diusungnya berkekuatan 13 megapiksel berteknologi phase-detection autofokus (PDAF) yang menggunakan sensor Samsung S5K3L8 yang dipadukan dengan 5 elemen lensa dengan aperture f/2.2 dan didukung LED flash. Kamera depan smartphone ini juga cukup mumpuni dengan resolusi 5 megapiksel fixed focus dengan sensor OmniVision 5670 yang cocok untuk foto selfie atau video chat.

Setelah kurang lebih tiga minggu menggunakan smartphone Xiaomi Redmi 3X ini, tim Laptophia Blog merasa kecepatan autofokus kameranya agak lambat. Bahkan jika dibandingkan dengan Redmi 3S yang tak lain adalah kembarannya, Redmi 3X ini lebih lambat.

Tak heran tim Laptophia sering mendapatkan foto yang blur ketika menjepret momen dengan cepat. Hal ini semakin parah ketika malam hari.  Jelas, kamera smartphone ini tidak cocok untuk mengabadikan momen yang sifatnya spontan.
Baca juga:Xiaomi Redmi 3S Review: Full Features & Affordable
Kualitas jepretan kamera Xiaomi Redmi 3X ini bisa dikatakan setara dengan Redmi 3S. Saat siang hari, foto yang dihasilkan tajam, warna yang mendekati natural, detail yang cukup, dan dynamic range yang cukup baik. Mode HDR sangat membantu ketika memotret obyek yang membelakangi cahaya.

Saat digunakan memotret macro, hasilnya pun juga relatif baik di kelasnya. Foto macronya detail, warna yang memanjakan mata, dan efek bokeh yang artistik. Sayangnya, autofokusnya yang lambat membuat kita harus menyediakan waktu agar dapat menghasilkan foto yang baik. Performa pada malam hari relatif standar dan masih bisa diandalkan jika kondisi cahaya memadai.

Audio

Kualitas loudspeaker yang diusung oleh Xiaomi Redmi 3X ini bisa dikatakan tak jauh berbeda dengan Redmi 3S. Volume suaranya memang tidak terlalu kencang. Tim Laptophia Blog menjajalnya dengan memutar lagi Dont Need You milik Bullet For My Valentine, keluaran suaranya bisa dinikmati.

Sama seperti kebanyakan speaker smartphone entry-level, karakter suaranya dominan treble tetapi tidak cempreng. Saat menjajalnya dengan earphone dari Elibud Sabia v3, keluaran suaranya bertenaga dan bass-nya cukup kuat.

Baterai

Baterai smartphone Xiaomi Redmi 3X ini bisa dikatakan besar di kelasnya, yakni 4100mAh. Penggunaan intensif saat review membuatnya mampu bertahan hingga 1,5 hari. Laptophia menilai ponsel ini akan mampu bertahan hingga 2 hari penggunaan dengan intensitas sedang. Rata-rata dibutuhkan waktu dua jam untuk mengisi daya baterai ponsel Redmi 3X ini hingga penuh.

Memori

 Kemampuan sensor sidik jari Xiaomi Redmi 3X ini cukup gegas, setara dengan Redmi 3S yang Laptophia Blog review sebelumnya. Ponsel ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 23,2GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1 – 1,2GB.

Kesimpulan

Secara umum, Xiaomi Redmi 3X review kali ini menunjukkan hasil yang baik dan tak jauh berbeda dengan Redmi 3S. Desain yang elegan ditandemkan dengan build quality yang kokoh membuat Redmi 3X cukup menarik.

Kinerja yang ditawarkan relatif bisa diandalkan untuk kebutuhan masa kini yang disokong baterai berkapasitas besar. Fitur yang lengkap bisa dikatakan sebagai daya tarik utama Xiaomi Redmi 3X ini menurut Laptophia Blog.

Keunggulan Xiaomi Redmi 3X

  • Desain dan build quality mantap
  • Kinerja memadai
  • Fitur melimpah
  • Harga terjangkau

Kekurangan Xiaomi Redmi 3X

  • Kecepatan fokus kamera agak lambat
  • Garansi distributor atau BM

Harga Xiaomi Redmi 3X

Harga smartphone Xiaomi Redmi 3X terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah Rp 1.699.000 saat artikel ini dibuat. Tentunya harga ini tidak bersifat mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan masing-masing seller.

Berdasarkan hasil Xiaomi Redmi 3X review yang telah tim Laptophia Blog lakukan, ponsel ini menunjukkan performa keseluruhan yang baik. Ponsel ini hadir dengan desain yang elegan, kinerja yang sangat memadai, memori internal yang luas, dan baterai berkapasitas besar.

Satu hal yang agak mengganggu menurut Laptophia hanya pada kamera yang fokusnya terbilang lambat dan garansi non resmi. Secara umum, Xiaomi Redmi 3X ini laik dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3X di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3X

  • Sistem Operasi Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka MIUI
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,1GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Samsung S5K3L8, aperture f/2.0,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel aperture f/2.2 fixed focus
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB ROM 32GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 128GB  (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM, fast charging, fingerprint sensor 
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 139.3 x 69.6 x 8.5 mm berat 144 gram
  • Baterai 4100mAh lithium ion 
  • Warna Silver, Gold, dan Dark Grey
Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone Go ZB450KL 4G LTE
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks