IBX582004D475488 Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL Review: Fast Autofocus

Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL Review: Fast Autofocus




Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL Review – Pada kesempatan kali ini Laptophia Blog akan membahas Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL review yang beberapa minggu yang lalu hadir di markas kami. Ponsel 4G LTE (Long Term Evolution) Zenfone 2 Laser ZE550KL besutan Asus ini memang menonjolkan kemampuan kameranya dengan kehadiran fitur laser-autofokus yang diklaim menawarkan kecepatan fokus hingga 0,03 detik saja. Tentunya kecepatan fokus ini juga dipengaruhi kondisi cahaya dan obyek yang akan dipotret.

Laptophia sudah menjajal menggunakan ponsel 4G Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini selama lebih dari dua minggu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Selain kamera, ponsel Zenfone 2 Laser ZE550KL besutan Asus ini sebenarnya menawarkan spesifikasi yang cukup menarik dan kompetitif di kelas menengah. Berikut ini ulasan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL review: fast focus oleh Laptophia Blog.


Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL Review

Paket Pembelian Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Paket Pembelian Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
  • Unit Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL warna Putih
  • Kepala charger
  • Baterai 3000mAh (Terpasang secara default, bersifat removable)
  • Kabel USB
  • Buku panduan
  • Kartu garansi
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Desain Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Desain Asus Zenfone 2 Laser ZE550KLPenampilan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Ulasan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL review pada sektor desain menjadi salah sati ciri khas yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya. Pada dasarnya, Laptophia melihat Asus menggunakan desain yang unik dengan gaya sendiri untuk jajaran ponsel pintarnya, termasuk Zenfone 2 Laser ZE550KL.

Asus menggunakan gaya desain Zenfone 2 dengan sedikit perubahan pada smartphone Zenfone 2 Laser ZE550KL. Hal ini terlihat dengan hadirnya aksen bertekstur Zenbook di bawah tiga tombol kapasitifnya serta penempatan tombol volume pada sisi belakang ponsel.

Tak hanya itu, sisi belakang smartphone Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini melengkung dan membuatnya terlihat unik. Namun, sisi belakang yang melengkung ini justru meningkatkan sisi ergonomis saat menggenggamnya.

Smartphone kelas menengah andalan Asus ini menggunakan material polikarbonat atau plastik pada sekujur tubuh Zenfone 2 Laser ZE550KL. Sisi depan ponsel memang agak licin, tetapi casing belakangnya agak kesat, sehingga tidak terlalu licin saat digenggam. Kebetulan pada pembahasan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL review kali ini Laptophia mendapat unit berwarna putih yang relatif rawan kotor dan menguning seiring waktu penggunaan.

Sisi depan ponsel 4G LTE Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini terdapat earpiece, LED notifikasi, lubang kamera depan, sensor proximity, ambient light sensor, dan layar sentuh berukuran 5,5 inci kapasitif yang dilindungi lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 4.
Baca juga:Lenovo Vibe C2 Dirilis, Ini Harga & Spesifikasinya
Di bawah layar ponsel ini terdapat tiga tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Back, Home, dan Recent Apps. Sebagai informasi, ketiga tombol kapasitif khas Android pada ponsel Zenfone 2 Laser ZE550KL ini tidak dilengkapi cahaya latar atau backlight. Ini agak menyulitkan ketika digunakan di tempat kurang cahaya atau gelap.

Laptophia Blog juga mencatat sisi belakang ponsel Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL terdapat dual tone LED flash, lubang kamera belakang, modul laser autofokus, tombol volume rocker, logo Asus, logo Zenfone, dan speaker grill. Tampilan ponsel cukup keren jika dilihat dari sisi belakang menurut kami.

Sedangkan bagian kanan dan kiri ponsel Zenfone 2 Laser ZE550KL besutan Asus cukup tipis dan tidak terdapat port atau tombol apapun. Sisi bawah ponsel terdapat port microUSB dan microphone. Sedangkan sisi atas Zenfone 2 Laser ZE550KL terdapat tombol power, port audio 3,5mm, dan microphone yang kedua.
Harga Asus Zenfone 2 Laser ZE550KLSpesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Berbeda dengan kebanyakan ponsel kelas menengah masa kini yang mengusung desain unibody dan baterai tanam, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL masih menggunakan desain konvensional. Hal ini bisa menjadi salah satu kelebihan pada Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL review kali ini bagi beberapa orang, Pengguna dapat dengan mudah melepas casing belakang dan baterainya. Kelebihannya adalah pengguna dapat mengganti baterai tanpa harus ke service center ketika mengalami kerusakan atau drop.

Smartphone Zenfone 2 Laser ZE550KL besutan Asus telah mendukung dual SIM dan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Ketiga slot ini berada di atas baterai. SIM 1 dan microSD bertumpuk pada sisi kiri dan slot SIM 2 berada di sisi kanan.

Laptophia harus melepas baterai terlebih dahulu untuk mengakses dua slot (SIM 1 dan microSD), sedangkan SIM 2 dapat diakses tanpa melepas baterai. Casing dan baterai ponsel ini relatif mudah dilepas.

Secara umum, ulasan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL review pada sisi desain ini bisa dikatakan baik dan elegan. Build quality yang solid dan meterial berkualitas membuat smartphone andalan Asus ini nyaman digenggam. Desain ponsel Zenfone 2 Laser ZE550KL ini juga bisa menjadi sisi minus karena relatif mirip dengan keluarga Zenfone 2 lainnya.

Hal ini mungkin dapat menyebabkan kebosanan bagi pengguna yang sebelumnya sudah memakai keluarga Zenfone 2. Konstruksi konvensional yang memungkinkan pengguna melepas baterai dan casing belakang menjadi salah satu jilai tambah bagi Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL.

Software Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Software Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Sisi software atau perangkat lunak menjadi salah satu poin penting pada ulasan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL review oleh Laptophia Blog kali ini. Pabrikan asal Taiwan ini membekali sistem operasi Android 5.0 Lollipop dengan balutan antarmuka Zen UI khas Asus.

Hal yang menjadi daya tarik ponsel Zenfone 2 Laser ZE550KL adalah mendapatkan update ke Android 6.0 Marshmallow. Laptophia sendiri memutuskan untuk mengulas Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL review kali ini dengan OS Android Lollipop karena keterbatasan waktu. Sebagai informasi, pengguna ponsel Zenfone 2 Laser ZE550KL sudah dapat melakukan update ke Android 6.0 Marshmallow karena Asus telah menggulirkannya melalui OTA.

Seperti biasa, penampilan Asus Zen UI yang digunakan oleh Zenfone 2 Laser ZE550KL relatif mudah digunakan dan dimengerti. Kita akan disuguhi oileh tampilan Lockscreen, Homescreen, dan App Drawer. Semua aplikasi yang terinstal di ponsel ini akan tampil di App Drawer.

Menu kostumisasi yang disediakan oleh Zenfone 2 Laser ZE550KL ini sangat banyak menurut Laptophia. Kita dapat mengganti wallpaper, theme, font, icon pack, animasi, dan banyak lagi sesuai selera. Tentu saja hal ini membuat pengguna tidak cepat bosan dengan penampilan antarmuka ponsel.

Pabrikan asal Taiwan ini juga memberikan update secara reguler baik untuk firmware, Zen UI launcher, dan aplikasi bawaannya. Fitur yang dimiliki oleh Asus Zen UI ini juga terbilang lengkap dengan dukungan Do It Later, File Manager, Laser Ruler, Whats Next, Super Note, Easy Mode, Kids Mode, Asus Mobile Manager, dan sebagainya.
Baca juga:Infinix Hot 3 X553 Review: Big Screen Selfie
Salah satu sisi minus dari ulasan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL review kali ini adalah aplikasi bawaan yang sangat banyak, sehingga bisa dikatakan bloatware. Meski tak terlalu mengganggu performa, tak semua aplikasi tersebut bermanfaat bagi pengguna.

Kabar gembiranya, Asus menghapus sebagian besar aplikasi bawaan (Omlet, Data Transfer, Photo Frame, ASUS Backup, Dr. Safety, What’s Next, Party Link, Remote Link, PC Link, Yahoo Shopping, EZ Ding, TripAdvisor, Zinio, iReader, Dr.Eye, Google+, Puffin Browser, Mirror, ASUS Email, ASUS Calendar, dan ASUS Messaging) melalui update Android Marshmallow. Terlepas dari hal tersebut, aplikasi bawaan Asus Zen UI seperti Musik dan PixelMaster Camera laik mendapat acungan jempol.

Secara umum, pembahasan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL review pada sisi perangkat lunak relatif baik. Ponsel ini menyediakan fitur yang banyak, aplikasi bawaan yang lengkap, dan antarmuka yang mudah dimengerti.

Tak hanya itu, kostumisasi yang luas dan mendalam mampu membunuh kebosanan. Performa Asus ZenUI bisa dikatakan ringan dan responsif menurut Laptophia Blog. Konsumsi RAM-nya juga tidak terlalu banyak.

Benchmark Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

CPU-Z Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
CPU-Z Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Benchmark Vellamo Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Benchmark Vellamo Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Benchmark AnTuTu v6 Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Benchmark AnTuTu v6 Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Benchmark Quadrant Standard Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Benchmark Quadrant Standard Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Speedtest Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Speedtest Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Hasil Foto Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Hasil Foto Asus Zenfone 2 Laser ZE550KLHasil Foto Asus Zenfone 2 Laser ZE550KLHasil Foto Asus Zenfone 2 Laser ZE550KLHasil Foto Asus Zenfone 2 Laser ZE550KLP_20160618_200750
Foto Siang Hari
Hasil Foto Asus Zenfone 2 Laser ZE550KLHasil Foto Asus Zenfone 2 Laser ZE550KLP_20160620_163151
Foto Macro
Hasil Foto Asus Zenfone 2 Laser ZE550KLHasil Foto Asus Zenfone 2 Laser ZE550KLHasil Foto Asus Zenfone 2 Laser ZE550KLP_20160620_211428
Foto Malam Hari
Hasil Foto Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Foto Selfie (swafoto) dengan kamera depan

Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL Review

Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL Review
Pada bagian akhir pembahasan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL review kali ini, Laptophia menilai bahwa desain yang diusung ponsel ini cukup baik dan elegan. Sayangnya, konsepnya tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Zenfone 2.

Build quality smartphone ini relatif solid dan mantap di kelasnya, meski material yang digunakan masih polikarbonat atau plastik. Bentuk casing belakangnya yang melengkung ini membuatnya nyaman digenggam meski ukurannya cukup besar.

Asus membekali ponsel 4G LTE Zenfone 2 Laser ZE550KL ini dengan layar sentuh HD berukuran 5,5 inci. Meski resolusinya masih sebatas HD, kualitas layarnya bisa dikatakan baik di kelasnya. Warna yang dihasilkan oleh layar Zenfone 2 Laser ZE550KL cukup memuaskan dan dapat diatur melalui aplikasi Asus Splendid.

Kerapatan layar yang hanya 267 piksel per inci tidak membuat tampilannya kurang tajam, tetapi tetap padat, jernih, dan cukup tajam. Respon touchscreennya gegas, viewing angle yang luas, dan performanya di bawah sinar matahari relatif standar di kelas menengah.
Baca juga: Xiaomi Redmi 3 Review: Stylish & Big Battery
Sisi performa, mungkin Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini bukan unggulan di kelasnya dengan bermodalkan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang didalamnya mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,2GHz dan didukung memori RAM 2GB. Kemampuan grafis ponsel ini cukup baik dengan dukungan GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 306.

Mengusung spesifikasi di atas, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL mampu mencetak skor benchmark yang terbilang lumayan. Selama menggunakan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL, Laptophia Blog tidak mengalami masalah atau kendala dengan kinerjanya. Buka tutup aplikasi dan perpindahan menu berjalan lancar tanpa lag.

Memainkan game seperti Real Racing besutan EA Sport juga lancar tanpa lag. jelas, performa ponsel 4G andalan Asus ini sudah mencukupi untuk komunikasi dan sosial media sehari-hari, serta mungkin multitasking ringan.

Kamera menjadi unggulan pada Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL review kali ini dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor Toshiba 1/3.07 inci ditandemkan laser-autofokus dengan lensa aperture f/2.0, serta didukung dual-tone LED flash. Dukungan laser-autofokus secara signifikan mampu meningkatkan kecepatan fokusnya hingga 0.03 detik. Ponsel ini juga dipersenjatai dengan kamera depan 5 megapiksel fixed focus aperture f/2.0 dengan lensa wide-angle untuk foto selfie dan video call.

Laptophia Blog menjajal kamera Zenfone 2 Laser ZE550KL ini dan ternyata benar, kecepatan autofokusnya sangat cepat saat kondisi cahaya memadai berkat laser-autofokusnya. Saat malam hari, kecepatan fokusnya mengalami penurunan, ini cukup wajar.

Hasil jepretan kamera ponsel ini saat diang hari relatif memuaskan dengan kualitas foto yang tajam, warna yang mendekati akurat, dan detail yang cukup. Saat kondisi malam hari, foto yang dihasilkan memang mengalami penurunan detail tetapi masih relatif oke menurut Laptophia Blog. Hadirnya mode manual memungkinkan pengguna berkreasi seperti menggunakan kamera kelas profesional.

Sedangkan untuk foto macro, kamera Zenfone 2 Laser ZE550KL juga dapat diandalkan dengan fokus yang cepat, detail yang baik, dan efek bokeh yang artistik. Sedangkan performa kamera depannya bisa dikatakan rata-rata atau tak jauh berbeda dengan para pesaingnya.

Beralih ke sektor audio, speaker bawaan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini ternyata mampu menghasilkan suara musik yang cukup kencang dengan kualitas yang baik. Sama seperti speaker lainnya, karakter suaranya dominan treble.

Laptophia Blog menggunakan headset Sennheiser HD 202 II dan memutar lagu-lagu Epica dari album Quantum Enigma. Kualitas suaranya solid, tetapi bass agak dominan. Kita masih dapat mengatur Bass dan Treble melalui aplikasi musik bawaan Zenfone ini.
Baca juga:Review Xiaomi Mi 4c, Penyempurna Mi 4i
Ponsel Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh. Laptophia menggunakannya untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari, satu akun Google, aplikasi sosial media, kegiatan review, dan banyak memotret, hasilnya? Baterai Zenfone 2 Laser ZE550KL bertahan dari pagi hari hingga malam hari. Tentunya, daya tahan baterai bisa berbeda-beda tergantung tipikal dan intensitas penggunaannya.

Secara umum, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL review kali ini menunjukkan performa yang memadai dan nyaman digunakan sehari-hari. Kamera adalah sektor yang paling diunggulkan dengan kualitas foto yang oke dan ditandemkan fitur laser-autofokus yang menghasilkan kecepatan fokus di atas rata-rata.

Layar ponsel ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 4 menjadi daya tarik tersendiri. Jelas, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL laik dipertimbangkan di kelasnya menurut Laptophia Blog.

Keunggulan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Kelemahan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

  • Masih mengandalkan prosesor quad-core, pesaingnya rata-rata sudah octa-core
  • Ukuran atau dimensi cukup besar

Harga Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Harga ponsel 4G LTE Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun dari toko online Lazada Indonesia adalah Rp 2.099.000 atau tepatnya Rp 2,1 juta. Tentunya harga ini tidak bersifat mengikat dan  dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi pasar dan kebijakan masing-masing penjual.

Berdasarkan ulasan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL yang telah Laptophia Blog lakukan, smartphone besutan vendor asal Taiwan ini menunjukkan performa yang baik di kelasnya. Zenfone 2 Laser ZE550KL ini mampu menghasilkan performa yang nyaman dan responsif meski hanya mengandalkan Snapdragon 410.

Kamera merupakan sektor yang paling menonjol pada Zenfone 2 Laser ZE550KL dengan hasil jepretan yang memuaskan dan fitur yang sangat lengkap. Daya tahan baterai ini relatif memadai untuk penggunaan sehari penuh dengan intensitas sedang. Kesimpulan dari ulasan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL review kali ini menurut Laptophia Blog adalah laik beli di kelasnya, terutama bagi mereka yang menginginkan kamera yang mantap dengan fitur melimpah.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

  • Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop dengan antarmuka ZenUI, upgradeable to Android 6.0 Marshmallow
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 410 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz
  • Grafis Adreno 306
  • Kamera 13 megapiksel laser-autofokus, lensa 28mm aperture f/2.0, dual-tone LED flash, PixelMaster. Kamera depan 5 megapiksel aperture f/2.0 dengan lensa wide
  • Layar 5,5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD dilindungi Corning Gorilla Glass 4
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 152.5 x 77.2 x 10.8 mm dengan berat 170 gram
  • Baterai 3000mAh lithium polymer
  • Warna Black, Ceramic White, Silver, Purple, Aqua Blue, Sheer Gold, dan Glamour Red
Anda mungkin suka:
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks