IBX582004D475488 Xiaomi Redmi Note 4 Review: Andalkan MediaTek Helio X20

Xiaomi Redmi Note 4 Review: Andalkan MediaTek Helio X20




Xiaomi Redmi Note 4 Review: Andalkan MediaTek Helio X20 – Setelah sempat tertunda, kini tim Laptophia Blog mengulas Xiaomi Redmi Note 4 review pada kesempatan kali ini. Perlu diketahui, ponsel Xiaomi Redmi Note 4 yang diulas oleh Laptophia Blog kali ini merupakan varian yang ditenagai oleh chipset MediaTek Helio X20. Belum lama ini telah muncul Xiaomi Redmi Note 4 varian baru yang ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 625 atau lebih dikenal dengan sebutan Redmi Note 4X.

Terlepas dari hal tersebut, Xiaomi Redmi Note 4 varian MediaTek ini masih sangat menarik karena menawarkan kinerja tinggi dan harga yang terbilang masuk akal. Sayangnya, ponsel tersebut hanya tersedia garansi non resmi atau BM. Penasaran? Simak ulasan Xiaomi Redmi Note 4 review oleh tim Laptophia Blog kali ini!


Xiaomi Redmi Note 4 Review: Andalkan MediaTek Helio X20

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 4

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 4
  • Unit Xiaomi Redmi Note 4 Gold
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM ejector
  • Manual
  • Kartu garansi
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi Note 4 di Sini (Klik)

Desain Xiaomi Redmi Note 4

Desain Xiaomi Redmi Note 4Harga Xiaomi Redmi Note 4
Desain atau penampilan fisik merupakan salah satu sektor yang Laptophia sorot pada ulasan Xiaomi Redmi Note 4 review kali ini. Jika dibandingkan dengan Redmi Note 3 yang pernah kami review sebelumnya, jelas ponsel 4G LTE Redmi Note 4 ini menawarkan peningkatan dari sisi build quality dan menawarkan desain yang berbeda jika dilihat lebih teliti.

Smartphone kelas menengah ini dibalut dengan casing berbahan metal unibody yang kokoh dan terkesan mewah. Sementara bagian depan ponsel Redmi Note 4 ini terdapat layar lengkung 2.5D yang menawan dan sudah menjadi tren desain smartphone masa kini.
Baca juga:Evercoss Genpro X & Motorola Moto M Sudah Bisa Dipesan di Lazada
Satu hal yang membuat ponsel Redmi Note 4 ini berbeda dari Redmi Note 3 adalah material casingnya yang jauh lebih solid dan kuat. Smartphone ini menganut gaya desain Redmi Pro dengan fiishing satin pada sisi belakangnya. Frame metal pada Redmi Note 4 ini terkesan sangat kuat dan solid.

Selain itu, Xiaomi Redmi Note 4 ini terbilang nyaman digenggam dan tidak terlalu licin. Redmi Note 4 ini sebenarnya tersedia dalam beberapa varian warna, tetapi unit yang Laptophia Blog uji berwarna Gold yang cukup menawan.
Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4Fitur Xiaomi Redmi Note 4
Pada ulasan Xiaomi Redmi Note 4 review kali ini, sisi depan ponsel terdapat ambient light sensor, proximity sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar full HD berukuran 5,5 inci dengan kaca 2.5D, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back. Ketiga tombol ini sudah dilengkapi dengan backlight, sehingga nyaman digunakan ditempat kurang cahaya.

Sedangkan sisi belakang ponsel Xiaomi Redmi Note 4 ini terdapat lubang dua buah antenna line, kamera utama, dual-tone LED flash, sensor sidik jari, dan logo Xiaomi. Merek asal Tiongkok pembesut produk Mi Note 2 ini menempatkan port micro USB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Redmi Note 4 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat slot SIM card atau microSD dengan jenis hybrid slot (dual SIM atau single SIM+microSD). Sisi atas ponsel 4G LTE besutan Xiaomi ini terdapat lubang microphone, IR blaster, dan port audio 3,5mm.

Secara umum, desain smartphone Xiaomi Redmi Note 4 ini cukup menarik dengan build quality yang lebih solid dibandingkan dengan pendahulunya. Dukungan layar 2.5D turut meningkatkan sisi estetika smartphone kelas menengah ini. Terakhir, baterai ponsel ini tidak dapat dilepas karena desainnya yang unibody.


Baca juga:Unboxing Evercoss Winner Y Smart U50: Smartphone 4G LTE Murah

Software & Fitur Xiaomi Redmi Note 4

Software & Fitur Xiaomi Redmi Note 4
Sisi perangkat lunak dan fitur selalu menjadi salah satu kekuatan jajaran smartpone Xiaomi, tak terkecuali pada ulasan Xiaomi Redmi Note 4 review kali ini. Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8.

Awalnya, unit Redmi Note 4 yang datang ke Laptophia Blog ini menggunakan ROM MIUI distributor atau tidak resmi sehingga performanya tidak optimal. Tim Laptophia harus lebih dulu melakukan flashing ponsel 4G LTE ini ke MIUI Global Official sebelum melakukan review secara intensif.

Penampilan MIUI 8 pada smartphone Xiaomi Redmi Note 4 relatif sama dengan jajaran ponsel Xiaomi lainnya. Tampilan terdiri dari Lockscreen dan Homescreen tanpa kehadiran  menu drawer. Hal ini mengingatkan kita dengan tampilan UI Apple iOS pada iPhone dan beberapa UI smartphone Android lainnya.

Salah satu kekuatan MIUI selain tampilannya yang simpel dan indah, disediakan aneka macam kostumisasi yang sangat lengkap. Hampir semua elemen pada tampilan ponsel dapat dikostumisasi, seperti animasi, theme, wallpaper, dan banyak lagi. Bahkan, wallpaper dan theme dapat dengan mudah diunduh melalui menu yang sudah disediakan.

Selain menawarkan tampilan yang indah, MIUI pada ponsel Xiaomi Redmi Note 4 ini juga didukung fitur yang sangat melimpah. Beberapa fitur unggulan yang menjadi andalan smartphone asal Tiongkok ini antara lain adalah Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Lite Mode, App Lock, dual apps, dan dual space.

Pengguna yang menjalankan olshop dan keperluan bisnis lainnya akan terbantu dengan fasilitas Dual Apps dan Dual Space yang memungkinkan kita menjalankan dua aplikasi dan dua lingkungan homescreen dalam satu smartphone.
Baca juga:Evercoss Winner Y Selfie, Winner Y Silver & Winner Z Extra Masuk Indonesia
Secara umum, MIUI menjadi salah satu kekuatan utama yang ditawarkan Xiaomi Redmi Note 4 review kali ini. Tampilannya yang indah, aplikasi bawaan yang minim, dan fitur yang kaya menjadi daya tarik tersendiri. Tak heran, banyak orang yang fanatik dengan MIUI andalan Xiaomi ini.

Benchmark Xiaomi Redmi Note 4

CPU-Z Xiaomi Redmi Note 4
CPU-Z Xiaomi Redmi Note 4
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Redmi Note 4
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Redmi Note 4
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi Note 4
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi Note 4
Benchmark AnTuTu v6 Xiaomi Redmi Note 4
Benchmark AnTuTu v6 Xiaomi Redmi Note 4
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 4
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi Note 4
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 4
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 4
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Xiaomi Redmi Note 4
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Xiaomi Redmi Note 4

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 4

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 4Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 4Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 4
Foto siang hari
IMG_20170106_192521_HDRHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 4Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 4
Foto macro
IMG_20161231_204234_HHTHasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 4Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 4
Foto malam hari
IMG_20170126_194518Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 4
Foto malam hari dengan LED flash
IMG_20170125_112854
Foto selfie dengan kamera depan

Hasil Rekaman Video Xiaomi Redmi Note 4


Xiaomi Redmi Note 4 Review

Xiaomi Redmi Note 4 Review
Ulassan Xiaomi Redmi Note 4 review kali ini menunjukkan impresi yang meyakinkan dan menunjukkan sejumlah perbaikan jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Ponsel ini hadir dengan deseain yang lebih fresh, lebih cantik, dan menawarkan build quality yang lebih solid. Sektor kinerja memang tak segahar Redmi Note 3 yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 650. Namun, bukan berarti MediaTek Helio X20 dapat diremehkan begitu saja.

Layar

Xiaomi Redmi Note 4 dibekali dengan layar 5,5 inci full HD dengan teknologi panel IPS. Kualitas layar ponsel andalan Xiaomi ini terbilang mantap di kelasnya dengan warna yang cukup punchy dan membuai mata. Selain itu, layar Redmi Note 4 ini menawarkan sudut pandang atau viewing angle yang luas, respon touchscreen yang gegas, dan brightness yang cukup yaman. Saat digunakan di bawah sinar matahari, performa layar ponsel Redmi Note 4 ini terbilang standar.
Baca juga:Samsung Galaxy A3 2017, A5 2017 & A7 2017 Mulai Dijual di Indonesia

Performa

Ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi Note 4 ini ditenagai oleh chipset MediaTek Helio X20 yang mengusung prosesor deca-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex A72 dengan kecepatan 2,1Ghz, quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2GHz, dan quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4GHz, serta didukung 3GB. Sisi grafis, Xiaomi Redmi Note 4 mengandalkan dukungan GPU (Graphics Processing Unit) Mali-T880 MP4.

Kinerja yang ditawarkan Redmi Note 4 ini relatif lebih dari cukup untuk komunikasi dan penggunaan dasar sehari-hari. Tak hanya itu, duet prosesor 10 core dengan RAM 3GB membuat ponsel andalan Xiaomi ini cukup handal menangani multitasking kelas berat sekalipun.

Kemampuan gaming ponsel Redmi Note 4 besutan Xiaomi ini juga relatif mantap, meski bukan yang paling kencang di kelasnya. Pengguna dapat memainkan aneka game terbaru Android di ponsel ini. Selama menggunakan ponsel ini, Laptophia jarang sekali menemui lag dan tidak pernah mengalami hang.

Kamera

Ponsel Xiaomi Redmi Note 4 ini mengandalkan dukungan kamera utama dengan resolusi 13 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3L8 didukung phase-detection autofokus dengan aperture f/2.0 dan diperkuat dual-tone LED flash. Mengakomodasi tren foto selfie, Redmi Note 4 mengandalkan dukungan kamera depan resolusi 5 megapiksel dengan sensor Samsung S5K5E8YX, fixed focus, dengan aperture f/2.0 untuk foto selfie dan video call.

Kemampuan kamera Xiaomi Redmi Note 4 review kali ini relatif tak jauh berbeda dengan Redmi 3S dan Redmi 3X yang pernah Laptophia Blog ulas sebelumnya. Saat siang hari, kamera Redmi Note 4 ini relatif bisa diandalkan dan mampu menghasilkan foto yang memuaskan. Warna yang dihasilkan cukup natural, tajam, dan noise yang terkendali.

Sedangkan detail yang dihasilkan terbilang standar. Saat digunakan untuk memotret macro, kamera Redmi Note 4 ini masih mampu menghasilkan detail yang memuaskan dengan efek bokeh yang mantap. Sayangnya, kecepatan fokusnya memang tak terlalu gegas meski sudah mengusung teknologi PDAF.

Saat malam hari, kemampuan kamera ponsel Redmi Note 4 ini terbilang standar. Meski demikian, hasil fotonya masih bisa dinikmati jika kondisi cahaya masih memadai. Seperti biasa, foto yang dihasilkan mengalami penurunan detailyang signifikan dan diiringi noise yang cukup banyak.

Dukungan LED flash yang diusungnya terbilang terang dan sangat membantu saat kondisi benar-benar minim cahaya. Sedangkan kemampuan kamera depannya terbilang baik dan lebih dari cukup untuk sekadar foto selfie.

Audio

Speaker bawaan Xiaomi Redmi Note 4 ini terbilang cukup kencang dan dan cukup nyaman digunakan untuk mendengarkan musik. Seperti kebanyakan speaker smartphone, suara yang dihasilkan memang didominasi oleh treble.

Ketika menggunakan headphone Sennheiser HD 202 II, keluaran suaranya terdengar mantap dan solid. Bass yang dihasilkan kuat, tetapi tidak overpower, treble detail dan suara vokal pun cukup jelas.

Baterai

Mengandalkan baterai berkapasitas 4100mAh merupakan keunggulan dari ulasan Xiaomi Redmi Note 4 review kali ini. Smartphone ini dapat bertahan hingga 1,5 hari dengan penggunaan normal. Jika penggunaan lebih intensif, mungkin bisa tahan seharian penuh. Sebaliknya, jika penggunaan kurang intensif maka bisa bertahan hingga 2 hari.

Memori

Ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi Note 4 ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 55,7GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,5 – 1,6GB.
Baca juga:Unboxing Xiaomi Mi5 32GB: Mid Range Flagship

Kesimpulan

Secara umum, ulasan Xiaomi Redmi Note 4 review kali ini menunjukkan bahwa ponsel ini menawarkan sejumlah perbaikan fisik yang cukup signifikan dibandingkan dengan pendahulunya. Performa yang dihasilkan terbilang cukup kencang di kelasnya, kamera yang bisa diandalkan, dan baterai yang memadai. Jelas, ponsel ini laik dipertimbangkan di kelasnya. Sayangnya, sampai saat ini Xiaomi Redmi Note 4 ini masih belum dirilis resmi di Indonesia.

Keunggulan Xiaomi Redmi Note 4

  • Kinerja tinggi di kelasnya
  • Build quality mantap
  • Harga masuk akal

Kelemahan Xiaomi Redmi Note 4

  • Tidak bergaransi resmi
  • Hybrid slot

Harga Xiaomi Redmi Note 4 Rp 2,5 Juta (3GB/64GB)

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi Note 4 di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4

  • Sistem Operasi Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8
  • Chipset MediaRek Helio X20 dengan prosesor deca-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A72 2,1Ghz, quad-core ARM Cortex-A53 2GHz, dan quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Mali-T880 MP4
  • Kamera 13 megapiksel phase-detection autofokus, sensor Samsung S5K3L8, 5 elemen lensa aperture f/2.0, dilengkapi dual-tone LED flash. Kamera depan 5 megapiksel, sensor Samsung S5K5E8YX, aperture f/2.0, fixed focus
  • Layar sentuh 5,5 inci 2.5D arc, dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 401 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS Display
  • Memori RAM 3GB, memori internal 64GB dilengkapi microSD maksimal 128GB hybrid slot
  • WiFi, Bluetooth, 3.5mm audio jack, FM Radio, GLONASS, GPS, fingerprint sensor
  • Dimensi 151 x 76 x 8.4 mm dan berat 175 gram
  • GSM 2G / 3G HSPA / 4G LTE
  • Baterai 4100mAh lithium ion non-removable
  • Warna Gray, Gold, Silver
Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi 4A: Murah & Kaya Fitur

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :


Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks