IBX582004D475488 Xiaomi Redmi 3S Review: Full Features & Affordable

Xiaomi Redmi 3S Review: Full Features & Affordable




Xiaomi Redmi 3S Review – Setelah cukup lama berada di markas tim Laptophia Blog, kini kami berkesempatan untuk mengulas secara lengkap Xiaomi Redmi 3S review yang telah selesai dilakukan uji pakai. Ponsel 4G LTE (Long Term Evolution) Xiaomi Redmi 3S ini cukup populer di kelas entry-level berkat harganya yang terjangkau dan didukung fitur yang terbilang lengkap. Selain itu, Laptophia melihat ponsel Redmi 3S ini sebagai sebuah minor upgrade untuk Redmi 3 yang telah beredar di pasaran lebih dulu.

Sayangnya sampai artikel ini ditulis, Xiaomi Indonesia belum meluncurkan secara resmi smartphone Redmi 3S ini. Pabrikan asal Tiongkok tersebut malah memilih melepas Xiaomi Redmi 3 Prime terlebih dahulu. Ini berarti konsumen yang berminat memiliki Xiaomi Redmi 3S harus membeli produk bergaransi distributor tidak resmi. lalu seperti apa kemampuan ponsel ini? Simak ulasan Xiaomi Redmi 3S review oleh tim Laptophia Blog kali ini!


Xiaomi Redmi 3S Review

Paket Pembelian Xiaomi Redmi 3S

Paket Pembelian Xiaomi Redmi 3S
  • Unit Xiaomi Redmi 3S varian 2GB/16GB, warna Gold
  • Kepala charger
  • Kaber USB
  • SIM card ejector
  • Buku petunjuk
  • Kartu garansi
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3S di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Desain Xiaomi Redmi 3S

Desain Xiaomi Redmi 3SDesain Xiaomi Redmi 3S
Ulasan Xiaomi Redmi 3S review pada sisi desain ini sebenarnya merupakan salah satu keunggulannya. Smartphone yang dijual dengan harga terjangkau ini tampil mewah dengan casing metal unibody yang membuatnya terlihat lebih mahal dari harganya.

Jika dicermati lebih teliti, sebenarnya konsep desain ponsel 4G Xiaomi Redmi 3S ini tak jauh berbeda dengan Redmi Note 3 (Snapdragon 650) yang telal Laptophia Blog ulas lebih dulu. Penggunaan casing unibody yang terbuat dari metal aluminium ini tak hanya membuat Redmi 3S terkesan mewah, tetapi juga terkesan solid dan kokoh.

Bagian depannya terdapat lis kecil berwarna krom yang mengkilap, sehingga membuat penampilan ponsel ini kian manis. Semoga saja lis krom ini tidak mudah terkelupas seiring berjalannya waktu. Mengusung layar berukuran 5 inci membuat dimensi Xiaomi Redmi 3S ini tidak terlalu besar dan relatif nyaman digenggam.

Meski menggunakan casing logam dan baterai berkapasitas besar, ponsel Redmi 3S ini tidak terlalu berat dan ketebalannya terbilang standar. Sayangnya, permukaan casing belakangnya yang halus membuatnya agak licin ketika tangan kita basah atau berkeringat.
Baca juga:Asus Zenfone 3 ZE520KL Review: Compact & Shiny
Harga Xiaomi Redmi 3SSpesifikasi Xiaomi Redmi 3S
Pada ulasan Xiaomi Redmi 3S review kali ini, sisi depan ponsel terdapat sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 5 inci HD, LED notifikasi, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Perlu diketahui, ketiga tombol kapasitif tersebut tidak dilengkapi dengan LED backlight. Selain itu, Xiaomi tidak menyebutkan adanya proteksi antigores pada layarnya. Laptophia Blog merekomendasikan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass agar layar Redmi 3S tidak mudah tergores.

Sedangkan sisi belakang ponsel 4G Redmi 3S ini terdapat LED flash, kamera utama , sensor sidik jari, logo Xiaomi, dan speaker grill. Xiaomi menempatkan tombol volume rocker dan tombol power pada sisi kanan ponsel.

Sedangkan sisi kiri terdapat baki slot hybrid (SIM card & microSD). Pada atas ponsel 4G LTE ini terdapat lubang microphone, IR blaster, dan port audio 3,5mm. Sisi bawah Xiaomi Redmi 3S ini terdapat microphone dan port microUSB.
Baca juga:Accessgo Gotune 3i Review: Metal Frame
Seperti yang sudah Laptophia Blog singgung sebelumnya, Xiaomi Redmi 3S ini mengusung desain unibody yang mana pengguna tidak dapat melepas casing belakang dan baterai tanpa alat khusus. Bagi beberapa pengguna, ini adalah sisi minus.

Namun, Laptophia tidak menilai non-removable baterai sebagai sisi minus dari Xiaomi Redmi 3S review kali ini. Sama seperti ponsel Xiaomi generasi baru lainnya, Xiaomi Redmi 3S mengadopsi hybrid slot yang dapat diakses menggunakan sim card ejector yang ada di paket pembelian. Hybrid slot berarti kita harus memilih anatar dual SIM aktif atau single SIM plus microSD.

Software Xiaomi Redmi 3S

Software Xiaomi Redmi 3S
Sisi software atau perangkat lunak merupakan kekuatan tersendiri pada Xiaomi Redmi 3S review kali ini. Smartphone besutan vendor asal Tiongkok ini menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan balutan antarmuka MIUI 7.

Sampai artikel ini ditulis, Xiaomi belum merilis update MIUI 8 untuk ponsel 4G LTE murah meriah ini. Salah satu kelebihan MIUI yang terdapat pada Redmi 3S ini adalah mendapat jaminan update jangka panjang. Bahkan, smartphone Xiaomi Mi 2S yang dirilis 2013 lalu masih mendapat update secara reguler sampai saat ini.

Seperti biasa, tampilan antarmuka MIUI 7 pada Xiaomi Redmi 3S ini cukup menarik dan simpel. Pengguna akan disambut dengan hadirnya Lockscreen dan Homescreen tanpa kehadiran App Drawer. Ini berarti semua aplikasi yang terinstal di ponsel langsung tampil icon shortcutnya di Homescreen.

Menu kostumisasi yang lengkap menjadi keunggulan MIUI yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 3S ini karena pengguna dapat dengan leluasa mengganti wallpaper (Lockscreen & Homescreen), theme, icon pack, animasi menu, dan banyak lagi sehingga tidak cepat bosan. Nantinya, setelah update ke MIUI 8, tampilan antarmukanya akan sedikit berbeda.

Tak hanya opsi kostumisasinya yang lengkap. MIUI besutan Xiaomi ini relatif minim bloatware dan kaya fitur terintegrasi, sebut saja Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, dan banyak lagi. Pengguna tak perlu lagi menginstal aplikasi tambahan seperti clean master, ram cleaner, security, dan sebagainya.

Aplikasi bawaan Xiaomi Redmi 3S juga bisa dikatakan standar, yakni Google Apps, Xiaomi Browser, Mi Remote, Xiaomi Mail, Compass, Wheather, Music, dan Notes. Aplikasi Music bawaan Redmi 3S ini relatif intuitif, indah, dan cukup lengkap fiturnya. Pabrikan asal Tiongkok ini juga membekalinya dengan Mi Enhancer untuk meningkatkan kualitas audionya.
Baca juga:Hisense F20 Review: Affordable
Secara umum, MIUI yang diusung oleh Xiaomi Redmi 3S ini menawarkan penampilan yang menawan, kaya opsi kostumisasi, dan juga kaya fitur. Sayangnya, konsumsi RAM MIUI pada ponsel Redmi 3S ini terbilang lumayan, yakni sekittar 900MB – 1GB saat pertama kali dihidupkan. Meski demikian, performa MIUI di Xiaomi Redmi 3S relatif smooth, nyaman, dan nyaris tanpa lag yang mengganggu.

Benchmark Xiaomi Redmi 3S

CPU-Z
CPU-Z Xiaomi Redmi 3S
Benchmark Xiaomi Redmi 3S
Benchmark Geekbench 3 Xiaomi Redmi 3S
Vellamo
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi 3S
Benchmark Xiaomi Redmi 3S
Benchmark AnTuTu v6 Xiaomi Redmi 3S
3D Mark
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi 3S
Quadrant Standard
Benchmark Quadrant Standard Xiaomi Redmi 3S
Speedtest
Speedtest Xiaomi Redmi 3S
Sensorbox
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Redmi 3S

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S
Foto sore hari
IMG_20160823_130808_HDRHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3SIMG_20160823_144858_HDRIMG_20160830_102723_HDR
Foto siang hari
IMG_20160821_165300IMG_20160830_101817_HDRIMG_20160925_094801_HDRIMG_20160830_111614_HDR
Foto macro
IMG_20160901_183852Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3SIMG_20160907_160114_HDRIMG_20160907_160100_HDR
Foto malam hari dan low-light
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S
Foto selfie dengan kamera depan

Xiaomi Redmi 3S Review

Xiaomi Redmi 3S Review
Sampailah kita pada bagian kesimpulan ulasan Xiaomi Redmi 3S review oleh Laptophia Blog kali ini. Sebagai smartphone entry-level, Xiaomi Redmi 3S ini tampil dengan desain yang elegan dan build quality yang solid.

Ponsel ini sama sekali tidak terlihat murahan dan bahkan ia terlihat lebih mahal dari harganya. Casing metal yang digunakannya cukup kokoh, tetapi agak licin. Laptophia Blog menilai Redmi 3S ini nyaman digenggam atau dimasukkan saku karena dimensinya tidak terlalu besar dan berat. Sayangnya, Xiaomi tidak membekali Redmi 3S dengan tesktur bintang yang unik seperti pada ponsel Redmi 3.

Layar

Xiaomi Redmi 3S hadir dengan layar sentuh berukuran 5 inci dengan resolusi HD dan berteknologi panel IPS. Sekilas, spesifikasi di atas kertas tak jauh berbeda dengan para pesaingnya. Absennya proteksi antigores di layar ponsel ini menjadi sisi minus.

Sejauh ini Xiaomi tidak menyebutkan apakah Redmi 3S dilengkapi dengan proteksi antigores atau tidak. Layar smartphone ini mampu menampilkan warna yang punchy atau menonjol dan tajam, serta ditandemkan dengan brightness dan kontras yang nyaman di mata. Laptophia menilai layar Xiaomi Redmi 3S salah satu yang terbaik di kelas Rp 1,5 juta-an.

Kita dapat melakukan pengaturan saturasi dan temperatur layar melalui menu setting. Respon touchscreennya gegas dan responsif. Saat digunakan dibawah sinar matahari, layar Redmi 3S terbilang baik, meski respon auto brightness-nya agak lambat.
Baca juga:Lenovo Vibe C A2020 Review: 4G LTE Murah

Performa

Performa memang tak terlalu menonjol para ulasan Xiaomi Redmi 3S review kali ini dengan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 430 generasi baru dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,1GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505.

Berdasarkan hasil benchmark Redmi 3S yang telah Laptophia Blog lakukan, ponsel ini mampu mencetak skor yang cukup tinggi dan mengalahkan Redmi 3 yang mengusung Snapdragon 616. Pada penggunaan sehari-hari, tim Laptophia menilai ponsel Redmi 3S besutan Xiaomi ini sangat nyaman, smooth dan responsif.

Tak hanya itu, setelah banyak aplikasi sosial media dan game yang terinstal, Redmi 3S ini masih belum menunjukkan tanda-tanda penurunan performa. Perpindahan menu, buka tutup aplikasi, dan animasi transisi berjalan smooth. Laptophia juga sempat menjajal ponsel ini untuk memainkan game Real Racing dan Pokemon Go, semuanya berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Kamera

Pada ulasan Xiaomi Redmi 3S review kali ini, sisi kamera didukung  kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel berteknologi phase-detection autofokus (PDAF) yang menggunakan sensor Samsung S5K3L8 yang dipadukan dengan 5 elemen lensa dengan aperture f/2.2 dan didukung LED flash. Kamera depan smartphone ini juga cukup mumpuni dengan resolusi 5 megapiksel fixed focus dengan sensor OmniVision 5670 yang cocok untuk foto selfie atau video chat.

Berdasarkan pengujian yang Laptophia Blog lakukan, kamera Xiaomi Redmi 3S ini mampu menunjukkan kecepatan autofokus yang cepat ketika cahaya mencukupi dan agak melambat ketika kondisi low-light.

Hasil jepretan pada siang hari terbilang tajam, terang, dan detail yang memadai. Sayangnya, warna yang muncul kadang sedikit oversaturated pada kondisi tertentu. Saat digunakan untuk memotret macro. foto yang dihasilkan terbilang tajam, detail, dan didukung efek bokeh yang baik. Saat kondisi malam hari, penurunan detail dan peningkatan noise.

Meski demikian, kamera Redmi 3S masih bisa diandalkan saat malam. Kamera depan Xiaomi Redmi 3S ini tak jauh berbeda dengan ponsel Xiaomi lainnya yang mampu menghasilkan foto selfie yang berkualitas baik dan sangat memadai untuk kebutuhan sehari-hari.

Sound

Tak ada yang istimewa dari speaker yang terintegrasi pada Xiaomi Redmi 3S ini. Saat memainkan lagu-lagu Trivium dari album Vengeance Falls, keluaran suaranya cukup kencang dengan treble yang mendominasi dan vokal yang kurang oke.

Laptophia Blog kemudian menjajalnya dengan menggunakan headphone Sennheiser HD 202 II, hasilnya? Keluaran suaranya cukup solid dan bertenaga, hanya saja bass-nya agak mendominasi.

Baterai

Berbekal baterai berkapasitas 4100mAh yang terbilang besar dikelasnya, Xiaomi Redmi 3S ini mampu bertahan hingga seharian penuh dengan penggunaan sangat intensif untuk streaming YouTube, bermain game Real Racing dan Pokemon Go, sering memotret, dan sosial media. Laptophia Blog juga menjajal gaya penggunaan sehari-hari untuk sosial media dan browsing, mampu bertahan 1,5 – 2 hari.

Lain-lain

Kemampuan sensor sidik jari Xiaomi Redmi 3S ini cukup gegas, meski tak secepat milik Asus Zenfone 3 ZE520KL yang Laptophia Blog review sebelumnya. Ponsel ini menyisakan ROM sekitar 10GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1 – 1,2GB. Unit yang diuji adalah varian 2GB/16GB.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 3 Review (Snapdragon 650)

Kesimpulan

Xiaomi Redmi 3S merupakan smartphone 4G LTE murah yang memiliki fitur lengkap. Tak heran kami menuebutnya sebagai Full Features & Affordable karena fitur lengkap tersebut dibayar dengan harga yang terjangkau. Penampilan mewah dengan casing metal yang dibalut dengan desain khas Xiaomi menjadi ciri khas Redmi 3S ini. Performanya sangat memadai untuk kebutuhan komunikasi masa kini dengan kemampuan kamera yang tak bisa dipandang sebelah mata. Terakhir, baterai berkapasitas besar menjadi kelebihan tersendiri pada Xiaomi Redmi 3S review kali ini.

Keunggulan Xiaomi Redmi 3S

  • Fitur lengkap dengan sensor sidik jari
  • Casing metal yang mewah
  • Baterai berkapasitas besar

Kelemahan Xiaomi Redmi 3S

  • Hybrid slot
  • Baterai non-removable
  • Belum dirilis resmi (garansi distributor)

Harga Xiaomi Redmi 3S

Harga smartphone 4G LTE Xiaomi Redmi 3S terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah Rp Rp 1.599.000 atau Rp 1,6 juta untuk varian 2GB/16GB dan Rp 2.099.000 atau Rp 2,1 juta untuk varian 3GB/32GB. Tentunya harga ini tidak bersifat mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar atau kebijakan masing-masing penjual.

Berdasarkan ulasan Xiaomi Redmi 3S review yang telah Laptophia Blog lakukan, smartphone ini menawarkan desain dan build quality yang solid di kelasnya. Kinerja yang dihasilkan memang bukan yang tercepat di kelasnya, tetapi sudah sangat mencukupi kebutuhan komunikasi sehari-hari.

Fitur yang lengkap, baterai berkapasitas besar, dan kamera yang dapat diandalkan menjadi daya tarik utama Redmi 3S besutan Xiaomi ini menurut Laptophia Blog. Jelas, smartphone Xiaomi Redmi 3S ini sangat laik dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3S di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3S

  • Sistem Operasi Android 6.0.1 marshmallow dengan antarmuka MIUI 7
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,1GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Samsung S5K3L8, aperture f/2.0,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel aperture f/2.2 fixed focus
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB/3GB, ROM 16GB/32GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 128GB  (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM, fast charging, fingerprint sensor 
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 139.3 x 69.6 x 8.5 mm berat 144 gram
  • Baterai 4100mAh lithium ion 
  • Warna Silver, Gold, dan Dark Grey
Anda mungkin suka: Review Xiaomi Mi Speaker MDZ-15-DA: Clear Sound
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks