eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Unboxing Asus E202SA: Kompak & Elegan

Unboxing Asus E202SA – Beberapa waktu lalu Laptophia Blog telah kedatangan notebook Asus E202SA yang berasal dari seri EeeBook. Notebook ini membidik pasar kelas entry-level dengan dukungan prosesor Intel generasi Braswell. Meski membidik pasar kelas bawah, Asus tampaknya tak main-main dengan menghadirkan desain yang begitu elegan dan hidup pada Asus E202SA.

Pabrikan asal Taiwan ini mengatakan bahwa keunggulan laptop ini adalah menawarkan dimensi yang kompak dan daya tahan baterai yang cukup panjang. Selain itu, Asus E202SA ini hadir dengan beberapa varian warna yang menarik, cocok digunakan oleh kawula muda. Berikut ini ulasan hands on dan unboxing Asus E202SA oleh Laptophia Blog!


Unboxing Asus E202SA

Paket Penjualan Asus E202SA

Paket Penjualan Asus E202SA
  • Unit laptop Acer Asus E202SA
  • Charger
  • CD driver
  • Buku manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Laptop Asus X453SA Pink Sudah Tersedia di Indonesia

Hands On & Unboxing Asus E202SA

Spesifikasi Asus E202SA
Saat unboxing Asus E202SA, Laptophia Blog agak terkejut karena varian warna Thunder Blue sangat menarik, punchy, dan colorful. Warna-warna yang nge-jreng seperti yang digunakan oleh notebook Asus ini memang jarang karena kebanyakan vendor memilih warna yang lebih kalem.

Casing notebook Asus E202SA ini terbuat dari bahan polikarbonat dengan finishing doff yang kesat. Hal ini meningkatkan grip yang membuat kita lebih nyaman saat menenteng atau membawa Asus E202SA tanpa khawatir slip karena licin.

Dimesi atau ukuran laptop ini relatif kompak di kelasnya, tidak terlalu tebal, dan bobot yang sangat ringan. Laptophia Blog bahkan tidak kesulitan memegang notebook ini dengan satu tangan saja.

Sisi kanan laptop Asus E202SA terdapat port USB 3.0, port USB 2.0, dan port audio 3,5mm. Sedangkan sisi kiri laptop ini terdapat port power untuk charger, HDMI, port USB Type-C, dan card reader.

Asus menempatkan dua buah speaker pada bagian bawah laptop yang menghadap ke depan. Pada bagian atas atau cover terdapat logo Asus berukuran tak terlalu besar dengan balutan warna krom yang menawan.

Seperti yang sudah Laptophia ulas sebelumnya, Asus membekali E202SA dengan layar berukuran 11.6 inci yang menggunakan teknologi TFT LCD LED (Light Emiting Diode) backlight dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Ukuran layarnya yang kecil ini membuat dimensinya juga kompak dan hal ini sangat mendukung mobilitas pengguna.

Kinerja Asus E202SA ini relatif standar dan bersaing di kelasnya menurut Laptophia Blog dengan dukungan prosesor Intel Celeron N3050 dual-core generasi Braswell yang berlari dengan kecepatan 1,6GHz dan TurboBoost mencapai 2,16GHz.

Tak hanya itu, Asus E202SA ini juga didukung oleh memori RAM berkapasitas 2GB jenis DDR3L dengan kecepatan 1600MHz. Sayangnya, RAM tersebut on board atau ditanam di motherboard, sehingga pengguna tak dapat melakukan upgrade.

Laptop Asus E202SA ini diperkuat grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Intel HD Graphics Gen8 yang mengusung arsitektur grafis generasi kedelapan yang terdiri dari 12 execution unit (EUs) dengan kecepatan hingga 640MHz. Meski demikian, kinerja secara keseluruhan masih kalah dengan grafis diskrit kelas entry-level.
Baca juga:Harga & Spesifikasi Asus Zenbook UX305UA-FC003T dengan Intel Core i5-6200U
Asus membekali notebook mini EeeBook E202 ini dengan kapasitas penyimpanan berupa hard disk berkapasitas 500GB untuk menampung data pengguna. Kelebihan lain dari EeeBook E202 menurut Laptophia adalah daya tahan baterainya yang mencapai 8 jam untuk penggunaan komputasi sehari-hari.

Impresi Pertama Asus E202SA

Impresi Pertama Asus E202SA
Impresi awal notebook Asus E202SA  di sisi desain ini cukup menarik menurut Laptophia Blog. Asus mengusung desain modern dengan balutan casing polikarbonat yang colorful. Hal ini dikombinasikan dengan build quality yang mantap.

Bobot laptop Asus E202SA ini terbilang ringan dan mengusung dimensi kompak, sehingga nyaman dibawah kemana saja. Keyboard berdesain chicklet dengan touchpad yang cukup luas untuk mendukung kenyamanan pengguna saat mengetik. Laptophia telah menjajal keyboard dan touchpad Asus E202SA ini.

Impresi awal, cukup nyaman digunakan. Layar yang diusung oleh Asus E202SA ini relatif jernih, warna yang baik, dan kecerahan cukup nyaman di mata. Laptophia sempat menjajal performa Asus E202SA dengan menginstal sistem operasi Windows 10 Home x64, hasilnya? Instalasi berjalan cepat dan lancar.

Laptophia melanjutkannya dengan menginstal pelbagai aplikasi yang diperlukan. Semua berjalan lancar dan smooth tanpa kendala. Tentunya perlu review lebih mendalam untuk mengetahui performa sebenarnya notebook Asus E202SA ini.

Harga Asus E202SA

Harga laptop Asus E202SA terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah Rp 3.499.000 atau tepatnya Rp 3,5 juta. Tentunya harga dapat berubah tergantung kebijakan masing-masing seller atau penjual.

Harga ini sebenarnya relatif standar untuk notebook dengan spesifikasi seperti Asus E202SA. Berdasarkan hasil unboxing Asus E202SA yang telah Laptophia Blog lakukan, notebook mini ini menawarkan build quality yang mantap. Ukuran yang ditawarkan notebook Asus E202SA ini sangat kompak, bahkan untuk kelas laptop dengan layar 11 inci sekalipun.

Kinerja yang memadai dan desain yang menawan membuat Asus E202SA laik dipertimbangkan di kelasnya menurut Laptophia Blog. Anehnya, tak banyak toko online maupun offline yang menyediakan stok Asus E202SA ini.

Spesifikasi Asus E202SA

  • Layar TFT LCD LED backlight 11,6 inci resolusi 1366 x 768 piksel
  • Prosesor Intel Celeron N3050 dual-core 1,6GHz TurboBoost 2,16GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel HD Graphics
  • Memori RAM 2GB DDR3L 1600MHz (On Board) 
  • Storage hard disk 500GB
  • Konektifitas WiFi, Bluetooth, 1 x Port USB 2.0, 1 x Port USB 3.0, 1x port USB Type-C, Port HDMI, Card Reader, Sonic Master
  • Kamera webcam VGA
  • Baterai 3 cell 48 Whrs dengan daya tahan 8 jam
  • Sistem operasi DOS
  • Dimensi 193 x 297mm berat 1,21 kg 
  • Warna Silk White, Dark Blue, Thunder Blue, dan Rouge
Anda mungkin suka:Review Asus ZenPower Pro 10050mAh: Solid