eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Xiaomi Mi5 Review: Ponsel Bertenaga Snapdragon 820 Termurah

Xiaomi Mi5 Review: Ponsel Bertenaga Snapdragon 820 Termurah – Setelah mendarat beberapa waktu lalu, kini saatnya tim Laptophia Blog mengulas Xiaomi Mi5 review. Harus diakui bahwa Xiaomi Mi5 bukanlah smartphone baru dan telah dirilis kurang lebih setahun yang lalu. Meski demikian, smartphone penerus Xiaomi Mi4 ini masih sangat laik diperhitungkan di kelas menengah. Xiaomi Mi5 merupakan salah satu smartphone dengan kinerja tertinggi di kelasnya.

Hal ini tak lepas dari penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 820 yang digunakan oleh jajaran smartphone kelas flagship 2016. Laptohia Blog juga melihat Xiaomi Mi5 sebagai salah satu smartphone dengan chipset Snapdragon 820 termurah saat ini. Selain itu, smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) Xiaomi Mi5 ini menawarkan desain yang cantik dan kamera yang bersaing di kelasnya. Penasaran? berikut ulasan lengkap Xiaomi Mi5 review oleh Laptophia Blog!


Xiaomi Mi5 Review: Ponsel Bertenaga Snapdragon 820 Termurah

Paket Pembelian Xiaomi Mi5

Paket Pembelian Xiaomi Mi5
  • Unit Xiaomi Mi5 32GB White
  • Kepala charger
  • kabel USB
  • SIM card ejector
  • Booklet manual
  • Kartu garansi

Desain Xiaomi Mi5

Desain Xiaomi Mi5Harga Xiaomi Mi5
Desain merupakan salah satu keunggulan Xiaomi Mi5 review kali ini menurut tim Laptophia Blog. Smartphone ini banyak mengadopsi gaya desain Mi Note series dan ini terlihat dar lengkungan di kedua sisi casing belakang yang membuatnya terlihat cantik dan nyaman digenggam.

Sekilas, jika dilihat dari depan ponsel andalan Xiaomi ini seperti mengusung desain bezelless atau tanpa bezel pada sisi kanan dan kiri. Namun, sebenarnya terdapat bezel hitam tipis di sekeliling layar. Ini mengingatkan Laptophia pada desain ZTE Blade A711 yang pernah diulas beberapa waktu lalu.

Smartphone Xiaomi Mi5 ini menggunakan frame berbahan aluminium dan ditandemkan dengan casing berlapis kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 4. Balutan casing kaca ini membuat ponsel Xiaomi Mi5 ini agak licin dan rawan slip ketika digenggam. Ada beberapa varian warna yang dimiliki oleh Xiaomi Mi5, tetapi unit yang Laptophia terima berwarna putih.

Informasi yang Laptophia himpun, konon Xiaomi Mi5 ini agak ringkih dan mudah bengkok. Laptophia Blog belum membuktikan hal ini dan informasi ini hanya berdasarkan informasi dari forum dan YouTube.
Baca juga:Pre-order Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus Dibuka di Indonesia
Spesifikasi Xiaomi Mi5Fitur Xiaomi Mi5
Pada ulasan Xiaomi Mi5 review oleh Laptophia Blog kali ini, bagian depan ponsel terdapat sensor proximity, ambient light sensor, LED notifikasi, earpiece, lubang kamera depan, layar full HD berukuran 5,15 inci, sebuah tombol Home fisik yang terintegrasi dengan sensor sidik jari, dan dua buah tombol kapasitif. Sebagai tambahan informasi, kedua tombol kapasitif Xiaomi Mi5 ini dilengkapi dengan backlight.

Sedangkan pada sisi belakang ponsel 4G LTE (Long Term Evolution) Xiaomi Mi5 ini terdapat terdapat kamera belakang, dual-tone LED flash, dan logo Xiaomi pada bagian bawah. Pabrikan asal Tiongkok ini menempatkan tombol volume rocker dan tombol power pada sisi kanan ponsel.

Sedangkan sisi kiri ponsel Xiaomi Mi5 32GB ini terdapat baki slot sim card yang dapat diakses menggunakan SIM card ejector yang ada pada paket penjualan. Sayangnya, smartphone ini tidak dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Sedangkan sisi bawah ponsel Xiaomi Mi5 ini terdapat port USB Type-C, lubang microphone, dan speaker grill. Sedangkan sisi atas Xiaomi Mi5 ini terdapat microphone, infrared, dan port audio 3,5mm.

Secara umum, Xiaomi Mi5 review pada sisi desain ini menawarkan penampilan yang cantik dan begitu menggoda. Smartphone ini sangat nyaman digenggam, tetapi agak licin. Build quality sebenarnya cukup solid, tetapi banyak yang berpendapat bahwa frame-nya terlalu lunak dan ringkih. Penggunaan casing pelindung dan tempered glass tetap menjadi saran yang Laptophia anjurkan bagi pengguna Mi5.


Baca juga:Unboxing Evercoss Genpro X S50D, Spesifikasi Menggoda dengan Harga Murah

Software & Fitur Xiaomi Mi5

Software & Fitur Xiaomi Mi5
Sisi software atau perangkat lunak pada Xiaomi Mi5 review kali ini relatif tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan smartphone Xiaomi lainnya. Xiaomi Mi5 menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan balutan antarmuka MIUI 8. Pada review kali ini, Laptophia Blog menggunakan ROM MIUI 8.1.2 Global Stable.

Muncul banyak pertanyaan, apakah ponsel Xiaomi Mi5 ini akan mendapat update ke Android 7.0 Nougat? Jawabnya adalah ya. Smartphone Xiaomi Mi5 ini akan mendapat update MIUI 8.2 yang berbasis Android 7.0 Nougat. Saat ini update baru tersedia untuk pengguna ROM MIUI China Stable. Rilis update ke ROM MIUI Global seharusnya tak akan lama lagi.

Bagi pengguna smartphone Xiaomi, tentu tak asing lagi dengan tampilan antarmukanya yang cenderung simpel dan cantik. MIUI menawarkan perubahan dan modifikasi yang signifikan dari OS Android stock, mulai dari penampilan hingga beberapa elemen sistemnya. MIUI tampil simpel dengan menghadirkan Lockscreen dan Homescreen, tanpa kehadiran App Drawer. Awalnya tampilan model seperti ini diadaptasi dari iPhone, tetapi akhir-akhir ini mulai banyak yang menggunakan tampilan menu tanpa app drawer.

Salah satu kekuatan MIUI pada Xiaomi Mi5 ini selain tampilannya yang simpel dan indah, disediakan aneka macam kostumisasi yang sangat lengkap. Hampir semua elemen pada tampilan ponsel dapat dikostumisasi, seperti animasi, theme, wallpaper, dan banyak lagi. Bahkan, wallpaper dan theme dapat dengan mudah diunduh melalui menu yang sudah disediakan.

Selain menawarkan tampilan yang indah, MIUI pada ponsel Xiaomi Mi5 ini juga didukung fitur yang sangat melimpah. Beberapa fitur unggulan yang menjadi andalan smartphone asal Tiongkok ini antara lain adalah Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Lite Mode, App Lock, dual apps, dan dual space.

Dual Apps dan Dual Space juga merupakan salah satu fitur killer dari Xiaomi Mi5 review kali ini. Fitur ini memungkinkan kita menjalankan dua aplikasi sosial media sekaligus dalam sebuah smartphone. Sedangkan dual space memungkinkan kita menghadirkan dua desktop tampilan untuk keperluan yang berbeda, misal untuk kantor dan pribadi.
Baca juga:Asus Zenfone 3 Max ZC553KL Review: Laser Max
Secara umum, MIUI pada ulasan Xiaomi Mi5 review ini bagai dua sisi mata uang. Di sisi lain, MIUI menawarkan tampilan yang indah, customizeable, kinerja yang smooth, dan fitur yang sangat melimpah. Di sisi lainnya, pengguna yang mendambakan pengalaman Android stock mungkin tidak menyukai MIUI ini. Laptophia Blog sendiri menilai bahawa MIUI merupakan salah satu kekuatan dari Xiaomi dan dukungan update secara reguler merupakan salah satu daya tariknya.

Benchmark Xiaomi Mi5

Benchmark Xiaomi Mi5
CPU-Z Xiaomi Mi5
Benchmark AnTuTu Xiaomi Mi5
Benchmark AnTuTu Xiaomi Mi5
Geekbench 4
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Mi5
Vellamo
Benchmark Vellamo Xiaomi Mi5
PCMark
Benchmark PCMark Xiaomi Mi5
3DMark
Benchmark 3DMark Xiaomi Mi5
Sensorbox
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Mi5

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi5

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi5IMG_20170216_130217_HDRHasil Foto Kamera Xiaomi Mi5IMG_20170329_093008_HDR
Foto siang hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi5IMG_20170216_130159_HDRHasil Foto Kamera Xiaomi Mi5IMG_20170226_195619
Foto macro
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi5IMG_20170318_202238Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi5IMG_20170312_212800_HHT
Foto malam hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi5IMG_20170407_195804
Foto malam hari dengan LED flash
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi5Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi5
Foto selfie dengan kamera depan

Xiaomi Mi5 Review

Xiaomi Mi5 Review
Setelah hampir sebulan penggunaan, ulasan Xiaomi Mi5 ini menunjukkan impresi yang cukup memuaskan. Tim Laptophia Blog hampir mengatakan sempurna, tetapi masih ada beberapa sisi minus dari smartphone canggih ini.

Dukungan kinerja tinggi dari chipset Snapdragon 820 memang menjadi salah satu daya tarik ponsel ini, terutama pengguna yang menyukai skor bencchmark yang tinggi. Kamera 16 megapiksel yang diusungnya memang bukan flagship-grade, tetapi kemampuannya sama sekali tak bisa dianggap remeh.

Layar

Tim Laptophia Blog menilai layar full HD 5,15 inci yang diusung oleh Xiaomi Mi5 ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Layar ponsel ini mampu memancarkan warna dengan saturasi yang memuaskan, kontras yang baik, dan brightness yang cukup tinggi.

Performa layar ponsel ini ketika digunakan di bawah sinar matahari sangat biasa diandalkan dan memiliki viewing angle yang luas. Namun, ada bug di layar ponsel ini yang mana kadang layar menjadi tidak sensitif dan harus dilakukan restart. Semoga masalah ini dapat diperbaiki melalui update berikutnya.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 4 Review: Andalkan MediaTek Helio X20

Performa

Performa menjadi keunggulan utama pada ulasan Xiaomi Mi5 review kali ini dengan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 820 MSM8996 dengan prosesor quad-core Kyro yang terdiri dari dual-core berkecepatan 1,8GHz dan dual-core berkecepatan 1,36GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 3GB jenis LPDDR4. Sedangkan sektor grafis, Xiaomi mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 530.

Spesifikasi di atas mampu mengantar Xiaomi Mi5 mencetak skor yang cukup tinggi di kelas menengah. Bahkan belum ada smartphone dengan kisaran harga 3 – 4 juta yang mampu mengimbanginya. Kinerja real-world atau penggunaan sehari-hari juga senada dengan skor benchmarknya, gegas tanpa terganggu adanya lag.

Laptophia merasakan perpindahan menu dan buka tutup aplikasi yang responsif. Game-game berat terbaru di Android dipastikan dapat dimainkan tanpa masalah di Xiaomi Mi5 ini.

Kamera

Meski kerap dipandang sebelah mata, kamera Xiaomi Mi5 ini cukup dapat diperhitungkan di kelas menengah. Ponsel ini mengandalkan kamera utama berkekuatan 16 megapiksel dengan sensor Sony Exmor RS IMX298 yang berukuran 1/2.8 inci dan lensa aperture f/2.0, serta didukung phase-detection autofokus, 4 axis Optical Image Stabilization (OIS), serta ditemani dengan dual-tone LED flash. Kamera depan ponsel ini tak kalah mumpuni dengan dukungan resolusi 4 megapiksel dengan mengandalkan sensor berukuran 1/3 inci 2um piksel ditandemkan dengan aperture f/2.0 untuk mengakomodasi foto selfie dan video chat.

Performanya saat digunakan untuk memotret pada siang hari sangat memuaskan dan bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelas menengah. Foto yang dihasilkan tajam, warna dengan saturasi yang natural, detail yang cukup tinggi, dan dynamic range yang di atas rata-rata. Saat digunakan untuk memotret macro, kecepatan fokus kamera Xiaomi Mi5 ini patut diacungi jempol. Hasil jepretannya mampu menghasilkan efek bokeh yang memuaskan, subyek yang detail, dan warna yang memuaskan.

Meski dibekali dengan teknologi OIS, kemampuan kamera Xiaomi Mi5 review kali ini kurang memuaskan saat malam hari. Foto yang dihasilkan sebenarnya mampu menampilkan subyek dengan jelas, tetapi penurunan detail terjadi sangat signifikan dan noise yang dihasilkan juga relatif tinggi. Xiaomi tampaknya perlu melakukan optimasi lebih jauh untuk meningkatkan kemampuan kameranya pada malam hari.

Dukungan dual-tone LED flash bekerja sangat baik dengan cahaya yang dihasilkan cukup terang. Sedangkan kemampuan kamera depan Xiaomi Mi5 ini memuaskan dengan detail yang baik dan bisa diandalkan saat kondisi low-light. Sayangnya, lensa kamera depan tampaknya kurang wide.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi 4A: Murah & Kaya Fitur

Audio

Pada ulasan Xiaomi Mi5 review kali ini, speaker bawaannya mampu menghasilkan volume suara yang cukup kencang. Namun, kualitasnya bisa dikatakan pas-pasan atau tak jauh berbeda dengan smartphone lain di kelasnya. Ketika menjajal mendengarkan musik melalui earphone, Xiaomi Mi5 ini mampu menghasilkan suara yang solid, low-bass yang mantab, dan sangat bisa dinikmati.

Baterai

Baterai berkapasitas 3000mAh yang diusung oleh Xiaomi Mi5 ini rata-rata mampu bertahan hingga sehari penggunaan berdasarkan pengalaman team Laptophia Blog. Penggunaan rata-rata sosial media dengan intensitas sedang, multimedia viewing, dan juga komunikasi sehari-hari. Dukungan Quick Charge 3.0 merupakan daya tarik tersendiri dari Xiaomi Mi5 karena mampu mengisi daya dalam waktu yang terbilang singkat.

Memori

Ponsel 4G LTE Xiaomi Mi5 ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 25,19GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,5 – 1,6GB. Sayangnya, smartphone ini tak dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Namun, ponsel ini mendukung USB OTG dengan port USB Type-C yang diusungnya.

Kesimpulan

Secara umum, ulasan Xiaomi Mi5 kali ini menunjukkan impresi yang sangat memuaskan. KInerja paling tinggi di kelasnya, desainnya yang cantik dan terkesan mewah, kamera yang bisa diandalkan, dan fitur yang kaya menjadi daya tarik Xiaomi Mi5.

Harga varian 32GB yang Laptophia ulas juga terbilang sangat terjangkau jika dilihat dari spesifikasi yang diusungnya. Namun, ponsel ini hanya tersedia garansi tidak resmi dan tidak dilengkapi dengan slot microSD. Terlepas dari itu, Xiaomi Mi5 ini sangat laik dipertimbangkan di kelasnya.

Keunggulan Xiaomi Mi5

  • Kinerja paling tinggi di kelasnya
  • Desain cantik
  • Harga terjangkau

Kelemahan Xiaomi Mi5

  • Ringkih dan licin
  • Bug touchscreen
  • Tidak dilengkapi slot microSD

Harga Xiaomi Mi5 Rp 3 Juta (3GB/32GB)

Spesifikasi Xiaomi Mi5

  • Sistem Operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 820 MSM8996 dengan prosesor quad-core Kyro yang terdiri dari dual-core 1,8GHz dan dual-core 1,36GHz
  • Grafis Adreno 530
  • Kamera 16 megapiksel dengan sensor Sony Exmor RS IMX298 1/2.8 inci, aperture f/2.0, phase-detection autofokus, 4 axis OIS, dual-tone LED flash. Kamera depan 4 megapiksel dengan sensor 1/3 inci 2um piksel, aperture f/2.0
  • Layar 5,15 inci, dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 428 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Sunlight Display, Corning Gorilla Glass 4
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB, tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, NFC, Infrared, finger prin`t sensor, QuickCharge 3.0
  • Dimensi 144.6 x 69.2 x 7.3 mm berat 129 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3000mAh
  • Warna Black, White, Gold, dan Ceramic
Anda mungkin suka:Asus Zenbook UX410UQ, Ultrabook 14 Inci Terkecil Bertenaga Intel Kaby Lake