IBX582004D475488 Xiaomi Mi 5S Review: Duet Snapdragon 821 & Sony IMX378

Xiaomi Mi 5S Review: Duet Snapdragon 821 & Sony IMX378




Xiaomi Mi 5S Review: Duet Snapdragon 821 & Sony IMX378 – Setelah hadir di Laptophia Blog sejak beberapa waktu lalu, kini saatnya kami mengulas Xiaomi Mi 5S review dengan lengkap. Smartphone ini adalah flagship Xiaomi sebelum Mi6 yang belum lama ini dirilis. Laptophia menilai seri Xiaomi Mi 5S merupakan major improvement jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi5. Ada sejumlah peningkatan spesifikasi teknis dan perubahan desain yang diusung oleh smartphone gahar Xiaomi Mi 5S.

Dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 821 dengan sensor Sony IMX378 berkekuatan 12 megapiksel menjadi daya tarik utama smartphone ini. Tak hanya itu, smartphone ini juga dibekali dengan ultrasonic fingerprint pada sisi depan yang menyatu dengan tombol Home. Lalu seperti apa performa dari ponsel Xiaomi Mi 5S ini? Simak ulasan Xiaomi Mi 5S review oleh tim Laptophia Blog kali ini!
Xiaomi Mi 5S Review: Duet Snapdragon 821 & Sony IMX378

Paket Pembelian Xiaomi Mi 5S

Paket Pembelian Xiaomi Mi 5S
  • Unit Xiaomi Mi 5S 64GB Gold
  • Kepala charger
  • kabel USB
  • SIM card ejector
  • Booklet manual
  • Kartu garansi
Anda dapat membeli atau sekadar cek promo harga terbaru Xiaomi Mi 5S di Sini (klik)

Desain Xiaomi Mi 5S

Desain Xiaomi Mi 5SHarga Xiaomi Mi 5S
Sisi desain mungkin bisa menjadi salah satu keunggulan dari Xiaomi Mi 5S review kali ini. Xiaomi banyak belajar dari desain dan material yang digunakan pada Xiaomi Mi5 dan menghadirkan perbaikannya melalui seri Mi 5S. Seri Xiaomi Mi5 memang cantik, tetapi juga terkenal ringkih karena body kaca dan frame metalnya yang tidak terlalu kuat.

Kini Xiaomi Mi 5S hadir dengan casing metal unibody yang jauh lebih mantap dan kuat jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi5. Smartphone ini tampil elegan dengan desain yang sedikit berbeda dari pendahulunya.

Bezel kanan dan kiri ponsel ini terbilang tipis, tetapi bezel atas dan bawahnya sedikit tebal. Casing belakang Xiaomi Mi 5S yang terbuat dari metal ini terasa nyaman saat digenggam dan ini didukung oleh sisi kanan dan kirinya yang melengkung seperti yang kita temui di Mi5.
Baca juga:Evercoss Genpro X Review: Smartphone 4G dengan Fingerprint Termurah
Finishing metal pada casingnya ini tidak selicin kaca seperti pada ponsel Xiaomi Mi5. Tak hanya itu, Xiaomi Mi 5S sudah mengunakan layar kaca berkontur 2.5D yang menawan. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass pada Mi 5S ini.

Sekilas, Laptophia melihat seri Xiaomi Mi 5S ini menawarkan dimensi yang sedikit lebih besar dan bobot yang sedikit lebih kuat jika dibandingkan dengan Mi5. Unit yang Laptophia Blog review berwarna Gold dengan bezel depan berwarna putih.
Spesifikasi Xiaomi Mi 5SUlasan Xiaomi Mi 5S
Pada ulasan Xiaomi Mi 5S review oleh Laptophia Blog kali ini, sisi depan smartphone 4G LTE ini terdapat sensor proximity, ambient light sensor, LED notifikasi, earpiece, lubang kamera depan, layar full HD berukuran 5,15 inci, sebuah tombol Home fisik kapasitif yang terintegrasi dengan sensor sidik jari ultrasonic, dan dua buah tombol kapasitif. Sebagai tambahan informasi, kedua tombol kapasitif Xiaomi Mi 5S ini dilengkapi dengan backlight.

Sedangkan sisi kiri ponsel Xiaomi Mi  5S 64GB ini terdapat baki slot sim card yang dapat diakses menggunakan SIM card ejector yang ada pada paket penjualan. Sayangnya, smartphone ini tidak dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal, sama seperti pendahulunya.

Pada sisi bawah ponsel Xiaomi Mi 5S ini terdapat port USB Type-C, lubang microphone, dan speaker grill. Sedangkan sisi atas Xiaomi Mi 5S terdapat hanya terdapat port audio 3,5mm. Penempatan tombol dan port smartphone ini memang tak jauh berbeda dengan Xiaomi Mi5.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 4 Review: Andalkan MediaTek Helio X20
Terakhir, pada sisi belakang ponsel 4G LTE kelas menengah rasa flagship Xiaomi Mi 5S ini terdapat terdapat kamera belakang, dual-tone LED flash, microphone, dan logo Xiaomi pada bagian bawah. Pabrikan asal Tiongkok ini menempatkan tombol volume rocker dan tombol power pada sisi kanan ponsel.

Secara umum, Xiaomi Mi 5S menawarkan desain yang cukup menarik dan elegan. Build quality menjadi hal yang paling Laptophia Blog sorot pada ulasan Xiaomi Mi 5S review, mengapa? Ponsel ini hadir dengan bodi yang lebih kuat dan menghilangkan kesan ringkih yang melekat pada seri terdahulu.

Namun, Xiaomi Mi 5S ini tak lagi dilengkapi dengan proteksi antigores dari Gorilla Glass seperti seri Mi5. Jelas, Xiaomi Mi 5S menawarkan build quality yang lebih solid dari pendahulunya.

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Xiaomi Mi 5S

Software & Fitur Xiaomi Mi 5S
Sisi perangkat lunak atau software menjadi salah satu kelebihan Xiaomi Mi 5S review kali ini karena fitur yang diusungnya terbilang lengkap. Saat Laptophia Blog mengulas ponsel gahar Xiaomi Mi 5S ini, sistem operasi yang digunakan adala Android 6.0.1 Marshmallow dengan balutan antarmuka MIUI 8.2.1.0 Global yang kaya fitur.

Perlu diketahui, smartphone Xiaomi Mi 5S ini masuk pasar Indonesia melalui distributor tidak resmi, sehingga kadang konsumen mendapatkan ponsel yang menjalankan ROM MIUI non resmi atau yang sering disebut dengan ROM distro. Ciri khas ROM distro ini tidak dapat di-update melalui OTA (Over The Air).

Laptophia Blog menyarankan untuk melakukan flashing jika mendapat unit dengan ROM non official atau tidak resmi. Agak disayangkan, sampai saat ini ponsel kelas flagship seperti Xiaomi Mi 5S masih belum mendapatkan update ke Android 7.0 Nougat. Sedangkan pendahulunya, Xiaomi Mi5 sudah lebih dahulu menikmati update tersebut.

Seperti biasa, pada ulasan fitur Xiaomi Mi 5S review kali ini kita akan disuguhi tampilan antarmuka MIUI yang simpel, indah, dan customizeable. MIUI menyajikan tampilan awal yang terdiri dari Lockscreen dan Homescreen, tanpa kehadiran menu drawer. Sejak awal, MIUI memang mengedepankan simplisitas atau kesederhanaan yang terinspirasi dari Apple iOS.

Kekuatan MIUI yang banyak disukai oleh pengguna adalah kemampuan kostumisasi tampilan yang sangat luas. Bisa dikatakan semua elemen pada tampilan ponsel dapat dikostumisasi, seperti animasi, theme, wallpaper, dan banyak lagi. Bahkan, wallpaper dan theme dapat dengan mudah diunduh melalui menu yang sudah disediakan.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi 4A: Murah & Kaya Fitur
Fitur yang dkusung oleh MIUI pada ponsel canggih Xiaomi Mi 5S juga terbilang lengkap, yakni Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Lite Mode, App Lock, dual apps, dan dual space.

Fitur yang cukup ‘killer’ adalah Dual Apps yang memungkinkan kita menginstal dua buah aplikasi sosial media dalam satu ponsel, misal dua buah WhatsApp, dua buah BBM, dan sebagainya. Kehadiran dual apps ini sangat bermanfaat bagi konsumen yang memiliki mobilitas tinggi atau sosial media intensif.

Secara umum, perangkat lunak dan fitur yang diusung oleh Xiaomi Mi 5S review ini terbilang matang, stabil, dan smooth. Fitur yang diusungnya sangat lengkap, bahkan Laptophia Blog tidak perlu menginstal aplikasi utiliti tambahan.

Tampilannya yang clean, indah, dan customizable menjadi salah satu kelebihan yang disukai pengguna dari kalangan generasi muda. Laptophia berharap Xiaomi segera merilis update MIUI yang berbasis Android 7.0 Nougat untuk Xiaomi Mi 5S ini.

Benchmark Xiaomi Mi 5S

CPU-Z Xiaomi Mi 5S
CPU-Z Xiaomi Mi 5S
Benchmark Vellamo Xiaomi Mi 5S
Benchmark Vellamo Xiaomi Mi 5S
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Mi 5S
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Mi 5S
Benchmark AnTuTu v6 Xiaomi Mi 5S
Benchmark AnTuTu v6 Xiaomi Mi 5S
Benchmark PCMark Xiaomi Mi 5S
Benchmark PCMark Xiaomi Mi 5S
Benchmark 3DMark Xiaomi Mi 5S
Benchmark 3DMark Xiaomi Mi 5S
Multitouch Tester dan Sensorbox for Android Xiaomi Mi 5S
Multitouch Tester dan Sensorbox for Android Xiaomi Mi 5S

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5S

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5SHasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5SHasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5SHasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5SHasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5S
Foto siang hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5SHasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5SHasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5SHasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5S
Foto macro
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5SHasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5SHasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5SHasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5S
Foto malam hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5S
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5S
Foto malam hari dengan LED flash
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5SHasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5SHasil Foto Kamera Xiaomi Mi 5S
Foto selfie kamera depan

Xiaomi Mi 5S Review

Xiaomi Mi 5S Review
Tim Laptophia Blog telah menggunakan smartphone Xiaomi Mi 5S ini selama hampir sebulan untuk penggunaan regular sehari-hari. Ponsel ini bisa dikatakan best performer di kelas under Rp 4 juta dengan dukungan SoC kelas flagship Snapdragon 821.

Sebuah chipset yang sama dengan yang digunakan oleh LG G6 dan Google Pixel. Jelas, Xiaomi Mi 5S ini sangat cocok bagi mereka yang mendambakan smartphone flagship dengan harga kelas menengah. Semantap apakah sebenarnya ponsel Xiaomi Mi 5S ini? Berikut beberapa poin hasil ulasan Xiaomi Mi 5S review oleh Tim Laptophia Blog.

Layar

Sama seperti seri Mi5, layar Xiaomi Mi 5S yang berukuran 5,15 inci dengan resolusi full HD berteknologi IPS merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Warna yang dihasilkan oleh layar ponsel ini begitu hidup dan punchy. Saturasi warnanya sangat memuaskan mata tanpa terlihat oversaturated dan didukung kontras yang mantap.

Brightness yang dihasilkan oleh layar Xiaomi Mi 5S ini cukup mantap, sehingga tak masalah ketika digunakan di bawah sinar matahari. Respon touchscreen ponsel ini sensitif dan gegas. Tidak kami temui bug sensitifitas layar seperti yang sempat kami dapati di Xiaomi Mi5. Tak hanya itu, viewing angle layar ponsel andalan Xiaomi ini juga luas.
Baca juga:Asus Zenfone 3 Max ZC553KL Review: Laser Max

Performa

Kinerja smartphone Xiaomi Mi 5S merupakan yang terkencang di kelasnya dan itu tidak perlu diragukan lagi menurut Laptophia Blog dengan mengandalkan sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 821 MSM8996 dengan prosesor quad-core Kyro yang terdiri dari dual-core berkecepatan 2,15GHz dan dual-core berkecepatan 1,6GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 3GB jenis LPDDR4. Sedangkan sektor grafis, Xiaomi mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 530.

Sokongan chipset flagship pendahulu Snapdragon 835 ini membuat ponsel Xiaomi Mi 5S merajai benchmark smartphone kelas Rp 4 juta-an. Bisa dikatakan Xiaomi Mi 5S ini smartphone dengan skor benchmark tertinggi untuk smartphone dengan harga di bawah Rp 5 juta. Hal ini tercermin dari penggunaan sehari-hari yang terasa begitu responsif dan bertenaga, tidak pernah terlihat adanya lag.

Multitasking kelas berat pun sanggup ditangain oleh Xiaomi Mi 5S meski unit yang Laptophia ulas hanya mengandalkan RAM 3GB. Bagaimana performa gaming smartphone andalan Xiaomi ini? Semua game HD yang yang ada di platform Android dapat dimainkan dengan lancar tanpa masalah di smartphone monster Xiaomi Mi 5S ini.

Kamera

Berbeda dengan Mi5, Xiaomi Mi 5S mengandalkan spesifikasi kamera yang lebih mantap meski harus kehilangan fitur OIS (Optical Image Stabilization). Ponsel ini mengandalkan dukungan kamera utama berkekuatan 12 megapiksel dengan sensor Sony Exmor RS IMX378 yang berukuran 1/2.3 inci 1,55um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa dengan aperture f/2.0, serta didukung phase-detection autofokus, serta ditemani dengan dual-tone LED flash. Teknologi phase-detection autofokus mampu meningkatkan kecepatan autofokus secara signifikan.

Pabrikan Tiongkok yang tak lama lagi akan melepas Xiaomi Mi6 ini juga membekali Xiaomi Mi 5S kamera depan dengan resolusi 4 megapiksel dengan mengandalkan sensor OmniVision OV4688 berukuran 1/3 inci 2um piksel ditandemkan dengan aperture f/2.0 untuk mengakomodasi foto selfie dan video chat.

Performa kamera menjadi salah satu keunggulan Xiaomi Mi 5S review kali ini. Saat digunakan memotret pada siang hari, foto yang dihasilkan berkualitas tinggi, tajam, warna yang punchy, detail yang dihasilkan tinggi, dan dynamic range yang sangat baik. Laptophia Blog menilai kamera Xiaomi Mi 5S merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya.

 Saat digunakan untuk memotret macro, kecepatan fokus kameranya sangat cepat dan cukup akurat. Foto macro yang dihasilkan juga memuaskan. Detail yang dihasilkan tinggi dan didukung efek bokeh yang mantap.
Baca juga:Asus ROG GL502VS BA328T, Laptop Gaming Bertenaga GeForce GTX 1070M
Saat digunakan untuk memotret low-light atau pada malam hari, Xiaomi Mi 5S ini ternyata tidak terlalu istimewa. Foto yang dihasilkan memang cukup terang dapat terlihat jelas subyeknya. Sayangnya, penurunan detail cukup signifikan, dibarengi noise yang cukup tinggi, dan warna yang sedikit pudar. Sensor Sony IMX378 yang berukuran besar pada Xiaomi Mi 5S tampaknya belum dioptimalkan dengan baik. Ini menjadi PR bagi Xiaomi. Beruntung, dual-tone LED flash yang diusungnya sangat terang.

Kemampuan kamera depan 4 megapiksel pada Xiaomi Mi 5S ini setara dengan Mi5. Foto selfie yang dihasilkan terang dan dapat diandalkan di pelbagai kondisi cahaya. Warna yang dihasilkan kadang agak terlalu warm, tetapi masih bisa dikatakan baik. Kamera depan ponsel ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Audio

Kualitas loudspeaker yang diusung oleh Xiaomi Mi 5S ini bisa dikatakan baik. Volume yang dihasilkan cukup kencang, bahkan sedikit lebih kencang dari Xiaomi Mi5. Saat mendengarkan musik memang kualitasnya tidak istimewa, tetapi sudah lebih dari cukup dengan suara yang cukup bertenaga. Saat menggunakan headphone Sennheiser HD 202 II, audio yang dihasilkan oleh smartphone Xiaomi Mi 5S ini cukup solid dengan bass yang kuat, treble yang detail, dan suara vokal yang jelas.

Baterai

Meski Xiaomi Mi 5S dibekali baterai berkapasitas 3200mAh atau lebih besar dari Xiaomi Mi5, tetapi daya tahannya ternyata tidak jauh berbeda menurut Laptophia Blog. Ponsel ini dilengkapi dengan fitur Quick Charge 3.0 yang daapat mengisi daya dengan cepat, yakni sekitar 1 jam 15 menit dari sisa baterai 15%.

Daya tahan baterai Xiaomi Mi 5S rata-rata mampu bertahan hingga seharian penuh untuk penggunaan sehari-hari ala Laptophia Blog. Kami menggunakannya untuk sosial media yang cukup intensif, musik, kamera, dan juga streaming video.

Memori

Ponsel 4G LTE Xiaomi Mi 5S varian 64GB ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 56,37GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,5 – 1,6GB. Sama seperti pendahulunya, smartphone Mi 5S andalan Xiaomi ini tak dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Namun, ponsel ini mendukung USB OTG dengan port USB Type-C yang diusungnya.
Baca juga:Acer Aspire VX15 Bertenaga GeForce 1050 Ti, Pesaing Asus ROG GL553VE

Kesimpulan

Kesimpulan daru ulasan Xiaomi Mi 5S review kali ini sangat memuaskan. Smartphone ini menawarkan performa tinggi di kelasnya, desain dan build quality yang mantap, baterai yang tahan seharian, dan kamera yang sangat bisa diandalkan.

Jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan, Xiaomi Mi 5S ini bisa dikatakan sebagai ‘best bang for the buck’ atau ponsel paling laik beli dengan harga di bawah Rp 4 juta. Kelemahan utama Xiaomi Mi 5S ini adalah tidak adanya garansi resmi, sehingga after salesnya masih dipertanyakan.

Keunggulan Xiaomi Mi 5S

  • Performa sangat tinggi di kelasnya
  • Kamera mantap, sangat bisa diandalkan
  • Build quality mantap
  • Harga masuk akal

Kelemahan Xiaomi Mi 5S

  • Garansi distributor
  • Fingerprint kadang tidak sensitif

Harga Xiaomi Mi 5S

Harga smartphone Xiaomi Mi 5S terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun saat review ini ditulis adalah Rp 3,3 juta-an untuk varian 32GB. Sedangkan Xiaomi Mi 5S varian 64GB yang Laptophia review rata-rata harganya masih kisaran Rp 3,5 juta-an lebih. Berdasarkan hasil Xiaomi Mi 5S review yang telah tim Laptophia Blog lakukan, smartphone ini menunjukkan performa yang sangat memuaskan.

Tak hanya itu, desain dan build quality mengalami peningkatan pesat jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi5 yang Laptophia review sebelumnya. Kemampuan kamera Xiaomi Mi 5S sangat bisa diandalkan dengan fasil foto yang luar biasa pada siang hari, tetapi standar untuk malam hari atau low-light. Secara umum, Xiaomi Mi 5S merupakan salah satu smartphone paling laik beli untuk kisaran harga di bawah Rp 4 juta.
Anda dapat membeli atau sekadar cek promo harga terbaru Xiaomi Mi 5S di Sini (klik)

Spesifikasi Xiaomi Mi 5S

  • Sistem Operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 821 MSM8996 Pro dengan prosesor quad-core Kyro yang terdiri dari dual-core 2,15GHz dan dual-core 1,6GHz
  • Grafis Adreno 530
  • Kamera 12 megapiksel dengan sensor Sony Exmor RS IMX378 1/2.3 inci 1.55 um piksel, aperture f/2.0, phase-detection autofokus, dual-tone LED flash. Kamera depan 4 megapiksel dengan sensor OmniVision 4688 1/3 inci 2um piksel, aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 5,15 inci, dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 428 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Sunlight Display
  • Memori RAM 3GB, ROM 64GB, tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, 3.5mm audio jack, GPS, dual SIM, NFC, ultrasonic finger print sensor, QuickCharge 3.0
  • Dimensi 145.6 x 70.3 x 8.3 mm berat 145 gram 
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3200mAh
  • Warna Silver, Gray, Gold, Rose Gold
Anda mungkin suka:Xiaomi Mi5 Review: Ponsel Bertenaga Snapdragon 820 Termurah

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :


Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks . .