IBX582004D475488 Xiaomi Redmi Note 3 Review (Snapdragon 650)

Xiaomi Redmi Note 3 Review (Snapdragon 650)




Xiaomi Redmi Note 3 Review – Xiaomi Indonesia akhirnya secara resmi meluncurkan Redmi Note 3 di tanah air. Pada kesempatan kali ini Laptophia Blog membahas Xiaomi Redmi Note 3 review yang mengandalkan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 650 yang terbilang sangat powerful di kelas menengah. Kehadiran ponsel 4G LTE (Long Term Evolution) Xiaomi Redmi Note 3 secara resmi di Indonesia memang terbilang sedikit terlambat.

Sebelumnyan sudah banyak beredar Redmi Note 3 di toko online maupun offline yang ditenagai oleh chipset MediaTek Helio X10 MT6795 maupun Snapdragon 650. Lalu seperti apa performa dan kemampuan sebenarnya dari smartphone Xiaomi Redmi Note 3 ini? Simak Xiaomi Redmi Note 3 review oleh Laptophia Blog kali ini.


Xiaomi Redmi Note 3 Review

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 3

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 3
  • Unit Xiaomi Redmi Note 3 Pro Silver
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM ejector
  • Kartu garansi
  • Buku manual
Baca juga:Harga Flash Plus 2 Mulai 2 Juta, Registrasi Flash Sale di Sini!

Desain Xiaomi Redmi Note 3

Xiaomi Redmi Note 3Desain Xiaomi Redmi Note 3
Ulasan Xiaomi Redmi Note 3 review pada sektor desain ini sebenarnya relatif biasa saja. Penampilan smartphone terbaru Xiaomi ini tak jauh berbeda dengan smartphone Android lainnya dengan mengusung dimensi yang agak besar dengan sudut tumpul untuk kenyamanan saat menggenggam.

Redmi Note 3 ini dilengkapi dengan list berwarna krom tipis disekelilingnya untuk mempermanis penampilannya. Terlepas dari desain Xiaomi Redmi Note 3 review yang terbilang standar, ponsel ini justru malah menawarkan build quality yang sangat mantap di kelasnya.

Sama seperti Redmi 3 yang sudah Laptophia review sebelumnya, Redmi Note 3 ini dibalut dengan casing metal yang kokoh dan terkesan mewah. Casing belakangnya bagian atas dan bawah terbuat dari plastik yang berfungsi sebagai antenna. Sayangnya, material metal yang diusung Redmi Note 3 ini membuatnya agak licin ketika menggenggamnya dengan tangan yang basah atau berkeringat.
Baca juga:Pre-order Xiaomi Redmi Note 3 Resmi Dibuka di Indonesia, Ini Harga & Spesifikasinya
Pada Xiaomi Redmi Note 3 review kali ini, sisi depan ponsel 4G LTE ini terdapat earpiece, sensor proximity, sensor cahaya (ambient light sensor), lubang kamera depan, LED notifikasi, layar sentuh berukuran 5,5 inci, dan tiga tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back. Xiaomi membekali ketiga tombol kapasitif tersebut dengan backlight atau lampu latar, sehingga dapat digunakan di tempat gelap.

Sedangkan sisi belakang Xiaomi Redmi Note 3 ini terdapat lubang kamera yang ditemani dengan dual-tone LED flash, sensor sidik jari atau fingerprint sensor, logo Xiaomi, dan speaker grill pada bagian bawah. Xiaomi menempatkan IR blaster atau infrared port pada sisi atas bersama dengan port audio 3,5mm dan microphone.

Sedangkan pada sisi kanan ponsel terdapat tombol power dan tombol volume rocker, serta sisi kiri terdapat slot SIM yang dapat diakses dengan bantuan SIM card ejector. Ponsel Redmi Note 3 ini dilengkapi dengan port microUSB dan microphone pada sisi bawah.
Harga Xiaomi Redmi Note 3Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3
Seperti yang sudah Laptophia Blog ulas pada paragraf sebelumnya, ponsel  Redmi Note 3 ini mengusung desain unibody yang mana pengguna tak dapat melepas casing belakang atau baterai tanpa tambahan alat khusus.

Pengguna dapat memasang SIM card atau microSD melalui slot yang berada di sisi kiri ponsel. Baterai yang tidak dapat dilepas sebenarnya bukan suatu kelemahan pada Xiaomi Redmi Note 3 review kali ini menurut Laptophia.

Slot tersebut dapat diakses dengan bantuan SIM ejector. Slot pada Redmi Note 3 ini bersifat hybrid slot sama seperti Redmi 3, ini berarti pengguna harus memilih antara menggunakan dual SIM aktif atau single SIM plus microSD. Ini sebenarnya bisa menjadi nilai minus mengingat para pesaingnya banyak yang menawarkan dedicated slot meski menggunakan desain unibody, seperti Infinix Zero 3 misalnya.

Secara umum, Xiaomi Redmi Note 3 review pada sisi desain relatif standar dan tidak banyak berbeda dengan ponsel lain yang beredar di pasar. Keunggulan Redmi Note 3 ini menurut Laptophia malah pada build qualitynya yang mantap dan solid.

Penggunaan casing berbahan metal atau aluminium tak hanya membuatnya terasa kokoh, tetapi juga terasa lebih mewah. Baterai yang non-remobvablke mungkin menjadi sisi minus Redmi Note 3 bagi beberapa pengguna. Namun, sejauh ini Laptophia belum pernah mengalami masalah dengan smartphone berbaterai tanam atau non-removable.

Software Xiaomi Redmi Note 3

Software Xiaomi Redmi Note 3
Sama seperti Redmi 3 yang lebih dulu Laptophia ulas, Xiaomi Redmi Note 3 review kali ini juga menggunakan spesifikasi software atau sistem operasi yang sama. Pabrikan asal Tiongkok ini membekali Redmi Note 3 ini dengan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop dengan balutan antarmuka MIUI v7.

Seperti yang kita ketahui, MIUI dibangun dengan basis Android dengan perubahan yang sangat signifikan dan mendalam. Keunggulan utama MIUI adalah dukungan update secara reguler, bahkan untuk smartphone Xiaomi versi lawas sekalipun.

Tampilan antarmuka MIUI pada Xiaomi Redmi Note 3 review kali ini cukup menarik dengan ikon yang khas. Kita akan disambut dengan hadirnya Lockscreen dan Homescreen tanpa kehadiran Menu Drawer. Pengguna dapat mengakses aplikasi yang terinstall langsung melalui homescreen.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh MIUI pada Redmi Note 3 ini adalah menawarkan kostumisasi yang kompleks yang memungkinkan kita mengganti wallpaper (Lockscreen & Homescreen), theme, icon pack, animasi menu, dan banyak lagi sehingga pengguna tidak cepat bosan.
Baca juga:Asus Zenfone 3 Deluxe ZS570KL Dirilis, Andalkan Snapdragon 820 & RAM 6GB
Selain kostumisasi yang lengkap, MIUI pada Xiaomi Redmi Note 3 review ini juga menawarkan performa yang nyaman dan fitur yang terbilang lengkap. Sehingga pengguna tak perlu lagi menginstal aplikasi utilitas tambahan seperti CleanMaster dan sebagainya.

Beberapa fitur yang dapat diandalkan antara lain adalah Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, dan banyak lagi.

Secara umum, Xiaomi Redmi Note 3 review pada sisi software ini cukup solid, kaya kostumisasi, dan kaya fitur. Performanya juga relatif smooth dan nyaman digunakan. Sayangnya, konsumsi memori RAM MIUI memang terbilang tinggi.

Namun, sejauh ini Laptophia Blog tidak pernah mengalami kendala pada performa selama menggunakan Xiaomi Redmi Note 3 ini. Semoga saat rilis MIUI 8 masalah konsumsi RAM dapat diefeisienkan lagi.

Benchmark Xiaomi Redmi Note 3

Benchmark Xiaomi Redmi Note 3 CPU-Z
CPU-Z Xiaomi Redmi Note 3
Benchmark Xiaomi Redmi Note 3 AnTuTu v6
Benchmark Xiaomi Redmi Note 3
Benchmark Xiaomi Redmi Note 3 Geekbench 3
Benchmark Geekbench 3 Xiaomi Redmi Note 3
Benchmark Xiaomi Redmi Note 3 Vellamo
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 3
Benchmark Xiaomi Redmi Note 3 Quadrant Standard
Benchmark Quadrant Standard Xiaomi Redmi Note 3
Benchmark Xiaomi Redmi Note 3 Sensorbox
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Redmi Note 3

Hasil Foto Xiaomi Redmi Note 3

Hasil Foto Xiaomi Redmi Note 3Hasil Foto Xiaomi Redmi Note 3Hasil Foto Xiaomi Redmi Note 3Hasil Foto Xiaomi Redmi Note 3
Siang Hari
Hasil Foto Xiaomi Redmi Note 3 MacroHasil Foto Xiaomi Redmi Note 3 MacroHasil Foto Xiaomi Redmi Note 3 Macro
Foto Macro
Hasil Foto Xiaomi Redmi Note 3 Malam HariHasil Foto Xiaomi Redmi Note 3 Malam HariHasil Foto Xiaomi Redmi Note 3 Malam Hari
Foto Malam Hari
Hasil Foto Xiaomi Redmi Note 3 Kamera Depan
Foto Kamera Depan

Xiaomi Redmi Note 3 Review

Xiaomi Redmi Note 3 Review
Pada bagian akhir Xiaomi Redmi Note 3 review kali ini, Laptophia Blog menyimpulkan bahwa smartphone ini menawarkan desain yang biasa saja tetapi build quality-nya mantap di kelasnya.

Casing belakangnya tidak dilengkapi tekstur apapun, sehingga terasa agak licin saat digenggam. Meski mengusung layar berukuran 5,5 inci, ukuran ponsel Redmi Note 3 ini masih cukup nyaman digenggam.

Xiaomi membekali Redmi Note 3 ini dengan layar 5,5 inci dengan resolusi full HD 1080p dan tak disebutkan adanya proteksi atau lapisan antigores seperti AGC Dragontrail atau Gorilla Glass. Laptophia merekomensasikan untuk memasang tempered glass pada Redmi Note 3 ini agar tidak mudah tergores. Kualitas layar Xiaomi Redmi Note 3 bisa dikatakan di atas rata-rata ponsel di kelasnya.

Warna yang dihasilkan layar Xiaomi Redmi Note 3 review kali ini cukup memuaskan mata, tajam, dan tingkat brightness yang nyaman di mata. Tak hanya itu, sama seperti layar IPS lainnya, layar Redmi Note 3 ini memiliki sudut pandang atau viewing angle yang luas.

Respon touchsreennya ssangat memuaskan dan mampu mengakomodasi 10 sentuhan sekaligus. Ketika Laptophia menggunakan Redmi Note 3 di bawah sinar matahari, performanya cukup baik meski tak sebaik Xiaomi Mi 4c yang pernah Laptophia ulas sebelumnya.
Baca juga:Harga & Spesifikasi Asus ROG GL552VW-CN656D dengan SSD 128GB
Sisi kinerja menjadi keunggulan pada Xiaomi Redmi Note 3 review kali ini karena mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 650 MSM8956 dengan prosesor hexa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dan dual-core ARM Cortex-A72 1,8GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB atau 3GB. Sedangkan sektor grafis, Xiaomi mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 510.

Konfigurasi dapur pacu seperti yang di atas, Xiaomi Redmi Note 3 mampu menghasilkan skor benchmark yang sangat tinggi bahkan jauh di atas rata-rata smartphone dengan harga di bawah 3 juta. Tak hanya itu, kinerjanya untuk penggunaan sehari-hari juga sangat smooth, multitasking lancar, dan gaming pun tidak ada masalah.

Selama menggunakan Redmi Note 3, Laptophia Blog hampir tidak pernah mengalami lag atau penurunan performa meski sudah banyak aplikasi terinstal di dalamnya. Laptophia menilai Xiaomi Redmi Note 3 adalah ponsel dengan performa tertinggi di kelas under Rp 3 juta.

Xiaomi Redmi Note 3 review di sektor kamera mengandalkan kamera belakang berkekuatan 16 megapiksel yang menggunakan sensor Samsung S5K3P3 ditandemkan dengan lima elemen lensa dengan aperture f/2.0 dan dual-tone LED flash. Xiaomi juga mempersenjatainya dengan phase-detection autofokus yang menawarkan kecepatan fokus hanya 0,1 detik saja.

Redmi Note 3 juga dipersenjatai dengan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel aperture f/2.0 fixed focus dengan sensor OmniVision OV5670 untuk foto selfie dan video call, cukup menarik menurut Laptophia.

Setelah menggunakan kamera Xiaomi Redmi Note 3 selama kurang lebih 2 minggu, Laptophia menilai kemampuan kamera ponsel 4G LTE terbaru ini terbilang bersaing di kelasnya. Resolusi 16 megapiksel memang bukan jaminan lebih baik dari 16 megapiksel, tetapi hal ini menarik dari sisi marketing.

Saat digunakan pada siang hari, kamera Redmi Note 3 menghasilkan foto yang cukup memuaskan dengan warna yang akurat, tajam, dan detail yang cukup baik. Dynamic range-nya memang agak kurang dan beberapa foto terlihat agak noisy dan oversharpening. Kecepatan fokus kamera Redmi Note 3 ini patut diacungi jempol dan sangat memuaskan untuk foto macro.

Performanya saat digunakan pada malam hari relatif setara dengan para pesaingnya, yakni mengalami penurunan detail signifikan dan noise meningkat signifikan. Meski demikian, performanya masih dapat diandalkan di malam hari. Kamera depannya menawarkan kualitas yang lebih dari cukup untuk foto selfie maupun video call.

Kualitas audio pada Xiaomi Redmi Note 3 review kali ini terbilang solid menurut Laptophia Blog. Speaker built ini mampu menghasilkan suara musik yang cukup kencang, meski treble lebih mendominasi.

Laptophia mencoba mendengarkan musik menggunakan earphone Xiaomi Hybrid IEM, hasilnya memuaskan. Beberapa musik ber-genre metal Laptophia putar dan menunjukkan bass yang solid, treble yang detail dan nyaman, serta suara vokal yang sangat jelas.
Baca juga:Asus ROG GL502VT-FY129T Strix, Laptop Gaming Windows 10 Kompak & Powerful
Baterai menjadi salah satu keunggulan Xiaomi Redmi Note 3 review kali ini. Pabrikan asal Tiongkok ini membekali Redmi Note 3 dengan baterai berkapasitas 4050mAh. Laptophia menjajal daya tahan baterai Redmi Note 3 ini dan hasilnya mampu bertahan hingga 2 hari dengan intensitas penggunaan sedang, sosial media, kamera, dan keperluan review lainnya. Penggunaan secara intensif mungkin Redmi Note 3 akan bertahan hingga 1,5 hari.

Secara umum, Xiaomi Redmi Note 3 ini sangat menarik di kelasnya. Build quality yang mantap, performa yang sangat tinggi, kamera yang bersaing, dan baterai tahan lama men jadi daya tarik utama Redmi Note 3. Sejauh ini belum ada kompetitor yang menawarkan keunggulan seperti yang ditawarkan oleh Redmi Note 3 ini.

Alternatif lain dari Xiaomi Redmi Note 3 antara lain adalah Infinix Zero 3, Lenovo Vibe K4 Note, Flash Plus 2, dan Accessgo Gotune 5s. Sampai di sini ulasan Xiaomi Redmi Note 3 review oleh Laptophia Blog kali ini.

Keunggulan Xiaomi Redmi Note 3

  • Kinerja di atas rata-rata
  • Daya tahan baterai mumpuni
  • Build quality mantap
  • Kamera bersaing di kelasnya

Kelemahan Xiaomi Redmi Note 3

  • Menggunakan hybrid slot
  • Tidak dilengkapi proteksi layar

Harga Xiaomi Redmi Note 3

Harga ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi Note 3 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog terima adalah Rp 2.599.000 atau tepatnya 2,6 juta untuk varian 2GB/16GB. Ponsel ini sudah dibuka pre-order di Indonesia melalui toko online Lazada Indonesia atau Erafone.

Harga yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi Note 3 garansi resmi ini memang sedikit diluar dugaan, lebih mahal dari perkiraan Laptophia. Anda dapat memilih garansi distributor jika menginginkan harga yang lebih murah. Berdasarkan hasil Redmi Note 3 review yang telah Laptophia Blog lakukan, Redmi Note 3 ini sangat kami rekomendasikan di kelas under Rp 3 juta.

Performa di atas rata-rata, kamera yang mumpuni di kelasnya, daya tahan baterai yang lama, build quality yang mantap, dan dukungan update MIUI secara regular menjadi daya tarik utama Xiaomi Redmi Note 3 review kali ini.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro di Sini (Klik) (Garansi distributor)
Anda dapat memesan atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi Note 3 di Sini (Klik) (Garansi resmi)


Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3

  • Sistem Operasi Android 5.1.1 Lollipop dengan antarmuka MIUI 7
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 650 MSM8956 dengan prosesor hexa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dan dual-core ARM Cortex-A72 1,8GHz
  • Grafis Adreno 510
  • Kamera 16 megapiksel dengan aperture f/2.0, sensor Samsung S5K3P3, phase-detection autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel dengan sensor OmniVision OV5670
  • Layar 5,5 inci, dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 401 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 2GB/3GB, ROM 16GB/32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 128GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, finger print sensor
  • Dimensi 150 x 76 x 8.7 mm berat 164 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 4050mAh (typical)
  • Warna Silver, Gray, Gold
Anda mungkin suka:
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks