IBX582004D475488 Hisense F20 Review: Affordable

Hisense F20 Review: Affordable




Hisense F20 Review – Setelah kurang lebih sebulan hadir di markas Laptophia Blog, kami berkesempatan untuk mengulas Hisense F20 review pada artikel kali ini. Nama Hisense memang tidak setenar brand Tiongkok lain, seperti Xiaomi, Oppo atau Lenovo. Masyarakat tanah air justru mulai mengenal merk Hisense setelah Smartfren menghadirkan beberapa seri Andromax yang dibuat oleh vendor tersebut. Sebelumnya Hisense telah mencoba peruntungan di pasar Indonesia dengan debut seri Pureshot dan Pureshot Plus.

Kini Hisense mulai berani melebarkan sayap ke pasar menengah dan entry-level. Hisense F20 bisa dikatakan varian terendah yang telah mendukung jaringan 4G LTE (Long Term Evolution). Harganya yang terjangkau tak membuat seri F20 ini tampil seadanya. Lalu seperti apa performa smartphone 4G LTE murah ini? Simak ulasan lengkap Hisense F20 review oleh Laptophia Blog kali ini.


Hisense F20 Review

Paket Pembelian Hisense F20

Paket Pembelian Hisense F20
  • Unit Hisense F20 warna hitam
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset atau handsfree
  • Buku panduan
  • Kartu garansi
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga ponsel 4G Hisense F20 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Desain Hisense F20

Fitur Hisense F20Desain Hisense F20
Sektor desain pada Hisense F20 review kali ini bisa dikatakan relatifg biasa saja menurut Laptophia Blog. Penampilan smartphone asal Tiongkok ini relatif generik atau tidak jauh berbeda dengan smartphone yang beredar di pasaran saat ini. Hisense F20 hadir dengan bentuk kotak persegi panjang dengan sudut yang membulat atau rounded dengan sisi samping yang agak pipih.

Jika dilihat dari depan, ponsel 4G LTE ini terlihat mirip dengan Xiaomi Redmi Note generasi pertama. Sisi samping ponsel ini terdapat list krom yang tipis yang sekilat terlihat seperti garis yang mempermanis penampilan.

Namun, list krom berbahan metal tersebut sebenarnya adalah chasis dari Hisense F20. Smartphone 4G entry-level ini dibalut dengan casing berbahan plastik dengan finishing matte, sehinggga tidak terlalu licin, serta tak mudah meninggalkan jejak sidik jari. Dimensi atau ukuran Hisense F20 agak besar, tetapi relatif standar untuk smartphone dengan layar sentuh 5,5 inci.
Baca juga:Andromax A A16C3H Review: VoLTE for Everyone
Pada ulasan Hisense F20 review kali ini sisi depan ponsel terdapat earpiece, proximity sensor, lubang kamera depan, layar sentuh berukuran 5,5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back. Sebagai tambahan informasi, ketiga tombol kapasitiftersebut tidak dilengkapi dengan backlight atau cahaya latar.

Selain itu, tak disebutkan adanya proteksi antigores pada layar Hisense F20 ini, sehingga direkomendasikan untuk memasang screenguard atau tempered glass. Hisense menempatkan volume rocker dan tombol power di sisi kiri ponsel. Sayangnya, sisi samping yang bentuknya agak pipih ini membuat tombol volume dan power terasa kurang nyaman saat dipencet.

Sedangkan sisi atas terdapat port audio 3.5 mm. Sisi bawah ponsel 4G LTE Hisense F20 terdapat lubang microphone dan port microUSB. Sedangkan sisi belakang ponsel 4G LTE Hisense F20 terdapat microphone, lubang kamera belakang, LED flash, logo Hisense, dan speaker grill.
Spesifikasi Hisense F20Harga Hisense F20
Sama seperti smartphone entry-level lainnya, smartphone Hisense F20 ini hadir dengan casing belakang yang dapat dilepas. Tak hanya itu, baterai ponsel ini juga bisa dilepas, sehingga menjadi kelebihan tersendiri bagi beberapa pengguna. Smartphone 4G murah besutan Hisense ini telah mendukung dual SIM dan slot microSD.

Untuk mengakses kedua slot sim card, kita harus terlebih dahulu melepas casing belakang dan baterai. Sebagai informasi, baiuk SIM 1 maupun SIM 2 pada Hisense F20 ini menggunakan jenis microSIM. Sedangkan untuk mengakses slot microSD, kita tidak perlu melepas baterai karena slot ini terletak di atas slot SIM 1 dan memasukkan microSD-nya dari arah samping kiri.

Secara umum, ulasan Hisense F20 review oleh Laptophia Blog pada sisi desain terbilang lumayan. Desainnya memang tidak istimewa dengan ukuran yang cukup besar, tetapi relatif tipis. Pinggirannya yang agak pipih ini memang membuatnya nyaman digenggam, tetapi mengurangi kenyamanan saat memencet tombol volume dan power. Build quality ponsel 4G LTE Hisense F20 ini relatif solid, tetapi casing belakangnya agak tipis.
Baca juga:Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL Review: Fast Autofocus

Software Hisense F20

Software Hisense F20
Ulasan Hisense F20 review pada sisi software atau perangkat lunak tak kalah penting dari sektor lainnya. Sistem operasi, antarmuka, dan fiturnya memiliki peran besar dalam memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Ponsel 4G LTE Hisense F20 ini menggunakan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop dengan balutan antarmuka Hisense Vision UI 2.0. Sayangnya, tak diketahui apakah smartphone 4G LTE murah ini akan mendapatkan update ke Android 6.0 Marshmallow atau tidak. melihat track record Hisense, Laptophia Blog memperkirakan seri F20 ini tak akan mendapat update ke Android versi lebih tinggi.

Tampilan antarmuka pada Hisense F20 review kali ini memang cukup sederhana dan mudah dimengerti. Kita akan disuguhi dengan kehadiran Lockscreen dan Homescreen, tanpa kehadiran  app drawer. Semua aplikasi yang terinstal pada smartphone F20 besutan Hisense ini akan tampil dan dapat diakses langsung melalui Homescreen. Model seperti ini memang banyak diadopsi oleh UI smartphone asal Tiongkok.

Pada ulasan Hisense F20 review kali ini, opsi kostumisasi tampilan yang disediakan relatif lengkap untuk kelas entry-level. Laptophia Blog melihat Hisense F20 ini memungkinkan kita untuk mengganti wallpaper lockscreen dan homescreen, menambah atau mengurangi widget, mengubah animasi menu, dan sebagainya.

Kita juga dapat mengganti ukuran font, tetapi tidak disediakan opsi untuk mengganti jenis font yang digunakan. Fitur yang disediakan oleh Vision UI pada Hisense F20 ini bisa dikatakan cukup lengkap menurut Laptophia Blog. Ponsel ini sudah dilengkapi dengan RAM cleaner, Quick Start, Home screen style, Motion gesture, Scheduled power on/off, Firewall (dapat memblokir telepon atau SMS yang tak diinginkan), floating navigation, dan sebagainya.
Baca juga:Acer Liquid Z320 Review: Desain Oke
Aplikasi bawaan pada Hisense F20 review kali ini tidak terlalu banyak menurut Laptophia Blog. Pabrikan asal Tiongkok ini membekalinya dengan aplikasi bawaan Google Apps, WPS Office, File Manager, Browser, Facebook, dan beberapa aplikasi lainnya. Pengguna dapat menambah aplikasi lain yang diperlukan melalui Play Store.

Secara umum, ulasan Hisense F20 review pada sisi software ini menawarkan tampilan yang baik dan mudah digunakan. Bloatware minim, sehingga tak mengganggu performa atau memenuhi memori internalnya. Kostumisasi yang disediakan cukup lengkap untuk ponsel entry-level.

Sayangnya, performa Hisense F20 ini terasa kurang bertenaga, saat belum banyak aplikasi terinstal pun lag yang muncul sudah agak mengganggu. Laptophia berharap Hisense segera merilis update untuk memperbaiki masalah performa ini.

Benchmark Hisense F20

CPU-Z Hisense F20
CPU-Z Hisense F20
Benchmark AnTuTu v6 Hisense F20
Benchmark AnTuTu v6 Hisense F20
Benchmark Geekbench 3 Hisense F20
Benchmark Geekbench 3 Hisense F20
Benchmark Vellamo Hisense F20
Benchmark Vellamo Hisense F20
Benchmark Quadrant Standard Hisense F20
Benchmark Quadrant Standard Hisense F20
Speedtest Hisense F20
Speedtest Hisense F20
Multitouch Tester & Sensorbox fot Android Hisense F20
Multitouch Tester & Sensorbox fot Android Hisense F20

Hasil Foto Kamera Hisense F20

Hasil Foto Kamera Hisense F20IMG_20160723_152819IMG_20160725_153036IMG_20160731_155400
Foto Siang Hari
Hasil Foto Kamera Hisense F20IMG_20160723_151815IMG_20160724_162504
Foto Macro
IMG_20160723_205558Hasil Foto Kamera Hisense F20IMG_20160724_205302
Foto Malam Hari
Hasil Foto Kamera Hisense F20
Foto Malam Hari dengan LED Flash
Foto selfie dengan kamera depan
Foto selfie dengan kamera depan

Hisense F20 Review

Hisense F20 Review
Setelah ulasan demi ulasan kita lewati, kini Laptophia Blog akan memberikan rangkuman kesimpulan Hisense F20 review kali ini. Sebagai smartphone 4G LTE entry-level, seri F20 ini tampil dengan desain generik yang terkesan tidak terlalu mencolok.

Namun, ponsel ini menawarkan build quality yang solid meski casing belakangnya agak tipis. Selain itu, tombol power dan volume yang berada di sisi kiri ponsel kurang nyaman ditekan. Meski ukurannya agak besar, smartphone 4G Hisense F20 relatif nyaman digenggam.

Smartphone Hisense F20 ini dilengkapi dengan layar sentuh 5,5 inci HD IPS yang berkualitas baik. Tak heran, warna yang dihasilkan oleh layar ponsel 4G ini vivid dan cukup memuaskan mata. Meski resolusinya masih HD 720p, layar masih terlihat padat dan halus.

Sama seperti layar sengan teknologi IPS lainnya, Hisense F20 ini menawarkan sudut pandang yang luas dengan fasilitas auto brightness yang smooth dan sensitif. Saat digunakan di bawah sinar matahari, layar ponsel ini masih terlihat dengan baik. Selain itu, respon touchscreennya relatif gegas tanpa masalah. Agak disayangkan, Hisense F20 tidak dilengkapi proteksi antogores di layarnya.
Baca juga:Harga & Spesifikasi Apple MacBook Air 2016 MMGG2 Usung SSD 256GB
Sektor performa, di atas kertas Hisense F20 ini bisa dikatakan bersaing di kelasnya dengan mengandalkan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 210 yang meengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,1GHz yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB. Sisi grafis, ponsel ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Adreno 304.

Kinerja mungkin menjadi titik lemah dari Hisense F20 review kali ini. Meski sudah mengandalkan duet Snapdragon 210 dengan memori RAM sebesar 1GB, smartphone ini tampak kurang bertenaga dan sering lag. Bahkan, ketika Laptophia Blog belum banyak menginstal aplikasi di ponsel ini, lag sudah terasa mengganggu.

Perpindahan menu dan buka tutup aplikasi berjalan kurang smooth. Sekadar membuka notifikasi Facebook saja Laptophia merasakan lag. Laptophia berpendapat hal ini disebabkan optimasi software yang masih belum matang. Diharapkan Hisense segera merilis update OTA (Over The Air) untuk memperbaiki masalah ini. Namun, hampir sebulan Laptophia menggunakan Hisense F20 ini, tidak ada update yang tersedia.

Sektor kamera, Hisense F20 tampaknya cukup bersinar. Berbekal kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel lengkap dengan fitur autofokus dan LED flash. Hisense mempersenjatai ponsel 4G LTE murah meriah ini dengan kamera depan resolusi 2 megapiksel fixed focus yang cukup standar untuk foto selfie dan video call.

Saat digunakan untuk memotret pada siang hari dengan kondisi cahaya melimpah, Hisense F20 mampu menghasilkan foto yang tajam, warna yang memuaskan, detail yang cukup, dan noise yang cukup tekendali. Sayangnya, saat digunakan untuk memotret macro atau close-up, kamera Hisense F20 tampak kesulitan untuk fokus.

Entah memang kameranya kurang cocok untuk foto macro atau memang kecepatan autofokusnya lambat. Mode macro yang disediakan pada menu kamera Hisense F20 ini tak banyak membantu. Performa kamera pada malam hari, Hisense F20 ini bisa diandalkan. Hasil fotonya cukup terang, meski penurunan detail cukup terasa dan noise cukup tinggi.

LED flash yang diusung oleh ponsel 4G murah meriah ini cukup terang dan sangat membantu saat gelap. Sedangkan kamera depan cukup memuaskan untuk sekadar foto selfie.
Baca juga:Apple Macbook Air 2016 MMGF2 dengan Layar 13,3 Inci
Kualitas audio Hisense F20 bisa dikatakan cukup baik untuk kelas entry-level. Laptophia Blog memutar beberapa lagu dari band Epica dan Stars and Rabbit. Speakernya mampu menghasilkan suara yang cukup kencang dengan kualitas yang baik, tetapi dominan treble.

Ketika menjajalnya dengan headset bawaan, kulitas suaranya terbilang lumayan dan masih bisa dinikmati. Laptophia sempat menjajalnya dengan headset dari Elibuds Sabia V2, hasilnya? Sangat baik, suaranya sangat bertenaga, meski karakternya agak warm.

Kemampuan baterai pada Hisense F20 review kali ini terbilang sangat standar. Hal ini bisa dimaklumi mengingat kapasitas baterainya hanya 2500mAh yang disandingkan dengan layar sentuh berukuran 5,5 inci HD. Penggunaan dengan intensitas sedang, Hisense F20 mampu bertahan rata-rata 12 – 14 jam saja. Bagi pengguna yang cukup intens, mungkin bisa dua kali cas dalam sehari.

Secara umum, Hisense F20 review kali ini bisa dikatakan sangat bersaing di kelasnya. Layar berkualitas, spesifikasi memadai, kamera yang bisa diandalkan, dan dukungan 4G LTE menjadi keunggulan utama Hisense F20.

Sayangnya, performanya yang kurang bertenaga dan lag yang cukup mengganggu jelas sangat mengurangi pesona ponsel murah meriah ini. Berdasarkan harga dan spesifikasi yang ditawarkan oleh F20, ponsel ini akan menjadi pesaing tangguh bagi Wiko Robby, Acer Liquid Z330, Evercoss Elevate Y3+, Andromax E2+, dan Lenovo Vibe C.

Keunggulan Hisense F20

  • Mendukung 4G LTE
  • Harga terhangkau
  • Kamera baik

Kelemahan Hisense F20

  • Performa kurang, sering lag

Harga Hisense F20

Harga smartphone 4G LTE Hisense F20 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah Rp 1.299.000. Tentunya harga ini tidak bersifat mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar dan kebijakan penjual.

Berdasarkan hasil ulasan Hisense F20 review yang telah Laptophia Blog lakukan, ponsel ini menawarkan performa kamera yang cukup baik di kelas entry-level. Dukungan jariangan 4G LTE menjadi daya tarik utama ponsel ini.

Tiada gading yang tak retak, begitu juga dengan ponsel Hisense F20 ini. Performa smartphone ini terbilang kurang responsif dan sering lag, meski tidak banyak aplikasi yang terinstal. laptophia berharap Hisense segera merilis update untuk memperbaiki masalah ini.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga ponsel 4G Hisense F20 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Hisense F20

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka Hisense Vision UI 2.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 210 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 32-bit 1,1GHz
  • Grafis Adreno 304
  • Kamera 8 megapiksel autofokus, LED flash. Kamera depan 2 megapiksel fixed focus
  • Layar 5,5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB, dilengkapi slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 144.8 mm x 71.8 mm x 7.9 mm dengan berat 149 gram
  • Baterai 2500mAh
  • Warna Black dan White
Anda mungkin suka:Harga & Spesifikasi Xiaomi Redmi 3S Prime di Indonesia
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks