IBX582004D475488 Lenovo Vibe C A2020 Review: 4G LTE Murah

Lenovo Vibe C A2020 Review: 4G LTE Murah




Lenovo Vibe C A2020 Review – Setelah tiba di markas Laptophia Blog setelah lebaran kemarin, kini saatnya kami mengulas dan membahas Lenovo Vibe C A2020 review. ponsel Vibe C A2020 merupakan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) murah yang didesain untuk membidik pasar entry-level. Berdasarkan nomor seri yang digunakan, yakni A2020, ponsel Lenovo Vibe C ini merujuk sebagai penerus dari seri A2010.

Selain mengandalkan dukungan 4G LTE, smartphone Vibe C A2020 andalan Lenovo ini didukung dengan spesifikasi yang masih terhitung kompetitif di kelasnya. Pabrikan asal Tiongkok ini mengusung duet chipset Qualcomm Snapdragon 210 dengan RAM 1GB untuk menghasilkan kinerja memadai. Sisi kamera mungki menjadi titik lemah dari seri Lenovo Vibe C A2020 ini menurut Laptophia karena masih mengandalkan kamera 5 megapiksel fixed focus. Penasaran? Berikut pembahasan Lenovo Vibe C A2020 review oleh Laptophia Blog.


Lenovo Vibe C A2020 Review

Paket Pembelian Lenovo Vibe C A2020

Paket Pembelian Lenovo Vibe C A2020
  • Unit Lenovo Vibe C warna putih
  • Baterai 2300mAh
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Earphone atau handsfree
  • Boklet panduan
  • Kartu garansi
  • Nut mini tracker
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Lenovo Vibe C di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Desain Lenovo Vibe C A2020

Desain Lenovo Vibe C A2020Harga Lenovo Vibe C A2020
Ulasan Lenovo Vibe C A2020 review pada sektor desain merupakan salah satu daya tarik tersendiri. Penampilan ponsel 4G LTE ini sekilas memang tak jauh berbeda dengan smartphone Android lain yang telah beredar di pasar.

Sekilas, smartphone ini sangat mirip dengan XiaolaJiao Red Chili LA2-S yang sebelumnya sempat Laptophia Blog bahas. Ponsel ini dilengkapi dengan frame kecil berwarna krom yang meningkatkan kesan kokoh dan juga berfungsi mempermanis penampilan.

Sedangkan pada sisi belakang, terlihat lubang kamera yang mengusung desain cukup menarik yang didukung hadirnya logo Vibe berukuran besar. Ukuran atau dimensi smartphone Lenovo Vibe C A2020 ini tak jauh berbeda dengan Red Chili dan relatif nyaman digenggam.

Kesan pertama Laptophia saat menggenggam ponsel 4G LTE murah ini adalah soldi dan agak berat. lenovo menggunakan casing berbahan plastik atau polikarbonat pada ponsel Vibe C A2020. Selain itu, casing belakangnya menggunakan finishing matte, sehingga tidak terlalu licin. Kebetulan unit yang Laptophia Blog terima mengusung warna putih yang terlihat keren, tetapi mudah kotor.

Pada pembahasan Lenovo Vibe C A2020 review kali ini, sisi depan ponsel terdapat lubang kamera depan, earpiece, proximity sensor, layar sentuh berukuran 5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Penggunaan tempered glass atau screenguard sangat Laptophia rekomendasikan pada ponsel ini mengingat tidak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass atau sejenisnya. Sama seperti ponsel entry-level lainnya, ketiga tombol kapasitif Vibe C A2020 ini tidak dilengkapi dengan cahaya latar atau backlight.
Baca juga:Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL Review: Fast Autofocus
Sedangkan pada sisi belakang ponsel 4G LTE Lenovo Vibe C A2020 terdapat lubang kamera belakang, LED flash, logo Vibe, logo Lenovo, dan speaker grill. Lenovo menempatkan volume rocker dan tombol power di sisi kanan ponsel.

Sedangkan sisi atas terdapat port microUSB dan port audio 3.5 mm. Sisi bawah ponsel Vibe C terdapat lubang microphone. Sebagai informasi, ponsel 4G murah meriah ini tidak dilengkapi dengan LED notifikasi.
Spesifikasi Lenovo Vibe C A2020Fitur Lenovo Vibe C A2020
Smartphone Lenovo Vibe C A2020 ini masih mengusung desain konstruksi konvensional yang mana pengguna dapat melepas casing belakang maupun baterai yang diusungnya. Bagi sebagian konsumen, akses terhadap casing belakang dan baterai menjadi kelebihan tersendiri pada Lenovo Vibe C A2020 review kali ini.

Bagi Laptophia Blog sendiri sebenarnya tak menjadi masalah apakah ponsel menggunakan konstruksi konvensional atau unibody karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Smartphone 4G murah ini telah mendukung dual SIM dan slot microSD. Casing belakang Lenovo Vibe C ini dapat dilepas dan kita dapat melepas baterainya.

Untuk mengakses ketiga slot ini, kita harus terlebih dahulu melepas casing belakang dan baterai. Sebagai informasi, pada Lenovo Vibe C ini SIM 1 menggunakan ukuran microSIM, sedangkan SIM 2 menggunakan miniSIM atau SIM card reguler.

Secara umum, ulasan Lenovo Vibe C A2020 review pada sisi desain ini sebenarnya relatif standar atau biasa-biasa saja. Penampilan smartphone 4G murah besutan Lenovo ini sekilas memang terlihat sangat mirip dengan Xiaolajiao Red Chili.

Build quality ponsel ini dapat diacungi jempol karena cukup solid, mantap, dan sama sekali tak terasa murahan. Dimensi ponsel juga tidak terlalu besar, sehingga nyaman digenggam. Hanya saja, bobot Lenovo Vibe C A2020 ini memang agak berat.
Baca juga:Acer Liquid Z320 Review: Desain Oke

Software Lenovo Vibe C A2020

Software Lenovo Vibe C A2020
Sisi perangkat lunak atau software juga merupakan salah satu bagian penting dari pembahasan Lenovo Vibe C A2020 review oleh Laptophia Blog kali ini. Smartphone 4G LTE murah Vibe C A2020 ini dibekali Lenovo dengan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop dengan antarmuka Vibe UI.

Selama ini memang Vibe UI menjadi antarmuka andalan sekaligus ciri khas jajaran smartphone Lenovo dari kelas entry-level seperti seri A1000 hinggak kelas atas seperti seri Vibe X3. Beberapa sumber menyebutkan bahwa ponsel 4G LTE Lenovo Vibe C A2020 akan mendapat update ke Android 6.0 Marshmallow.

Namun, Laptophia Blog belum mendapat konfirmasi resmi mengenai kehadiran update tersebut. Mengigat harga yang ditawarkan cukup terjangkau, kami tidak terlalu berharap mengenai kehadiran update ke Android 6.0 Marshmallow.

Tampilan antarmuka pada Lenovo Vibe C A2020 review kali ini memang cukup sederhana dan mudah dimengerti. Kita akan disuguhi dengan kehadiran Lockscreen dan Homescreen, tanpa kehadira  app drawer. Semua aplikasi yang terinstal pada smartphone Vibe C A2020 ini akan tampil dan dapat diakses langsung melalui Homescreen.

Opsi kostumisasi yang disediakan oleh smartphone 4G LTE murah besutan Lenovo ini cukup standar karena memungkinkan pengguna mengganti theme, wallpaper lockscreen/homescreen, dan mengatur widget. Fitur Vibe UI yang tetanam pada Vibe C A2020 juga cukup standar dengan dukungan memori RAM cleaner, Schduled power on/off, background app management, permission control, dan beberapa tambaahn tool kecil lainnya.

Aplikasi bawaan ponsel ini juga relatif tak banyak, seperti Google Apps, Gamestore, McAfee Security, LateRooms, BaBe, Evernote, Navigate, UC Browser, Lenovo Companicon, SyncIt, Guvera Music, dan sebagainya. Aplikasi sosial media juga ada yang sudah terinstal secara default, seperti Facebook, Twitter, WeChat, dan Skype.
Baca juga: Xiaomi Redmi Note 3 Review (Snapdragon 650)
Secara umum, ulasan Lenovo Vibe C A2020 review pada sisi perangkat lunak relatif baik. Aplikasi bawaan tidak terlalu banyak dan sebagian dapat dihapus atau dinonaktifkan jika tidak dibutuhkan. Fitur yang diusung oleh Vibe C A2020 memang tak terlalu banyak. Hal ini dimaklumi mengingat ponsel ini didesain untuk pasar entry-level.

Performa Vibe UI yang digunakan Lenovo Vibe C A2020 ini tergolong cukup gegas dan minim lag, meski sudah beberapa aplikasi tambahan terinstal di dalamnya. Fasilitas kostumisasi seperti theme seharusnya dapat dikembangkan lagi lebih luas dan jumlah theme default yang lebih banyak.

Benchmark Lenovo Vibe C A2020

Benchmark Lenovo Vibe C A2020 CPU-Z
CPU-Z Lenovo Vibe C A2020
Benchmark Lenovo Vibe C A2020 AnTuTu v6
Benchmark AnTuTu v6 Lenovo Vibe C A2020
Benchmark Lenovo Vibe C A2020 Geekbench 3
Benchmark Geekbench 3 Lenovo Vibe C A2020
Benchmark Lenovo Vibe C A2020 Vellamo
Benchmark Vellamo Lenovo Vibe C A2020
Benchmark Lenovo Vibe C A2020 Quadrant Standard
Benchmark Quadrant Standard Lenovo Vibe C A2020
Benchmark Lenovo Vibe C A2020 Speedtest
Speedtest Lenovo Vibe C A2020
Benchmark Lenovo Vibe C A2020 Sensorbox
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Lenovo Vibe C A2020

Hasil Foto Kamera Lenovo Vibe C A2020

Hasil Foto Kamera Lenovo Vibe C A2020Hasil Foto Kamera Lenovo Vibe C A2020Hasil Foto Kamera Lenovo Vibe C A2020
Foto siang hari
Hasil Foto Kamera Lenovo Vibe C A2020Hasil Foto Kamera Lenovo Vibe C A2020
Foto close-up
Hasil Foto Kamera Lenovo Vibe C A2020Hasil Foto Kamera Lenovo Vibe C A2020Hasil Foto Kamera Lenovo Vibe C A2020
Foto malam hari
Hasil Foto Kamera Lenovo Vibe C A2020
Foto malam hari dengan LED flash
Hasil Foto Kamera Lenovo Vibe C A2020
Foto selfie dengan kamera depan

Lenovo Vibe C A2020 Review

Lenovo Vibe C A2020 Review
Pada bagian akhir dari pembahasan Lenovo Vibe C A2020 review kali ini menunjukkan bahwa ponsel ini mengusung desain yang sangat mirip dengan Xiaolajiao Red Chili, tetapi mengusung spesifikasi yang jauh lebih rendah tentunya.

Smartphone inin mengusung dimensi yang tidak terlalu besar dengan bobot yang terbilang agak berat. Meski demikian, build quality Vibe C A2020 dapat diacungi jempol karena solid dan tidak terlalu licin saat digenggam.

Sektor layar mungkin menjadi titik lemah pada ulasan Lenovo Vibe C A2020 review kali ini. Hal ini tak terlepas dari spesifikasi layarnya yang cukup inferior, yakni mengusung ukuran 5 inci dengan resolusi FWVGA saja.

Hasilnya bisa ditebak, layar menjadi tidak terlalu tajam dan terkesan kurang padat. Tentunya hal ini berpengaruh pada pengalaman visual pengguna karena warna yang dihasilkan juga kurang memuaskan. Layar Vibe C A2020 ini menawarkan viewing angle yang terbilang lumayan dan respon touchscreen yang yang cukup nyaman.

Sayangnya, saat digunakan di bawah sinar matahari, layar Lenovo Vibe C A2020 ini agak keteteran meski brightness sudah diset maksimal. Selain itu, tak disebutkan adanya proteksi antigores pada layar ponsel ini.
Baca juga: Spesifikasi Lenovo IdeaPad 300S-14IBR dengan Celeron N3060
Sisi performa, Lenovo Vibe C A2020 ini cukup standar dengan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 210 yang didalamnya terdapat prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,1GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB. Sisi grafis, ponsel ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Adreno 304.

Konfigurasi dapur pacu yang ditawarkan oleh smartphone Vibe C A2020 andalan Lenovo ini memang tergolong minim, tetapi masih bersaing di kelas entry-level. Laptophia Blog telah menggunakan smartphone ini selama lebih dari 3 minggu untuk kebutuhan komunikasi dasar dan sosial media, hasilnya masih sangat mencukupi.

Buka tutup aplikasi atau perpindahan menu berjalan dengan smooth, meski tidak terlalu gegas. Lag atau jeda memang kadang muncul, tetapi tidak terlalu mengganggu karena masih dalam kategori wajar. Laptophia Blog juga sempat memainkan game Temple Run 2 dengan setting grafis rendah, permainan berjalan lancar tanpa lag.

Kamera mungkin menjadi titik lemah Lenovo Vibe C A2020 review kali ini dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 5 megapiksel fixed focus dan didukung LED flash. Ponsel Lenovo Vibe C juga dilengkapi dengan kamera depan 2 megapiksel fixed focus untuk foto selfie dan video chat.

Hasil foto kamera ponsel kamera Lenovo Vibe C A2020 saat siang hari dengan kondisi cahaya memadai menghasilkan kualitas yang dapat diterima untuk kelas entry-level. Warna yang dihasilkan tidak terlalu akurat tetapi cukup baik, dan detail yang dihasilkan terbilang lumayan. Sayangnya, dynamic range-nya terbatas dan beberapa foto yang dihasilkan terlihat overekspose.

Saat digunakan untuk foto macro atau close-up, Vibe C A2020 memang tak bisa diharapkan karena tidak dilengkapi dengan fasilitas autofokus. Hasilnya bisa ditebak, foto close-up yang dihasilkan blur. Saat malam hari, kemampuan kamera Lenovo Vibe C A2020 ini sangat kurang dengan detail foto yang menurun drastis, serta diperparah dengan kecepatan shutter yang melambat. Ini sebenarnya dapat ditoleransi mengingat harganya yang terjangkau.

Sayangnya, LED flash yang diusung Vibe C A2020 tidak bekerja dengan baik dan menghasilkan foto yang berkabut. Laptophia berharap Lenovo segera merilis update untuk memperbaiki masalah LED flash ponsel Vibe C A2020 ini.

Sedangkan kualitas audio, Vibe C A2020 besutan Lenovo ini terbilang lumayan. Laptophia Blog mencoba memutar beberapa lagu metalcore besutan Trivium dan Bullet For My Valentine melalui speaker internalnya. Keluaran suara speakernya cukup kencang, treble yang renyah, dan suara vokal yang cukup jela, tetapi suara bass-nya tak terdengar.

Sedangkan headset bawaan Lenovo Vibe C A2020 ini ternyata mampu menghasilkan kualitas suara yang cukup baik, detail, meski kurang bertenaga. Laptophia juga sempat menjajal mendengarkan musik menggunakan headphone Sennheiser HD 202 II, hasilnya? Suara bass-nya sangat dominan, kuat dan dalam, tetapi suara vokalnya sedikit tenggelam.
Baca juga: Asus X550VX, Laptop Gaming Andalkan Duet Skylake & GeForce GTX 950M
Lenovo Vibe C A2020 review pada bagian kemampuan baterai tergolong lumayan. Smartphone ini mampu bertahan hingga seharian dengan penggunaan sosial media dengan intensitas sedang, memotret, mendengarkan musik, dan dengan satu akun Google aktif mampu bertahan dari pagi hingga malam sekitar pukul 7.

Namun, kadang-kadang muncul pesan error ‘battery temperature too low’ yang cukup mengganggu. Saat muncul pesan error tersebut, ponsel juga tidak bisa di charge untuk sementara waktu.

Secara umum, ulasan Lenovo Vibe C A2020 review kali ini terbilang lumayan untuk ponsel 4G LTE kelas entry-level. Jelas, dukungan jaringan 4G LTE yang saat ini terus berkembang di Indonesia menjadi daya tarik utama ponsel ini.

Terlepas dari itu, smartphone ini menawarkan desain yang tak jauh dari para pesaingnya dengan build quality yang baik di kelasnya. Spesifikasi teknis yang diusung oleh Vibe C A2020 terbilang bersaing di kelasnya dan sudah mencukupi untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari.

Sayangnya, kemampuan kamera Lenovo Vibe C A2020 terbilang kurang bisa diandalkan, terutama pada malam hari. Lenovo Vibe C A2020 masih laik dipertimbangkan menurut Laptophia Blog.

Keunggulan Lenovo Vibe C A2020

  • Dukungan 4G LTE
  • Harga terjangkau
  • Memori internal atau ROM 16GB

Kelemahan Lenovo Vibe C A2020

  • Kamera fixed focus, kurang bisa diandalkan
  • Resolusi layar rendah
  • Kadang muncul ‘battery temperature too low’ dan proses charge terhenti

Harga Lenovo Vibe C A2020

Harga smartphone 4G LTE Lenovo Vibe C A2020 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah Rp 1.299.000 atau tepatnya Rp 1,3 juta. Ponsel ini sudah tersedia di pelbagai toko online terkemuka di tanah air dan mungkin juga sudah tersedia di retail offline.

Berdasarkan pembahasan Lenovo Vibe C A2020 review yang Laptophia Blog lakukan, smartphone 4G LTE murah ini mengusung build quality yang sama sekali tidak murahan karena cukup solid dan terasa mantap ketika digenggam. Meski hanya berbekal Snapdragon 210 dengan RAM 1GB, performa ponsel ini cukup nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

Sayangnya, kamera kurang bisa diandalkan dan terdapat bug yang mana sering memunculkan pesan ‘suhu baterai terlalu rendah’. Secara umum, Laptophia menilai Lenovo Vibe C A2020 laik dipertimbangkan bagi yang membutuhkan ponsel 4G LTE dengan harga terjangkau.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Lenovo Vibe C di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Lenovo Vibe C A2020

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka Lenovo Vibe UI
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 210, quad-core ARM Cortex-A7-bit 1,1GHz
  • Grafis Adreno 304
  • Kamera belakang 5 megapiksel fixed focus, LED flash. Kamera depan 2 megapiksel fixed focus
  • Layar sentuh 5 inci, dengan resolusi FWVGA 854 x 480 piksel berteknologi panel TN TFT LCD kapasitif dengan kerapatan 199 piksel per inci
  • Memori RAM 1GB, Memori internal 16GB plus slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, port micro USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM
  • Mendukung jaringan GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 143.5 x 71.8 x 9 mm berat 128 gram
  • Baterai 2300mAh
  • Warna Black dan White
Anda mungkin suka:Infinix Hot S X521 Diluncurkan, Ini Harga & Spesifikasinya
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks