IBX582004D475488 Asus Zenfone 3 Max ZC520TL Review: Stamina & Slim

Asus Zenfone 3 Max ZC520TL Review: Stamina & Slim



Asus Zenfone 3 Max ZC520TL Review – Setelah mengalami penundaan yang cukup panjang, akhirnya Tim Laptophia telah menyelesaikan artikel ulasan Asus Zenfone 3 Max ZC520TL review. Smartphone ini merupakan penerus dari generasi Zenfone Max yang menonjolkan daya tahan baterai yang mumpuni. Karakteristik tersebut masih dimiliki oleh Zenfone 3 Max ZC520TL, meski kapasitas baterainya tak sebesar pendahulunya.

Asus sendiri menyesuaikan penurunan kapasitas baterai dengan menyusutkan ukuran layar dari 5,5 inci menjadi 5,2 inci. Laptophia Blog mengira itu cukup sepadan. Spesifikasi yang diusung oleh ponsel ini cukup kompetitif. Berikut ini ulasan lengkap Asus Zenfone 3 Max ZC520TL review oleh Tim Laptophia Blog!


Asus Zenfone 3 Max ZC520TL Review: Stamina & Slim

Paket Pembelian Asus Zenfone 3 Max ZC520TL

Paket Pembelian Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
  • Unit Asus Zenfone 3 Max ZC520TL Silver
  • Adapter charger
  • Kabel USB
  • Kabel USB OTG
  • SIM card ejector
  • Booklet manual
  • Kartu garansi
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Asus Zenfone 3 Max ZC520TL di Sini (Klik)

Desain Asus Zenfone 3 Max ZC520TL

Desain Asus Zenfone 3 Max ZC520TLharga Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
Desain menjadi salah satun kekuatan dari Asus Zenfone 3 Max ZC520TL review kali ini. Kapasitas baterai yang besar tidak serta-merta membuat bodi smartphone ini menjadi besar dan teba. Pabrikan asal Taiwan ini telah mendesain sedemikian rupa sehingga Zenfone 3 Max tampil ramping dan tidak terlalu berat.

Asus telah melakukan revolusi desain yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan seri Zenfone Max. Ponsel 4G Zenfone 3 Max ZC520TL ini hadir dengan desain yang lebih modern seperti ponsel masa kini lainnya dengan mengandalkan casing metal unibody yang ditandemkan dengan layar dengan kaca 2.5D yang menawan.

Selain itu, bezel kanan dan kiri yang tipis membuat smartphone ini terlihat begitu menarik. Bagian pinggiran ponsel ini agak membulat atau rounded yang mengingatkan Laptophia pada desain pinggiran Redmi 3S. Hal ini meningkatkan kenyamanan saat menggenggamnya. Bezel atas dan bawah ponsel Zenfone 3 Max ZC520TL memang agak tebal, tetapi hal tersebut tidak mengganggu sebenarnya.

Build quality smartphone Asus Zenfone 3 Max ini sangat solid dan terasa cukup mewah. Hanya saja, body ponsel besutan Asus ini memang agak licin. Pengguna harus lebih hati-hati saat menggenggamnya atau menggunakan casing pelindung tambahan yang tidak licin.
Spesifikasi Asus Zenfone 3 Max ZC520TLReview Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
Penempatan tombol dan port pada ulasan Asus Zenfone 3 Max ZC520TL review kali ini sebenarnya tak banyak berbeda dengan smartphone masa kini. Sisi depan ponsel ini terdapat lubang kamera depan, sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, LED notifikasi, layar HD berukuran 5,2 inci, dan logo Asus pada bagian bawah. Tidak terlihat adanya tombol kapasitif yang biasanya terdapat di bawah layar karena ponsel ini telah menggunakan on-screen button.

Sedangkan pada bagian belakang ponsel dengan baterai berkapasitas besar ini terdapat single LED flash, kamera belakang, microphone, sensor sidik jari, speaker grill, dan logo Asus pada bagian bawah. Pabrikan asal Taiwan ini menempatkan tombol volume rocker dan tombol power pada sisi kanan ponsel.
Baca juga:Review Asus Zenbook Flip UX360UA: Slim, Convertible & Powerful
Sedangkan sisi kiri terdapat baki hybrid slot yang dapat diakses menggunakan SIM card ejector yang ada pada paket penjualan. Smartphone Asus Zenfone 3 Max ZC520TL ini mengusung desain unibody yang mana casing belakang dan baterainya tidak bisa dilepas.

Ini sebenarnya bukan suatu kekurangn karena sekarang ini cukup banyak smartphone yang menawarkan desain seperti ini. Desain unibody memungkinkan dimensi yang lebih kompak dan solid. 

Software Asus Zenfone 3 Max ZC520TL

Software Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
Sisi perangkat lunak atau software merupakan salah satu poin penting dalam review gadget masa kini, begitu juga pada ulasan Asus Zenfone 3 Max ZC520TL review oleh Laptophia Blog kali ini. Smartphone ini hadir dengan mengandalkan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow yang dipadukan dengan balutan antarmuka Zen UI khas Asus.

Selama ini Zen UI dikenal sebagai antarmuka yang menawan, kaya fitur, dan cukup ringan. Beberapa pengguna memang mengeluhkan banyaknya aplikasi bawaan yang kurang berguna atau bloatware. Lalu apakah bloatware ini masih ada di Zenfone 3 Max ZC520TL? Sudah berkurang menurut Laptophia.

Secara umum, penampilan Zen UI ini tak jauh berbeda dengan ponsel Android kebanyakan dengan gaya yang sedikit berbeda. Kita akan disambut dengan tampilan Lockscreen, Homescreen, dan App Drawer. Semua aplikasi yang terinstal di ponsel ini akan tampil di App Drawer.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh smartphone Asus Zen UI pada Zenfone 3 Max ini adalah dukungan fitur yang cukup lengkap di kelasnya. Pabrikan asal Taiwan ini membenamkan beberapa fitur yang berguna, seperti Bluelight Filter, Audio Wizard, Do it Later, File Manager, Glove Mode, Easy Mode, Asus Mobile Manager, Asus ZenMotion (Touch Gesture & Motion Gesture), One Hand Mode, dan masih banyak lagi.

Aplikasi bawaan smartphone 4G LTE besutan Asus ini memang tak sebanyak dulu, antara lain adalah Google Apps, PhotoCollage, MiniMovie, Share Link, WebStorage, BaBe, Puffin Browser, ZenCircle, ZenTalk, Zenfone Care, TripAdvisor, dan beberapa lainnya.
Baca juga:Review Asus ROG G752VS: Andalkan Duet Intel Skylake & Nvidia GeForce Pascal
Fasilitas kostumisasi pada Zen UI juga terbilang lengkap. Kita dapat melakukan kostumusasi pada wallpaper Lockscreen dan Homescreen, mengubah font, memberi warna pada label icon dan mengubah ukurannya, mengganti efek animasi, mengganti icon pack, mengganti theme, transparansi background & status bar, scroll effect, dan sebagainya. Theme, wallpaper, icon pack, dan beberapa parameter lainnya sudah tersedia secara online, sehingga pengguna tinggal mengunduhnya sesuai selera.

Secara umum, ulasan Asus Zenfone 3 review pada sisi perangkat lunak atau software ini menawarkan fitur yang lengkap dan kostumisasi yang lengkap. Performa UI nya memang tidak se-smooth Zenfone 3 ZE520KL yang Laptophia review sebelumnya. Akan tetapi juga tidak lambat. Semoga Asus dapat memberikan update untuk lebih mengoptimalkan dan meningkatkan performanya.

Benchmark Asus Zenfone 3 Max ZC520TL

Benchmark Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
CPU-Z Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
AnTuTu v6
Benchmark AnTuTu v6 Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
Vellamo
Benchmark Vellamo Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
PCMark
Benchmark PCMark Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
3DMark
benchmark 3DMark Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
Geekbench 4
Benchmark Geekbench 4 Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
Multitouch Tester
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Asus Zenfone 3 Max ZC520TL

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 3 Max ZC520TL

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 3 Max ZC520TLHasil Foto Kamera Asus Zenfone 3 Max ZC520TLHasil Foto Kamera Asus Zenfone 3 Max ZC520TLP_20161209_163145
Foto Siang Hari
Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 3 Max ZC520TLP_20161204_170359Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 3 Max ZC520TLP_20161209_164001
Foto Macro
Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 3 Max ZC520TLP_20161202_184432Hasil Foto Kamera Asus Zenfone 3 Max ZC520TLHasil Foto Kamera Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
Foto Malam Hari
P_20161211_183414P_20161211_211958
Foto Malam Hari dengan LED flash
P_20161125_010408_BF
Foto Selfie Kamera Depan

Asus Zenfone 3 Max ZC520TL Review

Asus Zenfone 3 Max ZC520TL Review
Seperti biasa, pada bagian ini tim Laptophia Blog akan menyampaikan kesimpulan dari ulasan Asus Zenfone 3 Max ZC520TL review kali ini. Seperti yang sudah Laptophia singgung pada bagian awal artikel. Smartphone ini menawarkan konsep yang berbeda dari pendahulunya.

Meski sama-sama mengusung baterai berkapasitas besar, Zenfone 3 Max ini hadir dengan desain yang lebih slim, ukuran layar yang lebih kecil, dan tidak disertai dengan fasilitas laser-autofokus. Selain itu, Asus memutuskan beralih ke chipset besutan MediaTek untuk seri ini.

Layar

Asus membekali ponsel Zenfone 3 Max ZC520TL ini dengan layar HD berukuran 5,2 inci, lebih kecil dari pendahulunya yang ditandemkan dengan kaca 2.5D. Kualitas layar ponsel Zenfone 3 Max laik mendapat acungan jempol.

Warna yang dihasilkan cukup vibrant, brightness yang pas, dan kontras yang memadai. Kita juga masih dapat melakukan tuning layar melalui fasilitas Asus Splendid. Respon touchscrennya gegas dan sensitif, viewing angle-nya cukup luas khas teknologi IPS. Namun, performanya ketika digunakan di bawah sinar matahari cenderung standar saja.

Performa

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang mengandalkan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 410, Asus memutuskan untuk menggunakan chipset besutan MediaTek untuk seri Zenfone 3 Max ZC520TL ini. Ponsel 4G ini mengandalkan sokongan chipset MediaTek MT6737 yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,25GHz yang ditandemkan dengan RAM 2GB. Sedangkan sektor grafis, Asus mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Mali-T720.
Baca juga:Asus Zenfone 3 ZE520KL Review: Compact & Shiny
Performa UI atau antarmuka ZenUI pada ponsel ini memang tak terlalu smooth, terkesan agak berat. Laptophia mengira ini hanyalah masalah optimasi yang kurang matang. Buka tutup aplikasi dan perpindahan menu berjalan mulus meski tak se-smooth yang dibayangkan.

Setelah banyak aplikasi sosial media dan aplikasi lainnya, belum terlihat adanya penurunan kualitas. Laptophia Blog juga sempat memainkan game Real Racing 3 dan berjalan mulus tanpa kendala. Panas yang dihasilkan smartphone ini terbilang wajar dan tidak ada tanda-tanda overheat.

Kamera

Meski tak dilengkapi dengan laser-autofokus, kamera Zenfone 3 Max ZC520TL ini tetap bisa diandalkan di kelasnya. Ponsel 4G ini didukung kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel yang diperkuat sensor BSI yang didukung fitur autofokus dengan lima elemen lensa Largan aperture f/2.2, serta diperkuat LED flash untuk memotret di tempat kurang cahaya. Ponsel ini juga dipersenjatai dengan kamera depan 5 megapiksel aperture f/2.0 fixed focus untuk foto selfie dan video call.

Secara umum, kecepatan autofokusnya memang agak lambat karena tidak adanya dukungan laser-autofokus dan phase-detection autofokus. Namun, hasil jepretan kamera Zenfone 3 Max ZC520TL laik mendapat acungan jempol. Saat siang hari dan macro, kamera mampu menghasilkan foto dengan warna yang cukup punchy, detail yang cukup, tajam, dan bokeh yang dihasilkan juga terbilang oke.

Noise memang muncul, tetapi menurut Laptophia masih tergolong aman dan tidak mengganggu kualitas jepretan. Saat malam hari, kamera Zenfone 3 Max ZC520TL mengalami penurunan detail yang cukup signifikan dan noise yang terbilang tinggi. Kecepatan fokus pada malam hari juga merosot drastis. Meski demikian, kemampuannya masih bisa diandalkan karena obyek foto masih terlihat jelas. LED flash yang diusungnya cukup terang, meski tak istimewa.

Audio

Speaker bawaan Asus Zenfone 3 Max ZC520TL ini tidak terlalu baik menurut Laptophia Blog. Keluaran suaranya memang cukup kencang, tetapi tidak bertenaga dan didominasi oleh treble. Sehingga, saat memainkan musik, suaranya terdengar cempreng.

Lain halnya ketika mendengarkannya melalui headset, kualitas suara atau audio Zenfone 3 Max ZC520TL besutan Asus ini terbilang solid, bass yang kuat dan treble yang detail. Tim Laptophia Blog mengujinya menggunakan earphone Elibud Sabia V3.

Baterai

Baterai menjadi unggulan dari ulasan Asus Zenfone 3 Max ZC520TL review kali ini, Kapasitas yang mencapai 4100mAh ini diklaim mampu memenuhi kebutuhan pengguna yang memakai smartphone secara intensif. Penggunaan normal, ponsel ini mampu bertahan hingga 2 hari.

Laptophia menjajalnya dengan penggunaan lebih intensif, hasilnya? Masih mampu bertahan antara 1 – 1,5 hari. Daya tahannya dapat lebih singkat jika penggunaan lebih intensif lagi, seperti bermain game secara non stop.

Memori

Ponsel ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 9,67GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 600 – 700-an MB. Sensor sidik jari pada ponsel Asus Zenfone 3 Max ZC520TL terbilang rata-rata di kelasnya. Jika dibandingkan dengan Zenfone 3 ZE520KL, kecepatan sensor sidik jari Zenfone 3 Max ZC520TL kalah cepat.
Baca juga:Xiaomi Redmi 3X Review: Terjangkau dengan Fitur Lengkap

Kesimpulan

Secara umum, Asus Zenfone 3 Max ZC520TL menunjukkan bahwa baterai berkapasitas besar tidak lantas mengorbankan desain dan ukuran. Smartphone ini tetap tampil slim dan elegan. Spesifikasi yang diusungnya relatif memadai untuk kebutuhan komunikasi masa kini dan diperkuat kamera yang bisa diandalkan.

Keunggulan Asus Zenfone 3 Max ZC520TL

  • Baterai berkapasitas besar & dilengkapi reverse charging
  • Desain slim & elegan
  • Kamera bisa diandalkan

Kelemahan Asus Zenfone 3 Max ZC520TL

  • Speaker agak cempreng
  • Performa kurang smooth

Harga Asus Zenfone 3 Max ZC520TL

Harga resmi smartphone Asus Zenfone 3 Max ZC520TL di Indonesia adalah Rp 2.199.000. Harga ini dapat berubah sesuai dengan kondisi pasar. Berdasarkan hasil ulasan Asus Zenfone 3 Max ZC520TL review yang telah Laptophia Blog lakukan, ponsel ini laik dipilih.

Kapasitas baterai yang besar dan kemampuan reverse charging menjadi fitur andalan yang tak dimiliki para pesaingnya. Jelas, ponsel Asus Zenfone 3 Max ZC520TL laik dipertimbangkan menurut Laptophia Blog.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Asus Zenfone 3 Max ZC520TL di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus Zenfone 3 Max ZC520TL

  • Sistem Operasi Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka ZenUI 3.0
  • Chipset MediaTek MT6737 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,25GHz
  • Grafis Mali-T720
  • Kamera 13 megapiksel autofokus, sensor BSI, lensa aperture f/2.2, LED flash, PixelMaster. Kamera depan 5 megapiksel fixed focus dengan lensa wide-angle
  • Layar 5,2 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 282 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB/3GB, ROM 16GB/32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 149.5 x 73.7 x 8.6 mm berat 148 gram
  • Baterai 4100mAh lithium polymer
  • Warna Titanium Grey, Glacier Silver, Sand Gold
Anda mungkin suka: Xiaomi Power Bank Pro 10.000mAh USB Type-C Review
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Berlangganan artikel melalui email

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks