eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus Zenbook Flip UX360UA: Slim, Convertible & Powerful

Review Asus Zenbook Flip UX360UA – Setelah sempat melakukan hands on di ajang Zenvolution 2016, kini Laptophia Blog berkesempatan membahas review Asus Zenbook Flip UX360UA yang merupakan salah satu notebook convertible terbaik saat ini. Sebagai laptop convertible, Asus Zenbook Flip UX360UA ini hadir dengan layar sentuh yang dapat diputar hingga 360 derajat sesuai kebutuhan.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh notebook Asus Zenbook Flip UX360UA menurut Laptophia Blog adalah dukungan prosesor Intel Core i7 generasi Skylake yang powerful untuk menangani komputasi masa kini. Tak hanya mengandalkan kinerja yang tinggi, prosesor Intel Core i7 generasi Skylake ini tergolong efisien dalam hal konsumsi daya. Penasaran? Simak review Asus Zenbook Flip UX360UA oleh Laptophia Blog kali ini.


Review Asus Zenbook Flip UX360UA

Performa Asus Zenbook Flip UX360UA

Seperti apa performa yang ditawarkan oleh laptop convertible Zenbook Flip UX360UA besutan Asus ini? Performa adalah kelebihan utama yang ditawarkan oleh review Asus Zenbook Flip UX360UA menurut Laptophia Blog karena mengandalkan dukungan prosesor Intel Core i7-6500U generasi keenam atau yang sering disebut dengan nama sandi Skylake yang mengusung dual-core yang berlari dengan kecepatan standar 2,5GHz dan TurboBoost hingga 3,1GHz.

Prosesor Intel Core i7-6500U yang digunakan oleh Zenbook Flip UX360UA merupakan salah satu kasta tertinggi prosesor mobile besutan Intel. Prosesor generasi Skylake ini diproduksi dengan teknologi 14 nanometer, sehingga lebih hemat konsumsi daya dan relatif lebih dingin jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tak heran, prosesor Intel Core i7-6500U ini hanya mengusung TDP (Thermal Design Power) 15W saja, sehingga daya tahan baterai Zenbook Flip UX360UA menjadi lebih lama.
Baca juga:Asus Zenbook 3 UX390UA Bertenaga Intel Kaby Lake Hadir di Indonesia
Salah satu keunggulan prosesor generasi keenam besutan Intel ini adalah konsumsi dayanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, yakni 25W untuk titik tertinggi dan 7,5W untuk titik terendahnya. Jika dibandingkan generasi Broadwell, prosesor Intel Core i7-6500U Skylake yang digunakan oleh Zenbook Flip UX360UA menawarkan peningkatan kinerja antara 5 – 10%.

Performa laptop Zenbook Flip UX360UA besutan Asus ini jelas tak perlu diragukan lagi untuk menangani komputasi menengah dan multitasking. Adapun varian Zenbook Flip UX360UA yang lebih murah dengan prosesor Intel Core i5-6200U.
Performa Asus Zenbook Flip UX360UA
Bagaimana dengan kemampuan grafis Asus Zenbook Flip UX360UA ini? Laptop convertible berdesain slim ini memang hanya mengandalkan Intel HD Graphics 520, tetapi performanya tak bisa dipandang sebelah mata.

GPU (Graphics Processing Unit) Intel HD Graphics 520 yang menggunakan nama sandi GT2 ini mengusung 24 execution unit (EUs) dengan kecepatan 300 – 1050MHz dan telah mendukung fitur OpenGL, DirectX 12, Intel InTru 3D technology, clear video HD, QuickSync. dan WiDi.

Performa grafis ini setara dengan grafis diskrit Nvidia GeForce 820M, tak heran game-game 3D keluaran 2015 mampu dimainkan di notebook Zenbook Flip UX360UA dengan pengaturan grafis yang telah disesuaikan.

Benchmark 3DMark Asus Zenbook Flip UX360UA

3dmark
3dmark2
Pada benchmark grafis 3DMark, Asus Zenbook Flip UX360UA cukup bersaing dengan menghasilkan skor 851 untuk Fire Strike, 3536 untuk Sky Diver, 5756 untuk Cloud Gate, dan 15.051 untuk Ice Storm.

Benchmark PCMark Asus Zenbook Flip UX360UA

pcmark creative
Sedangkan pada benchmark yang berorientasi pada komputasi sehari-hari yakni PCMark, Asus Zenbook Flip UX360UA ini mampu mencetak skor 3.367 poin.

Benchmark Sisoft Sandra Asus Zenbook Flip UX360UA

benchmar si soft sandrasisoft sandra2
Pada benchmark sintetis Sisoft Sandra, Asus Zenbook Flip UX360UA mampu mencetak skor 7,59kPT

Benchmark Cinebench R15 Asus Zenbook Flip UX360UA

cinebench
Sedangkan pada benchmark yang berorientasi pada multimedia dan video rendering Cinebench, Asus Zenbook Flip UX360UA ini mampu mencetak skor OpenGL 36fps dan CPU 261 cb.
Baca juga:Asus A456UR, Andalkan Duet Skylake & GeForce GT 930MX

Storage Asus Zenbook Flip UX360UA

CrystalMark
Performa prosesor yang kencang saja tidak cukup untuk menghadirkan performa yang gegas, sehingga Asus membekali Zenbook Flip UX360UA dengan media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) 512GB dengan antarmuka SATA 3 M.2.

Kelebihan utama SSD dibandingkan hard disk adalah menawarkan performa transfer rate yang jauh lebih tinggi, lebih hemat konsumsi daya, dan bekerja tanpa suara. Berdasarkan hasil benchmark CrystalDiskMark, SSD yang diusung oleh Asus Zenbook Flip UX360UA ini mampu menghasilkan kecepatan read hingga 546,6MB/s dan write 456MB/s.

Kecepatan storage ini penting untuk mendongkrak performa laptop secara keseluruhan. Hal ini dapat dirasakan dengan proses booting yang cepat, loading aplikasi dan game yang lebih gegas, dan proses copy-paste data yang kencang, sehingga dapat menghemat waktu.

Baterai Asus Zenbook Flip UX360UA

baterai
Selain menawarkan performa yang tinggi, daya tahan baterai juga menjadi daya tarik utama pada review Asus Zenbook Flip UX360UA oleh Laptophia Blog kali ini. Zenbook Flip UX360UA ini didukung baterai mumpuni dengan kapasitas 3 cell 57 Whrs jenis lithium polymer.

Asus mengklaim laptop dengan layar yang dapat diputar 360 derajat ini mampu bertahan hingga 12 jam penggunaan. Berdasarkan hasil benchmark aplikasi Battery Mark, Zenbook Flip UX360UA mampu bertahan hingga 10 jam untuk penggunaan komputasi standar, seperti mengetik, browsing, menonton video, dan juga sesekali bermain game.

Namun, Asus Zenbook Flip UX360UA ini digunakan secara intensif untuk menangani komputasi berat seperti edit dan render video, maka baterai masih sanggup bertahan 5 hingga 6 jam. Secara umum, Laptophia Blog menilai daya tahan baterai Asus Zenbook Flip UX360UA laik mendapatkan acungan jempol.
Baca juga:Menjajal Asus Zenbook Flip UX360UA di Zenvolution 2016

Desain Asus Zenbook Flip UX360UA

Desain Asus Zenbook Flip UX360UA
Beralih ke sektor desain, pada review Asus Zenbook Flip UX360UA tampak menunjukkan kemewahan, elegan, minimlis, dan kesan kokoh yang menjadi ciri khas Zenbook series. Laptop ini dibalut dengan body berbahan aluminium yang kokoh, solid, dan terkesan begitu elegan.

Sisi belakang layar terdapat logo Asus dengan warna krom yang menarik dan ditandemkan dengan permukaan bertekstur lingkaran Zen yang memesona. Tak hanya itu, tepian laptop ini agak membulat, sehingga cukup nyaman ketika dibawa dengan tangan.

Dimensi Zenbook Flip UX360UA ini ternyata sangat tipis dan ringan, sehingga cocok bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Tebal laptop convertible ini hanya 13,9mm dan lbobotnya hanya 1,3kg saja.
P_20161018_180612_vHDR_Auto
Selain itu, bagian engsel juga menjadi hal yang istimewa dari Zenbook Flip UX360UA ini karena menggunakan desain unik yang disebut dengan Jewel Hinge. Julukan ini disematkan karana Zenbook Flip UX360UA mengusung engsel yang kuat dan dibalut desain indah menyerupai perhiasan.

Engsel ini terbuat dari baja karbon yang kuat dan ringan, serta memiliki durabilitas yang tak perlu diragukan lagi. Asus mengatakan pihaknya telah menguji engsel ini hingga 20 ribu kali buka tutup untuk membuktikan durabilitasnya.
P_20161018_180406_vHDR_Auto
Sisi kanan laptop Asus Zenbook Flip UX360UA terdapat port HDMI, USB 3.1 Type C, USB 3.0, audio jack dan port charger, dan card reader.
P_20161018_180414_vHDR_Auto
Sedangkan sisi kirinya terdapat port USB, lubang exhaust untuk membuang panas, tombol power, dan pengatur volume. Beberapa port seperti VGA dan LAN memang sengaja tidak disertakan untuk menjaga desainnya tetap tipis.

Flip Design dengan 4 Mode

laptoptablet
presentationtent
kelebihan utama yang ditawarkan oleh Asus Zenbook Flip UX360UA sebagai sebuah laptop convertible adalah dilengkapi dengan layar sentuh yang dapat diputar 360 derajat. hal ini memungkinkan notebook Zenbook Flip UX360UA ini bertransformasi dalam empat bentuk dan fungsi yang berbeda, yakni mode laptop, mode tablet, mode tent, dan mode presentation.

Tentunya keempat mode ini sangat membantu bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi tanpa membutuhkan perangkat yang berbeda. Saat Laptophia Blog menjajal Zenbook Flip UX360UA ini, kesan pertama saat memutar layarnya dan menjajal mode yang disediakan adalah smooth dan kuat.
Baca juga:Asus Zenfone 3 ZE520KL Review: Compact & Shiny

Kenyamanan Asus Zenbook Flip UX360UA

Kenyamanan Asus Zenbook Flip UX360UA
Sektor kenyamanan dalam mengetik seringkali dilupakan oleh konsumen saat memilih notebook yang akan dibelinya. Asus mengakomodasi hal ini pada Zenbook Flip UX360UA dengan membekalinya keyboard dan touchpad yang nyaman.

Laptop ini dilengkapi dengan keyboard berdesain chicklet dengan tuts yang berukuran cukup besar. Laptophia menjajal Zenbook Flip UX360UA untuk mengetik, kesan yang dirasakan adalah empuk, nyaman, dan ideal untuk mengetik dalam jangka waktu lama.
P_20161018_180518_vHDR_Auto
Pada review Asus Zenbook Flip UX360UA kali ini, tapuchpad yang diusung berukuran cukup besar dan relatif nyaman digunakan. Di sana juga terdapat sensor sidik jari atau fingerprint sensor. Informasi yang Laptophia Blog terima, touchpad Zenbook Flip UX360UA didukung fitur smart gesture yang dinamakan dengan Precision Touch Pad (PTP).

Secara sederhana fitur ini adalah serangkai pola gerakan khusus yang telah dibuat secara sistematis untuk pengoprasian touchpad yang lebih nyaman. Penasaran? Berikut ini beberapa gasture yang dapat kita gunakan untuk mendukung aktivitas komputasi sehari-hari.
finger

Review Asus Zenbook Flip UX360UA

Laptophia Blog telah membahas performa, fitur, desain, dan kenyamanan dari laptop Asus Zenbook Flip UX360UA pada bagian awal. Laptop ini memang cukup menarik dari sisi konsep desain maupun spesifikasinya. Tak hanya itu, Asus juga membekali Zenbook Flip UX360UA dengan layar berkualitas tinggi dan audio yang berkelas, sehingga mampu memberikan pengalaman audio visual yang unggul di kelasnya.

Layar

Review Asus Zenbook Flip UX360UA
Asus membekali laptop Zenbook Flip UX360UA dengan layar sentuh atau touchscreen berukuran 13,3 inci jenis IPS (In-Plane Switching) LCD Asus dengan LED (Light Emiting Diode) backlight resolusi Quad HD+ 3200 x 1800 piksel yang diklaim memiliki cakupan warna atau color gamut 72% NTSC.

Hal ini sangat mendukung kenyamanan pengguna saat bekerja di depan laptop dalam waktu lama. Dukungan resolusi yang tinggi membuatnya cocok untuk mengakomodasi komputasi harian atau multimedia viewing.

Laptophia Blog melihat layar notebook Asus Zenbook Flip UX360UA mampu menghasilkan warna yang memanjakan mata, tajam, dan terang. Tak hanya itu, respon touchscreen laptop ini terbilang gegas dan sensitif.

Dukungan teknologi panel IPS membuat viewing angle layarnya luas, sehingga kualitas gambar tidak akan menurun atau terdistorsi meski dilihat dari sudut yang miring sekalipun. Kelebihan layar laptop ini adalah dukungan optimasi yang melimpah dengan disematkannya fitur Asus Splendid Technology, Tru2Life Video, dan TruVivid.

Pengguna dapat mengatur setting layar melalui aplikasi Asus Splendid dan disediakan empat mode yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yakni Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.
Asus Splendid
  • Normal Mode. Pada mode ini, LCD telah diprogram (setting) secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual. Penggunaan mode ini cocok untuk bekerja sehari hari, seperti mengedit dokumen dan melihat gambar.
  • Eye Care Mode. Pada mode kecerahan pada cahaya biru di layar akan direduksi untuk menghindari cedera pada retina mata. Mode ini dirancang untuk keperluan penggunaan laptop dalam waktu yang lama.
  • Vivid Mode. Pada mode ini pengguna akan mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Itu berguna untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup untuk melihat gambar seperti pemandangan di dalam film, foto dan lainnya.
  • Manual Mode. Pada mode ini, pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar sesuai dengan preferensi yang diinginkan.
Baca juga:Asus Zenbook Flip UX360CA, Layar Putar dengan Baterai 12 Jam

Audio

P_20161018_180558_vHDR_Auto
Sektor audio juga menjadi salah satu daya tarik dari laptop convertible Asus Zenbook Flip UX360UA ini dengan membekali laptop berlayar putar ini dengan speaker stereo 1,6W dari Harman/Kardon yang didukung teknologi Asus SonicMaster untuk memanjakan telinga pengguna.

Siapa yang tak kenal Harman/Kardon? Harman/Kardon adalah perusahaan audio terkemuka yang memproduksi speaker-speaker berkualitas tinggi dan membidik pasar kelas atas. Asus masih mengkombinasikannya dengan teknologi SonicMaster yang selama ini menjadi andalannya untuk memanjakan telinga pengguna.
audio
Asus menyematkan fitur AudioWizard yang menghadirkan beberapa setting default atau preset untuk pelbagai kebutuhan pengguna, seperti Music Mode, Movie Mode, Recording Mode, Gaming Mode, dan Speech Mode.

Berdasarkan pengujian yang Laptophia Blog lakukan, Asus Zenbook Flip UX360UA ini mampu menghasilkan suara yang cukup kencang di kelasnya. Tak hanya sekadar kencang, kuailtas audionnya juga sanga memanjakan telinga dengan kombinasi treble dan bass yang seimbang. Jelas, ini sangat memanjakan pengguna dalam menikmati konten multimedia.

Windows 10 Pre-installed

Asus telah membekali Zenbook Flip UX360UA ini dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 original pre-installed di dalamnya, sehingga pengguna tak perlu repot membeli lisensi dan menginstal sistem operasi lagi untuk menggunakan laptop ini.

Kelebihan Asus Zenbook Flip UX360UA

  • Konsep 2 in 1 dengan layar putar 360 derajat
  • Dimensi tipis dan ringan
  • Kinerja bertenaga
  • Baterai tahan lama

Kekurangan Asus Zenbook Flip UX360UA

  • -

Harga Asus Zenbook Flip UX360UA

Harga laptop convertible Asus Zenbook Flip UX360UA terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah Rp 17 juta-an untuk varian dengan prosesor Intel Core i7 dan kapasitas SSD 512GB.

Berdasarkan hasil review yang telah Laptophia Blog lakukan, laptop Asus Zenbook Flip UX360UA ini hadir dengan desain menawan, elegan, dan didukung build quality yang sangat mantap. Tak hanya itu, Zenbook Flip UX360UA ini hadir dengan dimensi yang kompak, tipis dan bobot yang sangat ringan.

Dukungan duet prosesor Intel Core i7 generasi Skylake dan kapasitas RAM 8GB mampu memuntahkan kinerja yang powerful tanpa mengorbankan mobilitas. Secara umum, Asus Zenbook Flip UX360UA ini merupakan salah satu pilihan terbaik bagi konsumen yang membutuhkan laptop convertible dengan kinerja tinggi untuk mendukung mobilitas.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga laptop Asus Zenbook Flip UX360UA di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus Zenbook Flip UX360UA

  • Layar sentuh IPS LCD dengan LED backlight 13,3 inci resolusi Quad HD+ 3200 x 1800 piksel, 72% NTSC color gamut, Bisa diputar 360 derajat
  • Prosesor Intel Core i7-6500U dual-core 2,5GHz TurboBoost 3,1GHz
  • Prosesor Intel Core i5-6200U dual-core 2,3GHz TurboBoost 2,8GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel HD Graphics 520 
  • Memori RAM 8GB PDDR3L-1866MHz
  • Storage SSD 512GB SATA3 M.2 SSD
  • Konektifitas WiFi, Bluetooth, Port USB 3.0, Port USB Type-C, Port micro HDMI, card reader
  • Dual stereo Harman/Kardon 1.6W Speaker, Asus SonicMaster Technology
  • Kamera depan dengan resolusi HD 720p
  • Baterai 3 Cells 57 Whrs Polymer Battery
  • Sistem Operasi Windows 10 Home x64
  • Dimensi 323 x 220 x 13.9 mm berat 1,27 kilogram
  • Warna Grey & Rose Gold
Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone 3 ZE520KL: A Luxurious Taste