IBX582004D475488 Accessgo Gotune 3i Review: Metal Frame

Accessgo Gotune 3i Review: Metal Frame




Accessgo Gotune 3i Review – Setelah kurang lebih sebulan yang lalu tiba di markas Laptophia Blog, kini kami berkesempatan mengulas Accessgo Gotune 3i review. Smartphone besutan merk lokal ini didesain khusus untuk membidik pasar kelas entry-level. Desain fisiknya yang menawan menjadi daya tarik utama Accessgo Gotune 3i yang dikombinasikan dengan spesifikasi standar di kelasnya. Selain soal desain, sisi kamera ponsel ini juga cukup meyakinkan berkat sokongan kamera utama dengan sensor Sony.

Accessgo membekali Gotune 3i ini dengan layar HD berukuran 5 inci yang berteknologi IPS. Kinerja ponsel ini di atas kertas masih relatif standar dengan dukungan chipset MediaTek dan RAM 1GB. Penasaran? Simak ulasan lengkap Accessgo Gotune 3i review kali ini oleh Laptophia Blog!


Accessgo Gotune 3i Review

Paket Pembelian Accessgo Gotune 3i

IMG_20160729_132507_HDR
  • Unit Accessgo Gotune 3i warna Putih
  • Baterai 2000mAh
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset atau handsfree
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Screenguard depan dan belakang (terpasang)
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga produk Accessgo di Sini (klik)

Desain Accessgo Gotune 3i

IMG_20160729_134648_HDRIMG_20160729_134658_HDR
Desain menjadi salah satu kelebihan dari Accessgo Gotune 3i review kali ini. Meski merupakan smartphone entry-level, ponsel ini hadir dengan desain elegan dan terkesan premium.

Seperti yang sudah Laptophia Blog singgung di atas, ponsel Accessgo Gotune 3i ini hadir dengan frame metal yang kokoh dan mewah ditandemkan dengan kaca 2.5D yang menawan pada sisi depan dan belakang ponsel. Tak hanya itu, sekitar layar juga dilengkapi frame hitam yang membuatnya sekilas seperti mengusung bezel yang tipis.

Kesan pertama tim Laptophia Blog saat menggenggam smartphone Gotune 3i besutan Accessgo ini adalah kokoh, kompak, dan nyaman. Secara umum, penampilan smartphone ini cukup menawan dan terkesan lebih mahal dari harganya.

Hal yang mengganggu dari penampilan smartphone ini sebenarnya adalah screenguard bawaannya yang berada disisi depan dan belakangnya. Pemasangannya tidak rapi dan terkesan asal-asalan. Bahkan terdaapat beberapa gelembung udara yang mengganggu pandangan. Laptophia Blog menyarankan untuk mengganti screenguard bawaan agar penampilannya tetap menawan.
Baca juga:Asus Zenbook 3 UX390UA Bertenaga Intel Kaby Lake Hadir di Indonesia
Pada pembahasan review Accessgo Gotune 3i kali ini, sisi depan ponsel terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar sentuh berukuran 5 inci HD, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sebagai informasi, ketiga tombol kapasitif pada ponsel ini tidak dilengkapi dengan backlight atau lampu latar. Ini memang agak menyulitkan saat digunakan di tempat kurang cahaya.

Sedangkan sisi belakang ponsel Accessgo Gotune 3i terdapat lubang kamera belakang, LED flash, logo Accessgo, logo Gotune 3i, dan speaker grill. Accesgo menempatkan volume rocker dan tombol power di sisi kanan ponsel. Sedangkan sisi atas terdapat port audio 3.5 mm. Sisi bawah ponsel 3G HSPA Accessgo Gotune 3i terdapat lubang microphone dan port microUSB.
IMG_20160729_134727_HDRIMG_20160729_134733_HDR
Berbeda dengan kebanyakan smartphone masa kini yang menggunakan desain unibody dan baterai non romovable, Accessgo Gotune 3i ini hadir dengan desain konvensional yang memungkinkan pengguna melepas casing belakang dan baterainya. Ini merupakan salah satu nilai tambah bagi beberapa pengguna.

Smartphone murah meriah besutan merk lokal ini telah mendukung dual SIM dan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Untuk mengakses kedua slot SIM dan microSD, kita harus terlebih dahulu melepas casing belakang dan baterai. Cara membuka casing belakangnya cukup unik karena menggunakan mekanisme geser yang cukup kuat dan praktis.

Secara umum, ulasan Accessgo Gotune 3i review pada sisi desain ini menjadi salah satu kekuatan utama. Smartphone ini tampil mewah, kuat, dan solid. Sekilas, smartphone ini terlihat lebih mahal dari harganya dan bisa juga disebut mirip dengan iPhone 4. Build quality Gotune 3i ini sebenarnya solid, hanya saja pemasangan screenguar yang tidak rapi dan terkesan asal-asalan ini sedikit merusak sisi estetikanya.
Baca juga:Unboxing Asus Zenfone 3 ZE520KL: Begitu Menggoda!

Software Accessgo Gotune 3i

Home1
Sisitem operasi atau software menjadi salah satu poin penting disetiap ulasan smartphone, tak terkecuali Accessgo Gotune 3i review oleh Laptophia Blog kali ini. Smartphone ini masih mengandalkan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan balutan antarmuka yang nyaris stock atau standar.

Penggunaan OS Android versi Lollipop ini masih bisa dimaklumi mengingat ponsel Accessgo Gotune 3i ini memang didesain untuk kelas entry-level. Hingga artikel ini ditulis, memang masih jarang ada ponsel murah dengan OS Android Marshmallow. Sama seperti Android standar lainnya, kita akan disuguhi oleh tampilan locksceen, homescreen, dan app drawer.

Meski menggunakan struktur menu standar, Accessgo Gotune 3i ini hadir dengan icon pack yang berbeda dengan Android stock. Sayangnya, ukuran ikonnya kecil dan tidak bisa dikostumisasi. Opsi kostumisasi yang disediakanm oleh Gotune 3i ini relatif standar karena hanya memungkinkan kkita mengganti wallpaper homscreen dan lockscreen, serta mengatur widget saja.

Bagi pengguna yang bosan mungkin dapat menginstal aplikasi launcher dan sejenisnya. Fitur yang diusung oleh smartphone ini pjuga terbilang standar, yakni scheduled power on/off, gesture wake, RAM cleaner, flashlight, dan sebagainya. Tak ada yang istimewa pada fitur smartphone ini. Aplikasi bawaan Accessgo Gotune 3i ini juga tak terlalu banyak dengan kehadiran Google Apps, Notebook, browser, dan player musik bawaan.
Baca juga:Meriahnya Peluncuran Asus Zenfone 3 di Zenvolution 2016
Secara umum, ulasan Accessgo Gotune 3i review pada sisi software ini bisa dikatakan minimalis dan mirip dengan Android stock. Fitur yang diusungnya memang standar, tetapi kostumisasi tampilan minim. Performa UI ponsel ini relatif ringan, smooth, dan nyaris tak ditemukan lag. Meski hanya bermodalkan prosesor quad-core MediaTek dengan RAM 1GB, performa UI nya nyaris tak ada kendala yang mengganggu.

Benchmark Accessgo Gotune 3i

CPU-Z
CPU-Z Accessgo Gotune 3i
AnTuTu v6
Benchmark AnTuTu v6 Accessgo Gotune 3i
Geekbench 3
Benchmark Geekbench 3 Accessgo Gotune 3i
Vellamo
Benchmark Vellamo Accessgo Gotune 3i
3DMark Ice Storm Extreme
Benchmark 3DMark Ice Storm Extreme Accessgo Gotune 3i
Quadrant Standard
Benchmark Quadrant Standard Accessgo Gotune 3i
Multitouch
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Accessgo Gotune 3i

Hasil Foto Kamera Accessgo Gotune 3i

IMG_20160729_143129IMG_20160731_155247IMG_20160731_155231IMG_20160730_163222
Foto Siang Hari
IMG_20160819_123308IMG_20160729_142159IMG_20160729_142635
Foto Macro
IMG_20160729_204852IMG_20160729_212612IMG_20160729_205155
Foto Malam Hari
IMG_20160113_095041
Foto Malam Hari dengan LED flash
IMG_20160806_191147
Foto Selfie Kamera Depan

Accessgo Gotune 3i Review

Accessgo Gotune 3i Review
Pada bagian akhir ulasan Accessgo Gotune 3i review kali ini, Laptophia Blog menilai bahwa desain dan build quality menjadi salah satu keunggulan ponsel ini. Penampilan fisiknya terlihat lebih mahal dari harganya dan sekilas mirip iPhone 4.

Dimensinya yang kompak dengan sudut melengkung membuatnya nyaman digenggam. Frame metal yang kokoh dan ditandemkan dengan kaca 2,5D membuat smartphone ini terlihat begitu mewah.

Smartphone Accessgo Gotune 3i ini dibekali dengan layar 5 inci dengan resolusi HD. Laptophia Blog menilai kualitas layarnya sudah sangat baik untuk ponsel dengan harga di bawah 1 juta.  Layar ponsel ini bahkan mampu menghasilkan warna yang membuai mata dan masih dapat diatur dan ditingkatkan kualitasnya melalui fasilitas MiraVision.

Viewing angle layar Accessgo Gotune 3i ini luas dan respon touchscreennya terbilang lumayan. Hanya saja saat digunakan untuk kamera, respon touchscreennya lambat dan kadang sulit untuk menyentuh tombol shutter. Saat digunakan di bawah sinar matahari, layar ponsel ini relatif memadai dan masih dapat dilihat.

Sektor performa, Accessgo Gotune 3i ini mengandalkan sokongan chipset MediaTek MT6580 yang didalamnya terdapat prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB. Grafis Accessgo Gotune 3i ini mengandalakan dukungan GPU (Graphics Processing Unit) Mali-400 MP2.
Baca juga:Perjalanan Menuju Asus Zenvolution 2016!
Spesifikasi di atas kertas memang sangat standar untuk smartphone dengan harga di bawah 1 juta. Namun, Laptophia merasa optimasi yang dilakukan sudah sangat baik, sehingga perpindahan menu dan buka tutup aplikasi terbilang sangat smooth dan nyaris tak pernah lag. Saat menjalankan beberapa aplikasi sosial media di background, ponsel ini belum menunjukkan tanda-tanda penurunan performa yang signifikan.

Skor benchmark yang dihasilkan oleh ponsel Gotune 3i ini memang tak terlalu tinggi dan bisa dikatakan standar saja. Laptophia juga sempat menjajalnya memainkan game Temple Run 2, berjalan smooth tanpa masalah.

Kamera bisa menjadi salah satu keunggulan Accesgo Gotune 3i review kali ini. Smartphone ini didukung kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel autofokus yang konon menggunakan sensor Sony IMX219 lengkap dengan LED flash. Kamera depan Gotune 3i ini cukup standar dengan kekuatan 2 megapiksel fixed focus dengan sensor OmniVision OV9762 untuk mengakomodasi foto selfie.

Berdasarkan hasil review dan analisa tim Laptophia Blog, kemampuan kamera Gotune 3i laik diacungi jempol di kelasnya. Laptophia menjajalnya untuk memotret saat siang hari, hasilnya cukup tajam, detail tinggi, dan noise yang cukup terkendali. Sayangnya, kadang kala warna yang dihasilkan agak kusam dan dynamic range-nya agak kurang.

Saat digunakan untuk foto macro, warna yang dihasilkan malah bagus, detail, dan tajam. Efek bokeh yang dihasilkan juga cukup memadai. Sedangkan saat malam hari, kamera Gotune 3i ini masih bisa diandalkan meski mengalami penurunan detail dan peningkatan noise.

LED flash bawaannya bisa dikatakan kurang terang. Kamera depan yang hanya 2 megapiksel pada Accessgo Gotune 3i mampu menghasilkan kualitas foto yang cukup baik untuk sekadar foto selfie.

Sisi suara mungkin titik lemah dari ponsel Gotune 3i besutan Accesgo ini. Speaker bawaan ponsel ini relatif kurang kencang dan terdengar cempreng. Treble sangat dominan dan suara vokalnya menjadi agak aneh.

Tim Laptophia Blog juga sempat menjajal mendengarkan musik melalui headphone Sennheiser HD 202 II dan earphone Elibud Sabia, hasilnya? Keluaran musiknya bisa dinikmati, meski bass-nya kurang powerful dan treble-nya juga kurang keluar.
Baca juga:Unboxing Apple Macbook Air MMGF2 13,3 inci 128GB SSD
Smartphone Accessgo Gotune 3i ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2000mAh yang terbilang standar untuk smartphone dengan layar 5 inci. Daya tahan baterai ponsel ini relatif bisa diandalkan untuk penggunaan sehari penuh jika digunakan dengan intensitas sedang.

Tim Laptophia menggunakannya dengan satu akun Google aktif, sosmed aktif, sering memotret, dan mendengarkan musik, baterai bertahan dari pagi hingga sore hari pukul 17.00.

Secara umum, Accessgo Gotune 3i ini hadir dengan desain yang menawan, kamera yang bisa diandalkan di kelasnya, performa yang smooth, dan ukuran yang kompak. Sayangnya, keindahan desain ponsel ini sedikit dirusak dengan pemasangan screenguard bawaan yang kurang rapi.

Selain itu, speaker cempreng dengan kualitas suara seadanya menjadi titik lemah ponsel ini. Berdasarkan harga dan hasil review yang Laptophia Blog lakukan, Accessgo Gotune 3i ini jelas sangat laik dipertimbangkan di kelasnya. Asus Zenfone Go 4.5, Samsung Galaxy J1 Mini, Huawei Y3 II, dan beberapa merk lokal menjadi pesaingnya.

Keunggulan Accessgo Gotune 3i

  • Desain dan build quality baik
  • Kamera bisa diandalkan
  • Harga terjangkau

Kelemahan Accessgo Gotune 3i

  • Screenguard bawaan kurang rapi
  • Speaker cempreng
  • Bagian pinggir layar kurang sensitif

Harga Accessgo Gotune 3i

Harga smartphone Accessgo Gotune 3i terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah kurang dari 1 juta atau tepatnya Rp 950.000. Smartphone ini sudah tersedia di beberapa toko online terkemuka tanah air.

Berdasarkan Accessgo Gotune 3i review yang telah Laptophia Blog lakukan, ponsel ini menawarkan desain dan build quality yang bagus di kelasnya. Namun, pemasangan screengiard bawaan yang kurang rapi membuatnya tampak kurang sedap dipandang.

Kinerja Accessgo Gotune 3i ini relatif memadai dan kameranya terbilang mantap untuk kelas di bawah 1 juta. Jelas, smartphone Accessgo Gotune 3i ini sangat laik dipertimbangkan bagi yang membutuhkan smartphone Android entry-level dengan kualitas yang baik.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga produk Accessgo Gotune 3i di Sini (klik)

Spesifikasi Accessgo Gotune 3i

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
  • Chipset MediaTek 6580 quad-core ARM Cortex-A7 32-bit 1,3GHz
  • Grafis Mali-400 MP2
  • Kamera 8 megapiksel autofokus, sensor Sony IMX219 dilengkapi LED flash. Kamera depan 2 megapiksel fixed focus, sensor OmniVision OV9762
  • Layar 2.5D 5 inci, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS panel
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB, dilengkapi slot microSD maksimal 32GB 
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM
  • GSM / 3G HSPA
  • Dimensi 143,7 x 72,2 x 8.5 mm berat 160 gram
  • Baterai 2000mAh
  • Warna White dan Gold
Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL: Fast Camera
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks