IBX582004D475488 Review Gotune 3, Smartphone Murah Andalan Accessgo

Review Gotune 3, Smartphone Murah Andalan Accessgo




Review Gotune 3 – Setelah mendarat di Laptophia Blog beberapa waktu lalu, kini kami berkesempatan untuk membahas review Gotune 3 yang merupakan smartphone murah besutan merek lokal Accessgo. Merek Accessgo ini sebenarnya bukan brand pendatang baru karena tahun 2014 lalu perusahaan tersebut telah meluncurkan smartphone seri 4E dengan harga dan spesifikasi yang menggoda di masanya.

Sayangnya, setelah peluncuran ponsel tersebut, Accessgo kemudian tidak merilis produk lagi dan akhirnya tenggelam. Kini perusahaan tersebut bangkit dan melepas trio Gotune yang terdiri dari Gotune 3, Gotune 5, dan Gotune 5S. Pada artikel kali ini Laptophia membahas review Gotune 3, berikut ulasannya.


Review Gotune 3

Paket Pembelian Gotune 3

Paket Pembelian Gotune 3
  • Unit Accessgo Gotune 3
  • Baterai 2500mAh
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset
  • Kartu Garansi
  • Buku Manual
  • Screenguard (terpasang di layar)
Baca juga:Harga & Spesifikasi Xiaomi Mi5 Pro 128GB dengan RAM 4GB

Desain Gotune 3

Desain Gotune 3
Review Gotune 3 besutan Accessgo pada sisi desain ini merupakan salah satu hal yang menarik bagi Laptophia Blog, mengapa? Smartphone merek lokal ini mengusung desain yang berbeda dari kebanyakan ponsel di kelasnya. Accessgo tampaknya terinspirasi dengan dengan Apple iPhone 6 dan iPhone 6 Plus untuk desain Gotune 3.

Kebetulan Laptophia mendapatkan unit Gotune 3 varian warna grey yang membuatnya terlihat sangat mirip dengan iPhone 6S ketika dilihat dari belakang. Smartphone ini mengusung desain sudur yang membulat dan sisi yang juga membulat atau yang sering disebut dengan istilah ‘rounded edge’.

Desain seperti ini memang membuatnya lebih nyaman digenggam. Bagian depan atau layar smartphone Gotune 3 ini menggunakan kaca melengkung 2,5D yang menawan. Sayangnya, layarnya tidak dilengkapi dengan kemampuan antigores.

Ponsel Gotune 3 ini menggunakan material casing plastik yang cukup berkualitas menurut Laptophia. Salah satu kekurangan Accessgo Gotune 3 menurut Laptophia adalah ukurannya yang cukup besar dan agak berat. Hal ini tentu agak menyulitkan bagi pengguna yang memiliki telapak tangan kecil.

Bagian depan ponsel Gotune 3 besutan Accessgo ini terdapat lubang kamera depan, sensor proximity, earpiece, layar sentuh berukuran 5,5 inci, dan tiga tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Namun, Accessgo tidak membekali ketiga tombol kapasitif di bawah layar tersebut dengan backlight, sehingga agak sulit digunakan ditempat gelap. Ini wajar mengingat smartphone ini menargetkan segmen entry-level.

Sedangkan sisi belakang smartphone Accessgo Gotune 3 ini terdapat lubang kamera utama, LED flash, logo Accesgo, dan tulisan Gotune 3 pada bagian bawah. Accesgo menempatkan tombol volume rocker pada sisi kiri ponsel dan tombol power pada sisi kanan ponsel.

Sedangkan sisi bawah ponsel murah meriah ini terdapat lubang micrphone dan lubang speaker atau speaker grill. Sedangkan sisi atas ponsel terdapat port microUSB dan port audio 3,5mm.
Desain Gotune 3
Smartphone Gotune 3 besutan Accessgo ini dilengkapi dengan dukungan dual SIM dan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Pada review Gotune 3 ini ternyata ponsel murah ini tidak mengusung desain unibody, melainkan desain konvensional. Ini berarti pengguna dapat melepas casing belakang dan baterainya. Casing belakang smartphone Gotune 3 andalan Accessgo ini terbilang cukup mudah dilepas. Untuk mengakses slot SIM dan microSD, baterai juga harus dilepas.

Baca juga:Xiaomi Mi 4s Diluncurkan, Ini Harga & Spesifikasinya

Secara umum, review Gotune 3 pada sissi desain ini adalah salah satu daya tariknya. Selain menawarkan desain yang lain dari yang lain, kaca 2,5D, rounded edge, dan penampilan yang mirip dengan iPhone, smartphone ini juga menawarkan build quality yang solid. Hanya saja, ukurannya yang lumayan besar dan berat menjadi sisi minus dari ponsel Gotune 3 andalan Accessgo di kelas entry-level ini.

Software Gotune 3

Software Gotune 3
Sisi software atau perangkat lunak menjadi salah satu poin penilaian pada review Gotune 3 kali ini. Smartphone Accessgo Gotune 3 ini menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka mendekati Android stock. Laptophia katakan mendekati Android stock karena pada dasarnya adalah Android stock dengan sistem ikon berbeda.

Ikon yang digunakan pada Gotune 3 ini menyerupai ikon pada smartphone Apple atau sistem operasi iOS. Ini semakin membuat Gotune 3 mirip dengan iPhone dari segi desain maupun tampilan antarmukanya. Penampilan seperti ini memang terlihat unik dan berbeda dari kebanyakan smartphone Android di kelasnya.

Kita akan disuguhi tampilan Lockscreen, Homescreen, dan Menu Drawer, sama seperti kebanyakan ponsel Android. Berbicara mengenai kostumisasi, Gotune 3 ini terbilang minim karena kita hanya dapat mengganti wallpaper untuk lockscreen dan homescreen, menambah dan mengurangi widget, tanpa kehadiran fasilitas themes dan kostimisasi animasi. Namun, hal ini dapat diatasi dengan menginstal aplikasi launcher buatan pihak ketiga.

Aplikasi bawaan smartphone Accessgo Gotune 3 ini terbilang minim karena hanya terdapat aplikasi pokok saja. Bahkan, layanan Google saja hanya tersedia Google Play Store, Google Maps, dan Gmail saja. Sisi positifnya, ruang kosong di memori internal lebih lega dan kinerja ponsel ini tidak terbebani oleh aplikasi pre-loaded.

Salah satu fitur unggulan pada review Gotune 3 di sisi perangkat lunak ini adalah Phantom Touch. Fitur ini sebenarnya sudah dimiliki oleh para pesaingnya dengan nama yang berbeda. Phantom Topuch adalah fitur berbasis gesture yang memungkinkan pengguna mengakses fitur atau aplikasi tertentu dengan menggambar huruf di layar saat kondisi terkuncu atau off. Juga tersedia fitur double-tap to wake di Gotune 3 ini. Secara umum, UI Gotune 3 ini cukup sederhan dan mudah dimengerti.

Baca juga:Review ZTE Blade A5, Smartphone Murah dengan RAM 2GB

Benchmark Gotune 3

Benchmark Gotune 3 CPU Z
CPU-Z Gotune 3
Benchmark Gotune 3 AnTuTu v6
Benchmark AnTuTu v6 Gotune 3
Benchmark Gotune 3 Vellamo
Benchmark Vellamo Gotune 3
Benchmark Gotune 3 Geekbench 3
Benchmark Geekbench 3 Gotune 3
Benchmark Gotune 3 Quadrant Standard
Benchmark Quadrant Standard Gotune 3
Benchmark Gotune 3
Sensor Box for Android & Multitouch Tester Gotune 3

Hasil Foto Kamera Gotune 3

Hasil Foto Kamera Gotune 3Hasil Foto Kamera Gotune 3Hasil Foto Kamera Gotune 3
Foto siang hari
Hasil Foto Kamera Gotune 3Hasil Foto Kamera Gotune 3IMG_20160220_162839IMG_20160220_161808
Foto Macro atau Close Up
Hasil Foto Kamera Gotune 3IMG_20160220_211716
Foto Malam Hari
IMG_20160221_122703
Foto kamera depan

Review Gotune 3

Review Gotune 3
Kurang lebih selama seminggu penuh Laptopbia Blog telah menggunakan smartphone ini dalam ranga review Gotune 3 andalan Accessgo.  Laptophia menilai smartphone Gotune 3 ini menawarkan desain yang unik berkat layar 2,5D yang diusungnya.

Tak hanya menawarkan penampilan yang menarik, smartphone Accessgo Gotune 3 ini juga menawarkan build quality yang terbilang mantap untuk ponsel dengan harga Rp 1 juta. Hanya saja, ukurannya memang agak besar dan berat.

Accessgo membekali smartphone Gotune 3 ini dengan layar berukuran 5,5 inci HD IPS. Kualitas layar smartphone Gotune 3 ini diluar dugaan Laptophia Blog karena di atas rata-rata. Layar ponsel ini mampu mengasilkan gambar yang tajam, padat, dan warna yang menyenangkan. Hal ini diperkuat dengan kehadiran fitur MiraVision yang dapat meningkatkan kualitas layarnya menjadi lebih baik lagi.

Performa layar Gotune 3 di bawah sinar matahari bisa dikatakan standar, tetapi viewing angle-nya dapat dicungi jempol. Respon touchscreen Gotune 3 ini cukup baik, meski Laptophia rasa tak terlalu sensifif. Layar ponsel ini memang tidak dilengkapi dengan fasilitas antigores, tetapi telah terpasang screenguard di layarnya.

Kinerja yang ditawarkan smartphone Accessgo Gotune 3 ini bisa cukup bersaing dengan mengandalkan chipset MediaTek MT6580 yang didukung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB. Sisi grafis, smartphone ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Mali-400MP.

Mengandalkan spesifikasi dapur pacu di atas, review Gotune 3 pada sektor performa ini bisa dikatakan memuaskan menurut Laptophia Blog. Smartphone besutan merk lokal ini mempu mencetak skor benchmark AnTuTu v6 mencapai 24.361 poin, sedikit di atas rata-rata ponsel dengan chipset yang sama.

Smartphone Gotune 3 ini hanya dibekali dengan RAM 1GB yang terdengar inferior. Namunm, setelah Laptophia gunakan selama seminggu, ternyata kapasitas RAM yang hanya 1GB ini tidak membuatnya menjadi kendala. Gotune 3 mampu menghasilkan kinerja yang gegas, smooth, dan jarang terlihat adanya lag. Kinerja Gotune 3 ini secara umum sudah mencukupi untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari.

Baca juga:Pre-order Samsung Galaxy S7 & Galaxy S7 Edge Dibuka di Lazada Indonesia

Accessgo membekali Gotune 3 dengan kamera utama berkekuatan 8 megapiksel autofokus lengkap dengan LED flash. Ponsel Gotune 3 ini juga didukung kamera depan dengan resolusi 2 megapiksel untuk foto selfie dan video chat. Setelah Laptophia mencobanya, ternyata kamera belakangnya mampu menghasilkan resolusi hingga 13 megapiksel.

inerja kamera Gotune 3 andalan Accessgo ini ternyata agak mengejutkan. Saat siang hari, Gotune 3 ini mampu menghasilkan foto yang tajam, warna yang akurat, dan detail yang cukup baik. Karakter warna yang dihasilkan memang agak warm. Saat memotret macro, hasilnya terbilang lumayan dengan detail dan fokus yang akurat. Hanya saja, efek bokeh yang dihasilkan saat foto macro memang kurang memuaskan.

Saat malam hari, kamera Gotune 3 ini kurang bisa diandalkan karena foto yang dihasilkan terlalu gelap dan kehilangan banyak detai. LED flash yang diusung ponsel ini ternyata redup dan kurang membantu saat kondisi kurang cahaya.

Kualitas audio yang diusung oleh Accessgo Gotune 3 ini relatif standar di kelasnya. Laptophia mencoba mendengarkan beberapa lagu dengan genre thrash metal dan metalcore dengan loudspeaker bawaannya. keluaran suaranya kurang keras dan tidak detail. Headset atau earphone bawaan Gotune 3 juga mengasilkan kualitas suara yang sangat mengecewakan. Ini sebenarnya wajar mengingat harga yang ditawarkan juga murah.

Laptophia sempat menjajal mendengarkan musik di Gotune 3 dengan headset Sennheiser HD 202 ll dan Xiaomi Hybrid IEM, hasilnya? Kualitasnya cukup bagus, bass-nya terasa, vokalnya jernih dan treble cukup oke meski tidak detail.

Sektor memori, Accessgo Gotune 3 dibekali dengan memori internal 8GB yang didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Ponsel ini ternyata tidak mendukung USB OTG. Daya tahan baterai ponsel 3G murah Accessgo Gotune 3 mampu bertahan hingga seharian penuh dengan intensitas penggunaan sedang.

Berdasarkannhasil review Gotune 3 yang telah Laptophia Blog lakukan, smartphone ini menunjukkan performa yang solid di kelas 1 juta. Desainnya unik dan agak mirip dengan iPhone 6 Plus, tetapi dimensinya agak besar. Performa untuk penggunaan sehari-hari non gaming sudah sangat mencukupi. Kamera yang diusungnya sebenarnya cukup kompeten di kelasnya, tetapi performanya di malam hari agak mengecewakan. Secara umum, Accessgo Gotune 3  ini laik dipertimbangkan menurut Laptophia Blog.

Baca juga:Andromax R2 & Andromax E2, Smartphone 4G Terbaru Mulai Dijual

Harga Gotune 3

Harga Gotune 3 besiutan Accessgo terbaru di Indonesia berdasarkan informasi resmi yang Laptophia Blog terima adalah Rp 999.000 atau tepatnya Rp 1 juta. Berdasarkan spesifikasi yang ditawarkan, Laptophia menilai harga yang ditawarkan oleh Gotune 3 ini sudah cukup bersaing di kelasnya.

Ponsel Gotune 3 ini merupakan varian terendah dari trio smartphone Gotune yang diluncurkan Accessgo di pasar Tanah Air. Adapun seri Gotune 5 dan Gotune 5S yang membidik pasar kelas menengah. Berdasarkan hasil review Gotune 3 yang telah Laptophia Blog lakukan, secara umum smartphone ini bisa dikatakan memuaskan di kelas entry-level. Kinerjanya gegas meski hanya berbekal RAM berkapasitas 1GB saja.

Desain yang diusungnya unik dan elegan dan dibekali dengan layar 5,5 inci HD dengan kualitas yang mantap di kelasnya. Kekurangan smartphone Gotune 3 ini mungkin adalah kualitas speaker bawaannya tang kurang bertenaga dan dimensinya yang agak besar dan berat. Secara umum, Accessgo Gotune 3 ini sangat laik dipertimbangkan di kelas entry-level berdasarkan hasil review yang telah Laptophia Blog lakukan.

Beli smartphone Accessgo Gotune dengan harga promo di Sini (Klik)
atau install aplikasinya di sini (klik)

Spesifikasi Gotune 3

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop 
  • Chipset MediaTek MT6580 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,3GHz
  • Grafis Mali-400MP2
  • Kamera 8 megapiksel autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 2 megapiksel
  • Layar 5,5 inci, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS panel.
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB dilengkapi slot microSD maksimal 32GB 
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual Micro SIM
  • GSM / 3G HSDPA 
  • Dimensi 157,6 x 78,1 x 8,8 mm berat 190 gram
  • Baterai 2500mAh removable
  • Warna Gray, Silver, Gold
Anda mungkin suka:Review ZTE Blade A711, Smartphone 4G LTE dengan Casing Metal
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks