IBX582004D475488 Xiaomi Redmi 3 Review: Stylish & Big Battery

Xiaomi Redmi 3 Review: Stylish & Big Battery




Xiaomi Redmi 3 Review – Beberapa waktu lalu Laptophia Blog kedatangan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) Xiaomi Redmi 3. Seperti yang pembaca ketahui, Redmi 3 yang tak lain adalah penerus Redmi 2 ini menawarkan spesifikasi yang cukup kompetitif di kelasnya dan didukung oleh desain yang stylish. Tak hanya itu, Xiaomi juga membekali Redmi 3 dengan Big Battery atau baterai berkapasitas besar di kelasnya.

Hal yang sangat laptophia sayangkan adalah sampai artikel ini ditulis, Xiaomi belum secara resmi merilis Redmi 3 di Indonesia. Ini berarti semua unit Redmi 3 yang beredar di tanah air adalah garansi distributor. Lalu seperti apa performa Xiaomi Redmi 3 ini? Simak Xiaomi Redmi 3 review kali ini oleh Laptophia Blog.


Xiaomi Redmi 3 Review

Paket Pembelian Xiaomi Redmi 3

  • Unit Xiaomi Redmi 3 Gold
  • Kepala charger
  • Kaber USB
  • SIM card ejector
  • Buku petunjuk
  • Kartu garansi

Desain Xiaomi Redmi 3

Paket Pembelian Xiaomi Redmi 3Desain Xiaomi Redmi 3
Pada Xiaomi Redmi 3 Review kali ini, Laptophia Blog mendapatkan unit berwarna Gold. Jika dilihat dari depan, smartphone ini memang tidak terlalu istimewa. Akan tetapi jika melihat sisi belakangnya, Xiaomi Redmi 3 begitu memesona dengan tekstur unik yang terdiri dari 4000 lebih bintang berukuran kecil dan membentuk belah ketupat.

Tak hanya penampilannya saja yang menarik, kesan pertama Laptophia saat menggenggamnya adalah mewah. Smartphone ini terasa begitu solid, mewah, kokoh, dan menarik. Jelas, penampilan dan kesan saat menggenggam Redmi 3 ini terasa begitu premium dan mahal.

Penggunaan material aluminium atau metal pada Redmi 3 ini memiliki andil besar pada penilaian build quality dan desain secara keseluruhan. Sayangnya, desain unibodu ini membuat baterainya tidak dapat dilepas dan terkadang agak licin ketika tangan basah dan berkeringat.
Baca juga:Review Xiaomi Mi 4c, Penyempurna Mi 4i
Sisi depan ponsel Xiaomi Redmi 3 ini terdapat lubang  sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 5 inci HD, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back. Sayangnya, ketiga tombol kapasitif tersebut tidak dilengkapi backlight, sehingga menyulitkan saat digunakan di tempat gelap.

Sedangkan sisi belakang ponsel Xiaomi Redmi 3 ini terdapat lubang LED flash, kamera utama , logo Xiaomi, dan speaker grill. Merek Tiongkok pembesut produk Mi5 ini menempatkan port micro USB dan microphone di sisi bawah.
Desain Xiaomi Redmi 3Desain Xiaomi Redmi 3
Sedangkan tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel 4G yang juga dijuluki sebagai Hongmi 3 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat slot SIM card atau microSD. Sisi atas terdapat lubang microphone dan port audio 3,5mm.

Seperti yang sudah Laptophia Blog singgung sebelumnya, ponsel  Redmi 3 ini mengusung desain unibody yang mana pengguna tak dapat melepas casing belakang atau baterai tanpa tambahan alat khusus. Pengguna dapat memasang SIM card atau microSD melalui slot yang berada di sisi kiri ponsel.

Slot tersebut dapat diakses dengan bantuan SIM ejector. Slot pada Redmi 3 ini adalah hybrid slot, ini berarti pengguna harus memilih antara menggunakan dual SIM aktif atau single SIM plus microSD. Ini sebenarnya bisa menjadi nilai minus mengingat para pesaingnya banyak yang menawarkan dedicated slot.

Secara umum, Xiaomi Redmi 3 review pada sisi desain ini adalah salah satu keunggulannya. Tampilan yang elegan dan stylish yang didukung balutan casing metal memegang peran utama pada ponsel ini.

Tak hanya desainnya saja yang menarik, smartphone ini juga menawarkan build quality yang mantap dan solid di kelasnya. Baterai non-removable mungkin menjadi satu-satunya kekurangan Xiaomi Redmi 3 review di sisi desain.

Software Xiaomi Redmi 3

Software Xiaomi Redmi 3
Xiaomi Redmi 3 review di sisi perangkat lunak atau software tak kalah penting dari spesifikasi perangkat keras. Performa yang tinggi bisa didapat hanya dengan spesifikasi yang tinggi, tetapi juga optimasi perangkat lunaknya.

Xiaomi Redmi 3 review kali ini sudah menggunakan MIUI 7 yang menggunakan basis dari Android 5.1.1 Lollipop. Seperti yang pembaca Laptophia ketahui, MIUI adalah ROM yang dikembangkan Xiaomi yang menawarkan tampilan menawan, kaya fitur, dan memiliki performa tinggi. User interface Xiaomi Redmi 3 ini tidak dilengkapi dengan app drawer, sehingga hanya ada Homescreen dan Lockscreen saja.

Berdasarkan pengamatan Laptophia, semua aplikasi yang terinstal langsung tampil ikonnya di homescreen. MIUI menyajikan banyak menu kostumisasi yang memungkinkan pengguna untuk mengganti wallpaper pada lockscreen dan homescreen, mengganti font, mengganti ukuran font, themes, animasi, dan banyak lagi. Bahkan disediakan fasilitas untuk mengunduh ratusan bahkan ribuan themes dan wallpaper melalui menu kostumisasi.
Baca juga:Unboxing Asus E202SA: Kompak & Elegan
Berbicara mengenai fitur, MIUI yang diusung oleh Xiaomi Redmi 3 ini relatif lengkap dikelasnya. Beberapa fitur yang dapat diandalkan antara lain adalah Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, dan banyak lagi.

Sayangnya, sampai saat ini ROM MIUI global untuk Redmi 3 belum tersedia, sehingga ROM official China adalah pilihan terbaik. Kelemahan ROM MIUI China adalah tidak dilengkapi bahasa Indonesia dan Play Store, sehingga pengguna harus mengusahakannya sendiri.

Secara umum, Xiaomi Redmi 3 review pada sisi perangkat lunak relatif solid, smooth, kaya kostumisasi dan kaya fitur. Hanya saja konsumsi RAM-nya emmang agak boros. Saat baru saja dihidupkan dan belum menjalankan aplikasi apapun, konsumsi RAM sudah separuh dari yang tersedia.

Benchmark Xiaomi Redmi 3

CPU-Z Xiaomi Redmi 3
CPU-Z Xiaomi Redmi 3
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi 3
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi 3
Benchmark Geekbench 3 Xiaomi Redmi 3
Benchmark Geekbench 3 Xiaomi Redmi 3
Benchmark AnTuTu v6 Xiaomi Redmi 3
Benchmark AnTuTu v6 Xiaomi Redmi 3
Benchmark Quadrant Standard Xiaomi Redmi 3
Benchmark Quadrant Standard Xiaomi Redmi 3
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Redmi 3
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Redmi 3

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3
Foto Siang Hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3
Foto Macro atau Close Up
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3
Foto Siang Hari Indoor
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3
Foto kamera depan

Xiaomi Redmi 3 Review

Xiaomi Redmi 3 Review
Pada sektor desain, Xiaomi Redmi 3 review kali ini menunjukkan hasil yang relatif baik di kelasnya. Build quality ponsel 4G LTE penerus Redmi 2 ini sangat solid dan terkesan mewah. Bahkan Laptophia menilai Redmi 3 ini terlihat lebih mahal dari harga yang sebenarnya.

Ukurannya relatif kompak dan nyaman digenggam. Casing metal yang diusungnya memang agak licin ketika tangan basah atau berkeringat.

Xiaomi membekali Redmi 3 ini dengan layar 5 inci HD 720p dan tak disebutkan adanya lapisan antigores seperti AGC Dragontrail atau Gorilla Glass. Laptophia merekomensasikan untuk memasang tempered glass pada Redmi 3 ini. Kualitas layar Xiaomi Redmi 3 bisa dikatakan di atas rata-rata ponsel di kelasnya.

Layarnya mampu menghasilkan warna yang membuai mata dengan brightness dan kontras yang nyaman. Viewing angle layar Redmi 3 ini luas dan performanya ketika digunakan di bawah sinar matahari relatif mantap. Respon touchsrceen Redmi 3 terbilang gegas dan akurat.
Baca juga:Harga Alcatel Flash 2 Turun, Kini Hanya 1,5 Juta!
Xiaomi Redmi 3 review pada sektor kinerja juga bersaing di kelasnya dengan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 616 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,5GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, Xiaomi mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 405.

Mengusung spesifikasi dapur pacu seperti di atas, Xiaomi Redmi 3 mampu menunjukkan performa yang pantas menurut hasil benchmark. Smartphone ini mampu mencetak skor AnTuTu v6 mencapai 29.274 poin. Sedikit di bawah rata-rata ponsel dengan chipset Snapdragon 61x series.

Namun, Laptophia berpendapat bahwa skor AnTuTu bukanlah parameter utama penentu performa ponsel. Saat penggunaan sehari-hari, kinerja Redmi 3 ini terbilang sangat memadai untuk komunikasi sehari-hari, multitasking, maupun bermain game 3 dimensi. Selama menggunakan ponsel 4G LTE Redmi 3 ini, Laptophia tidak menemui lag berarti karena semua berjalan dengan smooth.

Sektor kamera. Xiaomi Redmi 3 ini cukup mumpuni dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel berteknologi phase-detection autofokus (PDAF) yang menggunakan sensor Samsung S5K3M2 yang dipadukan dengan 5 elemen lensa dengan aperture f/2.2 dan didukung LED flash. Fitur PDAF pada Redmi 3 ini mampu meningkatkan kecepatan fokus hingga 0,1 detik saja. Kamera depan smartphone ini juga cukup mumpuni dengan resolusi 5 megapiksel yang cocok untuk foto selfie atau video chat.

Laptophia Blog menjajalnya untuk memotret beberapa foto pada siang hari. Hasil jepretan kamera Redmi 3 ini relatif mantap untuk kelas di bawah 2 juta. Foto yang dihasilkan tajam, jernih, dan detail yang dihasilkan cukup baik.

Sayangnya, dynamic range agak kurang menurut Laptophia Blog. Kecepatan fokus kamera Redmi 3 ini begitu cepat saat kondisi cahaya memadai. Saat digunakan untuk memotret macro, hasilnya pun memuaskan. Sayangnya, Laptophia belum sempat menjajalnya untuk memotret pada malam hari.

Kualitas audio Xiaomi Redmi 3 review kali ini cukup menarik. keluaran suara speaker yang diusungnya memang tak sekencang Redmi 2, tetapi sudah cukup memuaskan menurut Laptopha. Kami juga sempat memasangkannya dengan earphone Xiaomi In-Ear Pro, hasilnya? Kualitas audionya solid, bass yang kuat dan treble yang cukup detail.

Berbekal baterai berkapasitas 4100mAh, Xiaomi Redmi 3 dapat bertahan untuk penggunaan intensitas sedang hingga 2 hari penuh. Sayangnya, keterbatasan waktu yang dimiliki oleh Laptophia membuat review di sektor baterai gagal dilaksanakan.

Secara umum, Xiaomi Redmi 3 review ini mendapatkan penilaian yang sangat baik menurut Laptophia Blog. Desain dan build quality yang mantap dan material metal yang kokoh menjadi daya tariknya.

Kinerjanya sudah memadai untuk komunikasi, multitasking, maupun gaming. Kemampuan kamera yang diusungnya pun tidak mengecewakan. Laptophia menilai Redmi 3 ini merupakan salah satu smartphone terbaik di segmen Rp 1,5 – 2 juta.

Keunggulan Xiaomi Redmi 3

  • Build quality mantap di kelasnya
  • Kapasitas baterai besar
  • Kinerja & kamera bisa diandalkan

Kelemahan Xiaomi Redmi 3

  • Garansi non resmi/distributor
  • Menggunakan hybrid slot
  • Baterai tidak dapat dilepas (non-removable)

Harga Xiaomi Redmi 3

Harga Ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi 3 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog terima adalah Rp 1.849.000. Tentunya harga ini dapat berubah-ubah sesuai dengan ketetapan masing-masing penjual.

Berdasarkan hasil Xiaomi Redmi 3 review yang Laptophia Blog lakukan, smartphone ini menawarkan build quality yang mantap berkat balutan casing metal. Performa yang dihasilkan relatif lebih dari cukup untuk menangani kebutuhan komunikasi sehari-hari.

Kamera yang diusung oleh Xiaomi Redmi 3 juga bisa diandalkan di segala kondisi cahaya. Secara umum, ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi 3 sangat laik dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3 terbaru di sini (klik) 

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka MIUI 7
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 616 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,5GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz
  • Grafis Adreno 405
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Samsung S5K3M2, aperture f/2.2,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 128GB  (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM, fast charging
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 139.3 x 69.4 x 8.5 mm berat 144 gram
  • Baterai 4100mAh lithium ion 
  • Warna Silver, Gold, dan Grey
Anda mungkin suka:
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks