IBX582004D475488 Acer Liquid Z320 Review: Desain Oke

Acer Liquid Z320 Review: Desain Oke




Acer Liquid Z320 Review – Setelah menjajalnya selama kurang lebih sebulan penuh, kini Laptophia Blog berkesempatan mengulas Acer Liquid Z320 review pada posting kali ini. Seperti yang sudah Laptophia bahas di artikel sebelumnya, smartphone Liquid Z320 ini merupakan senjata andalan Acer untuk menggebrak pasar entry-level dan membendung laju Lenovo A1000, serta Asus Zenfone Go varian 4,5 inci.

Ponsel ini menawarkan desain yang agak oval. Spesifikasi yang diusung oleh Acer Liquid Z320 relatif kompetitif dengan mengandalkan duet chipset Qualcomm Snapdragon 210 dengan RAM 1GB. Sisi kamera ponsel ini masih dikatakan cukup standar dengan resolusi 5 megapiksel. Penasaran? Berikut ini ulasan lengkap Acer Liquid Z320 review oleh Laptophia Blog.


Acer Liquid Z320 Review

Paket Pembelian Acer Liquid Z320

Paket Pembelian Acer Liquid Z320
  • Unit Acer Liquid Z320
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset atau Handsfree
  • Kartu garansi
  • Booklet manual
Baca juga:Harga & Spesifikasi Asus ROG GL552VW-CN656D dengan SSD 128GB

Desain Acer Liquid Z320

Desain Acer Liquid Z320Harga Acer Liquid Z320
Desain merupakan salah satu hal yang menarik dari Acer Liquid Z320 review kali ini. Laptophia berpendapat demikian karena penampilan ponsel besutan vendor asal Taowan ini memang sedikit berbeda.

Acer Liquid Z320 mengusung desain yang agak oval dengan dukungan frame berwarna hitam. Loudspeakernya yang dilengkapi dengan cincin krom membuatnya tampak elegan. Pada Acer Liquid Z320 review kali ini Laptophia menggunakan varian warna Pure White.

Sisi samping ponsel ini juga terdapat list krom yang membuatnya kian menarik. Material casing belakangnya adalah plastik dengan finishing brushed metal. Penggunaan finishing ini secara signifikan mengurangi licin saat digenggam.

Pada Acer Liquid Z320 review kali ini sisi depan terdapat lubang kamera depan, sensor proximity, ambient light sensor, LED notifikasi, earpiece, dan layar sentuh berukuran 4,5 inci. Ponsel ini telah mengadopsi on-screen button, sehingga tidak dilengkapi dengan tombol kapasitif di bawah layar.

Sayangnya, Laptophia tidak mendapatkan informasi apakah layar ponsel ini dilengkapi dengan lapisan antigores atau tidak.  Tidak terdapat tombol kapasitif di bawah layar karena ponsel ini sudah menggunakan on-screen button.
Baca juga:HP Envy M6-P113DX, Laptop Windows 10 Bertenaga AMD FX-8800P
Acer menempatkan tombol volume rocker pada sisi kanan ponsel. Sedangkan tombol power diletakkan pada sisi atas ponsel Liquid Z320 bersama port audio 3,5mm. Sedangkan sisi bawah terdapar microphone dan port microUSB. Sisi belakang ponsel Liquid Z320 besutan Acer ini terdapat microphone, lubang kamera utama, LED flash, logo Acer, dan speaker grill atau lubang speaker.
Spesifikasi Acer Liquid Z320
Berbeda dengan Redmi Note 3 yang Laptophia review sebelumnya, Acer Liquid Z320 review kali ini hadir dengan desain body konvensional. Ini berarti pengguna dapat melepas baterai dan casing belakang tanpa alat khusus.

Acer Liquid Z320 ini telah mendukung dual SIM dan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Seperti biasa, ketiga slot tersebut dapat diakses dengan melepas baterai terlebih dahulu.

Bagi sebagian pengguna, casing belakang dan baterai yang dapat dilepas adalah sebuah kelebihan. Laptophia sendiri menilai kemampuan tersebut sebagai hal yang biasa karena setiap desain memiliki sisi positif dan negatifnya.

Secara umum, Acer Liquid Z320 review di sektor desain kali ini relatif baik. Ponsel ini hadir dengan desain yang berbeda dan menawarkan build quality yang solid. Hal yang sedikit Laptophia Blog sayangkan adalah frame hitam di sekeliling layar dinilai terlalu tebal. Hal ini sebenarnya dapat dipangkas mengingat smartphone tersebut sudah menggunakan desain on-screen button.

Software Acer Liquid Z320

Software Acer Liquid Z320
Selain spesifikasi hardware, software juga menjadi salah satu sektor penting untuk menghasilkan pengalaman pengguna yang baik. Hal yang sama berlaku juga pada ulasan Acer Liquid Z320 review kali ini. Ponsel kelas entry-level ini dibekali dengan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop yang dibalut dengan antarmuka khas Acer.

Berdasarkan pantauan Laptophia Blog, pada dasarnya antarmuka atau UI yang diusung oleh Acer Liquid Z320 ini relatif tak banyak berbeda dengan Android stock. Penggunaan icon pack yang berbeda dengan tambahan beberapa fitur membuatnya sedikit berbeda. Pada Liquid Z320 ini kita akan disuguhi tampilan Lockscreen, Homescreen, dan Menu Drawer.

Kostumisasi yang disediakan oleh UI ponsel Acer Liquid Z320 ini juga tak jauh berbeda dengan Android kebanyakan yang memungkinkan poengguna mengganti wallpaper homescreen, lockscreen, dan menambah/mengurangi widget. bagi yang kurang puas atau mudah bosan, menginstal launcher fovorit adalah jalan keluarnya.
Baca juga:Asus ROG GL502VT-FY129T Strix, Laptop Gaming Windows 10 Kompak & Powerful
Fitur yang disediakan oleh Acer Liquid Z320 review kali ini relatif standar menurut Laptophia. Pabrikan asal Taiwan ini membekali Liquid Z320 dengan beberapa aplikasi proprietary besutan Acer seperti Acer Portal, Acer Tutorial, abFiles, abMusic, abPhoto, Kids Center, Acer SnapNote, Liquid wizard, dan sebagainya.

Tak hanya itu, ponsel Acer Liquid Z320 ini juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi bawaan seperti BBM, Google Apps, Flash Light, Launcher Anak Cerdas, dan sebagainya. Secara umum aplikasi bawaannya memang tergolong moderat dan dapat dihapus jika tidak membutuhkannya. Sejauh ini performa Acer Liquid Z320 review pada sektor software ini cukup baik dan tidak ada masalah berarti.

Benchmark Acer Liquid Z320

CPU-Z Acer Liquid Z320
CPU-Z Acer Liquid Z320
Benchmark Acer Liquid Z320 Vellamo
Benchmark Acer Liquid Z320 Vellamo
Benchmark Acer Liquid Z320 Geekbench 3
Benchmark Acer Liquid Z320 Geekbench 3
Benchmark Acer Liquid Z320 AnTuTu v6
Benchmark Acer Liquid Z320 AnTuTu v6
Benchmark Acer Liquid Z320 Quadrant Standard
Benchmark Acer Liquid Z320 Quadrant Standard
Multitouch Test Sensorbox for Android Acer Liquid Z320
Multitouch Test & Sensorbox for Android Acer Liquid Z320

Hasil Foto Acer Liquid Z320

Hasil Foto Acer Liquid Z320Hasil Foto Acer Liquid Z320Hasil Foto Acer Liquid Z320
Foto Siang Hari
Hasil Foto Acer Liquid Z320Hasil Foto Acer Liquid Z320Hasil Foto Acer Liquid Z320
Foto Macro
Hasil Foto Acer Liquid Z320Hasil Foto Acer Liquid Z320Hasil Foto Acer Liquid Z320
Foto Malam Hari
Hasil Foto Acer Liquid Z320
Foto Selfie Kamera Depan

Acer Liquid Z320 Review

er Liquid Z320 Review
Pembahasan Acer Liquid Z320 review oleh Laptophia Blog kali ini relatif baik untuk kelas entry-level. Dilihat dari luar, ponsel besutan Acer ini menawarkan desain yang unik dan berbeda dengan para pesaingnya.

Tak hanya itu, build quality ponsel Liquid Z320 terbilang solid, terkesan koko0h, dan tidak licin ketika digenggam. Hal ini tak lepas dari finishing brushed metal pada casing belakangnya. Bentuknya yang unik ini ternyata membuat Acer Liquid Z320 cukup nyaman digenggam.

Ponsel Acer Liquid Z320 ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 4,5 inci FWVGA yang menggunakan teknologi IPS. Melihat spesifikasi yang ditawarkan, jelas Laptophia tidak berharap lebih dengan kualitas layarnya. Impresi awal, layar ponsel besutan Acer ini mampu menghasilkan warna yang cukup baik, ketajaman yang cukup, dan brightness yang nyaman di mata.

Viewing angle layar Liquid Z320 ini terbilang lumayan dan respon touchscreennya relatif gegas. Saat digunakan di bawah sinar matahari, layar Liquid Z320 kurang memuaskan. Kualitas layar ponsel ini rasanya mirip dengan Smartfren Andromax Es yang pernah Laptophia review sebelumnya.
Baca juga:Hisense Kingkong 2 Masuk Indonesia, Tahan Air & Debu
Sektor performa relatif standar pada Acer Liquid Z320 review kali ini karena hanya mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 210 yang didalamnya terdapat prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,1GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB. Sisi grafis, ponsel ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Adreno 304.

Mengandalkan dapur pacu seperti yang Laptophia jabarkan di atas, Acer Liquid Z320 ini relatif mampu menghasilkan performa yang cukup nyaman untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Perpindahan menu dan buka tutup aplikasi berjalan dengan lancar.

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa Laptophia sempat menemui lag meski aplikasi yang terinstal belum banyak. Ini sebenarnya masih wajar mengingat pasar yang dibidik adalah pasar entry-level.

Sisi kamera, Acer Liquid Z320 ini mengandalkan kamera belakang berkekuatan 5 megapiksel autofocus dan didukung LED flash. Ponsel Acer Liquid Z320 juga dilengkapi dengan kamera depan 2 megapiksel fixed focus untuk foto selfie dan video chat.

Acer Liquid Z320 review sisi kamera relatif standar dan Laptophia tidak terlalu berharap dengan kemampuannya. Sama seperti para pesaingnya di kelas entry-level, kamera belakang ponsel Liquid Z320 menghasilkan foto yang cukup terang, tetapi detailnya agak kurang dan warnanya sedikit terlihat pudar.

Sedangkan ketika digunakan untuk memotret macro, respon autofokusnya agak lambat dan sering miss fokus. Tampaknya, Liquid Z320 tidak cocok untuk foto macro dengan jarak yang terlalu dekat.

Saat digunakan untuk memotret di malam hari, kamera ponsel Acer Liquid Z320 terbilang lumayan, meski detail yang dihasilkan kurang dan noise yang cukup tinggi. Beruntung, LED flash yang diusungnya cukup terang dan sangat membantu.

Sedangkan foto yang dihasilkan oleh kamera depan Acer Liquid Z320 ini cukup standar menurut Laptophia, tak ada yang istimewa.

Performa audio pada Acer Liquid Z320 review kali ini cukup lumayan berkat dukungan fitur DTS Studio Sound. Laptophia menjajal kemampuan speakernya untuk memainkan beberapa lagu dengan genre metalcore.

Kualitas suaranya lumayan, hanya saja volumenya terbilang kurang kencang. Sedangkan ketika mendengarkan menggunkan headset Sennheiser HD202 II, keluaran suaranya cukup mantab dengan bass yang cukup kuat dan treble yang bisa dinikmati.
Baca juga:Harga Flash Plus 2 Mulai 2 Juta, Registrasi Flash Sale di Sini!
Acer membekali Liquid Z320 dengan baterai berkapasitas 2000mAh, relatif standar. Berdasarkan pengalaman Laptophia Blog, rata-rata baterai Acer Liquid Z320 ini mampu bertahan hingga seharian dengan intensitas penggunaan sedang berupa sosial media, kamera, mendengarkan musik, dan kadang telepon. Jika penggunaannya lebih intensif, mungkin bertahan kurang dari sehari.

Secara umum, berdasarkan hasil pembahasan Acer Liquid Z320 review yang telah Laptophia lakukan menunjukkan bahwa ponsel ini relatif laik dipertimbangkan. Spesifikasi yang diusung oleh smartphone ini memang relatif setara dengan para pesaingnya, tetapi desainnya yang unik dan sedikit berbeda ini menjadi salah satu daya tariknya.

Smartphone Liquid Z320 besutan Acer ini akan menjadi pesaing tangguh bagi Huawei Y5, Accessgo Gotune 3, Lenovo A1000, Asus Zenfone Go 4,5 inci, dan smartphone lainnya di kelas entry-level.

Keunggulan Acer Liquid Z320

  • Desain Menarik
  • Harga masuk akal
  • Build quality oke

Kelemahan Acer Liquid Z320

  • Belum mendukung 4G
  • Kamera pas-pasan

Harga Acer Liquid Z320

Harga smartphone Acer Liquid Z320 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog terima adalah Rp 899.000 atau tepatnya Rp 900 ribu. Namun, harga ini tidak bersifat mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi pasar dan kebijakan masing-masing penjual.

Berdasarkan ulasan Acer Liquid Z320 review yang telah Laptophia lakukan, ponsel ini menunjukkan daya saing yang cukup mantap di kelas entry-level. Desain yang unik, build quality yang solid, dan spesifikasi yang kompetitif menjadi daya tariknya. Performa kamera memang tidak dapat terlalu diharapkan dari ponsel Acer Liquid Z320. Secara umum, Laptophia menilai ponsel Acer Liquid Z320 masih sangat laik dipertimbangkan di kelas entry-level.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Acer Liquid Z320 di Sini (klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Acer Liquid Z320

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 210, quad-core ARM Cortex-A7-bit 1,1GHz
  • Grafis Adreno 304
  • Kamera belakang 5 megapiksel autofocus, LED flash. Kamera depan 2 megapiksel fixed focus
  • Layar 4,5 inci, dengan resolusi FWVGA 854 x 480 piksel berteknologi panel IPS kapasitif dengan kerapatan 218 piksel per inci
  • Memori RAM 1GB, Memori internal 8GB plus slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, DTS Sound Audio Enhancer
  • Mendukung jaringan GSM / 3G HSPA
  • Dimensi 136 x 66.5 x 9.6 mm berat 142 gram
  • Baterai 2000mAh
  • Warna Mystic Black, Pure White
Anda mungkin suka:
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks